5 Aplikasi Foto Editor untuk Mengedit Judul Foto Blog

06 Januari


Menulis blog saat ini kalau hanya sekedar tulisan saja tanpa adanya foto judul mungkin jarang ada yang melirik ya, berbeda dengan blog jaman dulu, klo cuman sekedar menulis aja tanpa foto pun gak masalah, tetep banyak yang mengunjungi.

Begitu juga buat saya, awalnya saya rasa baik baik saja gak perlu memakai foto didalam isi blog apalagi foto judul, tapi pas saya amati di blog saya perbedaannya begitu mencolok, blogpost yang memakai foto yang berjudul pageviewnya bagus dibanding yang gak pakai foto berjudul, padahal isinya mungkin 11-12 kualitasnya.

Lalu kemudian setelah saya blogwalking sana sini ternyata foto judul itu penting banget buat mempengaruhi orang untuk klik blogpost kita, okelah saya ATM juga nih, Amati, Tiru dan Modifikasi maksudnya..dan bener aja sejak pake foto untuk judul yang saya edit dengan aplikasi favorit , saya jadi ketagihan buat make terus dan respon yang baca pun jadi bikin pageview kita bertambah lebih baik lho.

Oke berikut 5 aplikasi foto editor yang biasa saya pake untuk blog saya ini, diantaranya adalah :

1. Photo Layers

Pakai aplikasi ini belum lama, tau aplikasi ini dari instagram karena bisa untuk edit insta story jadi sorotan terus dibuat versi ikonnya. Pas dipakai untuk edit foto blog ternyata berguna juga untuk mengedit gambar yang modelnya doubel exposure, asal gambar latarnya semi polos. Aplikasi ini kapasitas memorinya kecil, cocok untuk hp low-end yang ga bisa simpan banyak memori.

Langkah menggunakan Photo Layers

2. Photo Grid

Aplikasi Photo Grid sangat banyak penggemarnya karena banyak fitur keren yang tersemat diaplikasi ini untuk mengedit foto foto yang bertema kolase. Pada awalnya Photo Grid hanya mengeluarkan 1 aplikasi saja dan itupun memorinya tidak sedikit untuk hp standar. Kemudian Photo Grid mengeluarkan aplikasi versi Lite untuk memuaskan penggemar foto kolase dengan standar super sederhana dan tidak memberatkan kinerja hp.

Aplikasi Photo Grid sering saya pakai untuk mengedit foto yang banyak dalam 1 frame. Fitur untuk mengedit framenya pun beragam, dan tulisan yang bervariasi pula.

Contoh menggunakan Photo Grid


3. Pixlr

Saya suka pakai aplikasi ini untuk mengedit gambar sederhana. Untuk mengcrop, menggabungkan dua gambar atau double exposure pun tidak sulit. Suka pakai ini kalau foto dalam judul sedang tidak ingin yang ribet ribet.

Kelebihan dari aplikasi Pixlr adalah fitur font/jenis tulisan yang ada di aplikasi ini beragam, saking beragamnya saya sampai tidak bisa menguasai fiturnya karena mungkin hanya diketahui oleh pengedit foto semi profesional.
Kekurangannya adalah kualitas foto masih tergolong standar dan terkesan buram untuk di muat di blog. Lain halnya kalau dipost di Instagram, foto masih terlihat cerah.

Contoh Double Exposure & Font pada Pixlr


4. Snapseed

Aplikasi ini sangat favorit di kalangan ibu ibu per-cookpad-an. Saya pun tahu aplikasi ini dari situs masak memasak itu. Begitu ada foto makanan yang baru keluar, kelihatan deh pada pake Snapseed.
Kelebihan aplikasi Snapseed ini aplikasinya termasuk mudah digunakan untuk mengedit foto sedehana dengan frame yang sederhana pula. Kekurangan Snapseed adalah terbatasnya fitur font/jenis tulisan. Kesannya itu itu aja. Terus fitur fiturnya untuk mengedit foto terkesan kurang familiar sih buat saya.

Fiturnya ini mungkin cocok sama seperti aplikasi diatas yaitu untuk pengedit foto semi profesional yang mengerti istilah dalam mengedit foto. Atau hanya saya saja ya yang berpikiran seperti ini. Saya hanya memakai fitur Glamour Glow - Lens Blur - HDR Scape - Drama - Bingkai - Tulisan. Selalu itu saja.

Contoh penggunaan gambar pada Snapseed

5. Canva

Aplikasi ini baru dua bulan saya pakai, sejauh ini cukup puas memakainya. Ada banyak pilihan beragam template untuk mengedit buat judul foto blog. Saya sangat menyukai fitur di aplikasi ini. Begitu mudah menggunakannya dan tidak membuat bingung memakainya.

Memang sih untuk aplikasi ini ada kekurangannya. Biasanya kalau gambar agak gelap atau kurang tajam saya mengeditnya di Snapseed dulu baru foto dipindahkan disini. Fitur template, grafis , infografis dan font/jenis tulisan yang beragam menjadi kelebihan dari aplikasi ini. Kelihatannya tidak ada fitur di aplikasi ini yang tidak saya pakai, semua saya pakai dengan baik. Sejauh ini aplikasi Canva yang paling oke untuk mengedit judul foto blog.

Contoh penggunaan gambar pada Canva


Nah 5 Aplikasi Foto Editor di atas adalah aplikasi foto yang sangat mudah untuk digunakan khususnya dengan menggunakan gawai (smartpphone) tetapi menggunakan laptop pun juga bisa seperti foto editor Canva yang dapat diakses secara online melalui situsnya. Selamat mencoba dan dan selamat berkreasi :)

15 komentar:

  1. pensasaran sama Pixlr sih, belum pernah nyoba soalnya, kalau yang terakhir sering pakai itu beberapa bulan ini sis :) menu templatenya banyak jadi tinggal pilih sesuai keinginan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pixlr isinya hampir seperti Snapseed sih ada fitur edit kualitas fotonya, tapi dari segi font lebih byk dr snapseed

      Hapus
    2. oke deh sis... nanti ku coba dulu :) makasih

      Hapus
  2. sama aku juga senang pakai snapseed dan canva, kayaknya hidup terasa lebih mudah sejak ada mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bner bgt mba, apalagi canva mudah banget makenya :)

      Hapus
  3. Saya pernah paka Photogrid saja di handphone yang lama, terus kenal Canva dan jatuh cinta padanya (untung dia bukan manusia hahahaa). Betul, Canva banyak pilihan, bahkan masih dapat kita akal-akalin untuk menginsert foto/gambar kita sendiri. Saya suka desain-desainnya. Meskipun, kadang-kadang saya masih pakai aplikasi Photoscape untuk bikin gambar pos blog. Hihihi. Makasih, kakakkkk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga jatuh cinta nih sama canva, templatenya itu loh beragam sekali :)

      Hapus
  4. Makasih mbak infonya, saya belum pernah coba selain snapseed sama canva, hehe. Snapseed pokoknya juara banget kalo buat edit foto, no ads, ringan pula :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju mba laili snapseed mudah penggunaannya dan ringan tapi saya suka gemay sama fontnya koq dikit banget ya hehe :)

      Hapus
  5. lagi pengen coba canva. dan baca ini jadi makin pengin jajal canva. tfs mbak :)

    BalasHapus
  6. No 1 akan ku coba dulu, semoga cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. No.1 sederhana koq coba aja, bisa untuk ikon sorotan instastory di instagram juga

      Hapus
  7. Saya pakai canva, udah lama banget malah, tapi kayaknya snapseed juga keren ya.
    belum pernah nyoba.

    Kalau canva dulunya lelet, eh sekarang udah mendingan.
    Meskipun kadang juga saya gunakan aplikasi manual gitu kayak photoscape :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Canva memang sering saya pake di aplikasi saja, kalau online di laptop memang suka lelet, snapseed bagus, coba aja mba :)

      Hapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.