Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

23 Mei
memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya

Pinjaman online atau pinjol saat ini sudah kian menjamur, banyak pilihan untuk melakukan pinjaman dengan beragam syarat dan kemudahan untuk pengajuan pinjaman online. Banyak kemudahan yang ditawarkan di antaranya adalah memudahkan seseorang untuk meminjam secara singkat dan cepat. 

Beragamnya motivasi orang untuk melakukan pinjaman antara lain sebagai modal bisnis ataupun membeli kebutuhan yang mendadak. Motivasi dilakukan ketika segan untuk meminjam uang pada kolega, saudara ataupun orangtua.
Saat ini bisnis pinjaman online ditawarkan dengan berbagai macam cara dari yang membutuhkan jaminan seperti BPKB maupun surat akta, bahkan tanpa jaminan sedikitpun.

Syarat yang tidak membutuhkan jaminan pun sederhana. Yaitu hanya membutuhkan modal KTP dan NPWP saja. Ada yang ditawarkan dengan masa kredit pendek dengan tenor 60, 30 hari bahkan 14 hari. Plafon pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta pun tersedia.
Namun perlu diperhatikan apakah pinjaman online yang akan dipinjam ini aman dan terpercaya? Apakah ada badan yang mengawasinya? Apakah pinjaman online ini tidak akan bermasalah di kemudian hari?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut , maka perhatikan tips berikut ini :

1. Pinjaman online harus terdaftar di OJK

Sampai dengan tanggal 15 Mei 2019, total penyelenggara Fintech yang terdaftar dan berizin adalah sejumlah 113 perusahaan. Baik dalam bentuk Peer to Peer lending (P2P) maupun Personal loans.
Perlu diperhatikan bahwa setiap beberapa bulan sekali daftar penyelenggara fintech selalu diperbaharui di laman situs OJK. Itu berarti kita harus selalu update tentang perkembangannya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan pinjaman online agar masuk kriteria OJK. Jadi kita harus cermat mana yang masuk dalam daftar mana yang tidak.
Untuk informasinya bisa di akses melalui :
Laman Ojk.go.id >> Menu >> Berita dan Kegiatan >> Publikasi


2. Proses pinjaman online harus cepat dan aman

Proses pinjaman online yang bagus itu cepat dan aman. Cepat karena prosesnya gak berbeli belit, itu karena ada pemutus kebijakan dibalik pinjaman online yang profesional, sedangkan aman karena pinjaman online yang baik itu memberikan rasa aman untuk para pemohon pinjaman. Serta memberikan informasi yang akurat tentang tata cara proses peminjaman sampai cara pembayaran tagihan. Oleh karena itu pinjaman online yang baik apabila ada bagian customer servicenya yang selalu memberikan kabar dan informasi seputar pinjaman online tersebut.


3. Cari tau latar belakang pinjaman online dan rekam jejaknya

Mencari tau latar belakang dan rekam jejak perusahaan pinjaman online itu langkah yang tepat buat kita sebagai peminjam. Sebelum terjatuh lada pinjaman online ilegal yang mempunyai modus yang tidak baik bagi para peminjam, yang pada awalnya saja bagus, lalu pada peminjaman kedua seolah olah kita mempunyai hutang pinjaman yang jumlahnya besar, padahal itu bukanlah hutang pinjaman yang kita miliki. Hati-hati dengan modus seperti ini, karena setelah ketauan belangnya ia akan berganti nama perusahaan dan menjebak kembali peminjam dengan motif yang kurang lebih sama.

Pada pinjaman online yang terdaftar di OJK jika bermasalah dengan si peminjam maka akan dengan mudah melaporkannya kembali ke OJK sebagai pengawas, lalu kalau tidak terdaftar tentu akan susah sekali menjerat pinjaman online tersebut karena prosesnya akan berbelit belit.


4. Bunga pinjaman yang masuk akal

Hati hati dengan pinjaman online tanpa agunan yang memberikan iming iming bunga pinjaman lebih murah pada tulisan di iklan atau brosurnya. Karena pada kenyataannya bunga pinjaman online tanpa agunan memang lebih besar dan belum ada aturan bakunya seperti pinjaman di bank.

Oleh karena itu agar bunga pinjaman menjadi kecil sebaiknya lampirkan saja tanda bukti kepemilikan agunan atau jaminan agar dapat memperoleh bunga pinjaman yang rendah dan juga tenor yang lebih panjang dibandingkan pinjaman online pada umumnya.


5. Konsultasikan tempat pinjaman online yang aman dan terpercaya



cekaja portal pinjaman online yang aman dan terpercaya

Akan lebih baik halnya jika sebelum mendapatkan pinjaman konsultasikan dahulu pada tempat yang terpercaya memberikan informasi tentang pinjaman online. Sekarang buat cari tau informasi sebenarnya tidak sulit. Ketik aja di Google langsung deh terpampang informasi yang kita mau.

Tapi kalau tidak mau ribet mencari mana situs yang lengkap, sudah ada nih CekAja.com , portal yang melayani perbandingan informasi secara netral guna membantu masyarakat membuat keputusan finansial secara cerdas. 

Melalui https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online , portal ini memberi dukungan penuh konsultasi yang ramah dan berkualitas melalui tenaga profesional di bidangnya dengan membantu kemungkinan persetujuan aplikasi pinjaman online yang diajukan oleh peminjam.

Memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya itu suatu keharusan agar tak menyesal di kemudian hari. Tapi ingat juga ketika melakukan pinjaman harus juga bertanggung jawab melakukan pembayaran sampai lunas. Jangan sampai membuat tunggakan pembayaran kemudian menutupinya dengan pinjaman online yang lain, jadi bijaksana lah dengan pinjaman online pilihan mu :)



13 komentar:

  1. oh pinjaman online disingkat jadi pinjol, nambah satu vocab lagi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ini saya mesti nambah istilah baru kalau bw ke blog ini hihi :D

      Hapus
    2. Iya mba pinjol istilah itu dikeluarkan dari si pemberi kredit sendiri, nama lainnya pindar (pinjaman daring)

      Hapus
  2. saya barusan buka cekaja mbak, asik ini ada beberapa fitur kalkulator juga buat ngitung pinjaman buat UKM sama KPR juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba portalnya lengkap banget, pokoknya produk informasi seputar finansial semuanya ada disini

      Hapus
  3. Bermanfaat tipsnya. Memang agk berisiko dgn pinjaman online jg, ktnya bunganya (denda) jg memberatkan jika telat membayar dan ada teror jg (tim penagih utang) kl bermasalah. Kl memang terpaksa, ya lihat rating, komen, & testimoni di aplikasi play store, apakah positif atau negarif. Oh ya, sy follower baru blog ini. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas memang seharusnya lihat track recordnya di playstore, kalau pinjolnya bermasalah tapi terdaftar di ojk akan mudah melaporkannya, nah klo gak terdaftar alias ilegal itu yg susah dilaporin :)

      Hapus
  4. Sepertinya saya pernah denger deh promosi pinjaman online yang satu ini, tapi dimana ya,..di blog mana ya lupa aku,...dan memang dengan aplikasi cek aja nih kita lebih aman dalam menentukan pinjaman online 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas kuanyu, lebih aman dan terpercaya tentunya kalo pake cekaja :)

      Hapus
  5. waduh saya sering banget deh dapat sms dari layanan pinjaman online. baca artikel ini jadi tahu cem mana layanan yang aman dan mana yang nggak. hatur thank you.

    blognya saya follow ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas uyo semoga bermanfaat, terima kasih sudah follow blog saya

      Hapus
  6. Sebaiknya pinjaman online dipergunakan saat kita sedang ada butuh dana darurat banget dan di waktu yang akan datang sudah ada dana untuk pelunasnya. Sehingga tidak terjadi diteror dan dikejar kejar oleh debt collector online. Dan setuju untuk saran jangan lunasin dengan pinjam lagi di tempat baru. Kalau memang terdesak hubungi call center apps minta pembayaran bertahap.
    sekedar saran dan informasi. mudah mudahan berguna ya

    BalasHapus
  7. Wah bisa jadi referensi nih untuk mencari pinjaman online yang baik, aman dan terpercaya

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.