Rabu, 14 November 2018

Mudah Lupa dan Cara Mengatasinya



Setiap kali kalau handphone saya eror dan bertuliskan karena kebanyakan memori data. Saya terkadang suka panik, yang saya lakukan duluan ya menghapus data memori yang membuat hp eror kemudian merestartnya. Setelah data memori saya hapus, seringkali saya dipusingkan dengan permintaan untuk login kembali ke aplikasi user dan paswordnya, nah ini nih yang bikin saya keder, udah sebel duluan karena saya lupa apa user dan passwordnya. Haduuh..

Sering kali di usia kepala tiga ini 'penyakit' lupa sering hinggap ke saya dan tidak peduli kapan pun. Lalu saya pun menganggap remeh, ah paling faktor usia, makanya saya jadi cepat lupa. Tapi ternyata tidak juga lho. Penyakit lupa ini juga menyerang anak muda usia 20 tahunan. Hal ini mungkin bisa kita anggap sepele kalau hanya lupa sekali dua kali saja, nah kalau sering lupa bukankah akan merugikan kita sendiri dan banyak pihak. Bisa bahaya juga kan?!

Lalu kenapa bisa terjadi?
Banyak faktor yang bisa terlibat di dalamnya. Otak sebagai pusat pengatur yang dalam hal ini adalah pengatur daya ingat memegang peranan penting. Bila kemampuan otak menurun maka akan menyebabkan terjadinya daya ingat yang menurun pula (lupa)

Otak sebagai Pusat Pengatur segalanya

Ada banyak faktor-faktor penyebab terjadinya 'penyakit' lupa, saya urutkan ternyata hampir semua sama masalahnya, lalu saya rangkum dari berbagai sumber, berikut ini di antaranya adalah :

Faktor Penyebab Lupa 

1. Kurang Tidur

Ini yang mungkin menjadi salah satu penyebab saya mudah lupa. Rupanya kurang tidur dapat menurunkan kemampuan otak dalam menyerap informasi

2. Jarang olah raga

Menurut riset para ilmuwan, dengan olahraga secara rutin dapat memperbaiki ingatan dan kemampuan akan berpikir. Ini bisa terjadi karena dengan olahraga dapat mengalirkan darah ke otak secara optimal.

3. Kurang asupan nutrisi

Asupan nutrisi seperti asam lemak omega 3 dalam tubuh berfungsi untuk mengatur fungsi otak. Menurut penelitian asam lemak omega 3 juga dapat memperbaiki aliran darah dan pembentukan sel otak baru. Sumber makanan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan bilis, telur ayam yang diperkaya oleh omega 3, alpukat, bayam, biji chia, biji kenari dan biji rami.

4. Gaya hidup yang tidak sehat

Makan junkfood setiap hari, makanan yang mengandung gula yang tinggi, merokok, minum minuman alkohol, konsumsi obat-obatan ( obat antidepresan, obat tidur, obat pereda nyeri ), dan juga obat-obatan terlarang. Mengkonsumsi salah satu kriteria diatas tersebut memang beresiko kemampuan mengingat, dapat mengurangi oksigen yang sampai ke otak (rokok & narkoba) , sehingga otak sulit untuk mengingat kembali.

5. Stres dan Depresi

Saat kita mengalami stres atau depresi , pikiran kita otomatis terganggu dan dapat membuat kita kehilangan konsentrasi bahkan lebih beratnya lagi akan kehilangan ingatan bila mengalami trauma yang emosional

Perbaiki Fungsi Otak sebagai pengatur daya ingat 





Selalu mencatat informasi penting

1. Penggunaan notes di handphone bisa untuk mencatat segala informasi penting yang berhubungan dengan email, pasword email, yang berhubungan dengan angka seperti kode sandi, kode pin tabungan, kodepin dompet virtual dll. Dengan catatat notes di hp kita kunci agar ketika orang lain sengaja membuka hp kita tidak bisa melihat apa yang kita simpan

2. Selalu siapkan backup jika sewaktu-waktu hp kita ada masalah, eror, hilang atau dicuri orang. Backup bisa berupa mencatat kembali informasi penting ke notes kecil yang bisa dibawa-bawa didalam tas seperti kita membawa handphone.

Selain disimpan di notes kecil info tersebut juga bisa disimpan di komputer, dalam file yang terkunci ataupun dalam sebuah usb pribadi yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain.

3. Sedangkan untuk penggunaan email untuk menyimpan informasi penting boleh boleh saja, tetapi kalau saya sih tidak berani menyimpannya di email, khawatir kalau ada orang jahat yang bisa meretas isi email saya lalu menyalahgunakannya, ini kan bahaya.

Selalu simpan benda penting di tempat yang sama

Sedangkan untuk mengingat peletakan benda2 kecil seperti kotak perhiasan, kunci rumah, kunci mobil, surat tanah dll sebaiknya selalu disimpan di tempat yang sama setiap harinya. Orang tua yang sudah berusia diatas 50 tahun selalu lupa akan hal ini. Sebaiknya tetap disiplin untuk menaruh barang pentingnya dalam satu tempat dan jangan simpan barang ditempat yang berbeda-beda, karena menurut saya akan susah jika ingin mengingatnya kembali. Kecuali dia selalu mencatat secara detil tempat menyimpannya.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat walau hanya secuil saja :)

Sumber :
www.alodokter.com
www.lifestylekompas.com
www.hellosehat.com

Share:

2 komentar:

  1. Saya termasuk yang mudah lupa. Memang biasanya jadi pelupa kalau kurang tidur atau lagi banyak pikiran

    BalasHapus
  2. Iya betul mba, kurang tidur itu pemicu nomor satu yg bikin lupa, selain itu secara fisik pun trganggu :)

    BalasHapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*