Cemilan Favorit Keluarga Saat Lebaran

cemilan favorit keluarga saat lebaran hari raya

Tak terasa sudah mendekati hari H-3 lebaran, itu berarti semakin banyak hal hal yang harus disiapkan buat persiapan lebaran. Diantaranya cemilan dan makanan buat hari raya atau lebaran nanti. Biasanya saya dan keluarga selalu membuat sendiri cemilan buat lebaran.

Namun sejak 3 tahun yang lalu orangtua saya tidak sanggup lagi membuat kue lebaran plus kompor buat memanggang kue tidak bisa diharapkan lagi alias koit. Mengharapkan saya untuk buat kue, hmm sama saja mengharapkan anak tk buat kue, pastinya gosong yang di dapat, sadar diri aja deh hehehe. Entah mengapa untuk buat kue kering tangan saya tidak telaten, beda banget kalau saya buat kue basah atau masakan, yang ini masih bisa diandalkan walau rasanya so so lah :D

Lihat juga : Dadar gulung Skippy favorit

Tak bisa buat sendiri bukan berarti tak ada yang bisa dihidangkan. Beli kue tunjuk saja. Itu istilah nya orang medan. Tinggal tunjuk aja kue yang dimau sudah deh sim salabim itu kue berpose manis di meja tamu.

1. Kue kering



Siapa sih yang tidak suka sama kue kering. Siapa aja pasti suka. Kue favorit semua orang. Kue nastar, putri salju, lidah kucing, cookies coklat dan kastengel keju. Kue penyelamat kala lebaran. Belinya di pertengahan lebaran, simpan di lemari dulu jangan disenggol senggol, coba sedikit saja tau tau sudah habis.

2. Kacang tojin


Kacang ini sama candunya dengan kue kering. Padahal cuma terbuat dari kacang kupas, garam dan bawang putih. Tapi nikmatnya tiada tara. Orang tua suka banget makan kacang tojin. Tapi jika tidak memikirkan efeknya, elus2 kaki jadinya.

3. Keripik


Aneka keripik memenuhi seisi toples. Keripik singkong balado, keripik bawang, keripik ubi ungu, keripik kentang, dan keripik singkong sibolga juga jadi favorit. Tempat favorit buat beli keripik selain keripik sibolga ya di keripik cinta tanjung pura. Segala jenis keripik ada dijual di sini.
Siap siap beli banyak keripik karena yang ludes duluan ya keripik ini :)

4. Jajanan anak


Jajanan anak dari waktu anak anak sampai sudah punya anak pun tetap kesukaan saya. Dari coklat Astor, chiki ball kiloan, agar agar jelly dan Oreo abal abal pun diserbu. Sekarang malah si jagoan yang suka banget ini cemilan. Ya iyalah favoritnya anak anak xD


5. Kue khas Aceh


Karena keluarga besar saya ada darah suku Aceh dan juga melayu, oleh karena itu kue basah yang disajikan di hari raya/lebaran ya tidak jauh jauh dari kue khas Aceh. Seperti kue Timphan, kue yang terbuat dari tepung ketan dicampur pisang atau labu sebagai adonan dengan isi inti kelapa atau selai srikaya. Rasanya manis legit. Kalau yang belum pernah makan kue timphan rasanya seperti perpaduan kue lemet singkong dan nagasari kalau dibayangkan.

Selain itu ada juga namanya kue Bhoi, bolu minyak khas Aceh yang dibuat di atas cetakan kecil kue cubit yang biasanya bermotif laut seperti ikan, kerang dan siput.
Kue lainnya yaitu kue kara, dicetak di atas serabut kelapa. Pas dimakan rasanya renyah dan ringan.

6. Kaleng istimewa


Setiap tahunnya selalu dapat kiriman dari kampung halaman, bermacam macam kue ringan dimakan. Dikemas dalam kaleng istimewa merah yang seharusnya isinya biskuit. Kue kembang goyang, kue semprong dan kue cincin. Tapi berharap ada rengginang juga di situ.

Namanya kue lebaran, jajanan istimewa di saat lebaran padahal bisa dibuat kapan saja. Tapi pas disuguhkan ketika lebaran rasanya menjadi istimewa dan tak terlupakan :D

#27thdayRamadhanChallenge

15 komentar:

  1. biasa ada permen sama kacng kalau dirumah kalau nasi burasa namnya makanan khas sulawesi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya penasaran dengan nasi burasanya mas

      Hapus
  2. Kue keringnya enak semua =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba fave banget kue kering ini :)

      Hapus
  3. Wah saya kira itu fotonya lemet singkong mbak, tapi ternyata beda. Kue di daerah Sumatra asik-asik nih, belum pernah coba semua :D

    BalasHapus
  4. Kok semuanya yang favorit yang bikin berat badan naik semua ya mbak?

    Wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. penasaran ma kue timphannya nih

    BalasHapus
  6. Kue Timphan yg dibungkus daun pisang ya mbak? Jadi penasaran rasanya kayak apa sih

    BalasHapus
  7. kl di tempatku cemilan favoritnya kacang bawang, wkwk
    tp kue kering dan kue kaleng wajib ada juga :)

    BalasHapus
  8. Kue kering paling gue suka! Emang bener, dikit-dikit-dikit, tiba-tiba habis wokwoowowokwkowkow

    BalasHapus
  9. Saya tahu timphan dari resep tabloid "Nova". Pernah pengen coba bikin tapi tabloidnya sekarang entah ke mana,. ha ha. Kalau kue bhoi saya tahunya dari koran "Kompas" kala masih merantau di Bandung dan riap Ahad selalu beli koran hari itu untuk cari rubrik sastra. Katanya kue bgoi termasuk awet tanpa pengawet.Mungkin Mbak Iid bisa menulis soal itu lengkap dengan fotonya di blog juga sejarah asal kue tradisional khas daerah.
    Saya suka banget kue tradisional karena citarasanya unik. Kalau kue ala barat, tuh, suka tetapi tidak bisa mengalahkan citarasa kue tradisional yang asli cara bikinnya.
    Untuk kuker alias kue kering, saya dulu suka bikin kue papan catur. Kalau lebaran silaturahim ke rumah uwa (kakak bapak) suka disuguhi kue khas yang bergaya Belanda (maklum yangti dan yangkung termasuk kalangan menak Jawa-Bali). Kue favorit saya adalah kue papan catur da cara bikin dan resepnya sama persis asli (kalau bikinan saya ada bahan yang dikurangi, kayumanis bubuk, he he).
    Lihat foto kuker jadi ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Saya tidak pandai buat kue bhoi mba, klo salah buat bisa keras kayak batu hehe :")

      Hapus
  10. Halooo :) Kue timphan suka disajikan di restoran mie Aceh ya. Biasanya minumannya teh tarik hehhehehehe tapi aku belum nyobain kue tsb. Nah kalo kue kalengan biasanya beli banyak buat dibagi2 ke tetangga dll :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kue timphan biasanya disajikan di rumah makan mie aceh rasanya enak banget loh hehe :)

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.