Senin, 26 November 2018

,

5 Tempat Makan Favorit Tak Terlupakan


Bicarain tentang Makanan favorit memang gak bisa dipisahkan dari restoran itu sendiri. Dalam satu restoran biasanya terhidang menu yang beragam. Terkadang hanya menyukai satu jenis menu atau banyak jenis menu dalam satu restoran tersebut, dan inilah mengapa saya suka teringat sama nama restoran itu sampe pengen datang terus setiap saat karena macam macam menu tak terlupakan itu.

Tapi apa daya ternyata restoran favorit yang menurut saya tak terlupakan tersebut tidak bisa saya nikmati dalam satu hari karena lokasinya masing masing berbeda pulak, beda propinsi bahkan beda pulau, Waw!!
Yuk kita cek apa aja itu :)

1. Hoka Hoka Bento ( HokBen )

Siapa sih yang gak kenal Restoran Hoka hoka Bento. Restoran bergaya Jepang ini lokasinya tersebar di seluruh penjuru pulau Jawa dan herannya tidak buka cabang di Pulau Sumatera kecuali di Lampung.

Dulu waktu tinggal di Jakarta dan ngekos di Bandung selalu aja makan ditempat ini. Bagi sebagian orang restoran ini adalah tempat yang biasa , tidak ada yang spesial, tapi menurut saya ya spesial dong, karena menunya yang beragam dan menyimpan berjuta kenangan didalamnya. Berjuta? Lebay ya, hehehe emang! 😝

Sumber : @Hokben Instagram
Sumber : @Hokben Instagram

Menu favorit dari restoran ini adalah Chicken Katsu lengkap dengan saladnya yang fenomenal itu, Ebi Furai, Ekkado, Beef Teriyaki, Shrimpball, Miso Soup, dan Sukiyaki. Rencananya insyaallah liburan ke Jakarta bulan Januari nanti. My must have list , karena saya akan makan sepuasanya hehehe 💗

Harga per menu : Rp 20.000 - Rp 60.000
Lokasi HokBen favorit :
- Hokben Plaza Atrium Senen, HokBen Mangga Dua Mall, HokBen Arion Mall Rawamangun, HokBen Metropolitan Mall Bekasi.

2. Sop Konro Karebosi Kelapa Gading

Siapa sih yang gak kenal makanan lokal ini. Makanan khas dari Makassar ini memang mendapat tempat dihati saya. Pernah makan disini lebih dari sekali sewaktu tinggal di Jakarta. Restoran yang berdiri sejak tahun 1968 di Makassar dan tahun 1993 di Kelapa Gading ini menyedot perhatian pecinta kuliner Indonesia termasuk saya. Makanan favorit saya di restoran ini adalah sop konro dan konro bakar dengan minumnya es jeruk atau es pisang ijo.

Konro artinya Iga sapi, tekstur daging iga nya lembut dan empuk banget. Bumbu sop dan juga bumbu kacangnya enak dan legit, agak sedikit pedas tapi ini yang bikin enak dan ketagihan buat tambah nasinya hehe.
Masuk dalam my must have list juga nih kalau ke Jakarta nanti :)

Sumber : @Foodmochi Instagram

Harga per menu : Rp 50.000 - Rp 100.000
Lokasi : Jl. Boulevard Raya No.41 - Kelapa Gading Jakarta Utara
Google Maps : Sop Konro Karebosi

3. RM.Semarang - Palembang

Saya mengetahui rumah makan ini sejak tinggal di Kayu Agung, kota kecil yang jaraknya hanya 2 jam dari kota Palembang. Kalau lagi jalan jalan ke Palembang saya dan keluarga pasti mencari tempat kuliner yang enak.

Selain makan empek empek, yang membuat saya suka akan kulinernya Palembang ya RM. Semarang ini. Tempat nya yang sederhana tapi yang makan orangnya silih berganti dan rata-rata bermobil mewah kecuali kami sih hehe. Ini menandakan bahwa restoran sederhana Semarang adalah tempat makan yang bisa diperhitungkan.

Menu favorit saya disini adalah Pindang Tulang, Pindang Tulang Bakar, dan Pindang Kambing bakar. Rasanya pindangnya otentik. Kesegaran kuah pindang yang asli kuliner dari Palembang ini berisi nanas, tomat ijo dan daun kemangi, cocok bila disandingkan dengan rasa iga yang dibakar. Hmm sedaaap.. masih bisa makan disini selagi saya tinggal di kota Palembang.

Sumber : Google Maps Rm. Semarang

Harga per menu : Rp 30.000 - Rp 40.000
Lokasi : Jl. Jend. Basuki Rachmat Palembang
Google Maps : RM. Semarang

4. RM. Sinar Pagi Sei Deli Medan

Makanan yang ditawarkan di Rumah makan ini adalah Soto Medan. Saya mengetahui makanan ini berawal ketika sesudah menikah, keluarga suamik sering mengajak kesini.

Awalnya ragu buat makan disini karena tempatnya kecil, kurang bersih dan terlalu banyak orang yang datang jadi gak bisa santai buat makan. Tetapi pas mencicipi rasa soto khas medan tersebut lidah pun tak bisa berhenti bergoyang, nikmat rasa sotonya tak terkatakan, kaya akan bumbu rempah rempahnya yang unik.

Menu favorit saya adalah Soto Daging dan Soto Paru. Paru yang digunakan untuk sotonya garing dan renyah. Tidak tercium bau paru yang biasanya agak bau.
Banyak artis yang sudah makan disini.
Saran saya lebih baik beli makannya dibungkus daripada makan ditempat karena suka ramai pengunjung dan tidak bisa nyaman makannya.

Sumber : @makanhalalmedan Instagram

Harga per menu : Rp 25.000 - Rp 30.000
Lokasi : Jl. Sei Deli No.2 Medan
Google Maps : RM. Sinar Pagi

5. Lontong Medan

Kalau yang ini sudah pasti makanan favorit saya kalau di medan. Setiap pagi kalau gak ada lauk buat dimakan ya beli lontong medan.

Yang buat beda lontong Medan ini dengan lontong sayur di daerah lain itu adalah tumis tauco, sambal teri kacang, bumbu rendang, keripik kentang, dan bihun gorengnya. Rasa rasanya hanya lontong Medan aja yang ada lauk bermacam macam seperti ini kan. Memang bikin kangen ini lontong, gak ada duanya deh buat saya.

Walaupun sudah bisa bikin sendiri tapi tetap aja beli lontong medan yang dijual orang. Rasanya ada yang bedaa gitu hehehe. Soal lontong favorit menurut saya semuanya enak, ada kelebihan dan kekurangan di masing masing tempat. Jadi sulit buat saya menentukan apakah lontong ini paling enak atau ada tempat lain yang lebih enak dan mantap.
Sebagai referensi ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi kalau di Medan

Sumber : @lontong_kaklinmedan Instagram
Seperti :
- Lontong Kak Lin di Jl. Teuku Cik Ditiro dekat SMA 1 Medan
- Lontong Umi di Jl. Karya Johor
- Lontong Buk Tom di Jl. Klambir 5 dekat pajak ( pasar dalam bahasa medannya )
- Lontong Malam mbak Atik Jl. Setia Budi
- Lontong simpang KUA Jl. Sei Mencirim Medan Krio Sunggal

Harga berbeda beda setiap tempat .
Mulai dari Rp 7000 - Rp 13.000 per porsi.

Buat temen temen sejagad maya itu adalah rekomendasi saya kalau ingin makan yang saya sebutkan diatas tadi, monggo dicoba. Rasanya memang mantap loh, tetapi kembali ke selera masing masing ya. Selera kan tidak bisa dipaksa yess. Selamat berkuliner ria guys! 😉

Sumber foto : @Hokben IG , @foodmochi IG , @Rm.semarang Googlemaps , @makanhalalmedan IG, @lontong_kaklinmedan IG

#DAY7 #BPN30DayChallenge2018

Share:

6 komentar:

  1. Lontong ibu aceh dekat lapangan tu gak masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa tulis, namanya pun tak ade, jd tak de ciri khas nama lontong tu

      Hapus
  2. Hokben masih jadi makanan favorit saya. Soalnya jalan kaki dari rumah cuma 10 menit. Hehehe.

    BalasHapus
  3. Waduh Mba... lihat foto-fotonya asli bikin air liur netes haha... Eh, tentang yang hokben itu mungkin terasa lezat karena kenangannya kah? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bener mba, udh lama gak makan yg kebayang enaknya aja 😂

      Hapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*