Jumat, 14 Desember 2018

,

Mainan Favorit Masa Kecil Dulu


Bicara tentang kenangan masa kecil bagi saya adalah hal yang tak terlupakan. Banyak kenangan lucu yang membuat saya ingin mengingatnya kembali. Mengingat masa kecil sering dihubungkan dengan mainan masa kecil dulu. Seperti permainan jaman saya kecil yang saya lakukan bersama saudara kandung, saudara sepupu ataupun dengan tetangga sewaktu masa kecil.

Mainan mainan ini menurut saya tak lekang sepanjang masa, sampai sekarang pun masih ada yang memainkannya, meskipun frekuensinya tak sesering dulu, karena digeser oleh hadirnya gadget. Mainan apa sajakah itu?

Mainan Orang orangan / Bongkar Pasang

Sumber : dolananjadul blogspot.com

Mainan ini sering saya lakukan bersama adek kandung saya waktu jaman SD dulu, membeli bongkar pasang setiap harinya dengan harga yang sangat murah waktu itu hanya 100 perak saja 😂 untuk mendapatkan baju baju yang bervariasi dan karakter perempuan yang cantik cantik.

Seringkali saya harus bermain agak sedikit kreatif untuk membuat ceritanya sedikit hidup, seperti bermain story telling agar mainannya jadi bertema, terus memakai kotak korek api yang dibungkus rapi dengan kertas untuk tempat duduk orang orangan.

Memakai bungkus rokok bekas milik ortu untuk tempat tidur orang orangan dan juga memakai kardus indomie yang dipotong potong untuk membuat rumahnya.
Cukup kreatif sekali saya rasa waktu itu hanya untuk bermain orang orangan saja. Hihihi..

Mainan Game boy (Gimbot)

Sumber : bagusadisatya blogspot.com

"Main Gimbot bikin pusing, dulu gembrot sekarang langsing", entah siapa yang mempopulerkan kata itu ya, sampe memasukkan kata gimbot, mungkin dia adalah fans berat gimbot atau anti fans karena dia bilang gimbot bikin pusing. Bukan pusing sih menurut saya tapi mainannya nyebelin 😂

Dibeliin ortu hanya satu saja padahal kan ada saya, abang dan juga adek. Mungkin karena pada jaman itu masih mahal kali ya saya lupa berapa harganya. Jadi karena hanya satu jadinya kami bermainnya ganti gantian, kalo menang dia lanjut kalau kalah baru deh gantian.

Kebayang kan kalau menang terus mainnya ya lanjot aja, yang menunggu bosennya kayak apa wkwk. Isi mainannya padahal hanya tetris dan tembak tembakan bom saja, tapi malah bikin kecanduan, ini nih asal mula gadget sepertinya karena bikin yang main seperti lupa waktu dan lupa keadaan. Yang bikin mood itu kalau main dan menang si gamenya bilang 'pinter juga lu', tapi kalau kalah dia bilang 'bego lu', set dah ah saya dikatain bego, auto lempar ke lantai jadinya wkwk tapi untung ga rusak, emang mainan jaman dulu awet banget ya

Mainan Boneka Barbie

Barbie dan temen temennya

Sempet nih main Boneka Barbie waktu jaman SD dulu tapi gak lama sih, karena untuk beli bonekanya aja gak murah, belom beli set baju, tas dan sepatunya, harus rayu rayu ortu dulu buat belinya. Untungnya untuk kayak gini ortu masih mau beliin, tapi uang jajan agak sedikit berkurang, hiks.

Untuk mainnya lebih enakan main bersama temen sekolah yang notabene anaknya orkay yang punya rumah rumahan Barbie orisinil yang besar, karena isi rumahnya sudah pasti komplit ada meja makan, tempat tidur , dapur dan juga mobilnya, wow!! Suka banget liat perintilannya, tapi nggak untuk harganya, mihil banget bok!! Bisa nangis ortu buat beli tapi untungnya saya pun gak tega merengek buat minta hihihi. Jadi inget kalo sekarang saya ke Mall lihat segala macam aksesoris Barbie yang macam macam. Tapi sekarang yang bikin saya tertarik bukan Barbie tapi The Sylvanian Families pada imut banget soalnya hihi..

Main lompat karet

Sumber : merahputih com

Hayoo siapa yang dulu suka main lompat karet?? Suka main pake celana pendek atau pake rok??hahaha. Main lompat karet emang lebih seru kalau dilakukan sama teman sekolah sehabis pulang pulang sekolah tentunya. Main lompat karet ini enaknya bertim. Jadi sambil main sambil bersosialisasi sama teman teman.

Permainan ini dimulai dari hompimpah dulu untuk menentukan urutan pemain dan awalnya mudah karena dimulai dengan lompat yang rendah dulu, dari semata kaki, terus selutut, terus sepinggang, terus seperut, terus sedada, terus sekuping, nah dari sekuping ini ke atas ini jadi agak susah deh, belum lagi kalo sekupingnya temen yang tingginya lebih tinggi dari kita, waduh jingkat jingkat jadinya. Permainan ini seru banget sebenernya karena bikin greget maunya nyampe aja gitu lompat karetnya. Kalau main lompat karet bagusnya pake celana aja dibandingkan pake rok, karena resiko yang ngintip pasti ada aje deh hahaha

Main Setatak / engklek


Sumber : masaginews com

Mainan rakyat ini masih populer sampai sekarang. Saya suka main ini bersama dengan temen tetangga di lapangan terbuka dekat rumah. Permainannya memakai batu/gaco untuk tanda dan digambar dengan kapur tulis untuk ruang permainannya. Dulu suka main itu tapi tetep gak ngerti aturan permainannya smpe sekatang cuman ingat kita harus lompat dengan satu kaki untuk berjalan dan 2 kaki ketika ketemu rumahnya.

Main masak masakan

Sumber : yukkepo com

Main masak masakan disini bukan dengan mainan yang alat alatnya seperti sekarang ini terbuat dari plastik semua. Tetapi memakai alat seadanya aja seperti dari kaleng.
Lebih enak bermain dengan tetangga karena perlengkapan dan bahan bahan untuk masak tinggal diambil aja apa yang ada di sekitar rumah, ketemu batu bata merah ya ambil utk kompornya, ketemu kaleng makanan ya ambil untuk kualinya, terus aduknya pake sendok besi yang besar diambil dari rumah, palingan nanti emak nyariin kemana sendok nasinya.

Senengnya tuh main masakan tapi makanannya beneran bisa dimakan, dengan bahan yang seadanya aja, seperti masak nasi goreng di kaleng, atau goreng kentang ataupun bakar ubi, nanti semuanya ikut icip tak ketinggalan anak laki lakinya yang cuman numpang makan hihihi seru banget kalau diingat ingat deh.

Selain mainan yang saya sebutkan diatas tadi, mainan lain seperti Bola bekel, main ular tangga, nintendo dan tamagochi juga saya suka. Hehe udah ketauan belum saya angkatan berapa? 😁
Lalu bagaimana denganmu, apa mainan favorit masa kecil dulu? Sharing dong :)

#DAY25  #BPN30DaysChallenge2018
Share:

20 komentar:

  1. Kok itu mainan saya semuaaa mbak..seneng rasanya masa kecil blm kenal gadget jdi bsa main banyaaaaaak permainan tradisional. Ini tuh unforgettable!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti seangkatan dong kita haha, iya permainan jaman dulu tu beragam dan asik2 ya :D

      Hapus
  2. Saya dulu sika main kelereng sama layangan, paling sering main benthik atau boiboinan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak laki ga sah klo ga main kelereng ya, wah saya baru tau tuh main benthik, klo boinoinan tau

      Hapus
  3. Yang saya gak pernah pegang cuma boneka barbie. Waktu itu gak punya duitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba barbie mainannya mihil ya, sy harus rayu2 ortu dulu biar dapetin hihi

      Hapus
  4. idiih....maenan masa kecilnya ko permainan cewe banget sih....ngga mecing dengan cara menulisnya yang kliatan cowo banget....loch?!

    @aneh kan....siapa yang aneh, coba?

    BalasHapus
  5. Toss dulu donk, Kakak. Saya juga pernah memainkan semua itu kecuali boneka barbie :p qiqiqiq. Oia kalau setatak itu di Ende kami sebut Ogo (main Ogo). Entah apa artinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga gak tau artinya setatak mba, disetiap daerah beda2 sebutannya dan ada aja yang main ya :)

      Hapus
  6. Mainan orang-orangan dulu saya koleksi jg mbak.. hahaha... Suka banget kalo ada yang baju-baju princess hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajunya emang rata2 princess semua ya, saya sekali beli bisa sampe 5 lembar bongkar pasang :D

      Hapus
  7. Wah yang dibahas mainan2 cewe... Ah ntar saya mau post yang mainan cowonya ah...

    BalasHapus
  8. hahahah...cuma satu yang tidak saya mainkan waktu kecil yaitu, boneka barbei, yang lainnya pernah dan sering nyobain bermainnya.

    BalasHapus
  9. Untung gak ikutan main barbie ya kang hehe

    BalasHapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*