Aplikasi IPOT GO : Menabung Saham Terasa Begitu Mudah

12 Februari
aplikasi ipotgo menabung saham terasa mudah


Hai para pembaca..kali ini saya kembali membahas tentang investasi khususnya saham.

Akhir akhir ini ada beberapa temen blogger yang menghubungi saya lewat email ataupun DM khususnya para emak emak yang sudah melek akan investasi.
Umumnya mereka bertanya mengenai cara menabung saham, dari mana memulainya dan apa saja kah saham yang bagus untuk di tabung/dibeli bahkan ada yang menanyakan tentang trading, waduh.

Dikala senggang saya pun menjawab lewat email atau DM tersebut. Senang rasanya, ini merupakan hal yang baik dimana para pembaca sudah mulai merespon akan apa yang saya sampaikan di blog, walaupun saya bukan ahlinya seperti blogger yang berniche investasi lainya (contoh blogsabda, irfan.id, dll).

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang kebetulan melek dengan investasi khususnya reksadana dan saham, maka hanya hal hal sederhana saja yang saya bagikan ke mereka.

Saya tugasnya disini hanyalah menginformasikan tentang cara menabung saham sebagai investasi jangka panjang dan bukan ahlinya untuk menerangkan tentang cara bertrading sebagai mata pencaharian bagi sebagian orang. Well, di blog ini bukan tempatnya yah hehe. Saya hanya #teamnabungsaham :D

Oke kembali lagi dalam menjawab email, Hal yang pertama yang saya jawab terlebih dulu adalah mencari informasi sebanyak banyaknya tentang menabung saham, yaitu membaca buku tentang belajar menabung saham yang pernah saya bahas sebelumnya.

Ini saya sarankan jikalau tidak sempat untuk mengikuti sekolah pasar modal (SPM) yang diadakan bursa efek indonesia (IDX) yang cabangnya sudah tersebar di kota-kota besar.

Ipot go aplikasi investasi online
Aplikasi investasi online yang terintegrasi

Setelah itu menjelaskan tentang manfaat juga resiko menabung saham dan terakhir adalah aplikasi untuk menabung saham. Jika sudah bersedia untuk berinvestasi di saham maka saya sarankan untuk mengunduh aplikasi IPOT GO.

Aplikasi IPOT GO : 
Daftar Cukup Mudah

Aplikasi IPOT GO adalah Sebuah platform investasi online yang dikembangkan oleh PT. Indopremier Sekuritas untuk transaksi saham, reksadana dan Exchange Traded Fund (ETF) yang terintegrasi sekaligus dalam satu akun.

Tampilan registrasi online ipot go
Tampilan IPOT GO

Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk menabung saham dan investasi lainnya dengan jumlah setoran yang cukup murah dibandingkan dengan sekuritas yang lain yaitu minimal Rp 100 ribu.

Mengapa saya sarankan untuk menggunakan aplikasi tersebut karena cukup mudah untuk dioperasikan, mulai dari mendaftar sampai membeli saham, dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Cara Mendaftar Akun IPOT GO :

1. Buka website indopremier.com maka akan diarahkan untuk membuka akun dengan klik "OPEN AN ACCOUNT" pada sisi kanan situs.

Lalu klik lagi akan keluar sebuah tampilan untuk mendaftar melalui Google Play Store khusus bagi yang mempunyai E-KTP sedangkan untuk yang belum ada E-KTP disarankan untuk mendaftar secara manual (Manual Registrasi)

Mendaftar melalui aplikasi1

Mendaftar melalui aplikasi2


Keuntungan mendaftar menggunakan E-KTP proses pendaftarannya hanya memakan waktu 1 jam saja kemudian bisa langsung melakukan investasi.

Tanpa perlu tanda tangan basah dalam arti cukup mengirimkan foto selfie sambil memegang foto E-KTP dan foto spesimen tanda tangan pada selembar kertas.

Selain itu selama mendaftar menggunakan E-KTP tidak perlu mengirim berkas fisik lagi karena semua proses pendaftaran dilakukan via online. Cukup mudah bukan?

2. Sedangkan untuk Manual Registrasi akan diarahkan untuk mendaftar melalui website. Dengan mengisi Email, Nomor Hp dan Re-type nomor HP.


Manual Registrasi IPOT GO

Bagi anda yang beragama muslim jika ingin investasinya berkah jangan lupa ceklist "Saya Ingin Membuka Account Syariah".
Ini juga berlaku pada pendaftaran melalui aplikasi. Lalu klik "Lanjut".

Lihat juga : Halalkah Investasi Saham?

Kemudian sejumlah berkas akan dikirimkan lewat email dalam bentuk file pdf untuk mengisi data diri layaknya mengisi formulir buka tabungan.

Formulir yang telah diisi lengkap akan dikirimkan berdasarkan petunjuk dari officer Indopremier yang akan menghubungi calon investor lewat whatsapp.

Jangan lupa sertakan didalam berkas 1 fotokopi KTP, 1 fotokopi NPWP (tidak wajib), 1 fotokopi halaman pertama buku tabungan dan 1 foto selfi sambil memegang KTP.

Proses pendaftaran melalui manual registrasi biasanya akan memakan waktu selama 3-4 hari. Ini tidak termasuk lamanya waktu pengiriman berkas.

3. Setelah proses pendaftaran selesai, maka calon investor akan mendapatkan Login ID dan password serta Login Pin melalui email. Catat dan selalu ingat dengan Login dan pasword, jangan beritahu kepada orang lain meskipun dia mengaku dari officer IPOT

Kemudian akan dibuatkan juga Nomor RDI/RDN dari Bank BCA sebagai bank kustodian. Sedangkan bagi yang memilih akun syariah akan dibuatkan RDN dari Bank Syariah BCA sebagai bank kustodian.

RDN (Rekening Dana Nasabah) adalah rekening dana tampungan ketika melakukan proses transaksi jual beli saham.

Jadi nanti ketika ingin menabung / bertransaksi beli kita harus transfer dahulu dana dari rekening tabungan pribadi ke rekening RDN tersebut. Begitupun juga ketika ingin menarik dana / bertransaksi jual saham.

Aplikasi IPOT GO :
Cara bertransaksi Saham 

Setelah mendapatkan nomor RDN, maka saatnya anda memulai transaksi menabung saham. Kalau bahasa di aplikasi IPOT Buy and Sell, kalau bahasa tradingnya Bid and Offer.

1. Masuk ke menu utama, kemudian login dengan klik ikon gembok di sisi kanan atas. Dengan login berarti kita sudah mulai bertransaksi. Pilih saham yang telah kita incar.

Login member menu

Tampilan menu IPOT GO

Tampilan Member Menu


Terlebih dahulu transfer dana yang akan ditabung di saham. Proses transfer hanya memakan waktu 5-15 menit. Cek transfer yang masuk di menu member dengan login pin. Cek di bagian warna hitam :
Info Rekening -> Informasi Kas .

Bingung saham yang mana yang akan diincar, silakan baca pedoman Cara Memilih saham yang baik pada artikel di blog saya.

Atau bisa dengan memilih satu persatu saham yang sekiranya sudah dikenal baik oleh kita seperti sahamnya PT. Telkom, BRI Syariah atau PT. Unilever.

2. Selalu baca laporan perkembangan terbaru dari perusahaan yang sahamnya kita incar melalui fitur News dan Research.

Live Trade IPOT GO

Salah satu saham LQ45

News and Research IPOT GO

Selain itu lihat juga Company Profile dan laporan Fundamentalnya. Cara lain untuk menentukan bagus tidaknya saham bisa melihat dari dokumen yang terkait dengan perusahaannya dan kita bisa melihatnya di situs www.idx.co.id secara lengkap.

Dokumen tersebut antara lain Laporan keuangan yang terbit 3 bulan sekali, laporan tahunan, materi public expose, laporan hasil public expose dan prospektus.

Sedangkan untuk daftar saham bisa dilihat disini :

- Saham Bluechip (Perusahaan besar)

- Saham Syariah Bluechip

- Saham Syariah (all)

3. Kalau sudah yakin akan memilih saham yang akan dibeli/ditabung maka pilih Buy yang berwarna hijau. Sebaiknya bertransaksi ketika jam bursa dibuka yaitu jam 9 keatas sampai jam 4 sore ketika bursa sebentar lagi akan tutup.

Proses transaksi saham saat ini sudah menggunakan aturan baru yaitu T+2, artinya transaksi hanya membutuhkan waktu 2 hari saja sampai saham dapat dilihat dalam portofolio.
Lebih cepat dibanding kinerja bursa setahun yang lalu (T+3). Sebagai contoh hari senin kita membeli saham, hari rabu kita bisa melihatnya dalam laporan portofolio.

Tampilan Buy Order saham

Member menu - aktifitas keuangan


Saham yang telah ditransaksikan akan terlihat di member menu -> aktifitas keuangan -> transaksi dalam proses. 

Kemudian daftar saham yang berhasil dibeli akan diberitahukan melalui email oleh IPOT support pada malam harinya. Daftar saham yang sudah berhasil dibeli tersebut bisa di cek di dalam port folio. Cek member menu -> info rekening -> Portfolio anda.

Contoh portfolio ipot go
Contoh Portfolio Ipot Go

4. Jika ingin menjual saham maka klik sell yang berwarna merah, sesuaikan jumlah yang akan dijual berdasarkan saham yang tersimpan sebelumnya. Saham yang berhasil dijual akan diinformasikan melalui email pada malam harinya, prosesnya juga memakan waktu T+2. 

Jika proses sudah selesai maka bisa dilihat jumlah portfolio akan berkurang. Penarikan dana pun sudah bisa dilakukan. Untuk melihat jumlah dana yang bisa ditarik, klik pada member menu -> pengaturan dana -> penarikan dana.

Tampilan Sell order saham

Member menu - pengaturan dana


Investasi saham idealnya disimpan untuk jangka panjang. 2 tahun , 5 tahun atau sampai 10 tahun agar mendapatkan imbal hasil (return) yang maksimal.

Akan tetapi bila butuh dana, kapanpun saham bisa dijual. Saham yang mudah dijual kembali adalah saham berjenis liquid yaitu LQ45 dan JII (saham versi syariah).

Oke, sekian informasi dari saya mengenai cara mendaftar dan bertransaksi melalui aplikasi IPOT GO. Aplikasi menabung investasi yang terintegrasi dalam Satu akun. Mudah digunakan bahkan untuk emak emak sekalipun. 

#Yuknabungsaham :D


Sumber : website indopremier




26 komentar:

  1. sekarang zamannya investasi yah, kalo punya modal lebih baik juga dipakai investasi buat masa depan, gak ada salahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus ada modal sih pak, dana yang tersimpan dari gaji setiap bulannya 10% bisa dijadikan investasi, 10%nya lgi disimpan utk dana darurat jadi simpanan tidak hanya dalam bentuk tabungan biasa saja tetapi dalam bentuk investasi :)

      Hapus
    2. ya itu namanya modal bu, baik itu dari gaji sama aja namanya modal wkwkwk

      Hapus
  2. Wah ada aplikasinya khusus nabung saham juga. Dari dulu tuh baca soal nabung saham mesti bingung harus komentar apa soalnya udah speechless duluan, mungkin harus nyoba dulu kali ya biar bisa kasih komentar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lala justru sekarang lah waktu yg tepat buat investasi mba krn masi belum menikah pendapatan bisa disisihkan sebagian melalui investasi, kalau tunggu sampai menikah bisa kayak saya telat menyadari pentingnya berinvestasi hehe :)

      Hapus
  3. Pengen banget dari dulu nabung-nabung saham ini, tapi masih ragu ke-halal-annya walaupun MUI udah bilang halal..

    Karena banyak perusahaan yang masih menggunakan, meminjam, meletakkan dan mendapatkan keuntungan dari bank konvensional.. Allahu a'lam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk itulah adanya saham syariah, kriteria saham syariah salah satunya hutang perusahaan dibawah 45% dari aset. Hutang semakin sedikit semakin bagus. Sekarang byk juga koq perusahaan yang menggunakan bank syariah terus nih dengan adanya saham mengurangi ketergantungan perusahaan utk berhutang sama bank karena mereka sudah dibantu sama kita :)

      Hapus
  4. Baru tau kalau ada aplikasinya, keren lagi lengkap dengan tutorial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini untuk memudahkan buat yg ingin menabung saham :)

      Hapus
  5. Tambah mudah sekarang untuk investasi saham. Yuk sisihkan sedikit rejeki kita untuk investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekarang dimudahkan sekali dengan adany aplikasi biar banyak yang melek investasi mas

      Hapus
  6. Saya masih bingung mengenai jual saham ini mbak, misalkan saya baca diartikel ini pada gambar tertulis harga Rp 3.820 untuk 1 lot, 1 lot ini apa sama dengan 1 saham?
    Dan kenapa jumlah belinya menjadi Rp 382.000? Apakah 1 lot itu sama dengan ribuan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 lot = 100 lembar saham, 1 lembar saham tergantung harga yg telah ditentukan oleh perusahaan yg mengeluarkan saham, utk lebih jelasnya bisa dibaca tentang belajar nabung saham pada artikel2 sebelumnya ya mas

      Hapus
  7. Kayanya saya bakalan nyoba IPOT Go deh mbak, pendaftarannya mudah... memang saya duah lama dengar "desas-desus" kalau Indopremier ini salah satu sekuritas terbaik, baik dari sisi layanan, fitur dan inovasi.

    Makasih sharingnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas sabda, iya ipot salah satu sekuritas & sots yang terbaik

      Hapus
  8. Membaca ini, dijelaskan dengan sangat rinci, jadi kepikiran nabung saham juga hahaha. Makasih Kak Iied informasinya.

    BalasHapus
  9. Detail banget penjelasannya, Mbak. Aplikasi semacam itu memudahkan banyak investor yang terdiri dari masyarakat awam. Apakah platformnya akan bertahan lama? Saya harap fmikian agar yang berinvestasi pun merasa tenang dan aman. Soalnya menabung saham kesannya ribet bagi orang awam karena merupakan hal baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi ipot sudah lama hadir mba, sekarang aplikasi ini mengalami perkembangan yang signifikan mengingat banyaknya user yang ingin berinvestasi dengan mudah

      Hapus
  10. Sekarang mah apa² serba online, saham pun bisa online, banyak pilihan lagi yang penting tetap bijak dalam berinvestasi agar tidak terjadi hal-hal yang diluar ekspektasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul, salah satunya dengan diversifikasi investasi, "don't put the eggs in one basket".

      Hapus
  11. Saya belum pernah Mbak,nabung saham. Kebanyakan saya nabungnya ke Perut,heheheh....mungkin suatu saat saya bisa cobain nabung saham, lumayan buat masa depan. :)

    BalasHapus
  12. Saya juga udah buka akun reksadana syariah di ipotgo tapi kecewa karena cuma ada 5 channel aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Reksa Dana Syariah sebaiknya beli di Bareksa saja mas, banyak pilihan dan beragam

      Hapus
  13. Permisi mbak, saya tertarik buat setelah baca artikel ini.. saya sudah coba regis tapi ko masih belum dapat nomor ID nya yah?? Kira" kenapa tu mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah isi form regisnya dengan lengkap? Klo isi regisnya secara online dan lengkap nanti diminta foto selfienya dan video selfinya juga buat KYC, baru abis itu dapat no.IDnya mba

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.