6 Solusi Mengatasi Ketombe bagi Wanita Berhijab

6 solusi mengatasi ketombe bagi wanita berhijab

Rambut adalah mahkota wanita.
Akan tetapi rambut yang gatal karena ketombe itu hal yang merusak image mahkota wanita. Karena memang itu suatu hal yang mengganggu sekali. Menggaruk terus rambut hingga keujung akarnya sampai menimbulkan luka saking gatalnya duh itu pernah saya alami. Rasanya pun gak enak banget di kala saya kegap buat garuk rambut yang gatal tersebut di depan teman walaupun tertutup oleh hijab, toh teman saya tetap saja tau bahwa saya lagi ketombean, haduh malu..

Penyebab ketombe adalah jamur yang meradang di kulit kepala. Ketombe memang akan muncul kepada siapa saja yang tidak benar mengurus kesehatan rambutnya secara baik, terutama bagi wanita yang berhijab. Walaupun secara visual rambut kita tidak nampak kebersihan dan kerapihannya karena tertutup hijab, tapi kesehatan rambut tetap sangatlah penting. 

Sering kali wanita berhijab mengabaikan hal ini, membiarkan rambut lembap, kotor dan berminyak sampai rambutnya pun mengalami kerusakan seperti rambut patah, rontok dan akhirnya berketombe. Karena sudah bertahun tahun saya memakai hijab, akhirnya saya menemukan solusi yang tepat agar rambut saya tidak berketombe seperti dulu lagi.

Solusi untuk mengatasi ketombe antara lain :


1. Tidak berganti shampo sesering mungkin. Karena setiap shampo berbeda beda kandungannya, akan tidak baik hasilnya karena rambut butuh penyesuaian dalam kelembapan alaminya.

2. Rajin shampo minimal 2 hari sekali. Akan tetapi shampo setiap hari pun juga tidak baik. Karena kelembapan alami kulit kepala akan terganggu.

3. Tidak sering mengikat rambut, biarkan rambut sehat dan terurai jika sedang berada di dalam rumah agar rambut dapat 'bernafas' dengan baik.

4. Mengobati ketombe dengan bahan yang  alami, yaitu :

*Campuran baking soda + VCO


Virgin Coconut Oil


Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe, cukup gunakan 2 sdm baking soda+ 1 sdm minyak VCO, aplikasikan pada sumber ketombe dipijat selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Baking soda yang biasanya digunakan sebagai pengembang kue ini mempunyai sifat membersihkan dan sebagai alkali pada rambut, sedangkan minyak VCO mengandung anti bakteri dan anti jamur, dapat menghilangkan jamur penyebab ketombe secara perlahan.

Baca Juga : Oil Pulling untuk kesehatan gigi efektifkah


*Campuran cuka apel + perasan lemon


Campuran cuka apel dan perasan lemon juga cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Dalam kandungan cuka apel yang mengandung asam malat dan lemon yang mengandung asam sitrat yang sama sama dapat membersihkan jamur penyebab ketombe. Keduanya pun bersifat alkali.

*Campuran cuka apel + lidah buaya

Pada lidah buaya yang mengandung anti inflamasi, anti bakteri dan anti jamur disandingkan dengan cuka apel yang telah diketahui kandungannya, maka dapat membersihkan ketombe sampai ke akarnya. Asalkan dilakukan secara teratur.

*Campuran perasan jeruk nipis + garam pink

Jeruk nipis kandungannya hampir sama dengan lemon walaupun kandungan asamnya lebih banyak pada lemon. Cukup efektif juga untuk membasmi ketombe bila dicampur dengan garam pink (himalayan salt) yang mengandung banyak mineral yang dapat menutrisi rambut. Caranya cukup mencampur 1 sdm perasan jeruk nipis dan 1-2 sdm garam hingga terbentuk scrub padat, olesi pada akar rambut yang kena ketombe, pijat sebentar sampai merata, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Menggunakan shampo dan kondisioner yang cocok dengan jenis rambut.

6. Apabila cara alami juga tidak efektif, maka gunakan shampo khusus anti ketombe untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Shampo rekomendasi buat wanita berhijab antara lain :


Wardah Shampo anti Dandruff

wardah shampoo anti ketombe bagi wanita yang berhijab
Wardah beauty
Sumber : bukalapak

Produk shampoo Wardah ini mempunyai kandungan utama Tea Tree Oil, Zinc Active serta Ekstra Peppermint yang memberikan sensasi segar pada kulit kepala dan juga ampuh mengatasi ketombe

Sunsilk Hijab Recharge Refresh & Anti Dandruff Shampoo

Varian shampoo dari shampo Sunsilk ini mempunyai kandungan utama Citrus dan Zinc Pyrithione yang secara efektif menangani ketombe yang membandel

Sariayu Hijab Intens Series Shampoo anti Dandruff 

sariayu hijab series anti dandruff bagi wanita berhijab
Sariayu Hijab Anti Dandruff
Sumber : @sariayu_MT

Sariayu menawarkan shampoo hijab series khusus para wanita berhijab. Dengan kandungan utama Pome Vit Komplex. Kandungan Magnesium pada buah Delima (Pome) dipercaya menghambat peradangan dan mengobati masalah kulit kepala seperti ketombe, eksim dan penyakit kulit lainnya.

Rejoice Hijab 3 in 1


Rejoice juga mengeluarkan varian shampoo khusus hijab yang mengandung formula utama Hot oil, ZPT dan Cool Menthol. Rejoice Hijab 3 in 1 memberikan 3 manfaat kebaikan yaitu mengatasi ketombe, melembutkan rambut dan memberikan efek rileks bagi kulit kepala

Shampoo Selsun Anti Dandruff


Shampoo Selsun mempunyai kandungan utama Selenium Sulfida yang sangat efektif sekali digunakan untuk mengatasi ketombe membandel.
Selenium Sulfida bertugas untuk membasmi jamur penyebab ketombe, mengobati infeksi jamur pada kulit kepala , panu dan dermatitis seboroik.

Produk shampo Selsun ini saya rekomendasikan untuk siapa saja yang ingin mengobati masalah ketombe secara tuntas. Shampo Selsun mempunyai varian Blue dan Yellow yang masing masing memiliki kelebihannya sendiri.
Namun karena kandungannya memiliki bahan kimia aktif, maka sebaiknya dihindari bagi wanita hamil dan menyusui.

Nah, sudah jelas kan apa saja solusi untuk mengatasi ketombe yang membandel di kepala bagi yang berhijab, mudah mudahan informasi ini bermanfaat ya teman temans :)

#7thdayRamadhanChallenge


27 komentar:

  1. Sari ayu hijab is looking great...and thank you for the tips

    BalasHapus
  2. waaah tips nya bermanfaat banget. Bisa dicoba nih... bahan-bahannya gampang didapet juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bahan bahannya cukup mudah ditemukan mba :)

      Hapus
  3. bahan-bahanya banyak yang gak ada di daerah saya,. shamponya aja cuma beberapa yang bisa saya jumpai disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin adanya di supermarket besar kali ya

      Hapus
  4. ibu saya cocok pakai lidah buaya itu mbak :D saya malah tidak cocok pakai shampo hijab, heran juga kenapa :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lala saya juga gitu. Hanya beberapa yg cocok buat saya

      Hapus
  5. walaupun rambut tertutup hijab, tapi bukan berarti tidak merawat rambut dengan baik ya kak, jadi usahakan rambut selalu dirawat agar sehat dan nggak ketombean ya ;)

    BalasHapus
  6. Mba iid, awak emang gak ketombean sih..
    Tapi rasa malas untuk keramasan sedang terjadi. Mau nyalahin baby dalam kandungan gak mungkin, wkwkwkwk

    apalagi emak2 dengan banyak anak sukanya rambut diiket ketat biar gak riweuh.
    Solusi donk biar rajin... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi bawaan bayi tuh kak tunggu ditegor paksu dulu biar rajin wkwk :p

      Hapus
  7. intinya harus rajin bersampo ya teh,..kalau enggak nati pas berhijab,..garuk-garuk kepala mulu,..nanti dikira kera,....ha-ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga seru juga kali ya garuk garuknya ngalahi kera hehe

      Hapus
  8. cocok ini buat yang sering ketombean.. makasi ya kak informasinya ya kak

    BalasHapus
  9. Kalo mau beli vco sama pink salt dimana mbak? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vco bisa beli di apotik kak, klo pink salt (himsalt) di marketplace juga ada

      Hapus
  10. Klo laki2 yg ketombean ada saran make shampoo apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Clear bang kaya CR7 wkwkwk

      Hapus
    2. Nah tuh benar, biar keren kayak CR7 wkwk, shampo selsun juga tuh ampuh banget

      Hapus
  11. Belum pernah coba kedua shampo itu. Karena udah aman pake shampo anti ketombe lain, nggak berani pindah ke lain hati. Karena biasanya ketombe malah datang ke kepala ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip betul kak, yg penting tetap setia dengan sampo favoritnya

      Hapus
  12. Kak id, beli cuka apel di Medan dimana ya? Apa harus beli online 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di apotik ada koq dek una dia botol kaca namanya Tahesta , di brastagi supermarket pun ada cuka apel ni namanya Apple Cider Bragg

      Hapus
  13. Kalau saya ini mungkin karena salah shampoo ya, tapi saya toh tetap memakai shampoo yang sama, yang itu-itu juga -_- ... mungkin sudah saatnya ganti shampoo supaya kulit kepala bebas ketombe. Daaaan rambut jangan sering diikat. Oke noted.

    BalasHapus
  14. Lagi nyobain shampo sari ayu anti dandruff, mungkin lebih ampuh hilangin ketombe kalo sering keramas deh, hehehe

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.