Efektifkah Oil Pulling untuk Kesehatan Gigi dan Mulut ?

23 Desember

Oil Pulling atau berkumur dengan minyak adalah salah satu perawatan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.
Prakter berkumur ini berasal dari teknik pengobatan Ayurveda yang ada di India dan sudah secara turun temurun dilakukan di sana.

Oil pulling merupakan praktek berkumur dengan menggunakan minyak begitu kita bangun tidur sebelum makan atau ketika akan tidur di malam hari. Minyak yang sering digunakan dalam oil pulling adalah minyak vco ( virgin coconut oil / minyak kelapa murni) , minyak zaitun dan minyak wijen.

Teknik berkumur yang benar adalah dengan berkumur selama 15-20 menit , kemudian hasil dari berkumur tidak boleh ditelan karena racun yang telah dikeluarkan akan ditelan kembali dan efeknya mungkin tidak baik bagi tubuh kita.

Menurut laporan media massa dari India, Oil pulling dipercaya memiliki manfaat seperti menghilangkan plak, menghilangkan bau mulut, mencegah gigi berlubang, memutihkan gigi, mengobati radang gusi sampai detoksifikasi tubuh.

Namun dilihat dari segi medis ternyata belum ada penelitian yang mumpuni untuk membuktikan manfaat Oil Pulling secara keseluruhan.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra dikalangan medis. Ada yang setuju dan ada yang tidak. Ada laporan yang mengungkapkan bahwa oil pulling mengakibatkan penyakit lipoid pneumonia atau pun sakit perut bila tak sengaja menelannya. Bagi dokter gigi sendiri bersikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari adalah cara terbaik daripada hanya sekedar mengandalkan teknik berkumur oil pulling.

Pengalaman Saya ber-Oil Pulling

Saya mengenal teknik Oil Pulling ini sejak 3 tahun yang lalu ketika sedang melakukan program kehamilan anak pertama saya. Artikel yang saya baca di salah satu situs media sosial tentang Manfaat Oil Pulling bagi kesuburan wanita.
Minyak yang digunakan dalam hal ini adalah minyak zaitun.
Minyak Zaitun memiliki rantai asam lemak tak jenuh yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Minyak Zaitun bermanfaat untuk kesuburan dan sangat baik untuk mencegah penyakit Degeneratif.

Vco sebagai media Oil Pulling

Namun buat saya teryata tidak cocok untuk Oil Pulling dengan minyak zaitun. Rasanya yang agak aneh di lidah dan bikin eneg. Daripada minyaknya saya pakai untuk berkumur lebih baik saya minum saja, tinggal glek glek gak pakai lama.

Oil Pulling untuk nyeri gigi berlubang

Kemudian saya memilih minyak Vco (Virgin Coconut Oil / minyak kelapa murni) untuk proses berkumur. Pilih Vco yang baunya bukan bau tengik. Vco merk Vico Bagoes, merk Ono Niha Oil, atau minyak Vco produksi Gerobak Ketofy adalah rekomendasi saya untuk Vco yang layak dikonsumsi.
Atau kalau bingung, saat ini pun ada banyak yang menjual Vco di situs belanja online. Saya mengenal Vco dari teman saya yang pernah mengajak untuk gaya hidup sehat ala Keto Lifestyle. Pembahasan tentang Keto Lifestyle akan saya bahas di lain waktu.

Rantai lemak pada Vco hampir sama dengan minyak zaitun, yakni mengandung rantai asam lemak tak jenuh. Vco juga mengandung asam lemak jenuh berantai sedang. Contohnya adalah Asam Laurat. Asam Laurat pada Vco sangat tinggi yaitu sebanyak 50%. Fungsinya bagi tubuh adalah sebagai anti mikroba, anti virus dan antijamur.

Kembali lagi pada pembahasan tentang oil pulling. Kegiatan Oil Pulling dengan minyak Vco untuk kesehatan gigi dan mulut ini saya lakukan karena saya sering merasakan nyeri / ngilu akibat gigi saya ada yang berlubang karena tambalan gigi yang rusak. Fungsi Vco disini adalah membersihkan gigi yang berlubang karena zat anti bakteri yang dihasilkan oleh Vco cukup ampuh untuk membersihkan bakteri yang membuat ngilu di gigi.

Untuk mencegah agar sakit tidak timbul kembali saya rutin melakukan oil pulling setelah sehabis mandi pagi, setelah makan siang dan setelah malam selama 2-3 kali dengan takaran 1 sendok makan. Jangan lebih dari 2 sendok makan karena mulut tidak bisa menampung banyak untuk berkumur. Lakukan oil pulling dengan pelan pelan dan jangan terlalu semangat juga nanti giginya tambah sakit. Oil Pulling hanya saya lakukan apabila rasa nyeri/ngilu di gigi menyerang.

Manfaat yang saya rasakan memang gak langsung kelihatan saat itu juga tapi secara perlahan lahan, namanya juga obat alami tidak ada campuran bahan kimia sama sekali. Berkumur dengan Vco dapat membantu membersihkan sisa sisa makanan secara efektif dibandingkan berkumur dengan larutan air garam saja.

Oil Pulling untuk mengatasi Bau Mulut

Oil Pulling ternyata bisa mengatasi bau mulut yang mengganggu. Karena Minyak Vco mengandung zat anti bakteri maka zat tersebut akan memusnahkan bakteri penyebab bau mulut. Cara ini saya lakukan setelah makan dan sebelum tidur. Dengan takaran yang sama yaitu 1 sendok makan. Cara membuktikan agar  bau mulut tidak akan keluar lagi adalah dengan cara menempelkan telapak tangan ke mulut. Cara ini ternyata efektif.

Oil Pulling untuk mengatasi radang gusi

Sebulan yang lalu gusi saya sedang bermasalah. Gusi menjadi radang karena terdesak gigi geraham bawah paling ujung kanan. Gusi dan sekitarnya menjadi bengkak dan berwarna merah. Rasa nyeri karena gusi membengkak itu tiba tiba saja menghampiri karena sehari sebelumnya saya habis makan daging sapi yang agak alot. Huft kalau begitu saya gak usah makan daging deh semalam. Tetapi nyesal pun gak ada gunanya.

Terpikir untuk mengobati gusi yang meradang ini dengan oil pulling mungkin saja akan mereda bengkaknya. Seperti biasa saya pun berkumur secara teratur, namun tiga hari sudah berlalu radang gusi belum juga sembuh malah tambah parah.
Tidur pun jadi tidak nyenyak bahkan hanya tidur sebentar saja karena tak kuat menahan rasa sakitnya.

Akhirnya setelah empat hari saya menyerah, saya pun datang ke dokter gigi di sekitaran Kayu Agung ini dan diberi obat yang tidak saya sukai berupa antibiotik dan pereda nyeri. Khusus jenis masalah yang terakhir ternyata Oil Pulling belum sepenuhnya efektif buat saya. Tetapi belum tentu tidak efektif buat orang lain bukan?

Untuk yang menyukai perawatan dan pengobatan secara alami , Oil Pulling bisa jadi rekomendasi alternatif pengobatan kesehatan gigi dan mulut yang oke. Tetapi tetap ya gaes kalau semakin parah kondisinya, pergi ke dokter adalah pilihan yang utama. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat.

Sumber :
www.nature.com - Bad science: Oil Pulling
id.m.wikipedia.org - Oil Pulling


13 komentar:

  1. Wiiih keren ya mbak, nah ini nih multifungsi dan gak bahaya. Mau dah! :D

    BalasHapus
  2. makasih mbak sharingnya, baru tahu aku kalo VCO bisa buat kumur. Di rumah ada beberapa botol VCO, coba nanti mo dipraktekan buat kumur sebelum tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sebaiknya pilih vco yang gak bau tengik biar enak kumur2nya

      Hapus
  3. Wah, baru tahu tentang oil pulling ini. Kalau saya fans berat minyak zaitun untuk kulit. Karena kulit saya sensi, dan cocok dg terapi minyak zaitun. Ternyata bisa juga utk kumur. Setelah kumur, jeda berapa lama boleh sikat gigi mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis kumur bisa langsung sikat gigi mba :)

      Hapus
    2. ooh begitu, siaap mencoba... thanks ilmunya mbak

      Hapus
  4. Oil pulling, berkumur pakai minyak ternyata banyak manfaatnya ya mbak.
    Nice share.
    Makasih mbak.

    BalasHapus
  5. Penasaran, besok deh nyobain oil pulling. Karena gigi saya juga sering sensitif di usia yg mulai menjelang dewasa tua ini :)

    BalasHapus
  6. Jadi pakai vco y mb
    Ilmu baru nih
    Walau enggak ngebayangin gimana rasany heheh

    BalasHapus
  7. Thanks for sharingnya mbak tentang oil pulling. Saya baru tahu nih ada perawatan mulut dengan berkumur menggunakan minyak lewat postingan ini. Mana manfaatnya banyak pula.

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu kalau ternyata hasil Oil Pulling lebih efektif dibanding dengan air garam. Belum pernah coba. Rasanya tertarik sih kalau baca pengalaman mbak ini yg bs atasi keluhan mulut

    BalasHapus
  9. Berkumur dengan minyak? Hmm, saya baru tahu info tentang ini, jadi penasaran ingin mencoba juga. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus

Maaf komentar yang mengandung Politik, Sara & Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti ya
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.