Resep Soto Ayam Medan Sederhana ala Iidyanie

Beberapa hari ini kalau sore hari suasananya hujan terus. Bawaan mau makan makanan yang berkuah buat makanan buka puasa. Tapi terkadang hawa dingin membuat saya malas gerak buat mempersiapkan bahan makanan. Teringat 2 hari yang lalu ada membeli 3 potong besar dada ayam goreng buat lauk sahur. Memang nafsu lihat makanan pas lagi puasa itu menipu banget ya, giliran pas makan setengah potong aja rasanya sudah kenyang. Ya sudah deh akhirnya disimpan aja.


Terus pas banget nih dapat challenge dari Blogger Perempuan untuk menulis resep buka puasa selain kudapan ringan yang saya tulis semalam, dapat ide buat eksekusi buat soto Medan berbahan dasar ayam sederhana ala saya. Maafkeun saya agak narsis sedikit ya.

Resep Soto Ayam Medan Sederhana ala Iidyanie


resep soto ayam medan sederhana
Soto ayam medan ala saya
Sumber : dokpri

Untuk 3 porsi

Bahan :

2 potong ayam goreng, dipotong suwir
2 buah kentang, potong dadu, goreng, sisihkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 ruas jari lengkuas
1 batang sereh
1 buah bunga lawang
1 buah kapulaga
1 bungkus santan sasa/kara 65ml

Bumbu halus :

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 ruas jahe
1 ruas jari kunyit dibakar sebentar agar harum aromanya
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica

Bahan pelengkap :

3 buah Telur yang sudah direbus 
1 ons Tauge di rebus sebentar 
1 buah Tomat dipotong dadu

Bahan taburan :

Bawang goreng secukupnya
Daun bawang & seledri secukupnya
Jeruk nipis
Sambal kecap

Cara Membuat :

1. Haluskan semua bumbu soto. Tumis dengan sedikit minyak. Jika ribet buat bumbu soto, pakai bumbu instan pun jadi. Tapi ingat ya kadar garamnya tinggi, pakai secukupnya saja tidak perlu semuanya.

2. Karena ayamnya sudah ada, maka saya skip langkah memasak ayamnya. Jadi kaldu ayamnya diambil dari kaldu bubuk. Masukan air kira kira 3-5 gelas belimbing. Aduk aduk sampai mendidih. Masukkan kaldu bubuk, daun salam, daun jeruk, bunga lawang, kapulaga, lengkuas dan sereh. 

3. Jika udah tercium aroma bumbu sotonya, masukan santannya, dan aduk terus sampai mendidih jangan ditinggal. Masukan juga garam dan merica. Terakhir masukan ayam goreng yang sudah disuwir suwir sebelumnya. Aduk aduk sampai mendidih santannya. Koreksi rasa.

4. Atur dipiring telur rebus, tauge rebus, tomat dan juga kentang goreng. Siram kuah soto diatasnya. Lalu taburi dengan bawang goreng dan daun bawang plus daun seledri. Peras sedikit jeruk nipis diatasnya biar tambah sedap. Hmm..

5. Soto Ayam siap disajikan dan bisa langsung disantap tapi kalau sudah azan maghrib ya :D


Oya bicara tentang soto Medan pastinya di kota Medan lah, tempat aslinya kuliner ini berasal (yaiyalah). Ada beberapa tempat yang bisa saya rekomendasikan sebagai tempat makan yang asyik dan halal.
Antara lain :
  • Soto Sinar Pagi  - bertempat di Jl. Sei Deli
  • Soto Udang Kesawan - bertempat di jl. Ahmad Yani Kesawan
  • Nasi soto Bilal - bertempat di Jl. Bilal Ujung Medan
  • Soto Pak Haji - bertempat di Jl. Yose Rizal
  • Soto Glugur - bertempat di Jl. Yos Sudarso

#4thdayRamadhanChallenge





19 komentar:

  1. Kalau soto medan lebih banyak rempahnya ya mbak, kayak ada bunga lawang sama kapulaga. Pasti lebih sedep nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lala, rempah ini yg buat beda dibanding soto ayam biasa

      Hapus
  2. Terimakasih resepnya, sudah lama tidak makan soto medan

    BalasHapus
  3. dari tampilannya mirip banget sama empal gentong khas cirebon nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah mba, mungkin karena warna kuahnya kuning ya hehe

      Hapus
  4. untung aja saya baca post ini pas malam2 kak, kalau pas siang mungkin bisa menggoda iman saya dengan sajian soto ayam medan ala kak iid yani ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe tak apa dilihat malam lebih aman :)

      Hapus
  5. eh sekilas aku liatnya kaya sop buah masa mbak, efek haus lg puasa apa ya. wkwkwk
    bisa dipraktekin bikin soto ayam medan nih buat menu buka puasa

    BalasHapus
  6. Wih, bisa dicoba nih resepnya. Terima kasih kak infonya :)

    BalasHapus
  7. sotonya kelihatannya enak tuh teh,..saya pernah makan soto beberapa kali,..soto mang ucup,...rasanya enak tenan,..cuma mahal

    BalasHapus
  8. Kali ini bacanya malam habis berbuka dan lagi makan baso buatan sendiri tapi basonya beli, he he. Komputer menyala sepanjang hari dan blog Mbak Iid tak saya tutup meski komputernya kerap ditinggal melulu da repot di rumah serta kadang hotspot dimatikan.
    Soto medan ala Mbak Iid gampang bikinnya. Yang jadi masalah adalah bunga lawang atau pekak kayaknya belum saya lihat di Pasar Blubur Limbangan.Entah ada atau tidak. Di warung saja gak ada, adanya pala. Seakan orang Garut tak doyan bunga lawang.
    Untuk penamaan makanan, sebaiknya nama daerah asal tak usah ditulis kapital. Cukup "soto medan" saja, kecuali dalam judul atau subjudul. Punten, sekadar saran.
    Insya Allah, saya akan lanjutkan menulis perihal soto Nusantara (Nusantara selalu ditulis kapital), Minta izin untuk menyertakan tautan artikel ini ke dalam tulisan saya nantinya sebagai inbound link. Bolehkah? Nuhun. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi sarannya mba, iya saya kalo penulisan teh masih suka lieur bener apa gak hehe, silahkan mba linknya dibuat nofollow juga gpp :)

      Hapus
    2. He he, butuh sumber rujukan kayak buku PUEBI yang bisa diunduh secara gratis di Internet.
      Makasih sudah izinkan saya pasang link ini.

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.