Persiapan Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan

30 April
persiapan keuangan menyambut bulan ramadhan dan lebaran

Bulan Ramadhan sebentar lagi itu berarti kita akan memasuki bulan puasa yang tinggal hitungan hari. Bulan Ramadhan kehadirannya selalu di tunggu tunggu bagi umat muslim di seluruh dunia, karena di bulan itu setiap kegiatan yang bersifat positif bernilai ibadah. Itulah mengapa saya selalu teringat akan kegiatan saya di tahun-tahun yang lalu yang selalu membuat saya rindu.

Mulai dari kegiatan sahur, tadarusan, mendegarkan kajian, kegiatan membuat takjil, buka puasa sampai buat kue lebaran. Di bulan Ramadhan ini juga saya harus pandai pandai mengatur keuangan agar nanti ketika bulan berakhir saya masih mempunyai dana lebih untuk di kelola pada bulan berikutnya ataupun untuk disimpan.

Nah apa sajakah yang harus dipersiapkan dana keuangan di Bulan Ramadhan dan lebaran , berikut akan saya bagikan tips persiapan dana nya :


1. Persiapan dana zakat fitrah & mal

Zakat fitrah dikeluarkan di bulan Ramadhan ini untuk mensucikan harta yang kita punya selama setahun belakangan. Zakat fitrah hukumnya wajib bagi yang telah mempunyai keluarga dan mampu. Sedangkan zakat mal hukumnya wajib bagi yang telah mempunyai penghasilan atau telah mandiri.

sumber foto : zakat.or.id
Sebaiknya dana untuk zakat fitrah & mal disisihkan dan dibayarkan terlebih dahulu di awal gajian. Mengapa demikian? karena ini sifatnya wajib maka memang sebaiknya diutamakan dibanding pengeluaran lainnya. Juga agar tidak lupa karena di pertengahan bulan kita akan disibukkan oleh hal hal lainnya.

2. Persiapan dana infak dan sedekah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh pengampunan, segala kegiatan yang bersifat positif adalah ibadah. Gunakan infak dan sedekah terbaikmu di setiap minggunya agar mendapatkan pahala yang besar pula. Oleh karena itu persiapkan juga dananya dengan baik dan teratur.

Misalkan ingin infak dan sedekah Rp 20.000 perminggu dan dikalikan sebanyak 4 minggu. Maka dalam sebulan dana infak dan sedekah sebanyak Rp 80.000. Ini hanyalah contoh, sesuaikan juga dengan dana pribadi yang dimiliki ya. Bersedekah maupun infak akan lebih baik langsung ke mesjid atau badan amal resmi yang menaungi dan bukan secara perorangan.
Bukan su'uzhon, karena maaf-maaf saja kita tidak tahu latar belakang orang tersebut, kecuali kita kenal dengan baik orangnya. Bulan ramadhan nanti akan ada banyak yang ber 'profesi' seperti itu.

Baca juga : Promosi bisnis dengan Google Bisnisku

3. Persiapan dana buka puasa bersama

Untuk yang bekerja ataupun yang punya komunitas ataupun teman kuliah pastinya akan selalu ada acara buka puasa bersama. Karena buka puasa bersama adalah ajang silaturahmi dan tidak ada salahnya untuk diikuti. Persiapkan juga dana untuk acara buka bersama ini agar kantong pun tidak jebol sebelum lebaran tiba.

Untuk itu pilihlah kafe atau rumah makan yang harganya menunya tidak terlalu mahal. Atau pilihlah menu yang menawarkan paket hemat atau paket murah agar dana yang keluar tidak terlalu banyak. Dengan begitu buka puasa bersama pun dapat berjalan dengan lancar daripada hanya sekedar rencana dan wacana saja.

4. Persiapan dana kebutuhan lebaran

Persiapkan juga dana kebutuhan menjelang lebaran yang juga tidak sedikit. Bagi yang belum berkeluarga mungkin tidak akan terlalu banyak dana yang akan dikeluarkan, paling hanya beli baju baru, aksesoris baru ataupun skin care baru buat mempercantik penampilan di saat lebaran dan itupun juga harus diperhitungkan dengan baik juga kan.

Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga maka akan lebih banyak pengeluarannya. Juga untuk persiapan makanan di kala lebaran yaitu kue kering dan lontong buat disajikan kepada tamu yang akan berkunjung. Untuk persiapan makanan ini, lebih baik jika dibuat sendiri karena tidak akan memakan biaya yang cukup banyak. Kalaupun tidak sempat buat sendiri, bisa memesan melalui teman atau toko terdekat, dibandingkan jika membeli kue lebaran di pusat perbelanjaan yang pastinya harganya lebih mahal.

Sedangkan untuk persiapan baju baru, bagi yang sudah memiliki anak tentunya juga harus mempersiapkan dananya. Seperti baju lebaran anak , baju anak perempuan ataupun baju anak laki laki yang setiap tahun harus dibeli karena tidak muat lagi di badan. Juga baju untuk pasangan dan keluarga kecil yang terkadang harus pula ber-couple (demi dapat feeds foto yang keren, hehe).

persiapan keuangan baju lebaran anak
Sumber foto : islamidia.com
Tentu hal tersebut harus dipersiapkan secara matang kan. Kalau tidak dipersiapkan dengan baik alias dadakan siap siap saja kantong akan jebol sebelum masanya. Oleh karena itu pilihlah harga baju yang sudah di diskon atau tidak terlalu mahal. Biasanya beli di Marketplace lebih murah dibanding beli di pusat perbelanjaan karena beragam potongan diskon dan voucer yang akan ditawarkan dan bisa dapat program bebas ongkir lagi.

5. Persiapan dana untuk mudik lebaran

Persiapan dana mudik lebaran sebaiknya juga sudah diperhitungkan jauh jauh hari sebelum datangnya bulan Ramadhan karena harga tiket pasti akan melonjak tajam. Jika tidak sempat membelinya pada bulan lalu, maka pilihlah transportasi alternatif yang tidak memakan biaya begitu banyak.

Mengikuti program mudik dari kantor apabila telah disediakan karena sifatnya kan gratis. Ataupun memakai kendaraan pribadi agar dapat memangkas biaya yang besar. Jika tidak ada pilihan lain ya sebaiknya ditunda saja sampai lebaran berikutnya , jadi dananya dapat dipersiapkan dengan lebih matang.
**

Sebagai tambahan sebaiknya untuk poin poin di atas dibuat khusus pos-posnya agar jelas nanti pengeluarannya di mana saja, agar ketahuan mana pengeluaran yang banyak dan pengeluaran yang tidak terlalu banyak.

Persiapan dana di bulan Ramadhan ini memang tidak mutlak bagi semua orang. Akan tetapi tidak ada salahnya kan bila kita praktekkan sedari sekarang. Hitung hitung bisa hemat dan bisa ditabung kalau masih ada dana lebihnya nanti di akhir masa lebaran dan bulan berikutnya.

@Iidyanie_



50 komentar:

  1. Bener, Kak. Bahkan uang THR belum ditangan juga sudah harus diatur mau dikemanakan, supaya pas dapat bisa diarahkan ke tujuan yang tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, memang harus diatur agar uang THR nanti keluarnya jelas dan masih bisa ditabung ketika selesai lebaran

      Hapus
  2. awak gak bisa pula pake pos2 anggaran gini mba iid.

    Selalunya jebolll.
    Ihiks, selalunya let it flow aja..
    karena sering kejadian gak terduga.

    Makanya orang yang Istiqomah bikin anggaran ini, awak saluuut kali, ihikssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lagi belajar kak setahunan ini karena pengeluaran kalo sudah berkeluarga ini ngeri2 sedap juga banyak pos2 yg harus diatur biar jelas

      Hapus
  3. Awakbselalu bikin anggaran keunaganntiap bulan.. Tp tiap bulan juga gak pernah istiqomah..

    Tp walopun selalu meleset anggaran, tetap terbantu sih klo bikin anggaran... Pos2 penting selamatkan dulu.
    Misalnya duit iuran bulanan sekolah anak.
    Kalo kepake kan berabe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya kak sudah terbantukan sama pos2 ini memang penting kali tu kak atur2 uang nanti kepake pulak utk hal yg lain

      Hapus
  4. Persiapannya memang banyak Kak Iied kalau memasuki bulan Ramadhan ini. Persiapan untuk do'a arwah, infaq, zakat, sedekah (bisa setiap hari sih tapi kalau dilakukan setiap hari di bulan Ramadhan kan awesome hehe), belum pula persiapan kalau ada ajakan bukber, hingga hari kemenangan tiba. Yang paling susah bagi saya adalah biasanya anggaran yang sudah ditetapkan itu keluar jalur hahaha untuk hal-hal yang tidak terduga begitu.

    Semoga tahun ini semuanya sesuai deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak tuteh klo gak di anggar secara khusus banyak pengeluaran yg keluar jalur :D

      Hapus
  5. aduh menjelang lebaran ini adalah momen-momen deg degan. bener, kalo ngga pinter bikin anggaran jebol sudah karena semua-semua harganya pasti naik menjelang lebaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba, apalagi harga semua kebutuhan dapur ntar juga ikutan naik hehehe

      Hapus
  6. Wah, ramadhan hampir tiba,..luar buasa, selamat ramadhan ya mbak,...he-he,..boleh main ke rumah enggak kakau ramadhan,...he-he,...😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kalau kuat jalan kaki ke medan wkwk

      Hapus
    2. Waduh jangan jalan kaki atuh mbak,...teganya mbak 😀, yuk kasih tiket gratis,...wkwkckk

      Hapus
  7. wah bikin galau nih kak, keuangan saya menipis, padahal bulan ramadhan sudah dekat, nggak tahu nih apakah bisa mudik ke kampung halaman soalnya nggak ada dana hhhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh mudah2an nanti ada rezeki buat pulang kampung ya mas :)

      Hapus
  8. Lebaran itu waktunya buang duit. Buang duit buat beramal, buang duit buat kasih ke orang tua, buang duit buat kasih angpao ke adek dan keponakan, buang duit buat beli baju, terakhir abis lebaran langsung jatuh miskin. Bulan depannya makan batu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ngakak saya koq makan batu sih. Ya gak lah mas, masih makan nasi biar bisa ngeblog. Insyaallah buang duitnya berpahala koq mas, diniatkan saja untuk bersedekah agar dapat gantinya lebih baik lagi :)

      Hapus
  9. Yang paling ku takuti ya dana persiapan untuk bukber ini kak ga habis2 dari mulai hari pertama sampai mo lebaran tekor aja yg ada ahahaha

    BalasHapus
    Balasan

    1. Ya kak salah satunya itu, makanya nanti paling bukbernya sekali2 aja kak biar aman duit mau lebaran ni wkwk

      Hapus
  10. NOmor 1 dan 2 itu penting banget deh, lainnya sih mengikuti aja.
    Kalau dana bukber juga jarang sih.
    Maklum ga punya temen sering hang out lagi sejak jadi IRT

    Dana lebaran, hmmm... palingan dikit persiapan buat kue-kue.
    Masalah pakaian Alhamdulillah udah dicicil sebelumnya

    Semoga Ramadhan kita semua lancar dan berkah ya, aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah dipersiapkan ya mba, naluri emak2 emag harus disiapkan semuanya :)

      Hapus
  11. Tak terasa dalam hitungan hari udh masuk bulan Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, selamat menjalankan ibadah puasa juga ya :)

      Hapus
  12. Bener banget mbak...pengeluaran di momen Ramadhan dan lebaran biasanya lebih besar dari bulan2 sebelumnya.
    Selain dana zakat, dana iftar, kue lebaran, baju lebaran, Kita juga mikirin THR buat asisten rumah, Dan angpao buat ponakan dan anak2 ponakan, ini ritual lebaran yang nggk pernah tinggal di keluarga kami.momen lebaran juga dimanfaatkan kumpul keluarga besar bahkan yang dari luar kota, jadi jenjalan lah ke mana gitu sekeluarga yang pastinya kita kudu spend budget juga.

    Tapi itulah blessing nya Ramadhan ini ya...insya Allah rejeki dicukupkan sama Allah nggak tau dari mana saja yang nggk disangka-sangka.





    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mba soal rezeki di bulan Ramadhan ini memang ada aja dan gak di sangka2 ya, mudah2an ramadhan kali ini memberi rezeki yang baik bagi kita semua :)

      Hapus
  13. Yeayy Alhamdulillah beberapa hari lagi Ramadhan

    Btw ralat sedikit Kak, Zakat Fitrah itu wajib untuk semua umat islam, bahkan yang baru lahir pun. Jadi bukan untuk yang telah berkeluarga dan mampu aja ^^

    Mohon Maaf lahir dan bathin ya Kakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya terima kasih koreksinya mas, mungkin maksud sy di sini dari sisi yg menanggung , mohon maaf lahir batin juga ya :)

      Hapus
  14. bahkan perencanaannya saya sudah rencanakan sejak gajian sebulan sebelumnya kak haha
    nyicil baju lebaran juga udah nyicil bulan kmrn biar nggak berat gitu ya kannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren memang lebih bagus begitu mba, btw sayaa akses blognya koq ga bisa ya?

      Hapus
  15. terkadang perencanaan nya suka gagal karena ada aja yang harus dikeluarkan seperti perbaikan motor dan rumah.. hiks.

    BalasHapus
  16. nggak terasa tinggal hitungan hari aja. Kalau zakat selalu ya. Kalau bukber enggak juga kalo aku, biasanya ya bayar sendiri2 dan nggak sampe ratusan ribu. Bukber pun juga bisa diitung jari, yang sering cuman php atau sekedar wacana di chat aja hahaha

    BalasHapus
  17. Persiapan dana untuk lebaran ini yang kadang lebih pening. Karena semuanya inginnya yang baru-baru. Baju baru, celana baru, sepatu baru dan yang lainnya.
    Untuk sedekah, memang lebih bagusnya lewat badan resmi.

    BalasHapus
  18. /sekarang makin bengkak dengan harga tiket yang melambung. Gmn bisa mudik :(

    BalasHapus
  19. sedekah itu titipan kita di dunia, kita akan meraskaannya Insya ALlah di akhirat nanti :)

    BalasHapus
  20. banyak juga ya yang harus dipersiapkan dek aduh mesti mutar otak nih gimana dapat uang tambahan

    BalasHapus
  21. kata ortu saya kak, pengeluaran dana saat bulan ramadhan ini lebih besar daripada pengeluaran pada bulan2 biasa, nggak tahu kenapa :D
    semoga aja kita bisa hemat ya dan puasa nya lancar sampai lebaran amin :)

    BalasHapus
  22. Bener nih, bulan ramadan apa lg lebaran keuangannya harus benar2 dikelola. Kebutuhannya banyak sekali pasti.
    Yg penting semuanya harus didasari niat ikhlas dan ttap berusaha sebaik mungkin ya kak. InshaAllah terpenuhi deh semuanya

    BalasHapus
  23. Jangan lupa juga infak sebagai tabungan..hehe

    BalasHapus
  24. Sebagai perantau, dana mudik emang paling wow apalagi tiket pesawat skrg melunjak. Emang harus dipikirin dari lama. Kami pun pos anggaran jauh sebelum puasa meskipun ada banyak kebutuhan mendadak juga

    BalasHapus
  25. Khusus untuk dana keperluan lebaran. Sebenarnya gpp kan ya mbak nggak beli baju baru? Cuma sbg orang indo kayaknya kurang afdol aja gitu kali ya. Pdhl kan kalo belanja makin banyak tuh konsumtif ya, terus baju lama numpuk, kalo nggak digunakan sebaik mgkn malah berat juga ntr pas dihisab huhu

    BalasHapus
  26. Dana bukber itu benar sekaleeee
    😂
    Apalagi yg banyak geng dan komunitas 😆

    BalasHapus
  27. Ternyata masuk bulan Ramadhan banyak dana peraiapan selain ibadah. Juga harus diperaiqpkan dana Tradisi. 😆

    BalasHapus
  28. secara garis besar adalah "siapkan Stok yang buanyak " ya mbak,,, :D

    BalasHapus
  29. Persiapan pertama sampai keempat dikeluarkan setelah pelaksanaan dari peraiapan ke 5, kalau saya sih begitu wkwkwk

    BalasHapus
  30. Kalo aku yang paling diduluanin itu lebih ke berbagi ke sodara2 terdekat kali ya. Soalnya kayak beli baju, kita bisa kapan aja. Belum tentu mereka gitu. Karena kampung di medan, jadi aman lah utk pengeluaran poin kelima, wkwk..

    BalasHapus
  31. Nabung2 buat beli baju lebaran 💪

    BalasHapus
  32. Sya yang jebol biasanya di dana mudik lebaran. Bukan cuma masalah ongkos, tapi buat akomodasi selama di sana juga, belum lagi ponakanku banyak :)

    BalasHapus
  33. Ternyata persiapan keuangan menjelang Ramadhan itu perlu ya kak... Tapi iya juga sih. Kalau tak disiapkan, nanti bjsa lebih boros karena biasanya saat berbuka, mata selalu angah angah. Langsung mau beli semua makanan tanpa dipikirkam dulu. Hahaha

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.