12 Pekerjaan Paling Laris di Dunia Maya

31 Januari

Melamar dan mendapatkan pekerjaan kantoran sekarang agak susah didapat, selain harus punya gelar, ijazah, dan sertifikat, batas umur pun juga berlaku. Hal ini membuat pengangguran pun bertambah, baik pengangguran dari yang lulus tingkat sma, lulus kuliah atau yang berhenti bekerja karena ketatnya persaingan dalam pekerjaan.

Tapi tenang saja di era digital ini apa sih yang gak mungkin terjadi, lewat dunia maya pun asal ada skill untuk menggunakan komputer dan jaringan internet untuk berseluncur, voila! Bermacam pekerjaanpun tersedia disana, dari yang mudah sampai yang butuh ekstra keahlian untuk menggelutinya. Rupiah demi rupiah bahkan Dollar pun bisa kita dapatkan.

Apa sajakah itu? Yuk kita simak satu persatu pekerjaan tersebut :

1. Blogging

Ya Semuanya sudah pada tau kan kalau jadi Blogger bisa menghasilkan. Jadi Blogger yang kerjaannya ngeblog, menulis ini itu yang sesuai keinginan atau juga berdasarkan niche dan passion blognya masing masing. Kalau PA, DA, serta Pageviewsnya tinggi maka akan selalu diincar oleh para pengiklan. Jadi blogger merupakan profesi yang paling banyak digemari saat ini karena tidak terlalu banyak pakem yang menuntutnya.

2. Freelance Writing

Pekerjaan ini mungkin hampir sama dengan blogger. Mungkin saja pekerjaan sebelumnya adalah jadi blogger atau penulis lepas di majalah atau koran. Bedanya pekerjaan menulis ini dibayar perartikelnya. Tak jarang freelance writing menjual artikel untuk website maupun blog personal.



3. E-Book Author

Profesi E-Book Author mungkin masih jarang di sini, seringnya kita dengar di luar negeri. Di Amerika sana biasanya E-Book Author ini merangkap Blogger, mereka memproduksi buku sendiri (self publishing) lalu buku tersebut diolahnya kedalam bentuk E-Book dan dijual secara daring kepada pembaca setianya. E-Book tersebut dijual di website atau blognya. Rata rata e-book yang saya lihat berjenis novel, hobi (DIY) ataupun tips finansial.

4. Dropshipping

Pekerjaan ini mungkin adalah yang paling mudah asal punya passion untuk berbisnis dan tidak pantang menyerah. Saya pernah menjadi dropshipper memang ternyata mudah sekali menjalankan dibanding menjadi produsen atau distributor. Kita sama sekali tidak membutuhkan modal dan stok barang untuk menjalankan bisnisnya. Namun kembali lagi tidak semua orang berbakat untuk berjualan.

5. Website Design

Menjadi website design pada saat ini tidak butuh untuk mengenyam pendidikan jenjang formal. Melalui pendidikan non formal pun bisa. Sekarang sudah banyak lembaga non formal yang membuka kursus pembuatan website dari level sederhana sampai tingkat mahir.  Dari waktu kursus yang memakan waktu sampai setahun ataupun hanya 3 bulan. Lulusan website design diharapkan dapat bekerja untuk mendesain web secara mandiri dan dijual melalui sebuah situs ataupun untuk perusahaan tempatnya bekerja.

6. Youtube

Nah kalau yang ini siapa sih yang tidak tau. Jadi Youtuber merupakan idaman semua orang kali ya apalagi memang untuk yang suka narsis. Yang tidak suka narsis, narsisnya lewat suara saja deh hehe. Di butuhkan skill untuk bisa edit video agara videonya layak ditonton dan menggaet ratusan bahkan ratusan viewers. Kecuali dia memang sudah jadi artis dari sananya. Hehe.

7. Online Tutor

Online tutor ini sepertinya juga kebanyakan di luar negeri sana seperti di Amerika dan di Inggris. Ada beberapa situs yang menyediakan berbagai macam online tutor untuk berbagai macam spesifikasinya. Setiap tutor itu dipilih untuk membagikan ilmu secara daring dan mereka akan dibayar persesionnya. Kalau disini entah sudah ada atau tidak ya. Setau saya aplikasi Online seperti Ruang Guru pun gurunya diseleksi terlebih dahulu oleh sipengembang dan itu pun jumlahnya tidak banyak.

8. Video Editing

Yang ini mungkin adalah kepanjangan tangan dari editing video seperti Youtube dan sejenisnya. Yang tidak pintar mengedit video bisalah memakai jasa video editing agar videonya lebih ciamik. Jadi video editing yang dimaksud disini hanya berjalan secara daring saja. Merupakan alternatif bila ditempat kita tidak dijumpai jasa video editing yang sesuai dengan keinginan hati.

9. Affiliate Marketing

Istilah kerennya adalah affiliate marketing, istilah ndesonya adalah makelar. Seorang makelar akan mendapatkan komisi dari pemilik bisnis atas apa yang dia promosikan terhadap seorang pembeli.

Begitu juga dengan seorang affiliate marketing. Ia akan mendapatkan komisi dari ia promosikan melalui blognya. Dengan menanam suatu kode tertenru seperti kode referal dalam bentuk tautan yang nantinya calon pembeli yang tertarik akan klik tautan tersebut hingga terjadilah proses jual beli.


Affiliate markerting diluar negeri rata rata pada situs retail besar seperti Amazon, Wallmart, Ebay, ataupun situs penjualan elektronik, meskipun ada juga perusahan kecil yang menggunakan bisnis affiliasi.

Yang membuat bisnis afiliasi disana bertahan sampai sekarang adalah sumber komisinya yang mudah didapat, besar dan menjanjikan. Sehingga negara Amerika menjadi kiblat bisnis afiliasi yang begitu maju. Di Indonesia sendiri sudah banyak bertebaran seperti situs penyedia jasa web & domain, situs marketplace, asuransi, dan aplikasi PPOB yang menggunakan sistem pemasaran afiliasi. Hanya saja sistem afiliasinya tidak semudah seperti bisnis afiliasi di luar negeri.

Lihat juga : Resmi Domain Baru

10. Virtual Assistant

Virtual Assistant adalah seseorang yang membantu pekerjaan orang lain secara daring karena lokasi yang berbeda. Seorang Virtual assistant biasanya membantu orang lain atau yang disebut klien untuk hal hal yang sifatnya administratif.

Pekerjaan tersebut antara lain pekerjaan tulis menulis, sekretaris virtual, juga bisa merambah ke jasa editing buku, terjemahan buku, bahkan membangun website. Intinya menjadi seoran virtual assistant harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan si klien. Dibutuhkan kemauan, keahlian dan komitmen yang kuat untuk menjadi virtual assistant. Bagaimana? Tertarik?

11. SEO Consultant

Pekerjaan SEO Konsultan adalah pekerjaan yang difavoritkan saat ini, bagaimana tidak hampir semua pekerjaan berhubungan dengan dunia maya. Untuk mendapatkan peringkat satu di halaman pertama google juga bukanlah perkara yang mudah.

Oleh karena itu jasa SEO sangat dibutuhkan sekali. Untunglah sekarang mungkin sudah banyak para ahli SEO yang berkecimpung, sehingga membuat persaingan harga diantara mereka sangat bervariasi. Dari harga korporat sampai harga yang merakyat, yang dalam bentuk paket SEO tentunya juga ada. Menggiurkan bukan.

12. Social Media Manager




Social media manager adalah pekerjaan yang menyerupai Public relation. Public Relation disini maksudnya mewakili forum atau komunitas website yang dikelolanya. Seorang social media manager tugasnya memonitor dan memandu klien sebagai social media person, brand, perusahaan atau produknya.

Menjadi social media manager tidaklah mudah. Karena ia dituntut untuk menguasai skill dasar, baik itu menulis sebagai blogger, content creator, peliput berita, penyelenggara event bahkan project manager. Oleh karena itu sangatlah sulit jika pekerjaan social media manager dikerjakan sendiri, maka ia terdiri dari sub sub yang masih berhubungan dengan pekerjaan social media manager hingga nampaknya merupakan kesatuan yang utuh.

Nah, sekarang sudah tahu kan pekerjaan paling laris tersebut. Bahkan di luar negeri pun pekerjaan yang saya sebutkan tersebut masih terasa "legit" untuk dijalankan dan bisa saja terus bertahan untuk bertahun tahun kemudian.

Legit = dalam bahasa indonesianya enak
Legit = dalam bahasa inggrisnya sangat bagus

Sumber :
@growinginvestor IG

13 komentar:

  1. Saya malah bingung, sebagai blogger yang suka mencari sampingan di internet, masuk kategori yang mana yaa? Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk dalam kategori Part Time blogger mang

      Hapus
    2. Iya ya.. karena pekerjaan utama saya tetap sebagai kuli di sebuah studio foto yang memperkenalkan saya pada dunia internet, baca baca baca, akhirnya jadi penulis dadakan, hahaha...

      Hapus
  2. Saya masih mencoba hahaha. Paling enak memang blogging itu, Kak Iid :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak blogger jadi cuman modal menulis saja, gak pake ribet hehe

      Hapus
  3. Keren ya ada banyak macamnya. site ini juga dimonetize, nih. Aku aproval aja susah ahahah. Makasih ide2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diajukan lagi mba shirei pas usia blog diatas 6 bulan, biasany langsung diterima tuh

      Hapus
  4. yeah....Aku kerja di beberapa list di atas. Semoga makin berkah :D

    BalasHapus
  5. Mengapa, ya, pekerjaan afiliasi di sini lebih berat dan sulit daripada di Amerika? Misal, ada yang menerapkan akan beroleh pembayaran jika lakukan transaksi dari click per action bukan asal klik saja. Seakan, kita ditantang untuk jadi agen penjualan yang mahir berpromosi sehingga konsumen tertarik untuk belanja dengan klik tautan dalam artikel kita. Padahal dalam kenyataannya, narablog yang lakukan afiliasi harus bersaing dengan toko daring lain yang lebih besar. Entahlah, saya tak begitu paham sistemnya. Tautan saya biasanya diarahkan pada situs resminya yang lakukan penjualan produk bukan toko daring.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba lama tak jumpa :) masalahnya di sistemnya sih, marketing disana dihargai sangat baik dengan komisi yang besar dan barang yang selalu tersedia, jadi disana marketing gak ada tuh kayak kita musti banting tulang banget utk berpromosi, karena mereka (cth amazon) tau marketing tuh jantungnya situs jualan hehe :)

      Hapus
  6. Hmm, dari daftar di atas baru nyoba nyambi jadi part-time blogger nyambi jadi affiliate marketer. Klo dipikir-pikir memang lumayan juga hasilnya. Cuma klo mau diseriusin jadi full-time blogger malah takut ga seberapa hasilnya

    BalasHapus
  7. hahaha, saya bisanya yang satu doang mba, sungguh kasian.
    Yang dropship itu saya pernah dan bikin bete banget.

    Sudahlah kita genjar menjual, pas ada yang beli yang punya barang sulit dihubungi.
    Kan bingung saya ama yang beli.

    Belum lagi kalau yang beli udah transfer uang, tapi yang empunya barang semacam hilang.

    Mending jual barang sendiri deh hehehe

    BalasHapus

Maaf komentar yang mengandung Politik, Sara & Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti ya
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.