Tempat Berbuka Puasa yang Bikin Rindu di Medan

tempat berbuka puasa yang bikin rindu

Berbuka puasa di luar rumah memberikan pengalaman seru dan asyik apalagi bila berbuka bersama dengan teman, teman kerja atau bersama anggota keluarga. Sebelum nikah saya hampir tidak pernah absen untuk buka puasa bersama di luar. Tapi setelah menikah harus mikir dua kali buat buka puasa di luar apalagi frekuensinya sekali seminggu karena akan ada banyak pengeluaran kalau pergi sama keluarga kecil saya.

Bicara tentang buka puasa bersama, saya jadi ingat masa masa dahulu berbuka puasa di luar. Ada beberapa tempat favorit buat saya berbuka puasa karena tempatnya dan juga kuliner yang disajikannya. Tempat berbuka puasa favorit saya yang tempatnya di luar ruangan atau outdoor atau juga yang dekat dengan mesjid agar jika sudah berbuka puasa langsung ke mesjid terdekat buat sholat maghrib karena buat apa buka puasa bersama tapi ibadah dilalaikan, benar kan?

Tempat favorit saya antara lain :

1. Mie Ayam Jamur Spesial H.Mahmud

Restoran ini berada di Jl. Abdullah Lubis no.71 Medan baru, Medan. Tidak tahu kapan pastinya restoran ini berdiri tapi saya sudah menjadi penggemar setia sejak tahun 2010 karena menu mie ayamnya yang enak rasanya seperti mie ayam jakarta dan juga melegenda.

restoran mie ayam jamur mahmud
Restoran Mie Ayam Jamur H. Mahmud
Sumber : Google maps
Setiap tahun ketika bulan Ramadhan tiba saya selalu menyempatkan diri untuk berbuka puasa di sana bersama teman atau keluarga. Tempat yang asyik untuk berbuka puasa karena selalu disediakan menu takjil yang beragam.
Di tambah lagi tempatnya yang sangat strategis dan sangat dekat dengan mesjid. Ini yang saya suka. Berseberangan dengan Mesjid Al-Jihad, salah satu mesjid terbesar di kota Medan. Jadi sehabis berbuka puasa dengan paket menu takjil, mie ayam jamur spesial dan es teh manis, saya pun tak lupa bergegas untuk beribadah sholat maghrib di mesjid.
Bulan ramadhan di tahun ini, saya pun berharap bisa kesana bersama keluarga kecil. Yah mudah mudahan saja bisa terealisasi ya.

Baca juga : Tips Berbisnis Kuliner agar sukses era Digital


2. Tenda Nelayan Merdeka Walk

Salah satu tempat untuk berbuka puasa asyik lainnya adalah Restoran Tenda Nelayan yang bertempat di dalam Merdeka Walk di jalan Balai Kota Medan. Merdeka Walk adalah sebuah pusat kuliner di kota Medan. Posisinya pas di pusat kota. Berdampingan antara Gedung Kantor Pos di sebelah kanan dan Gedung PP. London Sumatera Indonesia di sebelah kirinya.

tenda nelayan merdeka walk
Tenda Nelayan di Merdeka Walk
Sumber : Google Maps
Dimsum salad udang dan pancake durian
Sumber : dokpri
Atmosfir salah satu tempat nongkrong favorit di kota Medan sangat terasa di restoran ini. Karena konsep yang terapkannya outdoor jadinya berbaur dengan kafe sekitar dan lalu lalang kendaraan yang melewati pusat kota.
Juga dengan kuliner yang ditawarkan di resto ini. Kuliner andalannya adalah Dimsum, masakan oriental dan pancake duriannya.

Walaupun hanya sekali kesana tapi membuat kenangan yang hangat dan baik. Dengan pelayanan yang ramah dan cekatan untuk menghantarkan makanan berbuka yang telah kami (saya dan keluarga) pesan.
Ingin kembali menikmati suasana berbuka puasa di sana, pastinya. Tapi rasanya tidak akan komplit kalau tidak bersama dengan keluarga tercinta.


3. Ramadhan Fair Mesjid Raya

Letaknya persis di sebelah Mesjid Raya Al Mashun. Mesjid ikonik di kota Medan. Setiap tahunnya selalu diadakan Ramadhan Fair sepanjang bulan Ramadhan. Isi Ramadhan Fair ini adalah pusat kuliner dan pedagang kaki lima yang berdagang di semping mesjid Raya.

Ramadhan fair di Mesjid Raya Medan
Sumber : digtara.com
Tujuan dibangunnya Ramadhan Fair ini adalah untuk menjawab keinginan warga kota Medan yang ingin berbuka puasa di Mesjid Raya akan tetapi lahan untuk menampung warga yang antusias untuk berbuka puasa terbatas, maka akhirnya dibangun lah pusat kuliner Ramadhan fair yang sebenarnya memakai jalan protokol di sebelah mesjid sepanjang 100-200 meter selama bulan Ramadhan. Di bangun sejak tahun 2003 dan hingga kini masih dapat dinikmati oleh warga sekitar.

Meski hanya sebuah pusat kuliner/pujasera musiman, namun makanan yang dijajakan sangat variatif. Antara lain Sate kacang, Sate padang, Lontong Malam, Mie Rebus Medan, Bubur pedas, Nasi goreng hingga kebab dan burger murah.

Baca juga : Tempat Makan Favorit tak Terlupakan

Suasana ramadhan sungguh terasa dengan alunan irama musik gambus yang menemani saat menjelang berbuka dan tausiyah ringan yang terdengar dari sisi mesjid membuat saya selalu merindukan suasana tersebut.
Ramadhan fair tahun ini adalah ramadhan fair ke XVI. Adalah keinginan saya juga untuk bisa berbuka puasa di tempat ini sembari menunggu Pak Su mudik ke kota Medan.

Mudah mudahan terwujud keinginan untuk mengunjungi ketiga tempat tersebut ya, aamiin ya robb :)

#2nddayRamadhanChallenge




12 komentar:

  1. Amin YRA moga moga kesampaian.

    Pancake durian...mau banget

    BalasHapus
  2. Ampun dah lu mah reviewnya kalo gak makanan tempat makan mulu mbak.

    Wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. keren-keren tempatnya teh, iangomong-ngomong kemarin saya ada ketemu sama orang medan,..wow kenalan deh,..dan temenan,..komen apa ini,.wkwkckk

    BalasHapus
  4. Tempat favoritnya banyak, pengen juga bisa seperti mbak Iied, bisa mengunjungi banyak tempat untuk berburu kuliner asyik.

    Sayangnya hanya berupa angan-angan untuk sementara ini, karena keadaan belum memungkinkan.

    Maybe next time, semoga bisa yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mudah2an bisa mengunjungi tempat kuliner yg asik ya pak maman

      Hapus
  5. memang klo medan banyak bener tempat kuliner di sana-sini, apalagi klo Ramadhan biasa pada keluar itu menu2 spesianya..

    BalasHapus
  6. Salam kunjungan dan follow :)

    BalasHapus
  7. wah pasti asyik banget ya kak bisa berbuka di tempat2 tersebut, rame banget pelanggan nya dan masakannya juga enak banget, pasti dikangenin sama banyak orang ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, jadi pengen kesana lagi :)

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.