Cara Jitu Atasi Promo Belanja online yang bikin Galau

cara jitu atasi promo belanja online yang bikin galau

Bulan Ramadhan dan menjelang lebaran, banyak orang yang berbelanja ke pusat perbelanjaan demi untuk memenuhi kebutuhannya untuk memiliki sesuatu yang baru. Baik itu baru dalam hal pakaian, aksesories sampai ke produk perawatan.

Namun karena kondisi cuaca yang suka berubah ubah, kadang panas, kadang hujan, kadang mendung yang membuat saya jadi mager, saya jadi lebih memilih belanja secara online di marketplace terpercaya.
Selain karena barang dapat diantar dengan baik sampai ke rumah, saya pun bisa mendapatkan diskon untuk membeli barang yang saya butuhkan. Setiap Marketplace ada saja promosi yang ditawarkan baik dalam bentuk diskon ataupun voucher gratis bila membeli sesuai dengan S&K yang berlaku.

Baca Juga : Tips Promosi Bisnis Online

Namun belanja online ada banyak resikonya, sekalipun beli pada saat promo datang. Ramadhan tahun lalu, saya suka banget belanja sampai akhirnya tak terasa dompet pun jebol, padahal waktu itu juga memanfaatkan promo belanja online alias diskon. Waduh tobat deh tobat pikir saya waktu itu. Tidak lagi lagi belanja online yang dulunya suka saya gunakan baik untuk berjualan kembali maupun untuk kebutuhan pribadi. Saya benar benar tidak bisa mengendalikannya dengan baik waktu itu. Tapi tidak beli malah jadi galau. Semua serba salah kan.

belanja online yang bikin galau
Belanja online semudah menjentikkan tangan

Akhirnya saya menemukan cara dan solusi yang tepat buat masalah saya ini. Cara itu antara lain :

1. Instal satu saja aplikasi belanja online /marketplace atau tidak sama sekali.

Yang namanya manusia apalagi perempuan pasti suka melihat lihat barang yang dijual di Marketplace. Saya pun begitu. Tapi kebiasaan ini akhirnya saya rem karena saya sudah tak tahan dengan efeknya. Kalau tidak butuh butuh amat ya uninstall saja daripada membuat saya galau tak berkesudahan.

2. Hindari follow akun akun jualan di media sosial 

Hindari saja sebisanya yang membuat saya tidak tahan dengan pesonanya.
Kesannya kejam ya. Jahat banget ih tidak follow akun itu, padahal dia sudah melambai lambaikan tangannya buat saya tertarik. "Boleh kakak". Ah tidak!
Follow tidak follow itu hak kita kok.

3. Hindari follow akun Marketplace jika memang kita tidak butuh banget

Nah akun marketplace ini setiap saat ada saja pesan berupa promo promo menarik yang bisa kita ikuti. Bahkan sering kali nongol di timeline media sosial. Duh saya kadang risih banget ini bukannya benci, tapi karena saya takut tergoda. Lebih baik unfollow saja daripada menimbulkan rasa penasaran.

4. Gunakan dengan bijaksana kartu debit/kartu atm

Punya kartu debit/atm kadang memberikan banyak manfaat buat saya lebih mudah dalam bertransaksi tanpa harus menyetor ke Bank nya langsung. Tapi kartu atm ini juga terkadang menggoda buat saya untuk berbelanja online. Nah disinilah saya harus bisa memakai atm ini dengan bijaksana. Simpan kartu atm di tempat yang aman agar tangan jahil tidak menggunakannya secara sembarangan.

5. Hindari menggunakan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit itu mudah sekali untu membayar belanja online di marketplace. Bahkan banyak promo menarik yang ditawarkan dengan memakai kartu kredit dibandingkan dengan memakai karti debit. Di situlah godaannya. Memang enak tinggal gesek aja pas bayar, tapi efeknya sebulan berikutnya kalau tidak mampu membayar cicilannya bagaimana. Kan nyesek. Lebih baik menggunakannya di saat yang darurat.

6. Gunakan uang tunai seperlunya saja dan tentukan pos posnya

Bayar belanja online apalagi ada promonya pun bisa dibayar melalui minimarket sekarang ini. Itu berarti selalu saja ada celah buat saya terbuai akan promo belanja online. Kalau sudah begini gunakan uang tunai seperlunya saja. Tentukan pos posnya di awal bulan setelah gajian atau menerima uang bulanan dari suami. Kalau sudah ditentukan posnya sedari awal tentunya akan kecil kemungkinan buat menggunakan uang itu keluar jalur. Karena membeli barang secara online biasanya suka dadakan. Kecuali memang ada niat untuk membelinya jauh jauh hari.

Itu saja tips dari saya ketika tidak tahan dengan promo belanja online yang bikin saya galau. Bagaimana dengan mu? Share dong cara lain mengatasi belanja online yang bikin galau ini.

#6thdayRamadhanChallenge




13 komentar:

  1. awas promosi bikin kita konsumtif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas benar sekali tak sadar kita pun jadi lebih komsumtif dan boros

      Hapus
  2. Kalau saya saran mungkin bagusnya install shopback aja. Haha. Soalnya bisa kemana-mana belinya. Dapat cashback pula. Eh, jadi promosi nih jadinya. maaf yah mba. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mba, yg penting bijak aja menggunakan promo belanja online :)

      Hapus
  3. Promo online memang menggiurkan, tapi mesti pikir dulu, yang dibeli memang diinginkan apa enggak..=D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, pilih yang penting sesuai dgn kebutuhan

      Hapus
  4. Assalamualaikum, bunda. Perang promo antar marketplace sangat menggoda. Dan emak² seperti saya gampang banget terkena racun discount dan Cash Back. Terimakasih, info nya sudah mengingatkan. Salam Sukses Selalu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, perang promo bikin kita lapar mata mudah2an kita gak mudah tergiur ya hehe

      Hapus
  5. Nomer 4, gunakan kartu debit dengan bijaksana. Itu yang sangat penting... Soalnya, kalau kartu kredit kan suka takut hutang. Tapi kalau kartu debit kok rasanya aman-aman saja dipakai. Padahal tetap saja pemborosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba pake kartu debit pun juga bikin tergoda kalau gak bijak makenya

      Hapus
  6. bulan ramadhan ini banyak sekali ya kak promo2, di sms, di email, di fb di whatsapp, dll, kadang sebel juga nggak bisa beli promo itu karena nggak punya uang hhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha gpp mas malahan aman uangnya gak ada drpd mubazir :)

      Hapus
  7. terkadang nafsu buat beli ini itu tidaklah mudah untuk ditahan teh ya,..susah banget nahannya,..ha-ha

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.