Promosi Bisnis dengan Google Bisnisku

05 November
promosi bisnis dengan google bisnisku

Ibu-ibu, emak-emak, mba2 punya usaha gak nih? Ntah itu hanya jualan lontong atau nasi uduk di pinggir jalan, ntah itu jualan Pulsa ponsel dan semacamnya, ntah itu jualan baju daster atau baju gamis , ntah juga jualan Geos gendongan anak bayi seperti usaha saya,hehehe..
Hari gini usahanya gak didaftarkan di google ya ga update doongggg..

Tetapi sudah pada bisa belum nih daftarin usahanya di Google Maps. Malu bertanya sesat di status loh, hihihi. Yuk browsing2 dikit tentang Cara promosi usaha di google, atur kuota internetnya untuk ngebrowsing dan bukan hanya updet status jualan di fb aja. Lebih baik buat Fans page di FB, terus singkronkan usahanya dengan membuat alamat di Google atau lebih khususnya di Google Bisnisku.

Apa sih Google Bisnisku

Google Bisnisku atau dalam bahasa inggrisnya Google My Business adalah salah satu produk layanan dari Google yang mengarahkan kita untuk mempromosikan Bisnis atau usaha yang kita punya di situs Google dengan harapan agar usaha kita dapat dikenal luas oleh khalayak umum baik yang berada di satu daerah yang sama ataupun berbeda daerah.

Nama usaha bisa saja didaftarkan di google maps langsung, tetapi hanya informasi permukaannya saja.
Namun, untuk menambahkan secara detil usaha baik itu berupa alamat, detil jam buka toko, foto2 isi dalam toko dan mengeditnya serta menambahkan iklan untuk usaha kita di internet lebih baik jika menggunakan Google Bisnisku.

Bagaimana Cara menggunakannya

1. Install Aplikasi Google Bisnisku di Playstore

2. Daftarkan dengan menggunakan email yang ada, atau kalau mau lebih khusus lagi buat email baru yang berhubungan dengan usahanya. Misal usaha lontong , email : lontongrizky@gmail.com

3. Isi keterangan bisnis atau usaha anda secara mendetil, dari Nama Toko, Jenis usaha, alamat usaha, kalo alamat belum lengkap di google map, bisa dilihat cara membuatnya di postingan saya sebelumnya : Berkontribusi informasi dengan Google Maps
(alamat usaha harus sesuai dengan lokasi pada Google Maps) letak keakurasian nya harus pas, di detil alamat harus lengkap sertakan juga kodeposnya.

4. Isi juga daftar jam buka usaha , jam buka khusus, area layanan, alamat situsweb/ fanspage fb/ instagram, tulis juga atribut usaha dan deskripsi singkat usaha yang dikelola. Jangan lupa tambahkan foto yang kita punya sebagai tanda bahwa usaha tersebut benar adanya.

5. Seperti yang saya bilang alamat harus lengkap dan harus ada kodeposnya
karena nanti akan dikirimkan melalui Kantor Pos surat cinta dari Google yaitu kodepin untuk memverifikasikan usaha kita di google maps. Kodepin akan dikirimkan paling lambat sebulan setelah kita mendaftarkan usaha kita. Namun ada juga yang mengirimkan kodepin tersebut hanya melalui SMS dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk verifikasinya.

6. Setelah usaha kita selesai diverifikasi maka akan terlihat di Google Maps, tempat usaha dan detil usahanya. Yes, nama usaha kita telah terdaftar. Tinggal membagikan aja ke kerabat atau teman2 yang tinggalnya berjauhan dengan kita melalui whatsapp lalu share lokasi usaha kita yg ada di Google Maps. Keren kan? 😉


Pentingnya Web, Fanspage atau Instagram bisnis untuk promosi usaha

Dalam detil usaha yang kita daftarkan di Google bisnisku terdapat alamat situs yang harus kita daftarkan. Kedengarannya sepele ya, kayaknya gak perlu gitu untuk ditulis. Tapi hal ini ternyata penting lho!

Tau kan kalo web/Fanspage/Instagram adalah sumber informasi yang sangat dihandalkan saat ini. Apa2 kita pastinya merujuk ke mbah google untuk mencari info macam2.

Semua yang saya sebutkan itu gratis semua loh buatnya, baik itu web blog, facebook fanspage ataupun Instagram. Blog gratis bisa gunakan Blogspot atau Wordpress, Fanspage tinggal dibuat dari facebook dengan menggunakan akun fb kita, instagram bisnis bisa digunakan dengan mentautkan akun instagram kita dengan fanspage facebook yang sudah kita buat.

Tinggal kita aja yang mau kelola informasinya seperti apa. Kalau usahanya mau diseriusin ya pasti dong harus ada situsnya. Web/situs/fanspage tersebut adalah Portofolio informasi dalam usaha yang kita jalani.

Jadi tunggu apalagi segera buka Google Bisnisku buat daftarin usahamu 😉


2 komentar:

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.