5 Tips Mencegah Penyakit Degeneratif



Jaman serba canggih sekarang ini berbagai cara untuk menikmati hidup dengan mudah diperoleh.
Seperti ketika tidak ingin masak yang ribet , makanan instan jadi pilihan untuk memasak.

Atau kalau tidak ingin memasak, mager istilahnya lah ya, layanan pesan antar makanan tersedia. Tak ingin capek seduh minuman , tinggal beli minuman kaleng. Sekali dua kali konsumsi karena mager tak apalah, tapi tahukah kamu kalau kebiasaan ini sering dilakukan akan menimbulkan penyakit degeneratif.


Lalu apakah Penyakit Degeneratif itu?
Penyakit Degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan memburuknya kondisi suatu jaringan atau organ seiring berkembangnya waktu. Penyakit ini identik dengan bertambahnya usia seseorang.

Biasanya ketika menginjak usia 40 tahun ke atas menunjukkan gejala penyakit ini. Contoh penyakit degeneratif antara lain : Penyakit Jantung, diabetes (diabetes tipe 2), hipertensi, liver, osteoporosis hingga penyakit kanker. Wah ternyata penyakit penyakit ini toh yang dimaksud, penyakit yang sudah biasa kita dengar dan sering menimpa para lansia.

Eits, tapi jangan salah karena gaya hidup yang salah di usia muda pun kita bisa terkena penyakit degeneratif ini. Hii serem yah. Gaya hidup yang salah yang saya maksud adalah pola makan yang serba instan, malas gerak, sering makan manis tanpa menghitung jumlah kalori yang masuk, makan yang asin asin tanpa menghitung kadar garam yang masuk ke dalam tubuh, sering minum minuman bersoda, sering merokok atau mengkonsumsi obat obatan , maka hati hatilah, penyakit ini lambat laun akan hinggap dengan sendirinya.

Lalu apakah pencegahnya, yuk disimak :

1. Pola makan yang sehat


Pola makan yang sehat bukan berarti diet untuk melangsingkan tubuh , tapi diet/pola untuk makan makanan yang sehat. Pola makanan yang sehat adalah makanan dengan gizi seimbang.
Dengan memperhatikan kadar gula dan kadar garam yang masuk ke dalam tubuh, mengurangi makanan bersantan dan berminyak, atau tinggi lemak jenuh.

Konsumsi gula bisa dibatasi dengan minimal 2-3 sdm perhari atau bisa memakai gula buatan seperti sukralosa atau stevia 1-2 sachet perhari.
Konsumsi garam bisa dibatasi dengan minimal 2-3 sdt perhari atau bisa memakai garam mineral asli seperti garam krosok, garam laut (seasalt) ataupun garam himalaya (pinksalt).

Mengkonsumsi Daging merah, Seafood dan Unggas dengan tidak berlebihan. Mengkonsumsi sayuran dan buah buahan dengan seimbang dan tidak berlebihan juga. Intinya semua harus seimbang, sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus pada akhirnya.
Pola makan yang bagus yang saya sarankan adalah food combining.

2. Olah Raga yang teratur


Kebalikan dari mager nih. Malas gerak membuat sirkulasi dalam tubuh terganggu. Kalau dibiarkan akan menyebabkan obesitas, obesitas lah yang akan menimbulkan penyakit jantung, diabetes,dll.

Olah raga dapat membakar lemak yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Olah raga juga membuat siklus atau aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Olahraga yang ringan adalah jogging, jalan di tempat atau plank selama 15-30 menit setiap harinya.
Buat emak emak kalau tidak sempat berolah raga seperti jogging atau senam aerobik, melakukan aktivitas sehari hari seperti mencuci, bersih bersih, menyapu, mengepel dan jalan kaki ke pasar sudah termasuk olahraga kok, asal setiap hari ya biar tubuh ideal juga bisa diraih 😊

3. Tinggalkan kebiasaan yang buruk

Tinggalkan kebiasaan buruk seperti minum minuman bersoda, sering ngemil makanan junkfood, merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi obat obatan dosis tinggi juga mengakibatkan penyakit degeneratif. Bagi kaula muda mungkin sekarang belum terasa, tapi nanti menginjak usia 50 tahun keatas penyakit itu akan timbul dengan sendirinya. Waspadalah!

4. Hindari stres


Stres karena tekanan kerjaan, stres karena pikiran akan beban hidup. Hal ini memang gak bisa dihindari. Setiap manusia akan merasakannya. Miskin ataupun kaya bisa dijangkiti oleh stres.

Untuk menghindarinya manfaatkan waktu luang untuk mencari kebahagiaan hidup yaitu melakukan hal hal yang positif, beribadah dan berzikir serta selalu bersyukur , bermeditasi, bertemu dengan teman teman lama, berkumpul dengan keluarga melalui piknik ke tempat yang nyaman dan adem, atau mencurahkan kegundahan hati lewat blog juga bisa. Hal ini bisa mengurangi tingkat stres dalam diri kita.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup minimal 7-8 jam sehari. Tubuh butuh istirahat agar dapat meregenerasi sel yang rusak pada tingkat yang maksimal akibat kegiatan yang melelahkan ataupun konsumsi makanan yang masuk.

Manfaat dari istirahat yang cukup adalah dapat mengembalikan kesegaran tubuh , memperkuat sistem kekebalan , membuat awet muda, memperbaiki suasana hati & pikiran dan  mempertajam ingatan.
Lihat juga : Mudah lupa dan cara mengatasinya

Yuk kita cegah penyakit degeneratif ini sedari sekarang agar tidak menyesal di masa yang akan datang 😊

#DAY12 #BPN30DayChallenge2018


1 komentar:

  1. Perbanyak olah raga dan hindari stres yang baru saya lakukan. Setiap hari jam 12 siang olah raga jalan ringan tanpa alas kaki. Dan ngeblog untuk melampiaskan segala kesemrawutan pikiran.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.