5 Kesalahan yang dilakukan saat wajah berjerawat

kesalahan yang dilakukan saat wajah berjerawat
Image by freepik
Bulan Ramadhan mungkin sebagian orang punya sebagian kegiatan yang penuh layaknya bulan biasanya. Seperti menulis blog, melakukan kegiatan domestik seperti mengurus anak, mencuci dan menyiapkan makanan buka. Saking penuhnya kegiatan terkadang saya selalu tidak sempat mengurus kulit wajah saya yang cenderung berminyak dan tampak kusam.

Dulu punya kulit berminyak selalu membuat saya tidak percaya diri. Sedari remaja kulit saya selalu saja bermasalah gara gara punya kulit berminyak. Kulit berminyak rentan juga terkena masalah kulit. Wajah mudah kusam lah, wajah mudah jerawatan lah dan juga riasan di wajah selalu pudar akibat produksi minyak berlebih di sekitar wajah. Dalam hati coba saya mempunyai kulit kering ya, pastinya kulit wajah jadi segar dan gak gampang jerawatan.

Tapi itu menurut saya  Mungkin untuk yang mempunyai kulit kering pun juga akan iri ingin punya kulit berminyak karena kulit wajah yang kering cenderung mudah bersisik dan kasar, mudah keriput dan rentan mengalami iritasi.

Sedangkan kulit berminyak berbanding terbalik dari kulit kering, kulit berminyak cenderung lembut, tidak gampang timbul keriput karena pH alami kulit lebih seimbang dan tidak mudah mengalami iritasi kulit.

Baca juga : 6 Solusi Atasi Ketombe bagi wanita berhijab

Akan tetapi semua jenis kulit pasti pernah mengalami kulit bermasalah seperti kulit muka bruntusan dan jerawatan. Ini terjadi karena kurang perhatian terhadap kulit wajah sehingga timbul lah jerawat dan perlakuan kita selama kulit berjerawat yang menyebabkan jerawat semakin banyak bermunculan.

Penyebabnya adalah kesalahan kecil yang kita buat sendiri, antara lain :

1. Jerawat sering disentuh dengan tangan

Jerawat yang sering dipegang apalagi dalam kondisi kuku dan tangan yang kurang bersih bisa menyebabkan debu kotoran berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan pori pori tersumbat hingga timbul lah jerawat baru. Pada saat kulit wajah berjerawat dan terkadang saya suka gemas mengukur sebesar apa si jerawat itu sambil meraba raba, padahal itu tidak baik buat kesembuhan jerawatnya sendiri.


2. Jerawat dan komedo sering dipencet

Memencet komedo menimbulkan jerawat
Sumber : freepik
Jerawat dan komedo bagaikan sepasang sejoli yang timbul di kulit wajah yang bermasalah, keduanya ada saling melengkapi tanpa memikirkan si empunya kulit yang sedang galau memikirkan bagaimana caranya memusnahkan 2 benda tersebut dari kulit wajah.
Sehingga tangan iseng pun muncul untuk memencet jerawat di pipi dan komedo di hidung agar segera hilang.

Ini merupakan kesalahan yang fatal buat kulit. Memencet jerawat dan komedo dengan kondisi tangan ataupun alat yang tidak steril membuat kondisinya makin parah, bahkan akan menimbukan bekas jerawat yang susah dihilangkan dan juga menimbulkan luka bopeng di kulit, ih serem deh..


3. Suka berganti produk skin care

Suka berganti produk skin care pada saat yang kurang tepat atau pas lagi kulit sedang bermasalah adalah pilihan yang salah. Sebaiknya hentikan dulu menggunakan produk skin care seperti pelembab, foundation dan alas bedak daripada mencari penggantinya dengan alasan tidak cocok di kulit.
Biarkan kulit wajah bernafas dahulu pada saat wajah berjerawat dengan tidak lupa menjaga kebersihan wajah melalui rangkaian produk Acne series yang mengandung bertulisan non comedogenic (bebas komedo) atau nonacnegenic (bebas jerawat) yang tertera pada labelnya.


4. Malas mencuci wajah

pentingnya membersihkan wajah
Pentingnya membersihkan wajah
Sumber : freepik
Bangun tidur, sehabis pulang sekolah atau kerja bahkan ketika mau tidur seharusnya jangan lupa mencuci wajah. Karena banyak aktivitas di luar yang menuntut kita untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dengan kadar polusi yang tinggi.

Kondisi kulit yang sudah tidak segar lagi bercampur dengan pori pori kulit yang sudah kotor dan berminyak membuat kita harus segera membersikan wajah dengan segera agar wajah tetap dalam kondisi yang bersih dan sehat. Jangan malas mencuci wajah, karena wajah itu aset yang penting buat kita.


5. Selalu memikirkan jerawat

Semua sudah dilakukan tapi wajah sudah berhari hari tetap berjerawat dan tidak ada perubahan yang signifikan. Hey Stop! Sudah tidak perlu dipikirkan lagi. Stres memikirkan jerawat akan memicu hormon yang mengatur keseimbangan alami wajah menjadi terganggu. Jerawat akan terus muncul jika stres selalu ada. Hidup tidak cuma memikirkan jerawat sebiji tok saja. Masih banyak perlu dipikirkan. Tugas sekolah/kuliah yang menumpuk sudah menunggu. Biarkan saja toh nanti juga hilang sendiri jerawatnya jadi let it flow saja ya :)

#8thdayRamadhanChallenge

17 komentar:

  1. 5 Kesalahan yang dilakukan saat wajah berjerawat diatas nggak seberapa lho....tahu nggak bahkan ada tetangga sebelah malah ngilangin jerawat itu di cukil pake linggis....heeeeem mengerikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mungkin dipikirnya pake linggis bisa bersihin semua jerawat kali ya :D

      Hapus
    2. waduh cukup mengerikan itu mas,..tapi di tempat kali lebih parah,..bersihin jerawat pakai cidukan pc, ada juga yang pakai bom atom biar greget,..ha-ha,...canda mas #penghilangbosan

      Hapus
  2. ya mbak, jerawat kalau dipikirin bakal ga ilang-ilang :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mba, inget dulu masih abge galau ga jelas krn jrawat :D

      Hapus
    2. di bilas sama air panas teh jerawatnya,..ha-ha

      Hapus
    3. Waduh tambah meradang dong jerawatnya wkwk

      Hapus
    4. kalau meradng kasih ekstra jos,..ha-ha

      Hapus
  3. Ya ampunnn, saya cuman lakuin nomer 4 dong hahaha

    Hanya cuci muka yang selalu ga pernah saya skip, lainnya?
    Kalau jerawat tangan saya selalu gatal disentuh2 tanpa sengaja.
    komedo dan jerawat di pencet dan risih kalau sedang jerawatan, jadi dipikiriiinn mulu hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang terkadang tangan gak bisa dikontrol ya mba

      Hapus
  4. wah,..ini sepertinya saya dulu pernah,.pencet-pencet jerawat,..tapi itu dulu pas masih muda belia, dimana jerawat masih subur-suburnya,..sekarang mah udah mulus,..he-he,..untuk anak-anak muda sebaiknya jangan dipencet-pencet tuh jerawat,..bahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih muda masi ababil maunya cepet cepet sembuh ya mas wkwk

      Hapus
  5. aku jerawatan tp karena konsumsi obat penyeimbang hormon. tp ya emg bener sih, sering ku sentuhin, ku pencetin, gemes sendiri akhirnya jd membekas hitam. huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar mba saya pun dulu juga punya kebiasaan seperti itu huhu

      Hapus
  6. Ini nih yang sering saya lakukan, menyentuh langsung dan memijitnya supaya isi jerawatnya keluar!!!!!!!! Haha.

    BalasHapus
  7. Yang no 1 dan no 2 tuh, saya banget. Kalau ada jerawat, kayaknya pengin pegang aja...

    BalasHapus
  8. Biasa dibiarin gitu aja dan hilang sendiri hehe

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.