Ingin Membangun Usaha, Logo Perusahaan Jangan dilupakan

13 Maret
logo perusahaan untuk usaha anda

Memulai usaha memang susah susah gampang. Tergantung cara kita mengelola usaha tersebut dengan cara apa. 
Namun, sering kali kita stuck untuk membangun suatu usaha apalagi tanpa perencanaan yang matang. Ide sih banyak tapi langkah apa yang akan kita lakukan dahulu kita pun tidak tahu.
Oleh karena itu riset untuk membangun usaha itu penting sebelum memulai usaha.
Berikut adalah hal mendasar ketika ingin membuat suatu usaha, apakah itu?

Pertama tentukan dulu usaha apa yang ingin kita bangun, ini sudah pasti kan. Kedua tentukan produknya yang sesuai dengan keinginan kita. Ketahui dari mana kita akan mendapatkan produk yang akan kita jual, dan kalau bisa kita kuasai juga seluk beluk tentang produk yang akan dijual. 

Ketiga tentukan target pasar yang akan kita jangkau. Target pasar adalah hal yang penting untuk memasarkan produk kita nanti, apakah akan tertuju pada semua segmen atau salah satunya saja. Keempat buat Logo perusahaan usaha yang kita bangun. Logo memberikan nilai lebih dari konsumen sebagai pembeli terhadap usaha kita. Terakhir promosikan produk yang kita jual. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan produk. Salah satunya adalah dengan berpromosi di media sosial.


Saat ini ada banyak kemudahan untuk kita memulai suatu usaha. Beragamnya permintaan masyarakat akan suatu produk berbanding dengan beragamnya bahan dasar produk yang ditawarkan dengan harga yang murah membuat kita pun turut memasarkan produk tersebut karena dapat memberikan keuntungan bagi kita untuk menjualnya.

Usaha yang kita bangun harus mempunyai nilai yang kuat di mata pembeli. Untuk itu kita pun harus bisa mem'branding' usaha kita agar kelihatan profesional. Salah satunya adalah dengan memberikan sentuhan logo perusahaan pada usaha kita.

Sayangnya sering kali saya lihat penggunaan logo ini diabaikan untuk kalangan yang memulai usahanya di media sosial, padahal model usaha yang ia bangun bukan usaha ecek-ecek. Penggunaan logo bukan hanya milik perusahaan besar saja, perusahaan atau usaha kecil pun wajar memakai logo.

Walaupun usaha yang kita bangun ini masih pada skala kecil, penggunaan logo akan nampak istimewa dibanding dengan hanya menggunakan sebuah tulisan nama saja tanpa ada suatu ciri khas.
Karena bukan mustahil suatu saat nanti jika usaha anda kian berkembang dan logo usaha anda akan selalu diingat oleh para pembeli.

logo perusahaan
Sudahkan menentukan logo untuk usaha anda?

Logo pada suatu usaha memberikan manfaat yang beragam. Di antaranya adalah :
  • Logo memberikan identitas yang jelas usaha yang dijalani
  • Logo memberikan daya tarik bagi sang pembeli
  • Logo memberikan penjelasan tentang citra usaha kita dan juga produknya dalam arti kata 'Branding'
  • Logo memberikan perbedaan yang jelas antara usaha satu dengan yang lainnya. Jadi jarang dijumpai logo usaha kita itu sama dengan usaha orang lain, kalau sama itu namanya nyontek
  • Logo otomatis menjadi alat untuk memasarkan produk yang kita jual
Sebagai contoh pada usaha ibu berinisial I yang bernama Phariz Shop. Phariz Shop menjual perlengkapan kebutuhan ibu dan anak sepeti Gendongan anak dalam bentuk geos, gendongan jarik/cukin berkarakter, apron menyusui dan juga selimut bayi. Pada logonya Phariz Shop menggunakan gambar seorang ibu yang menggendong buah hatinya dengan perasaan yang riang. 

Jikalau Phariz Shop hanya mengandalkan tulisan saja (nama merek/brand) pada usahanya, mungkin pesan tidak akan tersampaikan kepada pembelinya yang target pasarnya adalah ibu ibu. Mungkin mereka akan bertanya,"jualan apa ya kok ini usaha gak jelas ya, seperti tidak niat berjualan".

Oleh karena itu Phariz Shop pun mem'branding'kan usahanya sebagai tempat untuk berjualan kebutuhan bayi agar tidak melenceng kemana mana, kalau kemana mana usahanya, usaha kita akan dinamai orang palugada, apa lu mau gue ada :D tapi kalau mau usahanya seperti itu ya tidak masalah sih.

Baca juga : 12 Pekerjaan Laris di Dunia Maya

Penggunaan logo sebenarnya tidak wajib, Tapi kualitas dari usaha kita akan dinilai oleh orang lain dari bila kita benar benar profesional untuk hal sekecil apapun. Pembuatan logo bukanlah barang yang mewah saat ini. Ada banyak situs yang menawarkan jasa pembuatan logo perusahaan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Jadi bagaimana? Apakah sudah menentukan logo terbaik untuk usahanya? Jangan sampai salah makna dan tujuan ya, ingin menjual produk A malah logonya B kan tidak lucu :D



48 komentar:

  1. Logo banyak juga ya manfaatnya mbak, selain untuk identity, visual imajineri, logo juga untuk menarik perhatian...Logo Phariz shop simple dan memorable dengan bunda yang matanya berbinar happy dan senyum nanda digendongan dengan rambutnya yang lucu menggemaskan...

    BalasHapus
  2. Identitas usaha itu biasanya memang di logo, tidak cukup nama saja. Berbahagialah mereka2 yang nama usahanya bisa sekalian dijadikan logo dengan menggunakan huruf tertentu hehe.

    BalasHapus
  3. Kemarin punya kesempatan bikin logo komunitas, meski kadang terlihat biasa aja, ternyata gak gampang juga ya bikin logo. Hahhaa.. minimal logo kan harus mempresentasikan apa yang akan kita tawarkan. Ternyata owh ternyata.. 🤭

    BalasHapus
  4. sebuah branding menurut saya adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan yang sedang ingin mengembangkan mereknya dikarnakan sebuah brand sangat bisa mengankat nilai jual dari produk tersebut,contoh logo kfc yaitu seorang kakek tua yang berjenggot yang dulunya adalah lambang pembuat ayam kfc,dulu bekerja sebagai seorang tentara dan setelah pensiun ia berhasil membuat brand ayam goreng yang ternamana,yaitu kfc. bahkan samapi sekarang logo tersebut selalau melekat di ingatan konsumen dan pelanggan kfc luar biasa bukan,he-he

    BalasHapus
  5. Logo memang penting, sayang jika dibuat asal-asalan. Butuh perencanaan matang. Kalau tak bisa mendesain sendiri logonya, masih ada perusahaan jasa desain logo yang diandalkan. Seperti yang Mbak tulis di atas. saya juga sebenarnya pengen bikin usaha reseller opak cipeujeuh buatan kampung saya. butuh perencanaan matang dari logo sampai pengemasan. Memulai sesuatu itu tidak mudah. Butuh keberanian demi mewujudkan cita-cita. Semoga usaha Mbak Iid tambah maju, ya. Senantiasa semangat dalam ikhtiar.

    BalasHapus
  6. Buat logo tuh gampang-gampang susah yaaa.. yang pasti logo penting banget sebagai salah satu bentuk identitas perusahaan

    BalasHapus
  7. ingin menjual produk A malah logonya B kan tidak lucu :D

    jadi ingat brand susu kambing gambar beluang saya,, hehehe..........

    BalasHapus
  8. Pantas saja, harga untuk pembuatan logo design lumayan ya, bund harganya.
    Wajarlah kalo gitu, karna designer perlu memikirkan simbol, warna dan karakteristik yang sesuai sama bisnis client-nya.

    BalasHapus
  9. Mnurutku logo memang penting banget. Bahkan mencitrakan tentang perusahaan itu. Makanya harus hati hati buat memilih logo :)

    BalasHapus
  10. setuju.. menurut ku juga logo itu penting, meski usaha hanya kecil-kecilan kalo ada logonya jadi terlihat profesional..

    BalasHapus
  11. bener banget ini Mbak, logo itu harus dipertimbangkan juga.
    apalagi sekarang logo bisa dijadikan branding kan ya, untuk sosmed dan sebagainya, klo logonya kece kan eye catching gitu, orang juga bakalan penasaran dan tertarik untuk ngeklik dan cari tahu tentang usaha kita :)

    BalasHapus
  12. Logo bisa mencerminkan seperti apa perusahaan yang dibangun. susah-susah gampang ya menentukan ide dalam membuat logo karena harus mengandung arti dari perusahaan tersebut juga. TErnyata dalam dunia bisnis online juga dibutuhkan logo ya

    BalasHapus
  13. Setuju pakai banget!
    Penting banget pakai logo kalau ingin "branding!"
    Apalagi sekarang zaman digital ya, bisa langsung pesan online sama desainernya.

    Ada lho beberapa brand yang hanya melihat logonya kita langsung tahu apa produknya.
    Keren ya!

    BalasHapus
  14. Jadi kepikiran pengin bikin logo buat blog, kayaknya lucu ya. Logo mencerminkan pemiliknya dan penuh dgn filosofi makna didalamnya.

    BalasHapus
  15. iya banget nih, logo itu hal pertama yang dilihat, mesti kuat banget brandingnya. melekat dan mencerminkan identitas usaha yang dijalani. kalo menurutku sih mesti eye catching, menarik perhatian tapi bisa cepat diingat orang, hihi.. mesti dipikirkan betul-betul sih soal logo, soalnya ga bisa sering ganti logo kan selama usaha itu berdiri, kecuali mau rebranding..

    BalasHapus
  16. Penting banget ya mba memang logo perusahaan sebagai identitas diri, kadang jika tidak ada logo jadi kurang terpercaya.. bismillah semoga next punya usaha selain bidang usaha juga menentukan logo ya tepat demi kepentingan usaha saya juga nantinyaa

    BalasHapus
  17. Aku inget pas masih jd corporate journalist dulu bantuin temen desainerku yang satu divisi bikin logo perusahaan. Ya ampun ternyata itu sangat gak mudah. Harus ada makna2nya gtu. Menurutku logo sangat penting sih buat jadi pembeda dan identitas suatu usaha, khususnya.

    BalasHapus
  18. Bener-bener.
    Buatku, logo itu penting banget.

    Agar orang langsung "nangkep" siapa kita gituu...

    BalasHapus
  19. Betul mbak Logo salah satu kunci untuk membangun perusahaan

    BalasHapus
  20. Bener banget. Logo itu, selain bawa hoki juga bikin konsumen tertarik ya. Semakin unik, semakin diinget konsumen.

    BalasHapus
  21. Kalau untuk blog logo juga diperlukan ya Mba. Dulu aku sempet bikin sendiri ala-ala gitu pakai Canva. Etapi kok sekarang malah pake foto sendiri, wkwkwk. Mungkin nextnya bakal bikin lagi yang bener-bener menggambarkan usaha kita jadi blogger dan penulis konten :D

    BalasHapus
  22. Artikel ini jadi ngingetin rencana aku bikin logo usaha tour and travelnya aku hehehe. Makasuh sharingnya. Bener banget, logo itu hal penting dalam sebuah kegiatab usaha

    BalasHapus
  23. Menurutku, logo bagi sebuah perusahaan sangat penting. Calon konsumen atau nasabah bisa saja tertarik pada perusahaan tersebut bila menyukai logonya :)

    BalasHapus
  24. Logo menurutku seperti sebuah identitas, Mba. Jadi untuk sebuah perusahaan, sudah sepantasnya memiliki logo yang unik dan mudah diingat :)

    BalasHapus
  25. Iya nih, soal logo ini kadang orang lupa menyiapkannya. Desain yang eyecatching bakalan lebih menarik, orang jadi teringat-ingat kan ya.

    BalasHapus
  26. Pembuatan logo perusahaan ini memang penting ya mbak, meski tidak wajib tapi bisa jadi ciri khas yang bisa membedakan perusahaan satu dan lainnya

    BalasHapus
  27. Logo memang penting banget
    Biasanya untuk penggambaran visi dan miai perusak juga.

    BalasHapus
  28. Iya ya, pas bikin baliho usaha suami, aku kok nggak kepikiran bikin baliho. Terus baca ini, aku jadi pengen ganti logo blogku, Mbak.

    BalasHapus
  29. Logo kan merupakan branding daei suatu perusahaan ya mba. So kudu bisa mewakili karakter brand terssbut

    BalasHapus
  30. itu bagian dari nama baik usaha n_n
    kebanyakan pengusaha keccil tidak menghiraukan itu,
    padahal itu bagian dari ccara untuk mengembangkan usaha.
    jangankan logo namapun kadang tidak ada

    BalasHapus
  31. Logo kan jadi identitas usaha, sekaligus untuk branding ya. Itu makanya mesti dibuat dengan detail dan sungguh-sungguh, tak bisa sembarangan. Bagusnya lagi, logo mesti punya filosofi juga. Saya ingat banget ini waktu masih kerja di perusahaan dan ketika itu lagi gunjang-ganjing mau ganti logo. Perundingannya panjang banget sampai akhirnya mereka bisa memutuskan 1 logo yang memang bisa mendeskripsikan usaha yang dijalankan dengan lebih baik

    BalasHapus
  32. Sangat betul.
    Suatu usaha kalau ngga ada logo, kesannya kurang terlihat bonafid.

    BalasHapus
  33. Logo sebenarnya kecil saja, tapi proses pembuatannya sangat susah dan perlu dipikirkan dari segala sisi karena ia akan memberikan dampat positif yang luar biasa terhadap usaha kita.

    Saya dulu memulai sebuah tanpa logo dan ternyata itu sebuah kesalahan besar, namun sekarang sudah punya logo dan tahu banget dampaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betulkan ternyata logo itu sangat berpengaruh

      Hapus
  34. Iya, logo itu bagian dari identitas. Warna juga. Tapi merancang logo tuh gak mudah juga ya. Memang membangun identitas itu tidak mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sekali mba, makanya skrg lebih mudah memakai jasa pembuatan logo

      Hapus
  35. LOGO Perusahaan itu amat penting untuk membangun daya ingat, sama pentingnya kalau kita membuat logo buat blog kita.

    Tapi saya binggung bikin logo buat blog saya Mbak, ada ide Mbak, pinjem dong idenya, maklum otak saya males mikir, gara2 sewaktu kecil kebanyakan makan DAUNG SINGKONG mulu, hahahah..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti makan brokoli dan paprika kang, di jamin otaknya jadi kayak bule wkwk

      Hapus
  36. Wah mbak baru nyadar tampilan blognya baruuu :D bener mbak, kalau ada logonya, konsumen bisa sedikit ada gambaran ini usaha atau produk tentang apa, dan juga gampang diingat lewat logonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, dengan logo orang gampang mengenali kita

      Hapus
  37. Bener banget mba Hydriani, Logo adalah salah satu elemen penting dalam identitas visual perusahaan :D

    BalasHapus
  38. Hm.... dulu memang nggak kepikiran kalau logo adalah hal penting. Padahal logo bisa jadi branding kuat yang mengingatkan kostumer pada pemilik usaha.

    BalasHapus
  39. Sama istri pernah buka bisnis kecil2an. Memang mendesain logo yang bisa menarik perhatian tuh sulit banget. Jadilah pny kami biasa2 saja, karna hanya dibuat pake power point hehhe

    BalasHapus
  40. wah ternyata logo penting juga ya kak, pantesan banyak banget jasa pembuatan logo, ternyata penting banget sebagai icon korporasi, wah jadi pengen belajar coreldraw nih biar bisa nggambar yang bagus buat bikin logo usaha saya ;)

    BalasHapus
  41. Tapi kenapa ada logo yang murah tapi hasilnya biasa2 aja?

    BalasHapus
  42. Terima kasih Bu, saya sendiri sedang mencoba mengasah kemampuan tim untuk lebih modern dan kreatif. Terima kasih

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.