5 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik Di Indonesia

16 Juni
Assalamu'alaikum..
Halo apa kabarnya teman teman :)
Mumpung masih dalam bulan Juni bulannya lebaran di tahun ini , saya mau bagi informasi nih tentang zakat. Sebelumnya pernah saya bahas tentang zakat pada topik sebelumnya yang mana zakat terbagi atas 2 jenis yakni zakat fitrah dan zakat mal.

Aplikasi kalkulator zakat

Seperti yang diketahui bahwa zakat ini termasuk dalam kategori ibadah wajib seperti sholat, haji, dan puasa yang telah diatur berdasarkan Al-Quran dan Sunah. Bukan hanya itu, zakat merupakan ibadah sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang bisa berkembang dengan perkembangan umat manusia.

Lalu bagaimana cara menghitung zakat yang harus dikeluarkan? Berikut ini 5 aplikasi kalkulator zakat terbaik di Indonesia :

1. Kalkulator Zakat 2017


Aplikasi kalkulator zakat terbaik lainnya di Indonesia adalah Kalkulator Zakat 2017. Aplikasi besutan T Ghazali bisa memudahkan para pengunduh dan penggunanya, khususnya bagi umat Islam dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Dimana dalam aplikasi ini terdapat fitur dan fasilitas yang berfungsi untuk menghitung zakat perak dan emas, zakat mata uang, zakat tabungan dan penghasilan, zakat fitrah, zakat hewan ternak/peternakan, zakat pertanian, zakat harta karun dan barang tambang/pertambangan, dan zakat perdagangan atau harta usaha.
Selain itu, dengan desain dan tampilan warna paduan hijau dan putih ini akan terlihat simpel namun sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh para penggunanya.

2. Aplikasi Perhitungan Zakat

Aplikasi perhitungan zakat

Pada saat anda masuk ke dalam Aplikasi Perhitungan Zakat ini, anda akan ditawarkan dengan beberapa menu seperti Ilmu Zakat, Hitung Zakat, Bantuan, dan Profil. Oleh karena itu, jika anda ingin menghitung zakat maka pilihlah fitur Hitung Zakat. Dimana dalam fitur tersebut anda bisa menghitung semua zakat anda termasuk zakat mall dan zakat fitrah. Aplikasi ini selain untuk menghitung zakat, juga terdapat ilmu-ilmu mengenai zakat di bagian menu “Ilmu Zakat”.

3. ZakatKLIK

Zakat klik!

Memang aplikasi ini bukanlah kalkulator zakat seperti aplikasi-aplikasi di atas. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mencari maklumat zakat. Walaupun demikian, aplikasi ini juga bisa disebut sebagai aplikasi yang sangat baik sebagai kalkulator zakat. Soalnya, dalam aplikasi ini juga terdapat fitue dimana para penggunanya bisa menghitung zakat yang harus dikeluarkan. Sama halnya dengan aplikasi lainnya, di ZakatKLIK ini anda diharuskan mengisi nominal penghasilan dan hal lainnya yang berhubungan dengan zakat, lalu akan muncul jumlah zakat yang harus dikeluarkan.

4. Ayo Bayar Zakat


Perlu diketahui bahwa aplikasi Ayo Bayar Zakat ini dibuat serta digagas oleh Pemerintahan Kota Bandung yang bekerjasama dengan Badan Zakat Nasional (Baznas) dan Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Bandung. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan supaya para warga, khususnya daerah Bandung untuk membayar zakat.

Walaupun aplikasi bukan aplikasi kalkulator zakat yang khusus untuk menghitung zakat , namun pada aplikasi ini terdapat fitur untuk menghitung zakat/kalkulator zakat. Sama seperti aplikasi lainnya, di ZakatKLIK ini anda diharuskan mengisi nominal penghasilan dan hal lainnya yang berhubungan dengan zakat, lalu akan muncul jumlah zakat yang harus dikeluarkan.

5. Kalkulator Zakat – Paling Pertama


Paling Pertama merupakan salah satu pencipta yang membuat aplikasi untuk menghitung zakat. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan setiap bulannya, khususnya bagi umat Islam.

Dalam aplikasi ini terdapat 3 menu utama di bagian atas, yakni Pengaturan, Profil, dan Hitung Zakat. Bagi anda yang ingin menghitung zakat, anda bisa klik pada menu Hitung Zakat. Lalu masukkan jawaban dari beberapa pertanyaan yang tersedia.
Setelah selesai memasukkan semua jawaban anda mulai dari jumlah penghasilan per bulan sampai harta yang dimiliki. Secara otomatis akan muncul nominal zakat yang harus anda keluarkan.

Itulah 5 aplikasi kalkulator zakat terbaik di Indonesia, semoga informasi ini ada manfaatnya khususnya bagi anda yang kebingungan untuk mengetahui berapa besar zakat yang harus dikeluarkannya.

16 komentar:

  1. Ohh,itu ide penamaannya kok kedengerannya rada bikin deg-degan ya, kaak .. 'ayo bakar zakat' 😆

    Tapi bagus program ini,mengingatkab kita untuk selalu berzakat, peduli dengan kekurangan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayar zakat atuh mas himawan, masnya mungkin lagi lelah hayati abis jalan2 hehe :)

      Hapus
  2. Wah, aplikasi2 ini bnr2 memudahkan kita kalau mau berzakat ya mbak

    BalasHapus
  3. Kak, boleh saran? Masukin tampilan aplikasinya biar lbh eye catching hehehehe makasih infonya kaaaak

    BalasHapus
  4. Artikel yg bermanfaat Kaka... 😊😊

    BalasHapus
  5. Udah kangen tulisan mba iid.

    praktis sekarang ya mba, hitung zakat pun udah mudah.
    Tinggal klik sana sini, pencet ini itu.
    Jadi gak ada alasan untuk mangkir bayar zakat ya.. hehehe

    BalasHapus
  6. Wahhh,, keren ya ada aplikasinya. Kudet akutu... Makasi infonya mbak..

    BalasHapus
  7. Artikel yang bermanfaat sekali kak. Tapi aku tiap kali mau zakat pasti orang tuaku langsung nyuruh ke masjid, meskipun zaman sekarang banyak aplikasi zakat bermunculan, ehehehe.

    -Fajarwalker.com

    BalasHapus
  8. Saya baru coba pakai aplikasi sya'ban sama yang punya pemkot bandung itu aja mbak, pilihan aplikasi hitung zakat pun sekarang banyak banget ya :D

    BalasHapus
  9. wah baru tahu nih ternyata ada juga ya kak aplikasi yang memudahkan kita untuk menghitung besaran zakat yang harus dikeluarkan kita, sangat membantu nih aplikasinya ;)

    minal aidin wal faizin ya kak, mohon maaf lahir dan batin atas salah dan khilaf selama ini ;)

    BalasHapus
  10. Mantab aplikasinya, memudahkan mamak ini yg agak rumit jumpa angka angka 😎👍

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa dipakai menghitung zakat. Di aplikasi marketplace dan i-banking juga ada fasilitas ini.

    BalasHapus
  12. Kemaren saat bayar zakat online via DD, ada menu kalkulator zakatnya juga mba. lumayan memudahkan kita menghitung kewajiban kita

    BalasHapus
  13. lepas downlods apps ni jangan lupa bayar zakat ya haha

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.