Sabtu, 08 Desember 2018

,

Musik, Manfaatnya dan 10 Lagu Andalan


Mendengarkan musik adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Sebagai ibu rumah tangga sambil mendengarkan musik kita pun bisa sambil melakukan aktifitas lain seperti membersihkan tempat tidur, memasak, mencuci baju, mencuci piring, menyapu, mengepel lantai, bahkan mengetik postingan blog incase kalau semua pekerjaan rumah sudah selesai hehe..

Kesukaan orang akan musik berbeda beda..ada yang suka sama musik klasik, musik pop, dangdut, jazz, blues, rhythm & blues (R&B), rap/hiphop, latin, reggae, rock, metal atau musik funk.

Enak atau enggaknya musik itu didengar tergantung dari aransemen musik yang dibawa dan juga penyanyinya selain jenis musik instrumental maksudnya.

Musik yang asyik menurut saya adalah musik yang sukses membuat pendengar betah berlama lama menyetel lagunya, diputar lagi dan lagi. Tentunya ini tak lepas dari peran penyanyi juga. Kalau musik sama yang nyanyi gak nyambung ya mana enak didengar ya kan.

Buat saya untuk mendengarkan musik, gak harus selalu dari penyanyi terkenal aja. Penyanyi pendatang baru kalau lagunya enak ya saya putar. Kalau bosen ya ganti lagu yang lain.

Dulu..saya pernah..karena terlalu menggandrungi artis idola..hingga saya menjadi fangirl istilahnya ya (which is boyband jepang dan korea waktu itu) maka saya beli 1 album dan saya dengarkan semuanya. Masa masa itu fangirlingan gitu deh, semua yang berhubungan dengan musik artis boyband tersebut saya dengar. Padahal arti lagu lagunya pun belum tentu saya ngerti hehe.

Hingga akhirnya tiba di suatu titik akhirnya pun saya bosan, album artis boy band favorit saya buang dan tinggalkan begitu aja,  padahal sudah berapa banyak uang saya habiskan untuk membeli CD album/DVD Concert Tour kesukaan saya itu. Nyesel, iya juga sih.. Tapi lebih menyenangkan ketika mencari lagu lain yang ingin saya dengarkan.

Masa masa itu memang belum banyak aplikasi playlist lagu yang dengan gampang kita peroleh. Sejak udah ada Situs Langit Musik, Melon, dll.
Hingga akhirnya keluarlah aplikasi pemutar musik online selain iTunes tentunya karena saya tidak pake Hp Iphone, aplikasi musik seperti Lava Music, Joox dan terakhir Spotify sangat membantu buat dengerin lagu tanpa harus menyimpan lagu lagu yang banyak dalam memori hp, Yeay keren!

Manfaat Musik secara Kesehatan

Oiya manfaat mendengarkan musik banyak manfaatnya loh buat aktivitas kita . Ditinjau dari segi kesehatan manfaat mendengarkan musik banyak sekali, diringkas saja antara lain yaitu  :

1. Untuk Relaksasi pikiran


Musik sebagai terapi relaksasi pikiran. Musik dapat menjadi terapi anti stres yang baik yang membuat kita tenang. Antara lain ialah musik klasik. Alunan musik klasik yang lembut membuat pikiran kita menjadi tenang dan terkendali. Musik islami seperti nasyid menurut saya juga termasuk didalamnya.

2. Meningkatkan Mood

Mendengarkan musik membuat mood kita yang awalnya jelek menjadi baik. Ini karena alunan musik tersebut membangkitkan semangat dalam diri kita. Tapi tergantung juga akan musik yang dipilih ya, pilih musik pop atau musik beralunan sedang jangan terlalu keras dan cadas.

3. Memperbaiki Daya Ingat

Berdasarkan penelitian musik dapat membantu dalam mempelajari dan mengingat informasi dengan lebih baik. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan otak anak anak, ketika dalam survei dites anak yang mengikuti kelas musik dan yang tidak. Anak yang mengikuti kelas musik ingatannya lebih baik dari yang tidak mengikuti.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Menurut penelitian (lagi) musik dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri. Ini Sebenarnya adalah sebuah pengalihan. Karena pesakit melupakan kecemasan akan rasa sakit yang mereka alami.

5. Meningkatkan Semangat Kerja

Pernah gak sih kalau lagi kerja kadang bawaannya gak semangat, karena pekerjaannya banyak banget dan menumpuk! Lalu coba deh perdengarkan lagu dengan musik yang bikin semangat, apa gak bikin kita yang mendengar jadi tambah semangat juga, sampe ber-sing along malah. Trust me it works! Dan kerjaan pun jadi ringan :D

6. Membuat Tidur lebih nyenyak

Lagi lagi sebuah penelitian mengatakan musik dapat membuat tidur anda lebih nyenyak. Ini memang benar adanya , seperti mendengarkan sebuah musik klasik, musik instrumental ataupun musik yang nadanya lembut.

Karena Musik memberi manfaat secara kesehatan yang berarti, oleh karena itu saya suka mendengarnya disaat ada kesempatan untuk beristirahat atau pun dikala sedang bosan.

10 Lagu Andalan di Playlist saya  :

1. John Legend - All of Me

2. My Chemical Romance - I Don't Love You

3. Beyonce - XO

4. Christina Perri - A Thousand Years

5. Zac Efron & Zendaya - Rewrite the Stars

6. Coldplay Ft. Beyonce - Hymn For the Weekend

7. Payung Teduh - Akad

8. Tulus - Pamit

9. JYJ - W

10. TVXQ - Duet

#DAY19  #BPN30DayChallenge2018

Sumber :
- www.tipscara.xyz  ~ 15 manfaat mendengarkan musik




Share:

9 komentar:

  1. Benerrr mbak, saya kalo susah tidur biasanya dengerin lagu dulu

    BalasHapus
  2. Saia sukaaa video klipnya i dont love you hihi

    BalasHapus
  3. waaahhhh beda ama saya, kalau susah tidur denger lagu malah ga bobo-bobo, langsung ikutan nyanyi, atau nangis kalau lagunya sedih hahahah.

    Sering dengar hampir semua lagu tsb, cuman yang Payung Teduh itu yang mana ya? hehehe kudet saya :D

    BalasHapus
  4. sudah lama tidak mendengarkan lagu-lagunya MCR, I don't Love You ini termasuk salah satu favorit, huhu, videonya juga suka :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah liat video versi baru yg outtake version?

      Hapus
  5. Saya baru tahu, tuh. Lagu bisa mengurangi rasa sakit.

    BalasHapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*