Sabtu, 29 Desember 2018

Manfaatkan Waktu Liburan dengan Membaca Buku Favorit




Sudah mau akhir tahun beberapa hari lagi, itu berarti sudah ada teman teman yang mengambil jatah cuti atau sudah dapat jadwal liburan dari kantornya/tempat kuliah bila masih kuliah.

Yang sudah punya agenda untuk liburan tentu gak akan menyia nyia kan kesempatan liburan ya, apalagi jatah liburnya gak terlalu banyak, nah yang belum punya agenda libur nih yang pusing, bingung mau ngapain. Mau liburan keluar kota bingung duitnya pas pasan, atau gak ada yang ngajak liburan.

Seperti saya ini nih, padahal hanya seorang ibu rumah tangga saja, yang tiap hari kan liburan hehe, tapi karena dah terjangkit virus liburan dari temen temen sekitar ya saya pun pengennya ngisi waktu dengan liburan ke luar kota. Tapi, apalah daya Pak Su masih sibuk dengan segambreng kerjaan kantor, belum tau kapan jadwal pasti untuk dapat mengambil cuti liburan. Sedih, iya dong tapi ngapain juga diambil pusing, kita manfaatkan aja waktu yang ada buat ngisi kekosongan waktu, selain ngerjain pekerjaan rumah tangga dan ngeblog tentunya.

Selain menonton drama korea atau jepang sekarang sih saya juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca buku, tapi bukan buku biasa melainkan Buku Digital. Enaknya baca buku digital tuh kita gak perlu beli atau simpan banyak buku di rumah, cukup unduh dan baca saja, sederhana kan.

Membaca buku digital sudah bukan hal yang asing sekarang ini karena fasilitas mengunduh e-book sudah tersedia dimana mana, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Nah buat saya yang masih penyuka gratisan wajib banget ini punya aplikasi yang bisa meminjam dan membaca buku secara gratis.

Aplikasi iPusnas namanya. Aplikasi yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional untuk pengguna perpustakaan yang ingin membaca secara online/offline secara gratis tanpa harus datang ke perpustakaan untuk membaca buku. Ini berarti membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk menjadi pengguna iPusnas secara luas.

Tampilan iPusnas

Tampilan awal iPusnas


Cara mendaftar dan meminjam mudah saja kok, cukup dengan memakai akun facebook atau email. Dari situ kita diarahkan untuk melengkapi profil yang ada, lengkapi foto, udah beres deh.

Cuma semenit dua menit saja kita sudah bisa menjadi anggota iPusnas dan sudah bisa mengunduh dan membaca buku yang kita pinjam. Maksimal meminjam buku sebanyak 3 saja, dan maksimal waktu meminjam adalah 3 hari. Mungkin untuk yang hobi baca dengan jumlah buku tersebut dibilang sedikit ya, tapi bagi saya sudah pas, malah saya suka kekurangan waktu. Buku yang saya pinjam sebanyak 3 buku selama 3 hari kenyataannya hanya 1 saja yang bisa saya baca, itupun gak habis bacanya lol :D

Tampilan Koleksi Buku iPusnas

Jadi sekarang saya gak mubazir lagi kalau mau baca buku di iPusnas, cukup pinjam 1 atau 2 buku saja setiap mau meminjam.
Untuk pengembalian buku di iPusnas, jangan kawatir terkena denda karena aplikasi ini akan mengembalikan buku ke raknya secara otomatis jika waktu peminjaman berakhir, mudah bukan.

Contoh buku yang akan dipinjam

Namun bukan hanya aplikasi iPusnas saja kita bisa mengunduh dan membaca buku secara gratis, sekarang juga banyak aplikasi serupa yang terinstegrasi dari Perpustakaan Lokal / perpustakaan khusus setempat. Aplikasi itu diantaranya adalah iJakarta, iSantri, iTani, iTangsel, iJogja, iJateng, iPustaka aceh, iMedan dan i-i lainnya. 

Berbeda dengan aplikasi iPusnas yang pengembang dan pengelolanya langsung Perpustakaan Nasional. Rata-rata aplikasi berjudul i-i diatas pengembangnya adalah PT. Woolu Aksara Maya, perusahaan yang berbasis teknologi digital yang menjadi pelopor pengembang social reading application. 

Aplikasi meminjam & membaca buku sejenis

Kedepannya aplikasi semacam ini dapat lebih ditingkatkan lagi kualitasnya, diperbaiki lagi aplikasi yang masih kurang mendetil fiturnya, atau masih ada bug didalam aplikasinya. Mengingat kalau yang namanya proyek pemerintah kalau hanya sekali jalan, sekali dikembangkan, sudah gitu tidak diperbaharui lagi aplikasinya bertahun tahun dan bisa dipastikan bikin sebel yang sudah mengunduhnya. 

Semoga pemerintah sadar akan hal ini dan semakin mendukung budaya membaca secara gratis ini secara berkelanjutan. Bukannya apa, karena minat baca di masyarakat kita masih rendah, program seperti ini memang harus dibudayakan dan dipromosikan.

Nah tidak bingung lagi kan mau isi agenda liburan saat ini. Sudah banyak tersedia aplikasi menarik buat baca buku secara gratiss tiss, selain irit hasrat membaca buku pun terobati , Selamat berhari libur semua :)

Share:

20 komentar:

  1. Setuju banget.. Tapi kayaknya liburan ini saya bakalan sering bikin gambar. Hahhaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngegambar boleh juga tuh jadi mengasah kemampuan diri :)

      Hapus
  2. Liburan diisi dengan membaca, hyess, Kak! Buku fisik maupun e-book maupun dari iPusNas ini bisa dijadikan pilihan. Ini nih yang saya suka dari blogwalking hahahah dapat informasi dan ilmu baru. Yipie! Bakal coba lihat-lihat iPusNas deh, Kak. Peraturannya sama kayak di perpus kampus, kadang saya cuma bisa 1 buku 3 hari haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dulu dikampus saya buku maksimal 5 tuh wkwk, iya coba saja kak tuteh, klo bukunya ngebosenin bisa lgsg dikembalikan koq :)

      Hapus
    2. ngeri 5 buku, saya satu pun awet mbak hehe

      Hapus
  3. Liburan cuma baca satu buku, Madre by Dee Lestari. Padahal bulan ini ada beberapa buku baru.

    Aku juga baca buku di ipusnas. Biasanya aku pilih yang tipis atau yang banyak gambarnya karena aku gak kuat baca ebook lama2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih bacaannya keren tuh, iya saya juga suka baca yg tipis2 skrg gak sanggup baca yg tebel2 kayak jaman kuliah dulu

      Hapus
    2. wkwkwk baca komik berarti mba jangan baca novel xD

      Hapus
  4. Ketika liburan memang kita harus manfaatkan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, seperti membaca buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong klo bisa isi liburan dgn sesuatu yg bermanfaat,klo pun jalan2 pergi ke tempat yg bermanfaat pula, ya kan :)

      Hapus
  5. buku favorit hmmm,, buku novel mungkin bisa ya buat ngisi hari libur kalo gak ada yg ajak main wkwkwk

    BalasHapus
  6. Wah, boleh dicoba nih. Penasaran, seperti apa aplikasinya .

    BalasHapus
  7. Wah ternyata banyak i- yang bisa dimanfaatkan buat liburan, asiiikkk...
    Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  8. Saya juga ibu rumah tangga dan gak tahu apa betul liburan tiap hari karena kerjaan rumah pun segambrengselain menulis.
    Kemarin dapat kiriman buku digital langsung dari penulisnya, itu untuk saya ulas di blog. Cuma belum sempat baca. Ada lomba yang harus didahulukan dan cari data. Bukunya ditunda baca dan harus diupayakan awal tahun 2019 rutin baca semuanya. Ada 4! 1 buku dari Kang cecep Syamsul Hari, esai sastra dan budaya yang tebal 400 halaman. 3 dari Pak Encep Abdullah Pontang.
    Ditambah 3 buku kiriman teman dari Balai Bahasa Bandung (Jawa Barat). Buku tentang bahasa dan penelitian kuliner. Harus diulas di blog atau dibikin esai untuk media.
    Makanya, butuh stok kopi, teh, susu, cokelat yang banyak untuk menghangatkan badan agar tak suntuk. Plus camilan lain agar tetap cenghar.
    Sudah coba aplikasi iPusnas, namun netbook Windows 7 tak mendukung aplikasinya. Jadi tak bisa baca.
    Lebih nyaman baca bku fisik, bisa disimpan dulu kala harus tunda baca. Buku digital lain malah belum kelar dibaca.
    Mari ngopi dulu sambil baca buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow super sekali deh mba dikasi segambreng buku buat di ulas kasi tipsnya dong mba saya juga mau hehe :) Btw saya belom prnah baca aplikasi ipusnas lewat laptop baru lewat hp aja, mungkin klo baca lewat hp atau tab dgn layar yg agak besar lebih baik, tampaknya aplikasi baru berjalan dgn baik pake sistem android

      Hapus
  9. thanks mba sharingnya, aq langsung download aplikasinya hehe
    btw liburan kali ini juga aq gak kemana-mana. dan sudah tamat sebanyak 4 novel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw keren mba bisa langsung baca 4 novel sampe habis, saya saja kelar 1 buku dalam 2 hari sudah alhamdulillah hehe :)

      Hapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*