Pengalaman Naik Kereta Layang LRT Palembang

09 April
pengalaman naik lrt palembang ampera

LRT atau Light Rail Transit adalah sistem kereta api penumpang yang beroperasi di daerah perkotaan dengan menggunakan kontruksi yang ringan dan idealnya bisa berjalan bersama lalu lintas lain ataupun menggunakan lajur khusus.

LRT baru pertama kali saya ketahui sewaktu saya pindah ke kota Palembang mengikuti pak Su yang sedang bertugas di kota tersebut pada pertengahan tahun 2018. Awalnya saya tidak tahu menahu tentang LRT ini, sejenis kendaraan apa dan untuk apa gunanya dibangun di kota Palembang ini.

Akhirnya saya dijelaskan oleh pak Su bahwa LRT Palembang ini adalah kereta api layang yang dibangun di atas tanah dengan ketinggian 9-12 meter.
Lalu mengapa di buat secara layang? Kenapa tidak di atas tanah saja layaknya commuter line yang biasanya.
Motif pembangunannya beragam, salah satunya untuk menghindari kemacetan yang dikhawatirkan akan bersinggungan dengan perlintasan lainnya.

Di hari kedua setelah saya menginjakkan kaki ke kota Palembang, saya dan keluarga memutuskan untuk naik LRT tersebut, yah hitung hitung pengalaman lah, sambil foto selfie bahwa saya pernah berada disana hehe agak narsis yah.

Baca juga : Menikmati Keindahan kota Palembang

Tapi ternyata kenyataan tidak semudah yang dibayangkan. Ketika akan memasuki stasiun LRT dengan terlebih dahulu mengantri untuk membayar tiketnya. Untuk 1 orang dengan rute dekat hanya membayar Rp 5000,- dan rute terusan sampai Bandara hanya membayar Rp 10.000,-  per orang.

Setelah itu melewati pintu atau gate penunjuk tiket, di dalamnya ada orang yang jumlahnya sangat banyak sedang duduk menunggu kedatangan LRT karena kebetulan hari tersebut adalah hari Minggu. Setelah LRT datang kami pun harus menghadapi lagi bahwa tempat duduk penumpang penuh dan berdesak desakan. Ya sudah selfie di dalam pun gagal dan di ganti dengan selfi di luar saja.

Sumber : @agungpranugroho

Tidak disangka animo masyarakat kota Palembang besar sekali untuk mencoba merasakan LRT ini, karena pas juga dengan perhelatan acara besar ASEAN Games yang juga di adakan di kota Palembang pada bulan Agustus lalu.

Yah memang tujuan awal di bangunnya LRT Palembang ini sebagai salah satu transportasi cepat yang menghubungkan Bandara udara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan stasiun DJKA/stasiun LRT Opi Mall dan melewati 13 stasiun pemberhentian termasuk stasiun kompleks olah raga Jakabaring sebagai tempat ASEAN Games berlangsung.

Baca juga : Staycation di Airy Rooms Palembang

Karena saya dan keluarga tidak tinggal di kota Palembang melainkan kota kecil di Kayu Agung yang jarak tempuhnya 2 jam setengah, maka kami pun hanya 2 bulan sekali berkunjung ke sana.
Percobaan ke dua ketika liburan akhir tahun 2018 kemarin kami pun mencoba kembali untuk kedua kalinya. Duh, karena dilakukan di hari Minggu lagi lagi kami gagal untuk leluasa duduk. Parahnya lagi hanya 4 stasiun yang sanggup kami lewati karena penumpang yang berdesakan.


Bulan Maret percobaan yang ketiga kalinya saat saya dan keluarga hendak mudik sebentar ke kota Medan dan dilakukan di hari Sabtu pagi hari dengan berangkat dari stasiun LRT Opi Mall tujuan bandara kami pun mendapat tempat duduk yang masih kosong melompong di setiap gerbongnya. Pfiuhh alhamdulillah dapat juga setelah mencoba untuk sekian kali. Pemandangan dari atas ketinggian untuk melihat sekitar terasa lebih indah, terutama ketika memasuki wilayah perkantoran dan jembatan sungai Ampera yang terkenal itu.
Jarak tempuh dari tempat pemberangkatan sampai tujuan hanya memakan waktu 30 menit, ini lebih cepat dengan waktu tempuh menggunakan mobil yang bisa memakan waktu 1 jam lebih belum macetnya.

Untuk yang tinggal di luar kota Palembang jangan bersedih ya. Sebentar lagi akan di buka jalur LRT di 5 kota besar lainnya seperti Bandung, Makassar, Batam, Surabaya dan Medan.
Sedangkan di kota Jakarta , LRT Jabodebek sudah dipersiapkan pembangunannya selain fasilitas publik MRT yang sebagian sudah berjalan.

33 komentar:

  1. Whahaha Bandar Lampung ternyata enggak dicanangkan😂😂pengen pdhal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin krn dekat ke Palembang dan Jakarta kak 😂

      Hapus
  2. Benar kah kak iid, katanya lrt ini menanggung kerugian biaya harian yang gak sesuai sama pendapatan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga saya hehe 😂😂

      Hapus
    2. Kurang tau juga saya hehe 😂😂

      Hapus
  3. tapi dari gambarnya, keknya keretanya bagus ya...

    BalasHapus
  4. Iya, Kak. LRT di Jakarta masih dalam masa pembangunan. Wah, jadi pengin nyobain LRT di Palembang. Penasaran.

    BalasHapus
  5. Wah, Palembang makin keren aja ni dengan adanya LRT...pengen nyobain deh...melintasi Musi dengan LRT...

    BalasHapus
  6. jadi penasaran, naik LRT kayak mana ya rasanya.. hehe..
    bisa liat kebawah gitu gak, serem ga mba? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik koq mba asal jangan turun aja di tengah jalan 😂

      Hapus
  7. Semoga infrastruktur di Indonesia menjadi lebih baik untuk 10 tahun kedepan. Hal ini ditujukan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik dan perputaran bisnis yang lebih kondusif untuk Indonesia

    BalasHapus
  8. Jangankan lrt naik kereta api aja belum pernah?? 😂😂

    BalasHapus
  9. wah,, palembang udah punya LRT, seru mbak,,,
    tiket murah antara 5rb sampai 10rb aja

    BalasHapus
  10. murah, cepat dan aman ini bisa jadi pilihan warga palembang juga nih,ngomong-ngomong apa ya kabar pempek pelembang, dulu pernah coba pempek noni, wih rasanya enak banget

    BalasHapus
  11. Wuuihh .. ternyata Palembang udah duluan punya fasilitas LRT.
    Jakarta malah nyusul belakangan.
    Keren iniii ...👍

    BalasHapus
  12. Eh, iya ..
    Di Jakarta sih ada jalur LRT ala-ala kek gitu ..
    Itu loh, di jalur stasiun Gambir ke 2 arah: ke Kampung Melayu dan ke Sawah Besar.

    Tapi yaaa, cuma pendek jalurnya hehehe .. 😁

    BalasHapus
  13. Keren yaaaa Palembang, makin keceh setelah Asian Games kemaren juga ya :D
    semoga pembangunan infrastruktur di Indonesia makin merata dan bisa menjangkau semua pelosok dengan adil :)

    BalasHapus
  14. Sedih dan iri ... di Kota Ende mana bisa dibangun beginian. Kotanya kecil, terus kalau antar kota pun terlalu banyak gunung dan bukit :D kwkwkw. Mantap jaya Palembang!

    BalasHapus
  15. Yahhh knp palembang dibuat ini duluan krn ingin menyambut ASEAN games kemaren agar pelaksanaan nya kondusif. Mgkn medan sebentar lg siap koq. Ntah kapan hahah

    BalasHapus
  16. Palembang lumayan juga udah punya LRT duluan. Hmm bisa dipahami jg sih karena dibangun pas lagi perhelatan Asian Games kemarin

    BalasHapus
  17. Wah semoga bisa ke sana nyobain juga..

    BalasHapus
  18. Wah udah duluan ya kk iid. Moga aja pas pulkam nanti bisa nyicip naik ini. sekalian jalan-jalan ngeliat palemabng dari sisi berbeda.

    BalasHapus
  19. Wah jadi tau d palembang juga ada LRT. Medan mudah2an segera nysul ya

    BalasHapus
  20. Palembang keren sudah punya LRT, Semoga Medan menyusul, Medan juga sudah rawan macet, kebanyakan kendaraan pribadi

    BalasHapus
  21. Di Medan kapan dibuat ya kak. Tunggu Gacil jadi presiden. Pasti Medan merdeka wkwkwk

    BalasHapus
  22. Masih mogok lagi ga sih LRT nya kak? Kalau sudah ga, pasti seru ya. Aku belum pernah naik LRT dalam negeri. Semoga aja bisa merasakan serunya naik LRT di negeri sendiri. Aamiin

    BalasHapus
  23. Yang belum pernah nyobain naik LRT kayak aq pasti penasaran. Semoga ada langkah mengunjungi kota mpek2 itu dan menjajal LRT nya. Sekarang dah aktif ya mb LRT nya?

    BalasHapus
  24. Ternyata keretanya keren yah... kirain cmn jakarta yang punya

    BalasHapus
  25. indonesia makin maju aja sekarang ya, LRT MRT pun sedikit demi sedikit akan dibangun. keren keren

    BalasHapus
  26. Semoga Bandung segera menyusul punya LRT, Garut juga harusnya punya, ha ha. Lumayan jika ada alternatif jalur agar bisa mengatasi kemacetan di Nagreg.
    Saya mah cuma ngerasain naik kereta dan bus saja, pengen juga naik LRT. Asal aman, ya.
    Mungkin lain kali kalau mau coba moda transportasi baru jangan hari Ahad. Saat itu musim pelesiran, ha ha.
    Saya kalau ke pasar kecamatan usahakan agar jangan hari libur karena jalan lintas antarkota-antarprovinsi akan macet. Cuma, susah juga karena sekolah anak liburnya A had, ha ha. Tertpaksalah ikut ngerasain macet bentar di jalan.

    BalasHapus

Maaf komentar yang mengandung Politik, Sara & Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti ya
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.