Berkontribusi Informasi di Google Maps

28 Oktober

Peduli kah kita akan kondisi geografis di sekitar kita?

Pernah gak sih kalau kita datang ke kondangan temen yang kita gak tau nama jalannya terus nyasar karena gak ada nama jalannya di Google maps
Boro boro buat menemukan suatu tempat
yang bisa di lihat di peta online itu, bahkan nama jalan atau daerahnya sama sekali gak tersentuh dengan namanya Google maps. Whats?! 😨

Google maps pada saat ini merupakan peta online yang sangat penting dipake loh, semua orang butuh ini, agar urusan buat perjalanan dimudahkan. Hmm, "This is how the business influence our daily life, so far google wins over the world project"


Mungkin itu kata yang pas untuk judul postingan saya kali ini ya.

Bentuk peduli bisa berbagai macam kan. Gak mungkin selamanya kita bisa mengandalkan tim google untuk turun ke lapangan setiap harinya buat update nama jalan atau nama daerah. Belom lagi kalo daerah itu cukup terpencil yang kalau dilihat di peta mustahil ada.

Mustahil? Gak juga sih. Kalau kita cukup berperan aktif untuk berkontribusi memberikan informasi sekecil apapun untuk daerah atau kampung halaman kita sendiri, meskipun kedengarannya itu sepele ya kan? dengan begitu maka daerah kita pun lambat laun akan bisa dikenali oleh masyarakat di luar sana ( hahaha sok bijak eike :p )

Sederhana, kita cukup menambahkan nama daerah atau jalan yang belum ada di sekitar kita dengan Google Maps. 

Caranya bagaimana ?

1. Masuk ke Google maps klik nama jalan atau daerah yang akan kita namakan, tentunya nama jalan itu sudah benar ya , bisa bertanya dulu kepada warga sekitar atau ketua rtnya. 

2. Ruas nama jalan yang bisa di edit hanya jalan yang bergaris putih ya. Yang belum ada garis putihnya silahkan langsung email ke tim google maps.
Klik tempat yang akan dinamai, dengan menekan lama sampai keluar ikon pinned yang berwarna merah ( Pin dipasang )


3. Jika masih bernama Unnamed Road, maka disinilah kesempatan kita untuk merubahnya. Klik Laporkan Masalah pada Pin yang dipasang.


4. Klik kenapa nama jalan tersebut harus diganti, apa salah nama jalannya, atau jalannya jalan buntu atau hanya untuk jalan pribadi saja. Ketik nama jalan yang        baru jika ingin mengganti nama jalan yang yang benar. 


5. Proses pergantian nama jalan telah selesai tinggal menunggu tim google untuk mengecek apakah nama jalan sudah benar. Biasanya akan memakan waktu 2-3 hari saja. Tapi kalo medannya sulit maka akan lebih dari seminggu untuk mengeceknya.

6. Bagaimana untuk nama usaha seperti warung atau tempat umum (public space) , apakah bisa ditambahkan jika belum ada? Sudah pasti bisa dong, dan lebih mudah lagi caranya.


Klik pin dipasang seperti tadi di tempat yang ingin kita edit, lalu di klik "Tambahkan tempat yang belum ada"
Kemudian isi nama tempat usaha , juga detilnya secara lengkap seperti alamat, no telepon, jam buka, alamat situs ,dan sebagainya.

Untuk nama tempat usaha anda sendiri akan lebih bagus jika mengeditnya dengan menggunakan aplikasi Google Bisnisku. Lebih jelasnya bisa lihat : Promosi Bisnis dengan Google Bisnisku.
Jangan lupa juga lampirkan fotonya sekece mungkin sebagai tanda bahwa tempat yang anda tandai di Google Maps itu valid/benar adanya.


Manfaat berkontribusi di Google Maps

1. Menjadi seorang Local Guide

Sudah pasti anda akan tergabung dalam Google Local Guide. Ingat akan aplikasi sejenis yang dulu pernah ngehits?
Yap Foursquare , hampir sama dengan kontennya tentang tempat tempat  yang pernah kita singgahi atau check-in istilahnya , kemudian kita memberi penilaian akan tempatnya dan membagikannya ke akun sosmed seperti Facebook, instagram, dll

Begitu juga dengan Google maps yang terhubung dengan local guidesnya. Kontribusi kita secara gak langsung akan dihargai dengan penambahan point dan level level tertentu.

Klik kontribusi anda jika ingin akses Google Local Guide

Kontribusinya gak selalu tentang nama jalan atau nama lokasi aja, ngereview tempat, upload foto tempat yang eksotik nan indah di tempat yang kita singgahi baik yang belum ada di peta atau sudah ada di peta juga bisa. Maksudnya bukan sekedar foto selfie loh. Siapa tau ada yang butuh informasi itu kan?

Dari penambahan point itu kita mendapatkan keuntungan2 keren seperti dapat voucher belanja, voucher potongan menginap di hotel tertentu, voucher pulsa dari brand2 tertentu.
Masih level 6 tetap semangat!!

Kalau aktif berkontribusi di level2 tertentu, aksesnya akan meningkat ke Local Guides Connect, maka siap2 anda akan diundang di berbagai acara yang dipersiapkan tim Google Local Guides dari tingkat Nasional bahkan tingkat Internasional, keren banget kan.
@Kleponabang IG

Update Post :

Untuk bisa terhubung dengan sesama Local Guides, kita tidak harus mencapai level tertentu seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, kecuali untuk undangan gratis ke luar negeri ya, cukup kunjungi Local Guide Connect  , login ke akun google dan posting foto blog atau sekedar komentar di blognya aja, kamu akan mendapatkan badge-badge cakep dan akan terhubung dengan Local Guides dari segala penjuru dunia , kerenkan 😉

2. Mendapatkan akses spesial dari Google

Kalo kita sering berkontribusi secara aktif memberikan informasi di Local Guides, siap2 akan sering mendapatkan surat cinta deh mulai dari informasi sampai undangan buat menghadiri event produk google terbaru. Wow!

3. Ada kepuasan tersendiri - ini jelas

Gimana rasanya kalo setiap jengkal lokasi kita informasikan dengan baik? Secara tidak langsung tentu akan memberikan manfaat yang baik kepada yang membutuhkan informasi lokasi tersebut.

Ada kepuasan tersendiri bila lokasi yang kita share ataupun yang kita review dinilai dengan baik pula oleh si penerima informasi , apalagi informasi tersebut dibaca dan terpakai sampai bertahun2 kemudian. 😊

Pic source : - Instagram
                      - Google Maps

*Mohon maaf apabila foto terlihat kecil di layar


3 komentar:

  1. Betul sekali. Saya juga ikut beekontribusi di GMaps karna melihat banyak lokasi yg tidak sesuai atau belum ada di GMaps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Indonesia masi banyak wilayah yang belum tereksplorasi dengan baik, ntah itu nama jalannya, dan nama tempatnya. Masi banyak kesempatan buat local guide spt kita utk berkontribusi hehe :)

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.