Jumat, 01 Februari 2019

Prank Terniat yang Membuat Viral


Prank Baim Wong Viral

Akhir akhir ini saya suka sekali menonton streaming Youtube dari smartphone, berbekal internet cepat dari salah satu operator berwarna biru nonton youtube berjam jam tidak masalah (eh koq malah iklan :p )

Menjadi seorang Youtuber agar channelnya dibanjiri penonton atau viewers dan juga subscribers tidaklah mudah. Youtuber harus membuat ide yang kreatif dan segar untuk konten yang akan disajikannya.

Channel yang banyak viewers dan subscribernya paling mudah untuk mendapatkan pundi pundi Dollar, paling cepat dalam kurun waktu seminggu sudah bisa cair jika nominalnya sudah memenuhi syarat. Tak heran banyak pula artis yang banting setir menjadi Youtuber karena mudahnya meraup uang Dollar dari Youtube.

Berawal dari notifikasi para youtuber yang saya ikuti, ada salah satu youtuber yang juga berprofesi artis yaitu Baim Wong. Aktor ganteng ini belum lama terjun di dunia Youtube, video yang selalu dibagikannya selalu mendapatkan viewers yang lumayan untuk ukuran standar Youtuber. Padahal videonya hanya tentang kesehariannya saja, kecuali video kegiatan berlibur yang dilakukannya bareng sang istri tercinta ke Jepang yang merupakan video favorit saya.

Telah ditonton sebanyak 8,5 juta kali
Pic : Youtube

Video yang Baim Wong lakukan kali ini beda dengan sebelumnya. Videonya pada saat saya tonton menduduki trending peringkat pertama di Youtube versi Indonesia dengan viewers telah mencapai 8 juta, suatu prestasi yang istimewa bagi Youtuber.

Tema yang diusung Baim Wong adalah menjadi Orang Gila! Yah betul dengan menyewa jasa make up artis spesialis film action, wajah dan penampilan Baim Wong berubah drastis, kumal, gembel, rambut panjang tak terurus khas orang gila, badan bagian atas tidak berbaju dan hanya memakai sarung saja serta berkaki telanjang, Baim sudah berubah menjadi orang lain betul betul total.

Niat prank Baim kali ini adalah untuk berbagi kepada yang memberinya pertolongan sebagai orang gila. Ya semacam social experiment begitu untuk melihat siapa kaum yang peduli dengan kondisi orang gila dan suka minta minta. Prank yang dilakukannya bukan prank settingan alias bukan rekayasa tidak seperti yang suka dilakukan artis youtuber lain dalam konten Youtubenya.


Kalau saya jangankan memberi makan ke orang gila, orang gilanya mau mendekat saja saya kabur, saking takutnya. Suatu tindakan yang wajar kan kalau takut sama orang gila, karena mereka tampangnya menakutkan. Jadi kalau ada orang yang berani kasih uang atau makanan ke mereka saya salut sekali.

Misi baim untuk tidak dikenali oleh orang banyak kali ini berhasil sesuai rencana. Banyak yang takut mendekatinya, kasih makan apalagi. Suatu ketika misinya dilakukan di sebuah taman sambil mengacungkan dua jarinya ke mulut sebagai tanda minta makan kepada setiap orang yang dijumpainya. Untungnya ada seorang tukang parkir yang baik hati memberinya sebungkus kue cubit.


Setelah dikasi kue Baim berpura pura berbalik arah, kemudian datang kembali untuk membuka kedoknya untuk memberinya sejumlah uang ke tukang parkir tersebut bahwa ini hanya aktingnya. Wajah Tukang parkir tersebut dari kaget, merasa tidak percaya setelah diyakinkan lagi langsung berubah jadi sumringah, dikasih uang siapa yang gak mau.

Di lain tempat Baim pun menuju Mall Pondok Indah untuk melancarkan misinya. Sudah 2 orang yang tidak peduli kepadanya hingga Baim terus berjalan mencari orang yang pedul. Kali ini korbannya juga orang biasa, seorang supir. Walaupun hanya diberi 1000 rupiah Baim tidak menolak. Misinya berhasil ia memberi bapak supir tersebut sejumlah uang. Benar benar beruntung bapak supir itu. Baim selalu berpesan kepada setiap orang yang ditolongnya dengan berkata "Pertahankan sikap baiknya ya"


Walaupun sudah ada beberapa orang yang telah Baim beri ia tetap menjalankan misinya, mungkin belum tuntas ia rasa. Suatu ketika ia berjalan melewati seorang ibu pedagang buah pisang, nalurinya kembali untuk mengerjai orang, buah pisang yang dijaja ibu itu ingin diambil olehnya tanpa permisi tapi sebelum ia melakukannya, ibu tukang buah tersebut diluar dugaan malah memberinya pisang 1 sisir.


Baim kembali menemui si ibu penjual pisang tersebut kali ini untuk membagikan uang. Si ibu memberinya plastik dikira Baim butuh plastik buat bungkus pisangnya, polos sekali ibu itu orang gila mana kepikiran butuh plastik kali ya. Ketika Baim memberinya sejumlah uang, awalnya ibu itu menolak, tapi karena Baim meyakinkannya ibu penjual pisang itu langsung menangis dong. Terharu.

Kejadian mengharukan itu mungkin yang membuat penonton setia Youtube termasuk saya jadi iba, ternyata yang menolong orang biasa semua. Padahal mereka juga membutuhkan uang atau barang dagangan untuk dijual tapi malah sempat membagikannya kepada orang lain.


Mungkin disinilah letak videonya Baim Wong menjadi viral dan trending. Ada pesan moral yang saya dapatkan.
Dengan unsur sederhana yang ditunjukkan, berhadapan dengan kehidupan sehari hari warga yang bereaksi ketika bertemu dengan orang yang aneh ataupun yang membutuhkan lewat berbagi secara ikhlas, karena berbagi itu bisa kapan saja. Gak perlu tunggu lebaran.

Sebagai balasannya mereka mendapatkan rezeki melalui hal yang gak disangka sangka. Anggap saja melalui Baim mereka mendapatkan rezekinya, dan bukan karena Baim mereka mendapatkan rezeki. Itu dua hal yang berbeda.

Ketika ditanya apakah Baim merasa nyaman dengan menjadi orang gila, dia bilang malah nyaman dong, karena gak dikenali orang sama sekali. Rupanya Baim sudah benar benar menjiwai akting gila, asal jangan beneran gila ya, kasian istrinya hehe.

Aksi Social Experiment Baim ini mungkin belum dilakukan oleh artis Youtuber lain secara gamblang. Mereka biasanya saling menunjukkan kemewahan hidupnya hingga membuat para penonton Youtube jadi eneg karena kemewahan terus yang ditampilkan.

Dalam soal prank, biasanya prank yang mereka lakukan itu hanya settingan belaka. Berbeda dengan Baim Wong yang setiap di awal videonya berani memberikan pernyataan bahwa Pranknya murni tanpa settingan. Wallahu 'alam.

Saya  berharap mudah mudahan aksi sosial Baim juga diikuti dengan artis Youtuber lainnya dalam bentuk hal yang sederhana dan gak muluk muluk hanya untuk mengejar viral dan trending. Video yang idenya Out of the box dan dikonsep dengan sederhana gimanapun caranya pasti akan sampe dimata penonton setia Youtube.

Sumber :

Baim Paula Youtube Channel


Share:

16 komentar:

  1. Wah menarik nih videonya mbak, niat banget sampai sewa jasa make up artist profesional buat social experiment begini, keren :D

    BalasHapus
  2. Ini kayak yg digtv itu ya, org susah nolongin yg susah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuran tau juga sih, gak pernah nonton tv selama disini haha

      Hapus
  3. Ini viralnya keren, viral dan bermanfaat bagi sesama hehehe. Mantap jaya! Makasih Kak Iid, langsung saya ke Youtube nih :D

    BalasHapus
  4. Aku udab beberapa kali nonton channelnya Baim Wong, dan aku suka yang inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, konten yg ini beda banget dibanding yg lain yg suka pamer kekayaan artis

      Hapus
  5. Hiiii....
    Serem.
    Tapi social-experiment macam ini memang jadi pengajaran banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, terlebih social experimentnya bukan settingan belaka

      Hapus
  6. Mirip sama reality show Tolong ya. Biasanya yang nolongin juga kebanyakan orang yang hidupnya pas-pasan.

    Tapi aku juga tipe yang kabur kalo ada orang gila sih. Hehe...

    BalasHapus
  7. Terharu bacanya kak. Apalagi pas adegan ibu itu nangis, MasyaAllah ... benar orang biasa membantu orang biasa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga mba iba rasanya ya

      Hapus
    2. Mbak Iid nulis pakai jenis huruf apa dan ukuran berapa? Nyaman dibaca di layar ponsel saya yang kecil banget ini. Saya terharu baca bagian tentang ibu penjual yang nyedekahin pisang. Baik banget. Orang biasa memang nyaman bersikap rendah hati.

      Hapus
    3. Tulisan bawaan dari template blognya ya mba, saya kurang ngerti juga sih mungkin ukuran 12, iya mba bisa jadi karena orang biasa terbiasa juga menghadapi kaum homeless

      Hapus

Maaf Link Hidup tidak diperkenankan untuk berkomentar
Terima Kasih ^_*