Tips Berbisnis Kuliner Agar Sukses di Era Digital

tips berbisnis kuliner di era digital


Halo temen temen, kali ini saya mau bicara tentang bisnis nih. Duh, emak emak mau ngomongin bisnis kenapa tidak? hehehe..
Yup, saya bicara tentang bisnis kuliner. Bisnis di bidang kuliner adalah bisnis yang tidak pernah ada matinya. Selalu saja muncul restoran, franchise, warung kaki lima atau usaha kuliner rumahan yang baru. Mau kulinernya itu makanan berat seperti makanan padang, nasi rames, soto, sop, bahkan kudapan ringan seperti roti, cake kue basah, atau jajanan kekinian.

Selama semua orang butuh makan, ya selama itu pula bisnis kuliner akan tetap ada. Masalahnya bisnis kuliner yang baru muncul terkadang menggeser posisi bisnis kuliner yang sudah lama ada. Mengapa bisa demikian?
Karena inovasi lah yang membuat mereka tergeser. Baik inovasi ide baru di dalam resep masakan maupun inovasi di dalam manajemen bisnis kuliner itu sendiri. Terutama di era digital saat ini memang banyak sekali inovasi yang harus ada jika ingin bisnis kulinernya tetap lancar dan sukses berjalan.

Seperti warung soto nya Pak 'Kumis', tetangga saya yang mempunyai menu andalan yaitu Soto Ayam. Pak Kumis dan istrinya berjualan soto dan menu lainnya dengan cara yang masih sederhana. Suatu hari Pak Kumis sempat mengeluhkan tentang bisnis kulinernya yang agak lesu, padahal soto ayamnya itu favorit para pembeli.

Setelah ditelusuri, masalahnya adalah Pak Kumis kalah bersaing dengan kuliner sejenis yang tidak jauh dari tempatnya berjualan. Lalu saya pun memberinya solusi atas masalah bisnisnya dengan memberikan tips agar bisnis kulinernya tetap berjalan baik dan bisa bersaing secara sehat

Berikut saya bagikan tips berbisnis kuliner di agar sukses di era digital saat ini. Apa sajakah itu, yuk kita simak satu persatu :


1. Meningkatkan kualitas citarasa kuliner yang khas

Suatu bisnis kuliner yang bagus tentu akan dikenal oleh pelanggan karena cita rasanya yang khas dan itu yang membuatnya berbeda dengan bisnis kuliner sejenis.
Oleh karena itu sebelum bicara hal teknis dalam bisnis kuliner, kualitas kuliner tentu harus lebih mantap dulu kan. Saya heran dengan bisnis kuliner saat ini yang sekedar berjualan tapi rasanya 'kurang', padahal dari harganya cukup menguras kantong. Bukankah hal ini akan merusak citra dari bisnis kuliner itu sendiri.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu kalau tempat kuliner yang dijual itu enak ya? Kalau saya ya sederhana saja setiap hari kalau tempat kulinernya penuh pasti citarasanya enak bukan? Apalagi kalau yang keluar dari tempat itu dengan senyum sumringah :)

bisnis kuliner soto
Bisnis kuliner soto

2. Selalu mempunyai inovasi dalam kreasi kuliner

Suatu bisnis kuliner yang bagus itu tentunya selalu berinovasi dalam kuliner yang ditawarkan. Bisa saja dari resep menu yang dimodifikasi dengan cara dan penyajian yang unik tetapi tanpa meninggalkan cita rasa yang khas. Untuk hal ini sebaiknya kita sering melakukan riset ke rumah makan tradisional dan juga rumah makan yang mempunyai ciri khas internasional.

Inovasi lainnya yaitu dari penyusunan menu yang dikemas dalam paket paket menarik, seperti paket pelajar, paket pemilu, paket takjil, paket merdeka dan lain sebagainya yang disesuaikan berdasarkan momen di bulan tersebut. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan jadi tertarik untuk mencoba kuliner tersebut.

Baca juga : 12 Pekerjaan Laris di Dunia Maya

3. Melakukan promosi bisnis kuliner yang tepat sasaran

Melakukan promosi bisnis itu penting agar menjangkau lebih banyak orang untuk mengetahui keberadaan kita. Termasuk bisnis kuliner. Tanpa melakukan promosi perkembangan bisnis akan berjalan dengan lambat bahkan stagnan.
Promosi bisnis kuliner yang bisa dilakukan antara lain :
  • Menyebarkan brosur atau flyer tentang paket promo kuliner yang disajikan setidaknya sebulan atau dua bulan sekali. Sebarkan kepada orang orang yang pas untuk promo ini, misalnya paket pelajar, ya beri brosurnya ke pelajar dong.
brosur bisnis kuliner
Contoh brosur bisnis kuliner
By freepik
  • Berpartisipasi dalan pameran UMKM khusus untuk makanan siap saji/makanan kemasan, berjualan di pasar malam ataupun menghadiri bazar makanan. Biasanya acara ini pas untuk memperkenalkan bisnis kuliner sambil menyerahkan kartu nama bisnis kuliner maupun brosurnya.
  • Menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berpromosi juga dapat dilakukan. Hal ini biasanya efektif untuk mengundang calon pembeli lewat postingan foto foto yang membuat lapar dari kuliner yang disajikan, jangan lupa sertakan hastag yang membuat penasaran calon pembeli juga alamat lengkap berikut peta yang tertera di dalam media sosial tersebut. 

4. Melibatkan teknologi guna membantu melancarkan bisnis kuliner

Tidak bisa disangkal perkembangan teknologi pun mempengaruhi perubahan di semua lini. Termasuk dalam bidang kuliner. Di luar negeri contohnya sudah banyak yaitu dengan penggunaan mesin pintar untuk memesan makanan, membayar dan melayani makanan. Dalam artian pembeli melakukan self service, tanpa dilayani oleh seorang pelayan yang berwujud manusia. Di negara jepang dan korea sudah menerapkan hal ini. Cara membayar pun sudah memakai QR Code dari sebuah gawai yang dalam artian non tunai

Untuk di Indonesia untungnya kita masih bersyukur bertemu dan dilayani oleh seorang pelayan. Akan susah jadinya kalau kita harus berhadapan dengan mesin, karena belum terbiasa, pelan pelan dulu deh nanti malah kaget dan kelihatan gapteknya :)

Tapi bagi pemilik bisnis kuliner ternyata peran teknologi sangat membantu untuk memudahkan kegiatan penjualan, pemesanan online dan mengurangi resiko salah mencatat dalam transaksi harian yang biasanya direkap secara manual. Rekap transaksi harian dengan menggunakan komputer atau aplikasi di dalam gawai tentu akan memudahkan mobilitas bisnis kuliner itu sendiri. Tapi aplikasinya pun setidaknya pilih yang terpercaya juga. Aplikasi yang lambat kerjanya, suka error dan membuat baterai gawai cepat habis tentu tidak baik dalam kelancaran bisnis kuliner.

Aplikasi Kasir SPOTS Permudah Bisnis Kuliner 

Bagi yang tinggal di wilayah perkotaan tentu akan lebih mudah melakukan bisnis kuliner karena range pembeli lebih banyak. Pembeli pun tidak harus datang ke tempat, tinggal cukup memesan makanan dari aplikasi GO-FOOD jika mager atau tidak sempat.

aplikasi kasir spots
Aplikasi Kasir SPOTS

Namun dengan adanya pemesanan online seperti ini bukannya mudah bila tidak diatur dengan baik. Berbagai masalah pun muncul. Seperti bingung cara memilah dan memilih pesanan online dan makan di tempat (khusus untuk restoran ataupun warung makan), ada juga yang terkendala untuk mencetak resi/bon penjualan karena aplikasi tidak terintegrasi dengan pemesanan, ada pula yang pusing memikirkan uang kembalian ataupun kesulitan untuk mengatur rekapan transaksi harian dan pemilik bisnis pun susah untuk mengontrol dari jarak jauh bila bisnis kuliner dijalankan oleh asistennya.

Tapi syukurlah sekarang sudah ada perangkat aplikasi kasir online SPOTS yang memberi solusi mengatasi masalah dalam operasional bisnis kuliner sehari hari.
Aplikasi kasir atau Point of Sale ini melayani dalam bisnis apapun, salah satunya ya bisnis kuliner.

SPOTS yang merupakan bagian dari grup perusahaan GO-JEK ini membantu kegiatan operasional dalam bisnis kuliner seperti :
  • Membantu mencatat pesanan dari pembeli dalam perangkat yang terintegrasi secara langsung dengan aplikasi
  • Pembayaran mudah dan aman secara cashless/nontunai melalui fitur saldo GO-PAY atau GO-PAY QR Code 
  • Mencetak resi/bon secara instan
  • Merekap transaksi order harian yang bisa ditinjau kapan saja dan tidak perlu lagi dihitung secara manual
  • Mengecek transaksi penjualan dari jarak jauh secara aman

Aplikasi kasir SPOTS bertujuan untuk memudahkan, menghemat waktu dan uang melalui otomatisasi kegiatan penjualan sehari hari serta meningkatkan omzet penjualan. Dengan biaya aktivasi (pendaftaran) *Rp 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp 2.900/hari maka siapa pun bisa menjalankan bisnis, termasuk bisnis kuliner.

Gambaran jelas tentang aplikasi kasir SPOTS bisa dilihat di video ini :


Jadi tunggu apalagi , kalau ada yang memudahkan buat apa membuat repot diri sendiri menggunakan yang masih manual pada bisnis kuliner yang saat ini sedang dijalankan. Saat ini teknologi sudah merambah ke semua bidang, siap tidak siap kita harus menerapkannya lho.



Artikel ini didukung oleh :
https://spots.co.id

96 komentar:

  1. Bisnis kuliner memang menjanjikan, apalagi kita mampu membuat menu2 baru dan resep2 baru? Di tambah lagi dengan tempat yg mendukung dan strategis, terutama instagramable .... pasti sangat menguntung kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali mas yang penting tetap berinovasi

      Hapus
    2. inovasi eskrim, eskri dibuat jadi eskrim kelapa, itu rasanya luar biasa uenak tenan

      Hapus
  2. tips yang mantap betul ini kak, cocok banget bagi saya yang baru belajar buka usaha, terutama bisnis kuliner, jadi ingin menerapkan tips tips diatas, biar bisa sukses usaha saya, makasih banyak ya kak udah berbagi :)

    izin follow blog nya ya kak agar bisa menjalin persahabatan sesama blogger ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas semoga bermanfaat, sip terima kasih sudah follow blog saya :)

      Hapus
  3. Bisnis kuliner di era digital persaingan akan semakin ketat ya mbak, jadi kalau nggak berinovasi akan bisa kalah saing dgn usaha orang lain yg sejenis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi bisnis kuliner banyak konsumennya kok mbak yg penting rasanya enak pasti dicari

      Hapus
    2. iya mas, soal rasa memang yang utama, yang lainnya belakangan

      Hapus
  4. Di era digital, untuk berbisnis kuliner mesti menguasai teknologi..fasilitas SPOTS bsa membantu kegiatan operasional usaha ini ya mbak?

    BalasHapus
  5. pada masa sekarang, suka atau tidak kita harus terlibat dengan teknologi walaupun apa jua bidang yang kita suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teknologi saat ini adalah kebutuhan juga

      Hapus
  6. Teknologi jelas membantu banget ya kak iid..

    BalasHapus
  7. tapi saya lebih suka jadi pembeli, kurang pinter bisnis sayah mah,.... dan jualan online itu sgt membantu saya yang sangat mager ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mba apalagi mager karena sakit atau cuaca peran online berguna sekali

      Hapus
  8. Bisnis kuliner memang menjanjikan apalagi kuliner yang disajikan makanan utama. Namun, karena menjanjikan inilah, akhirnya persaingan di bidang kuliner semakin kuat. Sehingga, pelaku bisnis kuliner harus up-to-date dari berabgai sisi. Mulai dari citara rasa, interior-eksterior warung, hingga harus melek teknologi juga agar tidak ketinggalan sama pesaing-pesaing lainnya.

    Semoga sotonya Pak Kumis makin laris. Soto itu favoritku banget Kak.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar harus upto date sama perkembangan yang ada mba

      Hapus
  9. Bisnis kuliner nggk ada matinya ya...menjanjikan as always. Asal menyesuaikan dengan tuntutan zaman now.

    BalasHapus
  10. Wah bagus ini Mba, promosi via digital dan memakai spot itu aq baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba SPOTS membantu sekali untuk operasional bisnis/usaha UMKM

      Hapus
  11. Menarik nih mbak bisnis kuliner, saya sampai kayak jadi ketinggalan makanan hits di kota saya sendiri saking cepatnya perkembangan bisnis kuliner :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba saya juga suka ketinggalan info nih klo gak buka IG gak akan tau :)

      Hapus
  12. Menurut saya sich kalau rasanya enak dan terus terjaga rada enaknya, walaupun gimanapun akan tetap dikejar oleh pecinta kuliner

    BalasHapus
  13. sangat bermanfaat artikel ini

    BalasHapus
  14. Menurut saya yang paling penting itu adalah yang nomor 1 dan 4, sebuah mekanan harus enak, kalau enggak enak seunik apapun makanannya enggak bakalan maju usahanya, kemudian promosi di media sosial, tentu sasarannya adalah anak muda dengan begitu bisa di pastikan penjualan bisa meningkat 😀

    BalasHapus
  15. Pas bener memang usaha mesti bisa beradaptasi dengan menggunakan teknologi. Jadi bisa menyasar semua target pasar. Mulai dari anak muda hingga orang tua.

    BalasHapus
  16. Meningkatkan kualitas citarasa itu sangat penting. Jangan sampai turun yang mengakibatkan pembeli kabur.

    BalasHapus
  17. Inovasi emang perlu banget ya supaya bisnis bisa bertahan dan berkembang.

    BalasHapus
  18. Membantu banget cara kerja SPOTS ini ya .., pemilik usaha ngga perlu dibuat mumet ngatur keuangannya.

    Menurutku, tempat kuliner dan bentuk kulinernya sendiri ang disajikan di jaman sekarang ini harus tampil instagramble.

    BalasHapus
  19. Menjaga standar, dan kalau bisa meningkatkannya :D

    BalasHapus
  20. Bener banget mbak, sekarang dunia kuliner sedang rame-ramenya. Gak cuan perusahaan besar tapi juga kreasi olahan dari UMKM juga gak kalah menarik loh. Dan kalau saya pikir hadirnya SPOTS ini malah akan memudahkan lagi transaksi dari UMKM buat menjual bisnis usahanya.

    BalasHapus
  21. Era digital memang memberikan kemudahan yang tak terhingga yaa, dengan adanya teknologi pekerjaan hjadi terbantu :D

    BalasHapus
  22. Setujuuuu... dalam berbisnis makanan emang harus terus berinovasi biar tambah greget yak :)

    BalasHapus
  23. aku baru mau memulai bisnis di dunia kuliner, SPOTS ini jadi salah satu harapan aku buat membantu memudahkan transaksi non tunai hehehe.. menarik soalnya.

    BalasHapus
  24. Mantap tipsnya ini. Apalagi kalo dibarengi pemakaian SPOTS, usahanya bisa lebih maksimal pengembangannya

    BalasHapus
  25. Hwiiks, SPOTS ini jadi bikin semangaaattt utk menekuni bisnis kuliner yaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  26. Setuju, penggunaan teknologi memang membantu dalam berbisnis, salah satunya bisnis kuliner

    BalasHapus
  27. Wah zaman makin canggih aja nih, berbagai aplikasi pun satu per satu mulai hadir utk memudahkan kita. Aplikasi SPOTS ini membantu banget pasti buat yang mau bisnis kuliner

    BalasHapus
  28. Wah… sebenarnya salah satu impian saya juga dari dulu bisa kelola bisnis kuliner nih. Hehehe... di zaman yang semakin canggih ini pastinya akan banyak kemudahan.

    BalasHapus
  29. Makin praktis aja yah kak dalam berbisnis hehe

    BalasHapus
  30. Bener banget, bisnis kuliner memang gak ada matinya. Bersyukur ada SPOTS sehingga ga perlu beli mesin kasir yang besar dan mahal.

    BalasHapus
  31. Setuju, kalau mau sukses bisnis di era digital sekarang ini, citarasa dan teknologi terkait 2 hal yang wajib diterapkan, kalau gak ya, tergilas zamanlah

    BalasHapus
  32. Melibatkan tekonlogi bisa juga untuk meningkatkan promosi kuliner. Selain itu, dengan meningkatnya pengguna teknologi, bisa juga melihat pendapat mereka soal kuliner yang dilakoni. Jadinya sambil promosi, bisa mendapatkan feedback..

    BalasHapus
  33. iya kak, saya pernah tau tentang EDC spots, ketika dijelaskan oleh salesnya saya cukup tertarik untuk pengembangan sistem kasir dengan edc ini. namun saat ini saya sudah menggunakan POS sistem lainnya jadi mungkin tunggu habis masanya dulu baru pindah ni

    BalasHapus
  34. Hmmm niatnya untuk kedepan saya dan suami akan berbisnis ini kK. Mudah-mudahan tercapai.

    BalasHapus
  35. Saat ini bisnis kuliner makin hari makin menjanjikan, Tips kakak ini sangat membantu buat seorang pemula yg mau terjun berkecimpung usaha kuliner. 👍

    BalasHapus
  36. Bisnis kuliner emang yang paling hits sekarang. Menjamur dimana-mana. Memang butuh strategi buat melariskannya. Apalagi apa aplikasi spot yang memepermudah bisnis ini.

    BalasHapus
  37. makin ke sini makin keren aja ya inovasinya gojek

    BalasHapus
  38. Thanks atas tips usaha kulinernya

    BalasHapus
  39. MEningkatkan citarasa, nah ini harus dipahami oleh semua pelaku UMKM. Masih ada yang tidak menerapkannya. Semoga deh mereka ketemu artikel ini.

    BalasHapus
  40. Setuju banget mbak sama tips no. 4.. Kalau jaman sekarang pedagang gaptek, maka keuntungannya pun sepertinya akan sedikit karena sekarang banyak orang yang lebih suka cashless.. :-D

    BalasHapus
  41. Bisnis kuliner dipadukan dengan kemudahan berbasis IT bisa jadi kolaborasi yang sangat menguntungkan, keduanya saling melengkapi satu sama lain.

    Sukses terus ya mbak Iid.

    BalasHapus
  42. Keren sekali tips-tipsnya, Mbak.
    Dan memang benar, pkoknya kalau makanannya enak, pelayanannya ramah dan cepat, lalu terus menjaga kualitas, pasti akan terus dikejar orang, di mana pun berada. Saya suka begitu. Dan tidak mau pindah ke lain hati hehehe.

    BalasHapus
  43. Menarik sekali ya kak bisnis kuliner dengan memanfaatkan teknologi. Aplikasi SPOTS juga canggih ya.... Bisa membantu kita juga.

    BalasHapus
  44. Bisnis kuliner di sekitar tempat tinggalku timbul tenggelam nih kak. Mungkin mereka harus memanfaatkan teknologi ya untuk melariskan bisnisnya.

    BalasHapus
  45. Selain rasa yang enak ternyata berbisnis kuliner butuh bantuan teknologi juga ya, untungnya sekarang sudah ada spots ya, aplikasi kasir yang memudahkan bisnis

    BalasHapus
  46. Tips-tipsnya keren mbak. Bisa ikutan nyatet nih..

    BalasHapus
  47. Oh namanya apikasi SPOTS, beneran sangat memudahkan, menghemat waktu dan uang ya.. biaya aktivasi (pendaftaran) dan biaya pemeliharaan juga relatif terjangkau.. Bismillah.. semoga aku bisa mewujudkan impian punya bisnis kuliner dalam waktu dekat ya mba.. aamiin

    BalasHapus
  48. kata orang enak ya bisnis kuliner, labanya lumayan besar. Tapi emang bener harus bisa jaga rasa tetep enak dan berinovasi juga dari berbagai aspek termasuk teknologi/IT

    BalasHapus
  49. Mantul banget nih tipsnya mbk bisa di bookmark dulu biar gk kelupaan. Thank's banget ya Mbk bermanfaat banget

    BalasHapus
  50. kemajuan teknologi dan informasi bikin semua jadi mudah untuk menjual apa saja di internet ya kak, termasuk kuliner juga bisa dipromosikan lewat online, sehingga bisa menjangkau pelanggan lebih banyak ;)

    BalasHapus
  51. Kalau bisnis kuliner itu nomor 1 pastinya rasanya, dan kudu wajib banget dipertahankan rasanya.
    Saya sering banget liat beberapa bisnis kuliner yang berani mengorbankan nama baiknya dengan menyajikan makanan yang rasanya berkurang lezatnya entah karena udah sisa kemaren yang diolah kembali atau masalah lainnya.

    Dan juga masalah kasir seperti SPOTS amat sangat membantu pebisnis kuliner untuk mengembangkan bisnisnya :)

    BalasHapus
  52. Bisnis kuliner memang bisnis yang gak ada matinya. Dan lagi bukan aspek jualan terus selesai, tapi abis jualan juga gimana caranya biar habis jualan terus bisa dicatet pembelian dan hasil dari usaha. Pake SPOT ini bisa jadi opsi ngebantu pekerjaan bisnis jadi mudah

    BalasHapus
  53. aku juga lagi pengin usaha kuliner nih, cuma belum nemu yang pas saja. Bisnis kuliner di era digital mau nggak mau ikuti perkembangan ya. SPOT ini akan membantu tugas kita pastinya

    BalasHapus
  54. aplikasi kasir kayak SPOTS ini memang bisa jadi solusi buat para pengusaha kuliner yah. masalah administrasi keuangan jadi banyak terbantu n lebih praktis

    BalasHapus
  55. Bener mbak, bisnis di dunia kuliner yg paling penting rasanya ya, meskipun tips2 yg oainnya juga ga kalah penting sih. Apalagi Ada aplikasi kasir, wah baru tahu mbak, mungkin bisa diterapkan di bisnis lain juga Kali ya..

    BalasHapus
  56. Klo kuliner mainstream macam soto gitu ga bisa inovasi mba. Justru pelanggan inginnya yg sesuai dengan branding warung itu sejak jaman baheula :))

    Kehadiran SPOTS ini sangat ngebantu para pengusaha kuliner dalam hal pembuatan resi maupun laporan keuangan. Senangnya yaaa dibantu oleh kecanggihan teknologi utk hal ini.

    BalasHapus
  57. mantap kak... tipsnya coba saya diterapkan kalau mau memulai bisnis kuliner lagi.

    Tapi dari reviewnya, aplikasi SPOTS ini meskipun kecil bentuknya tapi manfaatnya luar biasa. sangat membantu pelaku usaha kuliner.. kalau merintis usaha kuliner lagi spot jadi pertimbangan utk kita pakai

    BalasHapus
  58. Bener banget tipsnya,
    Aplikasi kasir ini bisa mengakselerasi bisnis kecil agar tertata rapi dan terus berkembang <3

    BalasHapus
  59. Tipsnya oke banget Mbak. Boleh juga nih diterapin kalau buka usaha kuliner, hehe. Karena zaman semakin canggih maka tak ada salahnya juga mengikuti perkembangan zaman ya mbak. Apalagi dengan adanya aplikasi kasir seperti SPOTS. Tentu akan sangat membantu para pelaku UMKM khususnya yang membuka usaha bisnis kuliner.

    BalasHapus
  60. Semua tipsnya jleb banget sih Kak,
    Zaman sekarang mah, selain rasanya tempat makan juga harus asthetic sih soalnya kelakuan pelanggan tuh sebelum makan harus foto makanan dan ootd dulu hahaha.

    Tapi aplikasi SPOTS ini keren dan bisa membantu banget sih!

    BalasHapus
  61. Kalau kata suami saya, selama orang masih butuh makan maka bisnis kuliner gak akan mati. Tetapi, memang butuh inovasi. Banyak busnis kuliber yang bertahan sekian lama karena citarasanya enak. Nah akan semakin nyaman kalau juga sistemnya mengikuti perkembangan zaman

    BalasHapus
  62. Aku kapan itu ngeliat penjual gorengan di pinggir jalan ada Spotsnya di atas meja. Aku sampe takjub sendiri. Keren ya teknologi zaman now. Membantu para umkm banget

    BalasHapus
  63. Jadi pengen bisnis kuliner lagi nih...mdh2an bs ada kesempatan dan semangat serta semakung semesta mendukung...

    BalasHapus
  64. Jaman sekarang, semua-mua sudah cashless, jadi dengan adanya SPOTS makin mudah dalam bertransaksi.
    Ada yang bantu catat pemasukan dengan cara simple.

    BalasHapus
  65. Aplikasi SPOTS ini keren banget, nggak cuma menguntungkan pelaku UMKM kuliner saja, tapi juga menguntungkan kaum pemuja cashless kayak saya yg jarang bawa uang banyak tapi pingin jajan kaki lima

    BalasHapus
  66. So then what we need nowadays is a good strategies, continued innovation, and supporting application for all of those businesses

    BalasHapus
  67. Bener Banget mbaaa kualitas rasa memang harus nomer satu. Nah inpvasi jiga penting biar pembeli nggak bosen ya. Apalago ada spots semakin dimudahkan

    BalasHapus
  68. Keren nih inovasi SPOTS ini. Bikin pelaku UKM bisa mengelola sistem perkasiran dengan mudah. Alat dan aplikasi yang biasanya gede dan komples, jadi ringkes dan sederhana. Dan mungkin harganya juga lebih terjangkau ya

    BalasHapus
  69. Sepakat banget mbak. Jadi pingin share tulisan ini nih. Lengkap tipsnya ga hanya soal aplikasinya saja.

    BalasHapus
  70. Waaaah cocok banget ini tipsnya, mbak.. Kebetulan aku ama suami lagi pengen mulai bisnis kuliner. Makasih udah sharing

    BalasHapus
  71. Waaaah cocok banget ini tipsnya, mbak.. Kebetulan aku ama suami lagi pengen mulai bisnis kuliner. Makasih udah sharing

    BalasHapus
  72. Perkara uang kembalian tak bisa dianggap remeh. Jangan sampai pembeli kesal jika uang kembalian tak ada atau harus menunggu agar bisa ditukarkan di tempat lain. Saya telah belajar dari itu. Ribet juga karena transaksi tradisional akan membutuhkan uang kembalian. Adanya SPOTS sangat membantu di era digital. Konsumen tak perlu bete menunggu. Transaksi digital ala cashless mendukung mobilitas pelaku bisnis dan konsumen agar sama-sama puas da transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tak perlu ribet. Cocok banget bagi masyarakat dinamis..

    BalasHapus
  73. Di era digital seperti sekarang, adanya aplikasi kasir dari SPOTS ini sangat membantu para penjual dan pembeli saat sedang bertransaksi.

    BalasHapus
  74. ya, pelaku bisnis makanan juga harus memperhitungkan dengan kehadiran teknologi baru sehingga mereka bisa bersaing dengan pelaku usaha yang lain. Biar kalau kalah saingan yang disalahkan adalah teknologi

    BalasHapus
  75. Memiliki usaha di era digital itu jauh lebih mudah yah mba. Semua ada pendukungnya, dan yang paling penting kecanggihan aplikasi yang mendukung pelaku usaha. 😊

    BalasHapus
  76. ternyata ada ya alat kasir yang praktis seperti itu..

    saya juga lagi nyari testimoni pedagang yg sudah pakai spots nih.. biar lebih mantep. karena ada rencana pake ini alat

    BalasHapus
  77. di zaman sekarang, melibatkan teknologi dalam usaha itu emang wajib hukumnya. biar makin mudah dan cepat dalam melayani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba agar tidak tertinggal dengan usaha lainnya yg sudah melek teknologi

      Hapus
  78. SPOTS ini hanya untuk pengusaha kuliner aja atau pengusaha di bidang lain bisa menggunakan aplikasi kasir ini juga nggak ya? Sekarang kan ke mana-mana udah enak bisa bayar pakai GoPay soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa mba, karena fitur di SPOTS bisa utk mencatat rekapan transaksi harian usaha seperti umkm dan disupport pula oleh Gojek (Gomart/Goshop)

      Hapus
  79. Hal yang ga kepikiran sama kita malah kepikiran sama gojek, salam kenal mba minta follback blognya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba gojek memikirkan kebutuhan pebisnis kuliner, terima kasih sudah di follow ya mba, sudah saya folback juga blognya :)

      Hapus
  80. Jangan hanya terpaku pada inovasi saja menurut saya. Yang paling penting dalam bisnis kuliner yaitu rasa, harga, dan jumlah. Bisa saja rasa enak tapi seporsi terlalu dikit dengan harga lumayan mahal ya tetep aja ga terlalu bagus. Jadi ingan tetap pada kepuasan pelanggan baru permudah pelanggan. Sekedar curhat

    BalasHapus
  81. mungkin suatu hari nanti saya akan berbisnis kuliner setelah pulang ke Indonesia

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.