5 Tips Buka Puasa Sehat bagi Pejuang PCOS

5 tips buka puasa sehat bagi pejuang pcos

Bulan Ramadhan akhirnya tiba. Saatnya kembali menunaikan ibadah puasa sebulan penuh lamanya. Saya selalu menunggu datangnya bulan ramadhan ini untuk bisa beribadah dengan baik, beramal dan juga memanfaatkan momentum puasa untuk menyehatkan kembali kondisi badan yang sudah agak melar.

Tapi ternyata kenyataannya tidak semudah itu. Nafsu lapar ketika berpuasa mengalahkan keinginan untuk merampingkan berat badan dengan buka puasa gila gilaan. Seperti makan kurma, kolak pisang, mie pecel, dan gorengan satu waktu di saat berbuka. Alhasil gula darah yang tadinya menurun ketika berpuasa kemudian melonjak naik pada waktu berbuka dan ini dapat mengakibatkan hal yang tidak baik bagi penderita PCOS.

Lalu apasih PCOS? PCOS adalah Polycistic Ovarian Syndrom yang dialami oleh sebagian wanita dikarenakan oleh resistensi insulin di dalam tubuh.
Sindrom ini mengakibatkan hormon yang terganggu dan ujung ujungnya mengganggu kesuburan . Ini penting sekali buat kesehatan kaum wanita.

Buat kaum pria? Yah buat pengetahuan saja, mana tau kakak, adek, ibu, istri ataupun calon istrinya punya masalah kesehatan seperti ini. Jangan diabaikan. Kalau diabaikan? Hati hati penyakit degeneratif akan mengintai di waktu tua bahkan sebelum itu.

Baca juga : Mencegah Penyakit Degeneratif

Oleh karena itu berikut ada tips berbuka puasa sehat bagi pejuang PCOS. Loh, kenapa pejuang sih? Iya dong, karena penyakit PCOS ini berhubungan dengan lifestyle yang baik, kalau tidak dipertahankan gaya hidupnya dengan yang baik juga, maka saya pun akan kalah dengan penyakit ini, jadi saya harus berjuang buat mengalahkan penyakit ini. "That's way we call it Pcosfighter for the pcos survivor" @pcosfighterindonesia.


1. Sedikit karbo dan Perbanyak serat


makanan sehat bagi pejuang pcos
Contoh makanan sehat
Sumber : @pcosfighterindonesia

Berbukalah dengan sedikit karbohidrat karena gula yang saat berpuasa. Makan takjil boleh tapi tidak berlebihan. Sebaiknya sehabis sholat maghrib langsung makan nasi secukupnya, seporsi lauk dan ditemani sayur sop atau sayur tumis.

Hindari menu karbo yang berlebihan. Seperti nasi bertemu dengan mie goreng. Atau Nasi bertemu dengan perkedel kentang atau jagung. Less carbo will be better. 
Makanan yang mengandung karbohidrat, memang baik sebagai sumber energi, tapi bila mengandung karbohidrat yang berlebih dan metabolisme yang lambat maka akan menjadi sumber penyakit.

2. Rajin konsumsi buah dan hindari buah dengan tinggi gula

konsumsi buah baik bagi pejuang pcos
Banyak makan buah
Sumber : @trulicious

Bagi pejuang PCOS makan buah itu penting karena mengandung serat yang dapat mengatasi resistensi insulin itu sendiri. Tapi sekiranya ada buah yang mengandung gula yang tinggi, cukup dikonsumsi 1-2 potong saja seperti buah durian, nenas, mangga, pisang, apel dan anggur. Sedangkan buah alpukat dan keluarga berry sangat disarankan untuk dikonsumsi karena alpukat mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Sedangkan buah berry mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Hindari minuman yang manis setelah makan berat

Setelah berbuka puasa dengan yang manis, makan nasi terus ditutup dengan yang manis pula, seperti teh manis, kopi susu , susu tinggi lemak ataupun dengan minuman soda sangat tidak disarankan buat pejuang PCOS. Hati hati dengan lonjakan gula darah yang tinggi.

Kok kedengarannya seperti penderita diabetes ya. Yah memang agak mirip mirip lah gejalanya namanya juga resistensi insulin. Membayangkannya seperti pinang yang dibelah dua dan sebelas dua belas seperti Raissa dan Isyana, atau Chelsea dan Tatyana, eh apa seh?

4. Berolah raga sehabis makan malam

Feeling guilty after eat the foods?

Namanya juga manusia, tempatnya khilaf dan kalap. Dengan bukaan puasa yang enak enak dan bikin liur menetes, semua dicoba. Abis itu nyesel deh, karena kemudian kepala cenat cenut, tangan dan kaki kesemutan juga perasaan ngantuk, ya itu!
Ya sudah balas saja dengan olah raga. Jadikan tidak merasa nyesel nyesel banget. Minimal 30 menit setelah makan selesai atau idealnya 30 menit sebelum berbuka.
Contoh olahraga yang ideal adalah jogging atau senam ringan.

5. Perbanyak minum air putih


rajin minum air putih bagi pejuang pcos
Rajin minum air putih agar kondisi tubuh fit

Seperti yang kita tahu tubuh butuh asupan air putih yang tidak sedikit. Air putih dibutuhkan untuk membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh dan juga untuk memperkuat sistem imun tubuh. Sesuaikan dengan kondisi tubuh karena masing masing berbeda kadar kebutuhannya. Gunakan aplikasi yang kini sudah ada untuk mengatur berapa liter yang akan diserap dan kondisi fisik pada saat itu.

Buka puasa bagi pejuang PCOS akan terasa lebih mudah tanpa rasa bersalah jika menerapkan tips ini. Bagi yang tidak mengalami PCOS bukankah bergaya hidup sehat akan lebih bagus jika diterapkan juga.
Saya berharap semoga kita tetap sehat sampai akhir Ramadhan ini ya..

#1stdayRamadhanChallenge

20 komentar:

  1. Saya kalau habis buka puasa belum pernah berolahraga malam hehe, tapi kalau yg lainnya seperti minum banyak air putih dan kosumsi buah-buahan udah sih :)
    yang saya takutkan anak saya ini sukanya minuman yg manis2 kalau ga dikasih nangis tapi kalau dikasih takut nanti malah jadi diabetes. Memang selalu dilema ketika anak ingin sesuatu yg ga sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibatasin saja kadar gulanya setiap hari mas jangan dilarang, anak2 masih butuh gula untuk energinya

      Hapus
    2. kasih ekstra jos aja teh anaknya,..wkwkckk

      Hapus
  2. Lagi puasa gini buah-buahan mahal mbak, huhuhu. Pisang, buah naga, apalagi melon semangka. Mahal mampus.

    T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli sop buah mas, bisa dapat semua dalam satu mangkuk 😁

      Hapus
    2. enggak mau mahal, makan batu mas,..wkwkckk,...canda je

      Hapus
  3. saya tak menyangka ternyata dengan minum banyak air putih banyak juga manfaatnya dan bagus utk tubuh kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita,..apa kita,..enggak mas,...saya aja mas enggak usah,..wkwkckk,..canda je

      Hapus
    2. Air putih memang baik mas

      Hapus
  4. Makanan dan minuman yang sehat saat berbuka juga baik untuk tubuh, karena seharian tidak makan dan minum.. semoga bisa sampai akhir bulan :)

    BalasHapus
  5. Saya baru dengar, Mbak. PCOS ini. Tapi semua saran di atas juga bisa diterapkan untuk semua orang juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru denger apa baru baca,..ayo,..ha-ha

      Hapus
    2. Iya betul mba karena berhubungan dengan gaya hidup sehat kita sehari2

      Hapus
  6. Informatif banget blog postnya, berarti memang harus konsumsi makanan yang rendah gula atau yang alami gulanya ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi penasaran gula buatan seperti apa ya,..ha-ha

      Hapus
    2. Idealnya begitu tapi saya masih bandel juga sih karbo lovers soalnya hehehe

      Hapus
  7. jadi intinya harus makan-makanan sehat ya mbak, mulai dari serat hingga asupan mineral,...saya baru taho loh ada penyakit ini,..jadi penasaran

    BalasHapus
  8. air, sayur, buah dan olahraga adalah koentji ya mbak

    BalasHapus
  9. Air putih simpel namun sejuta manfaat yah. Kadang terabaikan hanya sekedar mau minum segelas air

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.