Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang dilarang dalam gaya rambut muslimah

hal yang dilarang dalam gaya rambut muslimah


Meskipun wanita muslimah sudah tertutupi oleh hijab untuk menutupi mahkotanya ketika keluar rumah, kenyataannya wanita muslimah pun harus memperhatikan kesehatan rambutnya sehari hari. Seperti mencegah dari timbulnya ketombe , dan menjaga rambut agar tidak mudah rontok.
Sama halnya dengan wanita yang tidak mengenakan hijab, wanita muslimah pun setidaknya melakukan perawatan rambut seperti creambath dan masker rambut secara sendiri ataupun ke salon minimal sebulan sekali.

Sebelum memulai aktivitas di luar rumah hendaknya muslimah menjaga kerapihan rambutnya agar ketika berhijab tidak ada sehelai rambut pun keluar dari balik hijab.
Seperti pada rambut pendek, agar rambut terlihat rapi, maka dapat ditambahkan bandana yang terbuat dari bahan kain, ikat rambut dibawah telinga juga bisa membuat rambut pendek terlihat rapi, asalkan tidak mengikatnya terlalu ketat.

Sedangkan pada rambut panjang, agar kelihatan rapi rambut dapat diikat cepol, diikat poni kuda, dikepang ataupun diberi hair klip di bagian depan rambut agar rambut tidak keluar dan berantakan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam gaya rambut muslimah walaupun tidak tampak secara kasat mata oleh orang lain. Dan hal ini pun dilarang dalam agama.

1. Menggulung/menguncir rambut setinggi tingginya 

Sehingga ketika akan memakai ciput, ciput ninja ataupun bandana rajut posisi rambut seakan akan menyerupai punuk unta, dan ini dilarang dalam aturan agama. Seperti dalam hadist HR Muslim, "Mereka para wanita yang memiliki kepala seperti punuk-punuk unta dan berlenggak-lenggok, mereka tidak akan masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (dengan jarak jauh sekali).”


2. Memotong rambut terlalu pendek

Sehingga menyerupai laki laki. Karena pada kodratnya wanita haruslah memanjangkan rambutnya sebagai pembeda dengan identitas laki laki. Akan tetapi jika ada masalah serius yang menyangkut kesehatan rambutnya seperti rambut rontok karena penyakit, aturan islam pun memperbolehkan hal ini.

3. Mewarnai rambut dengan warna hitam

Pada usia muda mewarnai rambut adalah suatu yang trendi. Tak terkecuali bagi muslimah, ada saja yang mengikuti tren ini. Sebagai muslimah yang baik ada baiknya tidak mewarnai rambut dengan warna hitam dan menggantinya dengan warna lain apabila telah beruban. 

Menurut Ulama besar Syafiyah, An Nawawi membawa hadits ini dalam Bab, “Dianjurkannya menyemir uban dengan shofroh (warna kuning), hamroh (warna merah) dan diharamkan menggunakan warna hitam”.

4. Menyambung rambut dengan rambut palsu.

Tindakan ini tidak dibenarkan daln aturan agama dan nabi pun akan melaknat wanita muslimah yang dengan sengaja menyambung rambut atau minta disambungkan rambut di kepalanya.

5. Mencukur alis dan menanam bulu mata secara sengaja.

 Hanya karena ingin kelihatan cantik sehingga tidak mengindahkan apa yang dilarang agama karena tindakan tersebut adalah dosa besar dalam aturan agama. Termasuk mencukur alis dan menanam bulu mata. Memang dengan tujuan agar mata dipandang dengan indah, akan tetapi ini bertentangan dengan hukum fiqih islam. Banyak cara untuk membuat bulu mata dapat tumbuh alami dengan indah tapi bukan dengan instan.

Dalam berhijab ada aturan tertentu yang harus ditaati terlebih dahulu agar ketika total berhijrah dan akhirnya berhijab tidak melakukan setengah hati dan cari tau dulu apa yang boleh dilakukan dan yang tidak. Semoga bermanfaat.

#13rddayRamadhanChallenge



10 komentar untuk "Hal yang dilarang dalam gaya rambut muslimah"

  1. Mudah mudahan hal yg dilarang oleh Agama ini bisa di amalkan oleh Para Muslimah yah..mbak😊

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sebisa mungkin saya menghindari hal-hal yang dilarang terhadap gaya rambut muslimah. Kecuali potong pendek. Tapi saya usahakan modelnya tetap model wanita seperti bob atau segi.

    BalasHapus
  3. Hyess! That's it! Menggulung rambut setinggi-tingginya. Itu yang dulu saya pelajari sebelum berhijab, Kak Iied. Cukup lama saya membaca buku yang ditulis sama Ust. Felix Siauw, suka sama bukunya itu. Makanya kapanpun saya tidak akan pakai jilbab yang terlalu macam-macam sampai di belakang kepala itu kayak punuk unta :D he he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya pernah baca juga katanya mengulung rambut menyerupai punuk unta dilarang ya mbak

      Hapus
    2. Iya dilarang mas, maaf tadi belum edit kata dilarangnya

      Hapus
    3. Iya betul dilarang ... jadi di buku itu ditulis: semakin panjang rambutnya, jilbabnya yang dipanjangin, bukan rambutnya yang digulung ke atas :D

      Hapus

Berlangganan via Email