Halaman

Sabtu, 12 Januari 2019

5 Buku Panduan Belajar Nabung Saham bagi Investor Pemula


panduan belajar nabung saham bagi pemula

Tema kali ini kembali lagi ke tema investasi, salah satu tema yang saya favoritkan. Sekarang ini tajuk #Yuknabungsaham kian gencar di informasikan dimana mana.
Dulu yang kata orang Saham itu hanya bisa di beli oleh orang kaya dan pebisnis saja, namun kini Saham bisa dibeli oleh siapa saja yang ingin berinvestasi di Pasar Modal.

Membeli saham tidak sesulit yang saya bayangkan selama ini. Sebelum saya mengenal tentang saham banyak sekali pemikiran negatif saya tentang yang namanya saham. Selain saya mengira saham itu harganya mahal sampai berjuta juta, saya mengira saham itu adalah bagian dari judi, spekulasi dan berbahaya.

Untuk standar pemikiran ibu rumah tangga seperti saya ngapain juga capek capek beli saham untuk investasi, meningan juga beli emas atau beli tanah.
Tapi setelah saya membaca buku tentang menabung saham juga mengikuti tentang belajar saham secara online pemikiran saya akan saham berubah total. Ternyata saham tidak sebegitu menakutkan yang saya kira dan saham bukanlah judi.

Saham begitu dinamis pergerakan harganya dibanding produk investasi lainnya. Membuat saya selalu penasaran, ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang yang namanya saham ini.

Satu hal yang saya suka tentang saham yaitu harganya yang sangat bervariasi dari harga yang paling rendah Rp 20ribu perlot sampai Rp 8juta perlotnya. Harga bisa disesuaikan tergantung kesanggupan pembelinya, sangat dinamis, saya suka akan hal ini.

Namun yang ada dibenak pembaca adalah dimana saya bisa mendapatkan pengetahuan tentang saham? Saya masih buta tentang saham, menurutnya.
Well, sekarang mempelajari saham itu tidak susah mencari sumbernya, baik media cetak maupun non cetak.

Media Cetak berupa buku dan Non cetak berupa situs yang memberikan segala informasi tentang saham. Namun buku rupanya masih menjadi primadona untuk mempelajari sesuatu. Buku memberikan informasi yang lengkap tentang membahas sesuatu hal dibandingkan informasi di suatu situs.

Pemilihan buku yang tepat untuk mempelajari investasi saham juga merupakan hal penting untuk mengetahui saham lebih baik lagi. Terlebih buat calon investor pemula yang bingung harus mulai darimana informasi akan saham sedari nol.

Berikut akan saya bahas secara singkat 5 Buku yang bisa menjadi panduan belajar menabung saham buat investor yang benar benar pemula.

1. Yuk Nabung Saham - Selamat Datang, Investor Indonesia 


Pic from Gramedia online

Buku ini ditulis oleh Nicky Hogan, Direktur bagian Pengembangan di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI).
Buku Yuk Nabung Saham ini benar benar buku yang sangat mudah untuk dipahami oleh siapa saja yang membacanya.

Tua muda cocok sekali membaca buku ini. Buat saya seperti di Brainwash saat sudah melahap habis isi bukunya. 'Cuci Otak' disini bukan secara negatif melainkan positif, membuka cakrawala lain tentang dunia saham yang dulunya tidak saya mengerti sama sekali.

Ajakan berupa Yuk Nabung saham di buku ini adalah ajakan yang sangat sederhana. Ajakan untuk meninggalkan pandangan yang sangat keliru mengenai investasi saham. Seperti yang Nicky Hogan ungkapkan di bukunya ini, investasi adalah sebuah kebutuhan.

Saat kita punya uang adalah saatnya kita untuk berinvestasi. Berinvestasi untuk tabungan masa depan kita sendiri. Juga untuk menjaga kesejahteraan kita serta kesejahteraan anak cucu kita.

Lihat juga : Belajar Investasi Saham

2. #YukBelajarSaham Untuk Pemula

Pic from Tokopedia

Buku ini berisi kumpulan tulisan tentang menabung saham dan informasi cara menabung saham yang benar . Ditulis oleh gabungan anak muda atau generasi milenial yang melek akan investasi yang bernaung dalam suatu wadah komunitas Investor Saham Pemula (ISP). Komunitas ISP sudah tersebar di seluruh propinsi di Indonesia.

Komunitas ISP berdiri sebagai wujud gerakan akan menabung saham yang masih awam di Indonesia. Salah satu founder ISP, Frisca Devi Choirina adalah penggagas munculnya buku Yuk Belajar Saham untuk investor pemula ini. Mengenai mbak Frisca ini pernah saya bahas dalam post akun instagram favorit.

Mbak Frisca melalui komunitas ISP berharap dengan adanya buku ini dapat mengedukasi tentang investasi saham untuk seluruh lapisan masyarakat tanpa mengenal batasan usia dan status dengan bahasa yang 'lebih anak muda' dan mudah untuk dipahami.

Lihat juga : 10 Akun Instagram Favorit

Buku Yuk Belajar Saham ini berisi pengetahuan dasar tentang saham. Tentang apa saja institusi yang mengawasi dibalik adanya saham. Bagaimana harga saham terbentuk , bagaimana cara membeli saham dan manfaat dari investasi saham itu sendiri.

Generasi milenial, generasi yang dianggap sudah melek akan kehadiran investasi, yang diharapkan dapat merubah iklim investasi di Indonesia lebih baik lagi. Generasi inilah yang akan dapat menggeser kedudukan para investor asing yang sudah lama menguasai investasi di Indonesia.

Selain generasi milenial kita sebagai ibu ibu dan bapak bapak yang sudah memiliki penghasilan tetap semestinya juga tidak boleh kalah dengan mereka yang sudah melek akan investasi saham :)

3. Who Wants to be a Smiling Investor 

Pic from iPusnas

Buku ini ditulis oleh Lukas Setia Atmaja dan Thomdean sebagai ilustrator. Kenapa harus pakai ilustrator? Karena isi buku ini seperti sebuah komik. Pernah tahu komiknya Benny and Mice kan? Ditulis dan diceritakan seperti layaknya sebuah komik nan lucu, segar dan informatif dengan harapan tema dan isi dari buku ini dapat dengan mudah untuk dipahami siapa saja bahkan untuk anak SMP sekalipun.

Teaser buku - Pic from iPusnas

Melihat dari tahun penerbitan buku ini, membuat saya menyadari betapa terlambatnya saya mengetahui akan pentingnya investasi. Seharusnya dari dulu saya tahu tentang buku ini.

Seperti sebuah penyesalan kenapa gak investasi dari dulu sewaktu saya masih lajang, masih menikmati indahnya hidup bergaji dengan nominal 7 digit perbulan, jadi uang saya gak melayang gitu aja karena perilaku hidup konsumtif dulu yang tidak bijak menyikapi uangnya. Hiks, maafkan aku yang dulu ya uang :'(

4. Nabung Saham Sekarang

Pic from iPusnas

Buku ini ditulis oleh Ellen May. Bagi yang suka sama dunia trading saham siapa sih yang gak kenal dengan Emak kece satu ini. Seorang pakar investasi yang mulai terjun untuk trading dari tahun 2006

Disini saya tidak membahas tentang dunia trading yang menjadi andalan dalam buku bukunya. Ellen May juga menuliskan buku tentang Nabung Saham. Ia termasuk orang yang menyadari akan pentingnya investasi jangka panjang.

Bukunya termasuk mudah untuk dipahami bagi orang awam seperti saya. Komplit akan penjabaran pengertian tentang investasi saham, cara membuka rekening di perusahaan sekuritas untuk menyimpan profit dari investasi saham dan manfaat yang diperoleh dari investasi semua dibahas disini. Taklupa juga Ellen May menyelipkan tentang motivasi akan pentingnya investasi saham.

5. Yuk Belajar Nabung Saham

Pic from iPusnas

Lagi lagi tajuknya berjudul Yuk Nabung saham, bukan kata 'main saham' seperti kata yang sering kita dengar dari orang yang awam saham yang salah kaprah akan inti dari Saham. Buku ini ditulis oleh pakarnya investasi juga, Ryan Filbert.

Siapa sih yang gak kenal bapak satu ini, buku tentang Menjadi Kaya dan terencana dengan Reksadana menjadi salah satu buku best seller tentang investasi. Tak kurang sudah 15 buku yang sudah ia terbitkan, membuktikan bahwa ia adalah penulis tentang Investasi yang patut diperhitungkan.

Lalu bagaimana tentang buku yang ia tulis ini, menurut saya buku ini cocok untuk yang ingin mengetahui tentang investasi dari pandangan perencanaan keuangan.

Pemahaman tentang perencanaan keuangan akan investasi, cara membuka rekening di perusahaan sekuritas, manfaat dari menabung saham, saham apa saja yang cocok untuk diinvestasikan secara jangka panjang semua dikupas tuntas di buku ini.

Lihat juga : Cara Sederhana Memilih Saham yang Bagus

Kalau saya bisa, anda juga Bisa

Mengutip kata mutiara dari emak Ellen May didalam bukunya. "Pada awal saya berinvestasi saham, saya juga mempelajari dan memahami banyak hal". Pengalaman adalah guru yang terbaik, namun belajar dari pengalaman orang lain akan menjadi guru terbaik yang mempercepat proses anda menjadi investor saham yang sukses.

Jadi buat anda, kamu atau teman teman sekalian yang tertarik akan investasi saham coba deh baca ke 5 buku tersebut, bahasanya dijamin tidak sulit untuk dipahami.

Terus kabar gembiranya nih kalau tidak sempat untuk membelinya di toko buku, ke 5 buku yang sudah disebutkan diatas dapat dipinjam dan diunduh secara gratis melalui aplikasi Perpustakaan Nasional atau iPusnas dan juga bisa dari aplikasi Ridmi, perpustakaan digital yang dikelola oleh Perpustakaan TICMI (The Indonesian Capital Market Institute) yang bekerja sama dengan PT. Woolu Aksara Maya sebagai pengembang aplikasi.

Buku buku diatas adalah buku yang best seller dan sering diincar peminjam buku di aplikasi, gak heran sampai banyak yang rela mengantri untuk meminjam buku buku tersebut. Kalau tidak sabar untuk mengantri ya langsung aja beli bukunya hehe..
So Happy Reading and be the Investor ya gaess :)

sumber informasi lainnya bisa juga belajar investasi di :

- www.syariahsaham.com
- www.ngertisaham.com
- www.moneysmart.id

Sumber Referensi :

Nicky Hogan. 2017. Yuk Nabung Saham - Selamat Datang, Investor Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Komunitas ISP. 2017. #YukBelajarSaham untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Lukas Setia Atmaja & Thomdean. 2011. Who Wants to be a Smiling Investor. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Ellen May. 2017. Nabung Saham Sekarang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ryan Filbert Wijaya. 2017. Yuk Belajar Nabung Saham. Jakarta. Elex Media Komputindo.

24 komentar:

  1. Betul, Kak. Saat ini dua hal yang sering saya baca di internet selain tentang BuJo adalah Saham dan Investasi. Mari menabung saham, pasti berguna kelak. 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kak kita sebarkan virus yuknabungsaham sedari sekarang :)

      Hapus
  2. Halaman ini di bookmark dulu ya mbak, buku2nya bagus banget sebelum melakukan investasi....enak juga mbak bisa jadi pemilik saham/investor. Thanks mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba memang sebaiknya baca panduan dulu sebelum memulai investasi biar tidak salah melangkah :)

      Hapus
  3. Kalau kami didaerah terpencil lebih cocok investasi lake ya

    BalasHapus
  4. Wah sepertinya kita perlu nabung saham untuk masa depan kita.Dari pada nabungnya via celengan bambu enakan nabung saham yach...

    BalasHapus
  5. Pengalaman adalah guru terbaik. Untuk mendapatkan pengalaman itu kita musti terus belajar dan berani melangkah.... Jadi pengen belajar nabung saham. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mas adi, bukunya sangat mudah dipahami buat yg pengen belajar saham

      Hapus
  6. Kalau saya punya bukunya Ellen May, buku 1 dan 2.. Smart trader Rich Investor dan Smart Traders not Gamblers, buku beliau bagus-bagus mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas sabda buku mba ellen ini bagus2, saya baru baca buku yg no.2 sama buku yg sy rekomendasikan ini, nah karena mba ellen may ini ahlinya trader mungkin buku yg mas sarankan cocok buat yang ingin belajar trading saham ya :)

      Hapus
  7. Kucatat judul bukunya ya, kak.
    Terimakasih infonya.
    Sebetulnya dari dulu aku sudah tertarik dengan saham, hanya karena sering dengar banyak pendapat orang katanya sulit jalaninya dan kebetulan aku ngga ada pembimbing bermain saham, jadi sejauh ini cuma sebatas wacana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimulai saja dulu baca buku tentang saham mas, baru nanti melangkah untuk tahap yang lebih lanjut bila sudah mengerti dan cocok untuk investasi saham :)

      Hapus
  8. bisa dicoba juga nich nabung saham, mana tau bisa jadi milioner, hehehe

    BalasHapus
  9. Kala kecil pernah nyaranin bapak untuk beli saham. Itu bagus sebagai investasi karena saya suka baca koran dan bacaan berat. Kala ada penawaran agar masyarakat beli saham, saya nyaranin bapak karena ada beberapa perusahaan besar kayak Unilever juga. Sayang saran AGB belasan yang terpaksa home schooling kala itu tak ditanggapi. Padahal ada dividennya. Bukan spekulasi melainkan untuk disimpan dalam jangka panjang.
    Sekarang jadi kepikiran untuk beli saham, namun nanti jika sudah jadi narablog profesional yang punya banyak job dan penghasilan besar.
    Hendak wujudkan rencana nabung emas di pegadaian dulu, suami sudah setuju karena itu akan jadi milik bersama. Nah, kalau saham mah harus pakai uang sendiri karena suami tak paham. Tak familiar, he he. Jadi amannya tak usah bahas itu daripada nanti doi kesal. Maklum dunia kami beda. Saya literatur, suami cangkul. Ha ha.
    Terima kasih referensi bukunya, Mbak Iid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang susah ya mba kalau dunianya sudah berbeda,mau di cekokin dengan buku yang paling mudah dipahamipun tak akan bisa, memang lebih baik untuk investasi pribadi saja mba karen kita tidak tahu kan nasib pribadi kita kedepannya, intinya tetep melek sama investasi aja apapun jenis investasinya :)

      Hapus
  10. Banyak juga buku yang bisa dijadikan referensi ya, Mbak...saya belum pernah baca kelimanya. Pengen juga belajar minimal biar tahu saja... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mba dibaca bukunya, diunduh lewat aplikasi iPusnas juga bisa :)

      Hapus
  11. Pengen banget bisa nabung saham dan bisa kayaa dari sahaamm wuehehe, tapi halal kan ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah halal, sudah ada saham syariahnya jadi gak ragu lagi nabung saham

      Hapus
  12. Sampai sekarang saya masih belum pede nabung saham. Padahal kantor cuma selemparan batu dari BEJ. Mungkin harus mencoba membaca salah satu dari buku-buku ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di BEI ada sekolah pasar modal, barangkali berminat bisa langsung belajar saham disana, klo belum sempat silakan dibaca dulu buku2 yg saya referensikan ini

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*