Pentingnya Peran Probiotik saat diare

29 September

Liat liat di postingan sebelunya waktu di
bulan april lalu pas baca senyum2 sendiri, memang pas di akhir bulan itu ada aja masalah yg datang, mulai anak sakit lah, si ayah mau lamar tmpat kerja barulah smpe ngurusin pindahan ke rumah ortu karena masa kontrak rumah habis.

Yang bikin teringat ingat sampe sekarang yaitu, anak sakit sampe masuk rumah sakit. Ternyata Rizki kena diare karena mencret mencret trus ga ada hentinya, ntah krn apa penyebabnya.

Beruntung dapat dokter spesialis anak yang pro ke obat non antibiotik, namanya..
Dr.Ivan kalo gak salah, beliau ini memang prakteknya di RS. Bunda thamrin Medan.
Rizki diobati dengan obat probiotik untuk menekan timbulnya mencret.

Tidak bisa dikatakan cepat utk menyembuhkan BABnya dlm keadaan normal, saya harus sabar banget, hari pertama diberi obat protexin 2x sehari dan diberi bubur lembut serta pisang. BABnya tambah deras, fesesnya sangat encer, sampe bocor kekasur, sehari bisa 10x dia BAB, kasian banget liatnya.
Besoknya juga begitu, obatnya hanya ProteXin yg kali ini 3x sehari. Makan pisang harus 3x sehari juga. BAB jg masi sering, saya tambah gak sabar.

Besok paginya saya konsul ke dokter, kenapa gak kunjung sembuh. Kata dokternya memang sembuhnya perlahan2, katanya bisa saja dia memberi antibiotik sejak hari pertama anak kena mencret, "pasti besok langsung mampet deh bu, tapi lihat saja efeknya kedepan pas dia besar nanti, ususnya bisa saja rusak karena dikit2 anak ibu minum antibiotik".

Wah ternyata efek antibiotik seram banget, gak bisa bayangin deh klo usus kita bisa rusak. Saya memang merasakan bgt minum antibiotik bikin cepat sembuh, tp memang urusan pencernaan koq tambah sakit yah..
Hari keempat mulai ada perkembangan, fesesnya bagus dan kondisi anak semakin baik. Akhirnya diizinkan pulang sorenya. Alhamdulillah.

Setelah diedukasi oleh dokter ivan tentang pentingnya Probiotik, maka saya surfing ke mbah Google tentang Probiotik dan mengapa makan pisang juga penting dimakan ketika diare/mencret, ternyata Pisang adalah sumber makanan bagi probiotik, dalam bahasa ilmiahnya Prebiotik.

Probiotik itu adalah sumber bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh. Bakteri baik itu contohnya Lactobasillus & Bifidobacterium.


Probiotik dan Prebiotik seiring sejalan (Sinbiotik) . Contoh Probiotik Yogurt, kefir, Spirulina, tempe, sampai kimchi. Sedangkan sumber Prebiotik yang baik yaitu Pisang, Apel, bawang putih, bawang merah, daun bawang, jagung dan sayuran hijau.

Sumber prebiotik ini memang agak susah hancur didalam lambung/pencernaan karena memang fungsinya sbg penyerap sumber makanan probiotik itu sendiri.

Alhamdulillah sejak saat itu kalau rizqi kena mencret gak pusing lagi, langsung deh cari obatnya, klo gak dapat Protexin karena obatnya memang agak mahal, maka saya mencari obat yg alami aja, cari deh spirulina atau yogurt terus dikasi pisang atau bawang didalam makanannya dengan frekuensi yg sering seiring babnya, maka insyaallah, penyakit diarenya sembuh, biidznillah 😊..


Pic Source :
 Thanks to Shutterstock & Pixabay

Tidak ada komentar:

Maaf komentar yang mengandung Politik, Sara & Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti ya
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.