Pengalaman Mendaftar Google Adsense

27 November


Setelah kemarin saya mereview iklan Adnow maka hari ini saya akan mereview pengalaman saya mendaftar ke Google Adsense . Tujuan utama saya mendaftar adalah dengan harapan iklan google dapat ditayangkan di blog saya dan saya akan mendapatkan komisi karenanya.

Lalu apa sih Google Adsense itu? Mana tau masih ada yang belum mengerti..
Google Adsense adalah suatu bagian dari divisi Google inc. untuk program kerjasama periklanan yang berbasis media internet. Google Adsense berdiri ditahun 2003 setelah mengakuisisi perusahaan Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan Adsense.(red-).

Awalnya Google Adsense ini hanya berfokus ke website dan blog untuk pemasangan iklannya, namun sekarang iklan adsense telah juga merambah ke situs Youtube. 
Orang yang mendaftar ke Google Adsense untuk memasangkan iklan ke halaman Blog atau Situsnya disebut Publisher. Setiap Publisher akan mendapatkan komisi apabila iklan yang dipasang di blognya itu di click oleh orang lain yang mengunjungi blog/situsnya.

Pengalaman di Tolak oleh..

Pengalaman saya dalam mendaftar ke Google Adsense adalah pengalaman ke empat kalinya dengan 4 alamat blog yang berbeda-beda. Pengalaman pertama saya mendaftar yaitu untuk iseng saja ditahun 2005. Dan ketika itu program Adsense masih begitu baru, saya mencoba mendaftar, dan tak lama setelah itu langsung ditolak mentah mentah oleh Google dalam beberapa jam karena rupanya wilayah Indonesia belum termasuk layanan Adsense dan lagipula programnya berbahasa inggris semua. Agak roaming juga sama pengetahuan inggris saya yang masih pas pasan.

Lalu pengalaman kedua dengan alamat blog yang berbeda dari yang pertama saya kembali mendaftarkan kembali di tahun 2013, kembali di tolak. Dengan alasan konten saya belum memadai. Sempet baper juga kenapa gak diterima. Mungkin karena hal ini yang membuat saya jadi males ngeblog, lalu menghilang dari peredaran, kembali berkutat di medsos. 

Pengalaman ketiga dengan alamat blog yang lain pulak, tetap dengan penolakan walaupun jawabannya harus menunggu selama lebih dari 3 hari. Saya tetap keras kepala dan tidak mencari tau apa penyebab ditolak Adsense. Tidak mau mengoreksi diri intinya sih.

Lalu yang keempat ini, dengan sedikit ilmu tentang Google Adsense yang saya dapatkan dari berbagai sumber, entah itu dari facebook atau dari forum internet. Saya pun mengikuti prosedurnya satu demi satu .
Blog yang keempat ini saya adalah benar benar blog saya seriusin untuk mengelolanya. Setelah mengikuti prosedur barulah diterima oleh Google Adsense full approve walaupun disuruh menunggu sampai 2 minggu.


Langkah agar diterima Google Adsense

Langkah agar membuat blog saya lebih mantap dalam diterima adalah sebelum mendaftar ke GA ini dengan berpindah ke Custom Domain (beralih ke Top Level Domain) lebih dahulu baru mendaftar, dengan tujuan ketika pengajuan saya telah diterima, saya tidak perlu lagi mengupgrade akun GA dan menunggu untuk direview kembali. 
Beralih ke Custom Domain ataupun tidak adalah sebuah pilihan. Tetap memakai domain Blog awal juga tidak ada salahnya koq. Semua tergantung kita sendiri mau atau tidak memakai Top Level Domain.

Langkah langkah selanjutnya adalah dengan penambahan navigasi yang lengkap pada blog. 
Seperti adanya Home, Categories, About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer dan Sitemap. Navigasi diletakkan di Header atau di Footer Halaman.
Pemilihan template yang bersifat responsive dan SEO friendly juga bisa dipertimbangkan untuk dipakai agar blognya dapat lebih mudah di indeks google. Template gratis yang SEO friendly sekarang sudah banyak bertebaran dimana mana. Contohnya adalah Gooyabitemplates dan Bloggertemplates20

Apabila ini sudah dipenuhi maka artikel artikel pun juga harus ditambah setiap hari, atau setiap minggunya guna untuk mendapatkan trafik yang baik. 
Artikel yang saya maksud adalah artikel yang berkualitas, asli buatan sendiri dan bukan hasil copy paste artikel orang lain secara mentah mentah. Hindari sebaik mungkin aktifitas plagiarisme. Kalau untuk sebuah ide sah sah saja. Ambil sedikit kata dari situs lain lalu kembangkan menjadi kata kata versi kita sendiri untuk menjadi artikel yang menarik.

Artikel yang memiliki panjang karakter minimal 500 kata dan maksimal 2500 kata adalah artikel yang disukai oleh indeks google. Hindari menggunakan situs blog kita sendiri sebagai pusat download. Entah itu download musik atau video. Google tidak memberi izin untuk aktivitas ilegal dalam mendownload.

Beruntung saya mengikuti berbagai forum blogger baik di Google+, Facebook maupun situs yang dengan sukarela membagikan ilmunya tentang membuat artikel yang baik dan bisa diterima oleh GA.
Forum khusus seperti Blogger Perempuan Network dan Kumpul Emak Blogger juga memberi saya berbagai ilmu tentang artikel yang berkualitas tersebut.

Memang pengalaman saya diterima oleh Iklan Google Adsense masih sesuatu yang baru, saya pun masih belajar lagi untuk mendapatkan trafik yang bagus di iklan GA ini. Masih belajar agar blog saya tidak mudah kena tegur apalagi di Banned GA, mudah mudahan gak ya hehe..
Buat Blogger Newbie diluar sana, tetap jangan menyerah sama GA, intinya jangan langsung ambil jalan pintas agar diterima GA, ikuti saja prosedurnya secara bertahap. Hasilnya pasti tidak mengecewakan deh.

Sumber :
- red. Wikipedia ~ Google Adsense
- foto atas : Fabiog.com.br
                  

7 komentar:

  1. Saya baru nyoba mendaftar adsense sebulan lalu dan ditolak. Setelah introspeksi diri, ternyata karena blog saya kurang lengkap. Belum ada contact. Ntar beres² blog dulu baru daftar ulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sekarang fitur navigasi penting untuk google adsense, tapi pada bbrp blog yang umur domainnya diatas 6 tahun pada lolos aja gak pake navigasi haha gak ngerti deh

      Hapus
  2. Agar pendaftaran Google Adsense behasilnya,kuncinya jangan menyerah, saya saja sudah ngk terhitung di tolak oleh Google Adsense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul banget itu, satu lagi mungkin jangan baperan juga kali ya hehehe

      Hapus
  3. Blog ku masih dalam antrian rupanya, disuruh tunggu tp blm bisa. Syaratnya harus 6 bulan kale ya?

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.