Minggu, 09 Desember 2018

,

Hari Libur Enaknya Ngapain Ya?


Makna hari libur buat saya sebenernya sih..

Berarti liburan buat masak, liburan cuci piring, liburan cuci baju, liburan bersih bersih, me time seharian di salon atau ngulet ngulet aja dikamar seharian..
tapi kayaknya ya gak mungkin semua saya dilakukan satu harian penuh..taulah ya kenapa nanti ada yang protes.

Hari libur buat keluarga kecil kami (saya, suami dan anak laki laki saya) biasanya waktu tinggal di Medan ya jalan jalan. Jalan jalan bisa ke Mall, bisa ke Taman kota, bisa ke tempat Opung, bisa ke tempat Atuk, ataupun hanya dirumah saja.

Tapi sekarang karena lagi tinggal di kotanya orang, kami pun tidak bisa liburan seperti biasanya. Suami bekerja di tempat proyek yang tidak mengenal hari libur. Senin sampe Minggu tetap kerja.

Yaah ga enak dong, ga seru, ga bisa liburan kemana mana, huuu. Apa mau dikata, yah begitulah masak mau diprotes.
Tapi terkadang karena melihat kami begitu suntuk dirumah aja setiap hari, kesian juga melihatnya jadi setiap minggu pertama awal bulan suami ambil jatah liburnya untuk mengajak kami jalan jalan.

Seperti hari libur hari ini, Enaknya mau ngapain ya?
Jalan jalan? Udah pasti nggak mungkin, suami kan lagi dikantor.
Hmm..karena gak kemana mana padahal saya maunya kemana mana, maklum anak jalan sih saya orangnya, jadinya tadi pagi saya ke mana mana dulu biar hepi, ke pasar maksudnya ya, hehehe..#krikkrik (seketika hening)

Pergi kepasar akhirnya pilihan jatuh untuk memasak. Yah memasak lagi, tiap hari kan emang masak buk, apa spesialnya. Yah anggap aja deh spesial 😂

Lihat ada sisa 2 ayam goreng semalam nangkring manis dirumah, terbersit keinginan buat masak soto ayam, udah lama banget gak bikin soto nih pikir saya, setahun yang lalu lah kira2, yaa ampun lama bet, eh tapi kalo jajan soto sih sering. Ya sudah sambil menantang diri untuk bisa memasak soto, akhirnya saya pun membeli daftar belanjaan untuk memasak soto.

Sampe rumah, ubek ubek dapur, potong sana potong sini, dan sreng sreng sreng...
Jadilah Soto Ayam ala Iid Yanie..halah.

Mohon maaf penampakan fotonya tidak sekelas emak2 mastah di Cookpad or Instagram 😂

Voilaa!


Berikut resepnya  --->

Soto Ayam sederhana ala Iid Yanie 

Bahan - bahan :

2 potong Ayam Goreng, suwir kecil kecil
2 buah kentang , potong dadu lalu goreng
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 ruas jari lengkuas
1 batang sereh
1 bungkus santan sasa/kara 65ml

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah kemiri
1 ruas jahe
1 ruas jari kunyit
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica

Bahan pelengkap :
Perkedel / Telur Rebus
1 ons Tauge di rebus / dipanasi di magicjar
1 buah Tomat dipotong dadu

Bahan taburan :
Bawang goreng
Daun bawang & seledri secukupnya
Jeruk nipis
Sambel kecap / Cabe rawit

Langkah Memasak :

1. Haluskan semua bumbu. Tumis dengan sedikit minyak.

2. Karena saya sudah menggoreng ayam terlebih dahulu, maka kaldu soto diambil dari kaldu bubuk. Masukan air kira kira 3-5 gelas belimbing. Aduk aduk sampai mendidih. Masukan kaldu bubuk, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh. 

3. Kira kira sudah tercium bau bumbu sotonya, masukan santannya, dan aduk terus sampai mendidih jangan ditinggal. Masukan juga garam dan merica. Terakhir masukan ayam goreng yang sudah disuwir suwir sebelumnya. Aduk aduk sampai mendidih santannya. Koreksi rasa.

4. Atur dipiring perkedel/telur rebus, tauge rebus, tomat dan juga kentang goreng. Perkedel goreng sebenernya sudah saya siapkan pas menggoreng kentang tadi. Siram kuah soto diatasnya. Lalu taburi dengan bawang goreng dan daun bawang plus daun seledri. Peras sedikit jeruk nipis diatasnya biar tambah sedap. Hmm..

5. Soto Ayam siap disaji :D

Dah gitu aja kegiatan paling seru saya di hari libur ini. Iya yang bikin seru karena dapurnya jadi beserak, kek kapal pecah. Semoga yang membaca gak kecele ya tapi jadi ngiler dan pengen beli Soto Ayam hehehe..

#DAY20 #BPN30DayChallenge2018
Share:

5 komentar:

  1. 😭😭😭😭 kenapa saya bacanya pas belum makaaan.. jadi laper ni mbaaak.. 😭😭😭😭 mau keluar, udah jam segini tuh mager.

    BalasHapus
  2. Kakaaakkk bagi soto ayamnya!!! Qiqiqiq ;)

    BalasHapus
  3. kepengen lagi bun, tolong segera diwujudkan lagi.

    BalasHapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*