Tips Sederhana Menulis Postingan Blog

17 November

Bagi pemula dan termasuk saya, awalnya merasa kebingungan bagaimana cara menulis postingan di blog dengan baik dan sederhana.

Pada awalnya blog saya ini hanyalah sebuah media curhatan saja, kaidah menulis pun tidak saya pedulikan, yang penting menulis aja mengikuti kata hati

Tapi setelah dipikir-pikir kalau hanya sekedar media curhat kayaknya rugi ya, saya gak bisa berkembang kemampuan menulisnya.

Jadilah saya belajar sedikit demi sedikit secara otodidak tentang cara menulis yang baik di blog dari para suhu yang sudah profesional mengisi postingan keren di blog mereka.
Setelah saya amati, saya tiru dan saya duplikasi dalam konteks yang tentunya bukan maksud untuk mencontek atau plagiat , tetapi kerangkanya aja yang saya amati.

Saya menganggap ini tips sederhana buat standar saya untuk menulis postingan yang bisa dipake sekarang bahkan selamanya. Juga ini merupakan standar mbah google untuk mengindeks artikel2 yang bermutu daripada artikel2 yang pendek dan hanya mengandung click bait saja, tapi isinya sama sekali gak nyambung.



1. Tentukan Judul blog

Judul Blog menurut pakar SEO harus mengandung kata kunci, bisa di riset dulu kata kuncinya. Judul yang sesuai kata kunci akan mendapatkan pengunjung blog yang tertarget. Kata kunci yang tidak terlalu banyak pesaingnya adalah kata kunci yang tepat untuk sebuah blog yang trafiknya masih sedikit. Kata kunci bisa didapatkan di Google Keywoord Tool, Google Trends, Keywordtool.io, dan kwfinder.com

2. Isi Blog dengan konsep Pembuka, Isi dan Penutup

Ini adalah konsep yang sedehana dalam menulis isi postingan. Kedengarannya ya sederhana tetapi sebagian orang masih melupakan kaidah ini. Postingan yang baik tetap harus ada Paragraf Pembuka. Tentang bagaimana judul postingan ini dibuat, kenapa judul ini dipilih. Sehingga pembaca bisa mengetahui tujuan postingan ini dibuat.

Paragraf Isi adalah hal penting selanjutnya. Apa isi yang ingin disampaikan oleh sebuah postingan tersebut dan lain sebagainya.
Karena tanpa isi apalah arti sebuah postingan. Pembaca akan mengkerut wajahnya apabila isi yang mereka cari tidak ada. Paragraf Isi biasanya harus lebih panjang dari pada pembuka dan penutup.

Paragraf Penutup ini berisi kesimpulan dari sebuah postingan ini dibuat. Paragraf Penutup berisi kata-kata yang akan menyudahi isi postingan. Istilahnya ingin mengucapkan kata perpisahan dalam cara yang elegan.

3. Isi Blog disertai Foto

Blog yang bagus seharusnya disertai foto. Ini selalu saya lupakan diawal-awal saya posting blog. Pengetahuan saya masih minim tentang ini. Setelah saya baca di blog yang profesional baru saya ketahui akan pentingnya foto dalam sebuah blog. Foto memberikan imajinasi tambahan ketika pembaca mengunjungi blog kita. Foto bisa kita dapatkan melalui foto dokumen pribadi atau melalui sebuah penyedia foto gratis seperti Unsplash, Pixabay, Pexels , dll.

Belakangan bukan hanya foto, tetapi sebuah infografis (foto disertai dengan data grafis) juga merupakan elemen penting untuk dimasukkan dalam blog. Saya baru dalam hal ini.

4. Jangan lupa beri label

Nah ini juga suka bikin saya lupa. Saya selalu ngeblog tanpa memikirkan kaidah ini. Dulu gak tau apa pentingnya itu label. Sekarang malah penting. Label itu merupakan perwakilan dari sebuah tema ataupun kata kunci yang kita buat. Buat Label untuk sebuah postingan maksimal 3 buah. Kalau lebih malah gak akan bagus. Penelitian menunjukkan google akan kebingungan dalam mengindeks artikel yang kebanyakan label, karena akan terbaca sebagai duplikat konten (saya baru tau lho!)

5. Isi Blog minimal 300 kata

Blog yang dapat terindeks dengan baik oleh google adalah blog yang postingannya berisi minimal 300 kata , sedangkan untuk artikel yang lebih bagus lagi maksimal 2000 kata. 2000 kata? Lemes saya 😌😌, tapi Google akan lebih menyenangi itu.

Bagaimana untuk mengeceknya apakah sesuai minimal 300 kata? Kalau mengetik dengan menggunakan komputer di microsoft word tentu akan lebih mudah. Tapi kalau mengisi blog dengan menggunakan handphone seperti saya ini butuh aplikasi atau pun situs penghitung kata untuk menghitungnya. Saya sering memakai jasa situs www.wordcounttool.com ( awas, jangan salah eja ya mbak n masbro 😉 )
Caranya sebelum postingan di publikasikan copy paste dulu semua kata ke situs penghitung kata ini. Kalau sudah pas baru kita publikasikan.

6. Jangan lupa sertai sumber referensinya

Blog yang baik yang penuh dengan riset akan ada banyak sumber sumber pendukungnya. Jangan segan untuk mengucapkan terima kasih dengan memberi kredit kepada situs tersebut. Kalau tidak berani menyertakan Backlinknya tak apa , tulis saja link matinya, yang penting sudah memberi kredit sesuai dengan kaidah yang berlaku yaitu sertakan sumbernya. Begitu juga dengan foto unduhan yang bukan dari penyedia foto gratisan, akan lebih bagus kalau kita sertakan juga sumber dari foto tersebut.

Nah poin poin diatas apakah sudah dilakukan oleh anda sebagai penulis blog yang baik? Menulis blog dengan sederhana pun ternyata ada aturannya juga bukan. Aturan aturan diatas tersebut adalah aturan baku dalam menulis blog.
Mudah mudahan tips ini berguna untuk anda yang ingin memulai mengisi blog dari hal yang sederhana tapi gak tau memulainya dari mana.
Ketahui ini lebih dahulu baru menguasai kaidah mengisi blog yang lebih luas lagi.

Happy Blogging! 😊

Sumber :
rangkuman dari blog para bloger profesional panutan saya 

2 komentar:

  1. Setujuuu...
    Tapi kalau saya lebih sering nulis isinya aja dulu, setelah selesai, judul baru dikarang-karang sesuaiin sama yang ingin di highlight sari isinya. Tapi saya gak pandai buat judul sih😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sy juga gak pandai buat judul mba, nah jdnya sering riset kata kunci yg pas biar jd judul :)

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.