Domain Authority Pada Turun, Apa Pasal?

06 Maret

Domain authority 2-0 for blogger
Pic from : moz.com
Sebagai seorang blogger yang ingin bekerja secara profesional tentu dong harus update sama yang namanya istilah SEO, DA dan PA. Awal terjun jadi blogger saya malah tidak tau tentang ini dan cuek sama sekali, kalau sekarang istilahnya merujuk pada buku yang berwarna oren, "bodo amat" hihi.

Domain Authority (DA) menurut Dewaweb adalah "sebuah website metrik yang menjadi ukuran tingkat kepercayaan sebuah situs dan menjadi rujukan dari mesin pencari dan pengguna. Semakin tinggi nilai DA semakin tinggi pula tingkat kepercayaan situs itu sendiri".

Terhitung dari tanggal 5 maret 2019 waktu amerika dan 6 maret 2019 waktu indonesia, standar DA menjadi lebih diminimalisasikan karena ada kebijakan baru dari yang punya program yaitu moz.com

DA saya yang masih receh ini yang tadinya sudah menyentuh angka 20an terjun bebas menjadi angka 10an. Pffiuuh..lumayan juga turun setengah, tapi herannya PA malah tetap, bingung. Kenapa demikian?

Ternyata gak hanya saya, pagi pagi dapat chat di grup WA pada mengeluhkan hal yang sama DA pada turun! Yeay alhamdulillah bukan cuma saya saja ternyata, yee koq malah seneng sih, yah biarin lah berarti yang merasakan penderitaan bukan saya saja ternyata wkwk.

DA sejauh pengamatan saya masih penting dimata para advertiser atau agensi pencari blogger untuk mengiklankan produknya. Setiap web agensi gak itu Sosiago, BPN Partner, Rajabacklink, Eleve, C2live, Vira.id, dll.

Saya pun mencari tau baik di sosmed maupun langsung ke mbah Google.
Di sosmed tak banyak rupanya yang membahas ini. Mencari cari hestek di twitter yang keluar malah masih seputaran #Syahreino #Energyofakad #Syahrinireinosatuatap #savelunamaya #lunamayaberhijab, walah.. salah alamat saya :D

Lihat juga : Blogger Part Time atau Full Time

Akhirnya cari hestek #moz #domainauthority baru ketemu deh di kolom pencarian twitter.
Selidik punya selidik adalah Moz yang punya program ini. Moz sedang mengeluarkan tools terbaru Domain Authority 2.0. DA 2.0 dipercaya dapat meningkatkan lagi nilai kepercayaan situs dimata mbah google.

Pic from twitter

Rupanya hal ini masih ada hubungannya dengan fitur Google+ yang baru baru ini dihapus sama Google. DA 2.0 dapat menghapus link spam dari komentar google+ terdahulu yang masuk dan tidak dimasukkan dalam score DA, kemudian dapat meningkatkan nilai korelasi antara blog dengan google sebagai mesin pencari, dan yang terpenting DA masih berhubungan dengan segala perubahan yang Google buat (duh lagi lagi karena Google) Kira kira seperti itu penjelasannya.

Oke kita lihat saja nanti perubahan apa saja setelah melihat nilai DA yang turun ini, apakah pihak agensi akan tetap keukeuh memilih blogger berdasarkan nilai DA yang terdahulu atau memakai standar nilai DA yang baru saat ini. Ataupun memakai alternatif lainnya seperti Pageviews berdasarkan jumlah halaman yang tayang pada Google Analytics ya? Hmm saya jadi penasaran ..

Okelah selagi kita penasaran tentang produk Moz, DA 2.0 ini yuk tetap bersemangat ngeblognya, ambil semangat dari para blogger senior yang hampir tiap hari update blog, gak peduli internet lemot, gak peduli laptop rusak, gak peduli gawai ngehang, duh saya salut. Tak bisa tiap hari, update blog paling tidak seminggu sekali juga gapapa. DA rendah? Hajar bleh.

27 komentar:

  1. Moz, "benda" baru lagi nih...sesuatu yang mesti dipelajari lagi sepertinya.
    Thanks infonya mbak.

    BalasHapus
  2. Hihihi.. karena awak masih pake Web gratisan, jadinya awak santai saja kak.. heheheh

    BalasHapus
  3. Owh.. baru tau? Makasih infonya 👍

    BalasHapus
  4. Nah, ini dia. Tulisan penjelas tentang sebab-akibat DA turun massal dan bikin banyak narablog geregetan. Perubahan akan selalu ada dan tetap dibutuhkan sepanjang masa. Yang penting kita selalu memperbarui blog dengan isi yang baik dan berfaedah. Bikin yang baca betah serta selalu ingin bertamdang lagi agar beroleh hal baru. Saya belum cek DA saat ini sepertinya tak benting karena harus fokus isi blog. Sayang netbook belum menyala juga. Semoga tak rusak. Mbak Iid harus tetap semangat karena masih punya peluang untuk meningkatkan DA lagi. Siapa tahu alat dalam MOZ ini bisa membuat blog kita lebih anteng melaju. Tetap jaga semangat juang agar tak drop. Kita punya blog bukan untuk main-main dan ada tujuan. Jadikan sebagai acuan, apa pun yang terjadi. Ini info aktual, hi hi.

    BalasHapus
  5. hahahah... bukan hanya blog milik embak yang ANJLOK, DA PA blog saya juga, dari 22 jadi nangkring di ANGKA 16 , kayak di REMAJAKAN gitu DA PA blog kita.hahahah.....Mozz..mozzz bikin stres kami - kami saja !!! gkgkgkk....

    Padahal naikin angka DA PA blog SUSAHnya minta ampyunnnn....!! giliran dah naik eee... disuruh turun, kayak turun JABATAN saja. olahhhh..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curhat ya kang? mudah2an DAnya gak stres karena turun kelas ya wkwk

      Hapus
    2. hahahah... iyah. gkgkgkgk.....

      Hapus
  6. Wah saya terasa juga turunnya udahlah naikin nya seperti merangkak ehhh sudahlah mgkn usaha saya blm maksimal. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak semua blogger sepertinya merasakannya tuh :)

      Hapus
  7. Coba gitu ya, DA itu kayak usia, pasti para blogger bersorak gembira..
    HOREEEE... JADI MUDA LAGIII, KULIT WAJAH MULUS LAGI waakakkakakak

    Kalau dilihat-lihat, blog yang paling banyak turun kayaknya yang blog baru dan paling rajin BW, apalagi pas BWnya pakai URL, jadi langsung masuk ke blognya.
    Kalau saya selalu pakai Blogger, jadi hanya di WP saya pakai url langsung.

    Nah, sepertinya, url yang kita tinggalkan itu ngaruh banget semacam saling keterikatan antar blog, jadi saat blog satunya turun banget, bakal pengaruh ke blog lainnya, demikian juga kalau naik.

    Saya juga turun dong, akhirnya kemaren saya putuskan utak atik blog biar SEO friendly, meskipun malah jadi kacau hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh begitu ya mba,,saya kirain DA saya banyak turun karena sering komen pake Google+

      Hapus
  8. Dikarenakan saya masih new-bie, ini termasuk hal baru dalam kehidupanku, eh dalam kehidupan blogging yang aku lakukan.

    Cara tahunya blog kita turun itu bagaimana ya? :( Maklum new-bie. Dari tadi berusaha memahami tapi nggak tahu harus gimana.

    Maafkan Kakak.

    Jadi was-was juga. Eh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Login ke Moz.com saja kak, nti alamat blognya akan direview peringkat DA dan PAnya, sebulan gratis ngecek 10 kali

      Hapus
  9. Blog saya masih unyu-unyu mbak, belum di cek DAnya, palingan kalau di cek masih 1 hehee..

    BalasHapus
  10. DA PA saya masih rendah sangat, dan turun juga. saya sebenernya gak ngerti juga itu buat apa dan cuek aja... tapi karena temen-temen pada sedih karena DA PA nya turun, saya juga ikut sedih de...

    dan kalau rajin nulis dan bw bisa bikin DA PA naik, saya akan rajin nulis dan bw de....

    semangat!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mba tetap semangat rajin bw dan nulis :)

      Hapus
    2. Mau da berapapun hajar terus,mbah googlepun lama kelamaan pasti hafal dengan wajah saya,he-he

      Hapus
  11. mbaak, apa kabar DA saya yang belum kepala 2, langsung terjun bebas tanpa parasut :" sempat kapan hari cek memang turun, saya mikir mungkin karena saya kurang aktif atau gimana, ternyata memang dari sananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk domain blogspot memang nilainya kecil kalau baru setahun agak lambat untuk naik, kalau yg berTLD dalam setahun nilai DA cepat naiknya, saya kurang begitu tau faktor apa yang membuat nilai DA pada TLD cepat naiknya, yuk ganti domain mba :)

      Hapus
    2. bener mbak, saya baru bikin akun ini akhir tahun lalu, ya masa langsung gede ya DA nya :" butuh proses juga, hehe

      Hapus
  12. Aahhhhhh toss dulu DA nya nyungsep, ndak banyak sich, tapi lumayan

    BalasHapus
  13. Saya malah gak pernah mikirin DA mbak. Yang penting bisa nulis, trus nanti ngetawain tulisan sendiri. Hiburan aja gitu.

    BalasHapus
  14. Owalaah aku malah baru tau ada kejadian nilai DA pada anjlok terjun bebas kayak gitu ...
    Soalnya aku terakhir coba mengecek berapa nilai DA PA blogku sudah sebulan lalu wwwkk ..

    Berkat post ini aku jadi tau dan segera meluncur ke DA 2.0 ..., terimakasih infonya, kak.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.