Jumat, 18 Januari 2019

Kayu Manis si Bumbu Dapur Untuk Kesuburan Wanita



Teman teman mungkin sudah tidak asing ya sama kayu manis, salah satu bumbu yang menjadi primadona ibu di dapur. Kayu manis bahasa ilmiahnya adalah Cinnamomum Verum. Kayu manis adalah salah satu bumbu masakan tertua yang dipakai oleh manusia, contohnya adalah bangsa Mesir yang telah memakai bumbu ini sekitar 5000 tahun yang lalu (red.wikipedia).

Kayu manis sangat enak untuk membuat adonan kue, bahan untuk memasak sop, bistik, semur dan setup buah buahan. Tapi di artikel ini saya tidak membahas tentang makanan ya, karena saya tidak pandai meracik tulisan yang bagus untuk artikel makanan yang bisa membuat orang ngiler. 

Antara Kayu Manis dan Diabetes

Kayu manis yang saya bahas disini dari segi unsur kesehatan. Ya iyalah sudah terbaca dari dijudulnya kan bu. Dikutip dari wikipedia juga, kayu manis secara tradisional digunakan untuk mengobati penyakit jantung, kulit, radang sendi ataupun perut kembung.  Tapi menurut saya kayu manis juga efektif untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita Diabetes tipe 2.

Bah, kenapa juga ada tipe tipenya penyakit diabetes ini? Yah memang seperti itu adanya.
Oke saya akan membahas sedikit tentang penyakit Diabetes ini dulu ya. Penyakit Diabetes digolongkan berdasarkan 3 tipe, ada diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Lalu kenapa saya hanya membahas penyakit Diabetes tipe 2 ini, karena diabetes ini paling banyak dialami oleh setiap orang. Tua dan muda bisa mengalami Diabetes tipe 2 ini, sepertinya termasuk saya juga.

Awas Diabetes!

Lalu siapa saja yang beresiko terkena penyakit Diabetes tipe 2 ?

1. Orang yang memiliki berat badan berlebih. Dalam arti kata obesitas. Tidak perlu dijelaskan lebih detil ya karena semua orang tahu kelebihan berat badan itu tidak bagus.

2. Orang yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat disini adalah makan secara berlebihan, mengkonsumsi gula secara berlebihan tanpa mengimbanginya dengan membakar gula sebagai sumber energi yang dalam arti kata malas berolah raga dan malas bergerak. Hati hati tipe seperti ini akan mudah dihinggapi penyakit diabetes tipe 2.

3. Diabetes dalam kehamilan.
Banyak teman teman saya sering saya jumpai terkena diabetes disaat hamilnya, padahal sebelum hamil tidak ada riwayat diabetes sama sekali. Diabetes saat hamil ditandai dengan berat bayi yang tidak biasa, misal 4-5 kg lebih. Bayi yang dilahirkan akan beresiko memiliki penyakit diabetes tipe 2 kelak ia dewasa nanti.

Faktor nutrisi menjadi hal penting disini, dimana ibu hamil juga harus menjaga nutrisinya dengan baik, menjaga pola makannya seperti tidak mengkonsumsi susu bubuk secara berlebihan (lebih baik susu uht atau susu segar) , tidak berlebihan minum minuman yang manis seperti es teh manis ataupun soda dan tidak makan makanan manis secara berlebihan dan banyak gerak agar tidak terkena diabetes tipe 2.

4. Faktor usia.
Tak bisa dipungkiri faktor usia juga memegang peranan penting. Usia diatas 40 tahun dimana seseorang sudah malas bergerak, kekurangan massa otot yang dengan sendirinya menambah berat badan karena bertambah umur.

5. PCOS ( Polycistic Ovarian Syndrome )
PCos atau Sindrom Ovarium Polikistik dalam bahasa indonesianya.

Penyakit ini setahu saya hanya menghampiri wanita saja. Ditandai dengan gejala faktor hormonal yang terganggu seperti mudah tersinggung dan gampang berubah mood, kesuburan yang terganggu seperti periode menstruasi yang terlambat setiap bulannya, rambut yang rontok, pertumbuhan bulu yang berlebihan dimana mana, seperti di ketiak, diatas mulut, sekitar kuping, tangan bahkan kaki, masalah kulit seperti kulit berminyak dan kulit berjerawat. Tak jarang wanita yang terkena PCos sulit untuk segera mempunyai buah hati, butuh perjuangan untuk mendapatkannya.

Pic from : @healthyme_oc


Lihat juga : 5 Tips Mencegah Penyakit Degeneratif

Lalu, apa hubungan Kayu Manis dengan Diabetes tipe 2 ini?

Kayu manis ternyata dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah yang menyebabkan Diabetes tipe2 terutama pada penderita PCos dengan meningkatkan faktor kesuburan. Bukan hisapan jempol! Saya sendiri sudah membuktikannya.
Ya saya sendiri adalah penderita PCos itu.

Pic from : @dr_bri_obgyn

Selain gejala yang saya sebutkan diatas tadi, pada penderita PCos bila diperiksa ovariumnya melalui USG transvaginal terdapat sel telur berukuran kecil yang jumlahnya banyak, sel telur normalnya tidak berukuran kecil pada saat ia akan bertemu dengan sel sperma atau akan meluruh pada dinding rahim saat tidak terjadi pembuahan. Tetapi bukan hanya dari hal itu saja seseorang terkena PCos, pemeriksaan darah adalah hal yang otentik seseorang dinyatakan terkena PCos.

Ikhtiar Kayu Manis sebagai terapi kesuburan

Ketika saya mengetahui bahwa kayu manis dapat mengobati masalah kesuburan pada penderita PCos, pertama tama saya lakukan adalah untuk menyeimbangkan sel hormon saya yang terganggu seperti periode menstruasi yang sering terlambat.
Pada grup Facebook yang saya ikuti grup PcosFighter atau di instagram @pcosfighterindonesia ada beragam testimoni yang menyatakan bahwa kayu manis merubah hidup mereka dengan hasil yang menggembirakan seperti periode menstruasi yang menjadi teratur, pendarahan yang berkuran (dismenorhea) bahkan kehamilan.

Kayu manis dalam sebuah penelitian oleh Richard Anderson, dipercaya dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Hal ini menambah keyakinan saya kalau sudah ada penelitian tentang kayu manis tersebut.
Jadi bukan berdasarkan mitos semata.

Kayu manis dan madu

Ikhtiar yang saya lakukan adalah dengan cara menyeduh 1 sendok makan bubuk kayu manis dan setengah gelas air dalam keadaan panas, aduk aduk sampai rata, kemudian meminum bubuk kayu manis dalam keadaan hangat ditambah dengan 1 sendok madu alami sebagai pemanis yang aman untuk diabetes tipe 2.
Cara lainnya bila tidak kuat dengan rasa kayu manis yang begitu dominan, adalah dengan memasukkan satu sendok makan kayu manis ke dalam makanan. Seperti ketika makan bubur oat, maka kayu manis dan madu bisa ditambahkan dengan takaran yang sama seperti diatas.

Ikhtiar ini saya lakukan setiap hari sampai mendekati masa subur pada saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Percaya atau tidak dalam seminggu saya lakukan ini secara ketat plus pola makan yang seimbang, periode menstruasi datang dengan teraturnya, jerawat lenyap dan rambut rontok pun berkurang. Kalau periode menstruasi sudah dapat dikontrol setiap bulan maka kesempatan untuk memiliki momongan semakin besar.

Perlu diingat walaupun kayu manis bisa menurunkan gula darah, bukan berarti kayu manis dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Banyak faktor yang harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Intinya kembali ke pola makan makanan yang seimbang, pola hidup sehat yaitu dengan olah raga, hindari stres dan tidur yang teratur, ini juga berlaku untuk penderita PCos. Insyaallah kalau ikhtiar diatas tadi dilakukan dengan disiplin, maka keinginan untuk memiliki momongan bukan tidak mungkin akan terwujud, tapi tidak lupa juga berdoa dan meminta kepada-Nya Sang Pemilik kehidupan agar keinginan menjadi sempurna.

Sumber :

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/manfaat-kayu-manis-untuk-diabetes/

id.m.wikipedia.org/kayumanis



Share:

25 komentar:

  1. Mesti bikin postingan yang baru saya tau alias hal-hal yang baru buat saya, bermanfaat banget nih blognya mbak. Selama ini cuma pakai kayu manis buat setup buah buahan. Ternyata manfaatnya banyak sekali :D

    BalasHapus
  2. Iya bikin postingan hal yg pernah kita alami lebih gampang ditulis,biar tidak lupa juga pernah mengalami hal ini. Btw kayu manis ini memang bermanfaat banget loh buat kita para wanita :)

    BalasHapus
  3. Kayu manis diketahui banyak manfaatnya selain memberikan aroma yang khas.
    Terkadang, kalau lagi minum kopi pagi, saya masukkan sedikit saja bubuk manis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan lebih bagus lagi kalau gak pake gula, gulanya diganti sama madu alami :)

      Hapus
  4. Saya pakai kayu manis buat kue aja mba, ternyata manfaatnya banyak banget ya, masha Allah, kudu dipraktekan nih ama temen2 yang masih ikhtiar kehamilan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga memberi manfaat juga buat temen2nya :)

      Hapus
  5. Loh, saya baru tau kalau kayu manis ini bisa bermanfaat untuk kesuburan wanita ._.

    BalasHapus
  6. Ya Allah SWT, terima kasih karena hari ini saya jalan-jalan ke blog Kakak Iindyanie ini, jadi bisa tahu khasiat kayu manis yang luar biasa karena saya diabetes haha. Serbuk yang sudah jadi (dibeli di toko) boleh juga kah? Ataukah harus yang beli di pasar (gulungan kayu manis) direbus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kakak ada diabetes juga ya, kalau saya kayu manis bubuk merek koepoe2 kak, beli yg masih gulungan juga bisa tapi sebaiknya beli yg di supermarket besar karena tipe yg bagus itu

      Hapus
    2. Iya Kak Iid, saya penderita diabetes huehehe. Oke baik, Kak, nanti saya coba cari yang merek koepoe2 itu. Semoga ada. Kalau tidak ada, ya tidak masalah berarti pakai yang masih alami hasil beli di pasar ya, Kak.

      Sungguh, terimakasih sekali :)

      Hapus
    3. Sama2 kak tuteh, oya kalau tidak dapat yang bubuk, kayu manis gulungnya di rebus saja dulu ya kak, baru diblender :)

      Hapus
  7. Hmm, kok aku malah jadi kepengen makan cinnamon rolls ya, hihihi :D

    BalasHapus
  8. Wahh baru tahu kayu manis bisa nyembuhin jerawat juga. Makasih mbak infonya.

    BalasHapus
  9. Bener, Rin kan keturunan diabetes dari kakek, kalo pagi lagi libur pasti diseduhin kayu manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayu manis bagus utk menurunkan gula darah mba rin

      Hapus
  10. Kayu manis. Untuk masak dan campuran minuman.
    Itu aja, sih kalau saya.

    BalasHapus
  11. Pengin ngerasain kayu manis. rasanya emang gimana sih?

    BalasHapus
  12. Waaaaah... aku bar tahu manfaatnya sebanyak itu. biasanya cuma buat campuran teh aja. tp jrg banget kupake

    BalasHapus
  13. Manfaatnya banyak sekali, apalagi untuk perempuan. Bermanfaat sekali...

    BalasHapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*