Menu Khas Melayu Buat Buka Bersama Keluarga

menu khas melayu buat buka puasa bersama keluarga

Buka puasa bersama keluarga di rumah merupakan buka paling favorit buat semua orang termasuk saya, karena buka puasa sama keluarga itu suasana terasa santai, tidak ada yang jaim, dan bisa tambah makanan yang disuka tanpa harus merasa segan seperti ketika buka puasa di resto atau buka puasa bersama teman.

Buka puasa bersama keluarga besar di rumah hampir tiap hari saya lakukan, terlebih karena satu dan lain hal ketika saya harus tinggal dengan keluarga, jadinya tiap hari momen buka puasa pun tidak terlewatkan.

Sebenarnya buat saya buka puasa dengan menu yang biasa saja seperti saat tidak berpuasa adalah hal yang lazim. Saya sebenarnya bukan orang yang suka kerempongan setiap ingin memasak buat berbuka. Tetapi tidak dengan kedua orangtua saya. Yah mungkin sudah tradisi dari dulu kali ya, berbuka puasa itu momen yang spesial, oleh karena itu makanannya pun harus spesial karena cuma dimasak dan dihidangkan ketika bulan puasa saja. Selain bulan itu, hmm ya. kurang sreg aja katanya.

Walaupun saya termasuk orang yang tidak suka kerempongan, bukan berarti saya tidak mau membantu sama sekali dalam menyiapkan bahan makanan untuk dimasak. Setidaknya saya mengetahui dengan persis apa saja proses pembuatan makanan buka puasa yang merepotkan itu dan sebagai wanita melayu harus bisa membuatnya suatu saat nanti walaupun rasanya mungkin tidak bisa mirip 50% dengan masakan buatan ibu sendiri :)

1. Bubur Kanji

Yang orang tua saya bilang bubur kanji. Tapi kalau orang lain bilang bubur kanji rumbia. Tapi bubur kanji rumbia dalam masakannya terdapat suwiran ayam. Bedanya dengan punya ibu saya hanya memakai udang kering atau udang kecil basah di dalam buburnya.
Bubur kanji ini enaknya dimakan dengan taburan bawang goreng dan bakwan sebagai topping.

2. Bubur Pedas

bubur pedas khas melayu buat buka puasa bersama
Bubur pedas melayu

Bubur pedas adalah masakan khas melayu yang sudah terkenal. Dinamakan bubur pedas karena rasanya ada percampuran potongan cabe dan rasa rempah yang kaya dalam bubur. Isi dalam bubur ada potongan kentang, wortel, singkong, jagung, ebi kering, irisan bawang dan sereh.
Bubur pedas sering disajikan untuk buka bersama di mesjid.

3. Anyang Bunga Pepaya

Anyan makanan khas melayu dan minang ini sekilas dari penampakannya seperti urap. Tapi bedanya kelapa pada anyang disangrai dulu sampai halus dan bila ditumbuk kelapa sangrainya sampai mengeluarkan minyak. Sayur/daun yang digunakan pada anyang bermacam macam. Bisa daun singkong, daun pepaya, daun pakis, bunga pepaya, tauge, bahkan jantung pisang. Tapi favorit keluarga saya anyang bunga pepaya. Karena rasanya unik, dan bila di campur dengan irisan udang kecil, bawang merah, batang sereh dan daun jeruk akan terasa segar, sehingga rasa pahit bunga pepaya akan hilang.
Anyang cocok dimakan bersama bubur pedas ataupun nasi hangat.

4. Kolak pulut durian

kolak pulut durian khas melayu buat buka puasa
Kolak pulut durian
Sumber : resepmasakan

Biasanya pas bulan puasa pas juga musim durian. Nah kalau sudah begitu keluarga saya suka buat kolak pulut durian sebagai makanan takjil buka puasa. Durian diambil dagingnya lalu dibuat kolak. Pulut digunakan sebagai teman makan kolak. Kalau tidak ada pulut nasi bisa pakai lemang pulut ataupun roti tawar. Namun bulan ini harus menelan ludah tidak buat kolak durian karena musim durian ternyata mundur di bulan juli.

5. Kue Rasidah

Kue favorit keluarga. Kalau bulan puasa ataupun acara pernikahan pasti disuguhin kue ini. Terbuat dari tepung terigu, air dan gula. Dimakan dengan taburan bawang goreng. Rasa manis dan gurih berbaur jadi satu, lumer deh dimulut.

#23rddayRamadhanChallenge




12 komentar:

  1. Semuanya belum pernah makan. Anyang kayaknya unik mbak, mirip urap sayuran sih ya, kalau urap kan kelapanya kadang dikukus, ternyata kalau anyang malah disangrai, jadi kayak kelapa di serundeng gitu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lala mirip dengan serundeng tapi lebih halus lagi

      Hapus
  2. Yang paling enak sepertinya kokak pulut durian,...bikin mau melihatnya,..mau belaja dulu untuk berbuka 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolak durian memang favorit siapa saja ya :)

      Hapus
  3. nenek saya suka buatin yang no.4 tuh. Duh jadi kangen kampung halaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampung halamannya di mana bang day? Bukit tinggi ya?

      Hapus
  4. Saya penasaran dengan rasanya Bubur Pedas Melayu dan Kolak Pulut Durian,...enak ya kalau keduanya buat buka puasa, pasti spesial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas spesial banget, tapi jarang keduanya disajikan bareng sih 😂

      Hapus
  5. Bubur kanji itu dari tepung kanji/aci? Sayang tidak ada penampakan fotonya.Saya belum pernah coba makanan di atas, emang istimewa karena disajikan pada momen tertentu seperti Ramadhan.
    Saya pernah gagal masak bunga pepaya, sangat pahit total. Salah cara dan bumbu, ha ha ha.
    Mestinya bunga pepaya itu direbus lalu diperas dulu, lantas dicuci kafi agar sisa pahitnya berkurang.Bubur kanji itu dari tepung kanji/aci? Sayang tidak ada penampakan fotonya.Saya belum pernah coba makanan di atas, emang istimewa karena disajikan pada momen tertentu seperti Ramadhan.
    Saya pernah gagal masak bunga pepaya, sangat pahit total. Salah cara dan bumbu, ha ha ha.
    Mestinya bunga pepaya itu direbus lalu diperas dulu, lantas dicuci kafi agar sisa pahitnya berkurang.Bubur kanji itu dari tepung kanji/aci? Sayang tidak ada penampakan fotonya.Saya belum pernah coba makanan di atas, emang istimewa karena disajikan pada momen tertentu seperti Ramadhan.
    Saya pernah gagal masak bunga pepaya, sangat pahit total. Salah cara dan bumbu, ha ha ha.
    Mestinya bunga pepaya itu direbus lalu diperas dulu, lantas dicuci kafi agar sisa pahitnya berkurang.Bubur kanji itu dari tepung kanji/aci? Sayang tidak ada penampakan fotonya.Saya belum pernah coba makanan di atas, emang istimewa karena disajikan pada momen tertentu seperti Ramadhan.
    Saya pernah gagal masak bunga pepaya, sangat pahit total. Salah cara dan bumbu, ha ha ha.
    Mestinya bunga pepaya itu direbus lalu diperas dulu, lantas dicuci kafi agar sisa pahitnya berkurang.Bubur kanji itu dari tepung kanji/aci? Sayang tidak ada penampakan fotonya.Saya belum pernah coba makanan di atas, emang istimewa karena disajikan pada momen tertentu seperti Ramadhan.
    Saya pernah gagal masak bunga pepaya, sangat pahit total. Salah cara dan bumbu, ha ha ha.
    Mestinya bunga pepaya itu direbus lalu diperas dulu, lantas dicuci kafi agar sisa pahitnya berkurang.Bubur kanji itu dari tepung kanji/aci? Sayang tidak ada penampakan fotonya.Saya belum pernah coba makanan di atas, emang istimewa karena disajikan pada momen tertentu seperti Ramadhan.
    Saya pernah gagal masak bunga pepaya, sangat pahit total. Salah cara dan bumbu, ha ha ha.
    Mestinya bunga pepaya itu direbus lalu diperas dulu, lantas dicuci kafi agar sisa pahitnya berkurang.vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubur kanjinya gak pake kanji mba, hanya pakai santan saja tapi rasanya gurih hehe :)

      Hapus
  6. Maaf, komen di atas ada galat di tombol papan ketik, jadinya komen malah ada paragraf dobel. Gak sengaja. Punten pisan.
    Salah tik juga, dicuci lagi.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.