Senin, 22 Oktober 2018

,

Nostalgia Anak Kos

dok. blogpen123blogspot.com


Ternyata walau sudah berkeluarga saya tetep aja gak jauh jauh sama yang namanya kost kosan ya. Sejak jamannya kuliah , terus kerja dan sekarang sudah jadi ibu rumah tangga juga, hmm..

Sembari menunggu kamar mandi rumah bedeng selesai, kami sekeluarga mau tidak mau tinggal ngekos di salah satu rumah warga di kota Kayu Agung ini. Tinggal dalam satu rumah dengan anak anak sekolah. Berbagi kamar mandi dan juga berbagi jemuran..


Namun berbagi disini maksudnya rebut-rebutan siapa cepat dia dapat.
Kalau air banyak alhamdulillah bisa tenang mandi walaupun dapat antrian yang kesekian, nah kalau airnya lagi mampet , heh boro-boro mau mandi, utamain urusan ke'belakang' dulu deh, kadang kadang kalo kebelet banget eh gak ada air  numpang ma kamar mandi ibu kos dibawah wkwkwk.

Terus yang bikin sebel ughh saya kalah terus kalo untuk masalah
jemuran. Pasti ga dapat giliran tempat jemuran, lagi-lagi jadi nebeng ma ibu kos yang dibawah. Gak tahan deh lama lama nyuci di kamar mandi, bisa kena rematik (aduh udah tuwir rupanya) 😂

Gara-gara hal ini jadi teringat akan nostalgia waktu di kosan kuliah dulu, Jatinangor city.

Kampuang nun jauh di sana, kampung yang sekarang gak bisa dibilang kampung lagi alias jadi kota dalam kampung, walaupun di peta namanya itu Desa, tapi gak bisa dibilang desa kalau liat penampakannya karena sudah ada beberapa Universitas , Hotel, dan Apartemen mewah untuk anak kos yang borjuis .

Dulu saya ngekos didaerah Cikeruh, berdepanan dengan pintu gerbang Unpad, suasana rumah kos dulu (bertahun-tahun yg lalu) masih asri, sejuk, sekitar kos disekelilingi oleh sawah sawah nan indah. Saking Indahnya, tiap bulan ada aja musim serangga disana sampe masuk ke lingkungan kos,kupu2 coklat, rayap dan belalang yang jumlahnya ratusan, serem..

Terus teringat akan makanannya yang enak enak disana seperti cilok, baso tahu, lumpia basah, bubur pisang ijo pake keju, karedok yang suka mangkal di pintu gerbang Unpad, kupat tahu dan lontong kari yang setia menemani sarapan saya setiap hari, sate ayam madura yang suka nongkrong di depan Kafe BSS juga menjadi langganan favorit. Soto ayam dan es mangga yang tersohor di warung AAA alias Adi Ada Aja, hmm entah siapa yang memberi panggilan singkat seperti itu.

Terus kalo tanggal muda selalu makan di BAN dengan suguhan Capcay or kwetiau yang dimasak selalu enak dan rasanya selevel dengan restoran Bintang Lima deh ( kata saya loh ), terus Steak di Kedai Steak n shake yang harganya murah alias harga mahasiswa, kalau tanggal tua selalu beli makan siang+malam yang dibeli cuma 1 bungkus aja alias diirit-iritin dalam satu hari, belinya kadang di RM Salwa, Al-Maidah atau Munggaran yang harganya murah meriah, hmm masih ada gak ya sampe sekarang tu rumah makan, cuma mau say hai aja mba ibuknya hehehe..

dok. unpad.ac.id

Kebutuhan anak kos seperti hiburan menempati posisi teratas ketika capek kuliah dan abis ngejar dosen pembimbing yang tak kunjung selesai. Saat itu ya gak seperti sekarang yang hiburan bisa didapatkan dengan browsing hp aja ( duh ketauan deh angkatan brp nih saya wkwk), kebutuhan akan hiburan di jaman itu ya seperti nonton film, nonton tv dan chatting di internet sambil youtube-an.

Yang bisa dinikmati semua itu dalam 1 perangkat ya hanya Laptop. Tapi karena saya hanya anak kos yang hidup dengan sederhana ya gak mungkin dong pake laptop, saat itu yang pake laptop bisa dihitung dengan jari. Lagi lagi anak borjuis yang punya, duh kasian ya saya hiks.
Harga laptop itu mahal sekali, banyakan ya pake personal komputer (PC), tau kan yang segede gambreng itu, mana lagi berisik suara cpunya.

Tapi lah kalau untuk internetan ya pasti kaburnya ke warnet.
All day long ke warnet, ngebrowsing mbah gugel, mbok yahuu , bersosmed di Friendster , Temanster, chat di Mirc or YM dan ngeYoutube pastinya. Sampai saya hapal tuh muka2 mas yang sering nonkrong di sana, herannya dari pagi ke sore saya datang ke sana mereka tetap dengan pakaian yang sama, hmm apakah mereka gak mandi ya? Pantesan ada bau kurang sedep gitu, waduh!

Kalau untuk refreshing keluar dari kosan sepertinya jarang saya lakukan ( lupa mungkin ) palingan satu bulan sekali turun gunung, melihat indahnya kota Dipati Ukur sekalian jalan jalan ke kota dago, sambil singgah sebentar ke BIP ( Bandung Istana Plaza ) , terus makan di Hoka-hoka Bento atau kalau mau jauhan dikit ke Cihampelas Walk (CiWalk) sambil cuci mata liat barang branded, atau liat celana jins yang dijual sekitar jalan Cihampelas mana tau ada yang diskon.

Kalau yang namanya Nostalgia ya memang ga bisa dijabarin semuanya dalam 1 postingan blog, mungkin berepisod-episod. Tapi senang sekali kalau bisa melihat kembali Kampus Unpad saat ini, itupun kalau diajak sama kesayangan, modus...

Tips Hemat Anak Kos :

Sedikit Tips Hemat untuk anda yang sedang kos di unpad Jatinangor nih , yuk disimak :

1. Dalam sehari hari kalau makan , agar disiapkan anggarannya. Makan tidak perlu mewah setiap hari sambil nongkrong di kafe dan wifian . Nongkrong di tempat umum yang ada wifinya bisa jadi pilihan tanpa harus menghabiskan uang di kafe.

2. Beli makanan yang bisa dibagi 2 untuk siang dan malam, siapkan magic jar sebagai penghangat makanan. Makanan Instan ada baiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Konsumsi saja sehari-2 hari ketika tanggal tua saat uang sudah mau habis.

3. Jaman sekarang pilihan untuk berinternet banyak. Pilih provider yang paketnya sesuai kantong mahasiswa. Untuk urusan download mengupload film or yang berkuota besar datang aja ke perpustakaan atau Lab komputer dikampus kan ada wifi gratis, lebih tenang dan cepat lagi.

4. Untuk urusan mencuci pakaian or setrika gak usah terlalu sering sering bawa ke laundri, pilih pakaian yang resmi saja untuk di laundri. Usahakan bila punya waktu luang dicuci sendiri, karena selain pakaian tercuci dengan baik gak perlu kawatir pakaian kita hilang atau tertukar dengan pakaian orang lain saat di bawa ke Laundri.

5. Untuk urusan jalan-jalan ke kota Bandung sambil cuci mata lakukan sebulan sekali, tidak usah terlalu sering. Karena akan membahayakan mata dan kantong. Alternatif kalau ingin juga jalan-jalan ke kota Bandung ya cari tempat kursus disana, tentunya dilihat juga berapa anggaran untuk kursus dan juga pulang pergi dari kota ke tempat kos di Jatinangor.
Alternatif hiburan bisa jalan2 ke kota Sumedang dan Tanjung sari, siapa tau disana ada tempat hiburan yang kita belum tahu. iya kan?


Pic Source  : - http://blogpen123.blogspot.com
                      - www.unpad.ac.id




Share:

2 komentar:

  1. nostalgila memang indah, yuk ke sana lagi. BIP kayaknya Bandung Indah Plaza bukan yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya kyaknya Bandung Indah Plaza ya, abis ingatnya BIP doang sih hehe

      Hapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*