Ketahui, ini Penyebab Bau Mulut yang bikin Ganggu

bau mulut bikin ganggu kamu
Bau mulut bikin ganggu
Image by freepik

Bau mulut yang tidak sedap itu sesuatu yang mengganggu. Bau mulut bahkan membuat kepercayaan diri seseorang bisa menurun, apalagi ketika kita berpuasa.
Contohnya si Udin, ia sedang dilanda bau mulut yang tidak sedap saat bulan puasa. Jadi mau ketemu teman buat bukber juga tidak percaya diri karena bau mulut yang mengganggu itu. Yang akhirnya bukber hanya wacana saja di pikirannya. Mau kasih tau teman tidak bisa datang ke acara bukber karena bau mulut itu rasanya konyol sekali. Dan si Udin pun galau karena masalahnya ini.

Lalu apa penyebabnya sih bau mulut itu?


1. Pencernaan yang terganggu


Pencernaan yang terganggu merupakan salah satu penyebab bau mulut. Infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan juga sakit maag.
Pada penderita GERD pundapat menyebabkan bau mulut (halitosis) , pencetusnya adalah karena naiknya zat asam secara terus menerus yang telah dicerna dalam rongga mulut dan tenggorokan yang dapat memicu masalah bau mulut sehingga sulit untuk menjaga bersihnya rongga mulut. 

2. Gigi berlubang


Gigi berlubang menyebabkan bakteri bersarang ke sisa makanan yang tersangkut di dalamnya. Lalu kemudian tumpukan bakteri mengubah makanan menjadi asam. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut tidak sedap muncul. Gigi berlubang dan meradang akan menyebabkan gusi membengkak dan bernanah. Kondisi ini akan memperparah bau mulut.

Baca Juga : Oil Pulling Efektifkah untuk Kesehatan Gigi


3. Diabetes


Penyakit Diabetes dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam mulut. Karenanya ia dapat memunculkan pertumbuhan bakteri dan bau mulut. Penyakit diabetes secara tak langsung juga menyebabkan penyakit Periodontitis (penyakit gusi).
Jahatnya penyakit gusi ini bakteri menyerang jaringan dan tulang yang menjadi sokongan gigi hingga menyebabkan peradangan. Pada penderita diabetes penyakit Periodontitis akan lama proses penyembuhannya dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami sakit diabetes.

4. Mulut Kering (Xerostomia)


Mulut kering yang saya maksud di sini adalah karena merokok dan minum kopi dan alkohol.
Mulut kering terjadi karena terganggunya produksi air liur hingga akhirnya air liur yang awalnya berlebih jadi berkurang akibat tumpukan bakteri di dalam rongga mulut. Mulut kering dapat menyebabkan bau napas yang tidak sedap. Penyebab lain mulut kering adalah dehidrasi, konsumsi obat obatan dan kemoterapi.


5. Malas membersihkan mulut dan gigi


rajin sikat gigi usir bau mulut yang bikin ganggu
Rajin sikat gigi usir bau mulut
Image by freepik

Kalau yang diatas tadi karena penyakit betulan, yang ini karena kebiasaan (penyakit dibuat buat). Kalau terbiasa malas untuk menjaga kebersihan gigi, ya sudah pasti bau mulut juga tidak segan buat datang.
Setidaknya sikat gigi minimal 2x sehari pagi sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Atau ketika berpuasa, pagi sebelum adzan subuh dan malam sesudah berbuka puasa.

Usir bau mulut juga bisa berkumur dengan jenama (merk) mouthwash yang ada di pasaran atau berkumur dengan bahan yang alami seperti berkumur dengan VCO (virgin coconut oil) atau dengan air garam yang hangat.
Selain itu membersihkan lidah dan rajin minum air putih juga dapat membersihkan bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di rongga mulut dengan cepat dan tuntas.

#10thdayRamadhanChallenge



29 komentar:

  1. Bulan puasa gini, sebaiknya kita ngerti sendiri untuk membatasi buka mulut deh, kasian orang lain hahahaha.

    Bahkan udah gosok gigi bersih dan gigi sehat, tetep juga ada bau ga sedap meski samar.
    Biasanya saya kumur saat wudhu, semoga ga batal puasanya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, gak habis pikir sama orang yg over pd ngomong tapi bau mulutnya kemana2 ya πŸ˜‚ sama saya juga gitu mba suka kumuran tapi pelan2 aja biar air ga mudah masuk mulut

      Hapus
    2. @ Reyne :

      Mmhuu ..ahahhaaa ..

      Sumpah ngakak abiiiis baca komentarnya kak Rey πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. rasanya sih no 5 paling msuk akal sis ihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk akal kenapa sis? Malesnya ya hihi :D

      Hapus
  3. Kalau saya biasanya bulan puasa itu siang-siang mulai tak sedap aromanya hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makanya siang2 pada mingkem mulutnya :D

      Hapus
    2. Bahkan ada yang pakai masker :p kalau saya sih tidak bisa pakai masker, jadi tidak leluasa bernafasnya hahahaha.

      Hapus
  4. Ternyata, aroma mulut tak sedap bisa juga sebagai pendeteksi kesehatan seseorang, selain bau ketiak dan bau urine, ya ...

    Aku pernah baca berita, katanya profesi pendeteksi pencium bau ketek atau bau lainnya, berpenghasilan sangat besar, loh ..

    Tapi profesi itu adanya di lab negara Amerika sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh ada aja profesi kayak gitu, tu orang hidungnya terbuat dari apa yak ga eneg apa mas :D

      Hapus
    2. Wwwwwkkkk ..

      Iya, ya 😁
      Mungkin suatu tuntutan nafkah bisa juga seseorang memilih jenis profesi seperti iti

      Hapus
  5. Bau mulut memang sering mengganggu, kalau lagi puasa, perbanyak senyum saja, tidak perlu buka mulut lebar-lebar

    BalasHapus
  6. Bahkan bau mulut sudah akan terjadi antara usia 10 tahun dan seterusnya... Terlebih orang yang sudah berumur...Wooww!! Makin seng2 baunya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Penyebabnya seperti yang telah dijelaskan diatas...solusinya lebih baik sering mengunyah cengkeh atau kumur dengan Listerin. Meski hanya sementara tetapi bisa menjadi solusi bagi orang yang hobi atau bekerja dengan banyak bicara didepan umum..πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bisa dicoba mengunyah cengkeh ini tapi pas gak bulan puasa

      Hapus
  7. kalau saya mah, biasanya saat makan petai atau jengkol ya,..ha-ha,.kalau makan itu pasti baunya luar biasa, bahkan udah gosok gigipun masih tetap bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau makan pete n jengkol mah memang menyengat wkwk

      Hapus
    2. Wwwwwkkk ...

      Ati-ati, jangan kebanyakan makan jengkol.
      Ntar kena jengkolan, looh πŸ˜‰

      Sakitnya mana tahaaan ..
      Soalnya aku pernah sih ngalamin 😣

      Hapus
    3. Waduh ternyata ada penyakit kayak gitu ya, udahlah bikin bau wc malah nambah bikin sakit badan wkwk

      Hapus
  8. Kak...
    Baca postingan ini, aku langsung coba cek aku bau mulut nggak ya... Hehe...
    Nggak ternyata.
    Padahal gigi berlubang dan ini menunggu setelah lebaran untuk periksa dan tambal gigi.

    Hehe...

    Terima kasih sharingnya Kak, bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lebih baik segera ditambal karena nanti tambah parah

      Hapus
  9. wah ini toh penyebabnya bau mulut, bisa diikuti ini caranya aalagi pada bulan puasa ini

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas sharing nya ya kak, sangat bermanfaat :-)

    BalasHapus
  11. yang zat asam naik ke tenggorokan itu kan yang biasanya ada rasa burning di tenggorokan itu ya mbak, saya pernah kayak gitu :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba itu namanya asam lambung, tapi kalau lagi hamil namanya heartburn

      Hapus
  12. Ternyata penyebab bau mulut banyak juga ya termasuk jika sariawan mulut terasa kering dan bisa bau

    BalasHapus
  13. Waah, saya baru tahu. Ternyata bau mulut bisa diakibatkan oleh diabetes pula.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.