Rabu, 07 November 2018

Nikmatnya Sirup Kietna Somboy Al-Ghaly


Siang-siang begini dikala cuaca sedang teriknya keinginan minum air dingin pun timbul. Seperti biasa saya terkadang pergi keluar rumah untuk mencari minuman yang saya inginkan sendirian.

Seperti wanita yang sedang mengidam. Pilihan akan minuman yang saya inginkan berbeda-beda tiap harinya. Minuman khas daerah sini, seperti Es Campur, es kacang merah, es oyen selalu berganti menemani makan siang saya setiap hari, duh bosaan..apalagi ya yang belum saya minum saat ini. Dan pikiran pun berkecamuk. Walah.

Pengen ada yang beda rasanya kali ini. Iseng saya buka facebook saya, sudah beberapa hari ini tidak saya buka karena sedang asyik masyuknya berblogging ria, kembali mengisi hari hari dengan kegiatan berfaedah ini sebagai ibu rumah tangga yang gak banyak kerjaan, selain masak buat anak dan suami tercinta..ih apa sehh..

Wall facebook kali ini tidak biasa, ada yang membagikan menu masakan yang nikmat dan ada pula yang membagikan minuman yang tak biasa, dilihat dari tampangnya saja sudah menggoda selera, sampai diriku pun tanpa sadar menelan ludah saking seleranya.

Sirup Kietna Somboy Al-Ghaly

Itu nama Brandnya. Sirup ini dijual oleh teman facebook yang juga sponsor saya dalam 'Bisnis Online' yang hampir 2 tahun saya jalani.

Sirup ini punya penampakan berwarna oranye dengan tambahan somboi kecil kecil , memberi rasa penasaran saya untuk mencobanya.
Selidik punya selidik ternyata teman saya bukan hanya menjual saja tetapi membuat sendiri sirup tersebut alias Homemade 100% .



Pertama denger rasanya koq gak asing ya karena pernah minum dulu sewaktu kecil. Ya sirup kietna somboi ini adalah minuman khas Penduduk Cina di Indonesia sepertinya, karena saya dulu pernah minum sewaktu berlibur ke Bagan Siapi api.

Paduan antara Jeruk Kietna/Kasturi dengan somboi menghasilkan rasa yang unik. Rasa asam kecut, manis dan sedikit asin begitulah gambarannya.

Jeruk Kietna / Kasturi 



Jeruk Kasturi merupakan salah satu buah yang aromanya harum dan wangi. Selain itu buah ini kaya akan manfaat dan nutrisi. Kalo di Medan Jeruk Kasturi ini lebih dikenal dengan Jeruk Kietna.

Manfaat Jeruk Kietna /Kasturi  :

1. Jeruk Kietna/Kasturi ini , mengandung Vitamin C karena itu terdapat zat anti oksidan yang dapat menangkal munculnya radikal bebas saat masuk dalam tubuh

2. Karena kandungan vitamin c  nya juga , mengkonsumsi jeruk kietna dapat menurunkan panas dalam, sakit kepala, demam, dan sariawan

3. Mengkonsumsi jeruk kietna membuat langsing bila diminum tanpa gula

4. Jeruk kietna kasturi bisa menjadi terapi kecantikan yaitu Masker kecantikan kulit. Bila diaplikasikan ke kulit akan menjadi cerah dan segar serta tidak pucat

5. Jeruk kietna/kasturi juga digunakan sebagai obat batuk yang ampuh. Tinggal menambahkan 1 potong jeruk kietna yg dibelah dua dan ditambahkan kecap manis/madu diatasnya.

Somboi / Somboy / Semboi / Kiamboy / Asam Bwee


Bagi penyuka manisan sudah tidak asing dengan yang namanya Somboi ini. Konon katanya manisan unik ini adalah oleh oleh dari negeri Tiongkok yang aslinya terbuat dari buah plum yang dikeringkan.

Buah plum sendiri terdiri dari berbagai macam warna, ada hitam, ungu, merah dan kuning. Maka tak heran ketika buah plum ini dikeringkan menghasilkan manisan somboi yang kita kenal dengan warna merah, hitam dan putih.

Manisan somboi ini meski namanya manisan, ternyata kandungan vitamin C dari buah plumnya masih ada, oleh karenanya bagi sebagian orang somboi ini merupakan obat untuk sariawan dan panas dalam (-red).

Kembali ke Topik utama

Sirup Kietna Somboy Al-Ghaly akhirnya saya coba, walaupun jarak antara kami berjauhan karena berbeda propinsi tidak membuat saya surut untuk memesan minuman uniq tersebut.

Sirup ini cocok diminum dalam keadaan yang dingin karena akan bertambah kesegarannya. Untuk minuman, tambahkan beberapa potong es batu didalam gelas dan tambahkan isi sirup sesuka hati, tidak perlu ditambah gula lagi.

Selain itu ternyata sirup ini bisa di pake untuk cocolan rujak jambu atau pun selai untuk roti, cocok banget lah rasanya dilidah.



Sluuurps! Gimana penasaran kan? Awas air liur netes :p 

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal cerita tadi, sirup ini dibuat 100% Halal Homemade dan 100% gula asli, tidak ada tambahan bahan pengawet di dalamnya. Jadi aman untuk anak2 juga.

Sirup ini dijual dalam 2 kemasan, 1kg dan 1/2 kg. 
- Rp 80.000 untuk 1 Kg
- Rp 40.000 untuk 1/2 Kg

Info lebih lanjut : 

Pemilik : Abi - Fitri


Website :   Sirup Kietna Al-Ghaly

Google Maps :  Sirup Kietna Al-Ghaly

Lokasi : Medan

----


Referensi :
Redaksi   http://olalacooking.blogspot.com/2016/01/di-pasaran-kita-mengenal-tiga-jenis.html

- FB Sirup Kietna Al-Ghaly
- Pic credit : FB Sirup Kietna Al-Ghaly


Catatan : Review dalam blog ini adalah opini semata, jika ingin bertanya bisa langsung hubungi pemiliknya.




Share:

2 komentar:

Mohon maaf untuk tidak menaruh link hidup di sini ~ Happy Reading ^_*