Bahan-bahan Alami Untuk Menyembuhkan Luka Bakar

30 Juli
Bulan lalu ketika saya pulang dari jalan-jalan bersama suami dari Pulau Kampai kami menaiki kapal boat motor. Ketika saya hendak turun dari kapal boat, secara tidak sengaja saya memegang sebatang besi yang berada di belakang kapal boat yang awalnya saya kira tidak ada hubungannya dengan badan kapal. Betapa terkejutnya saya ternyata batang besi yang panas itu adalah knalpotnya kapal boat.
Seketika tangan kiri saya (untungnya tangan kiri) langsung melepuh. Jari jempol dan beberapa jari lainnya ikut melepuh. Ya ampun sakit sekali. Jari jempol saya tidak bisa digunakan untuk sementara waktu ketika itu.

Jari jempol yang melepuh & membengkak
Sumber : belajarkeperawatan.com

Salah satu hal yang sangat tidak diinginkan oleh setiap orang adalah memiliki luka bakar di kulitnya. Karena, adanya luka bakar akan menyulitkan Anda dalam beraktivitas seperti yang saya alami waktu itu dan bahkan tidak bisa memilih pakaian sebebas mungkin. Tak hanya itu, luka bakar juga bisa memberikan dampak yang lebih buruk ke organ tubuh lainnya sehingga perlu disembuhkan dengan segera.

Oleh karena itu penyembuhan luka bakar bisa dilakukan dengan menggunakan salep untuk luka bakar atau dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan? Inilah beberapa diantaranya :

Teh Hijau

Teh merupakan yang disukai oleh banyak orang. Bahkan, meminum teh telah menjadi budaya tersendiri di beberapa negara, salah satunya yakni di Jepang. Kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh menjadikan teh sebagai salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang. Tapi, tak hanya itu, teh juga bisa bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar.
Anda bisa memanfaatkan teh hijau jika ingin menyembuhkan luka bakar secara alami. Teh hijau telah dikenal memiliki sifat antiradang dan bisa memberikan dampak baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Anda bisa memanfaatkan kantung teh hijau yang telah Anda gunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Letakkan kantung teh hijau yang telah digunakan pada area kulit yang mengalami peradangan. Diamkan selama beberapa saat agar kandungan dalam teh bisa menyerap secara efektif kedalam kulit yang mengalami luka bakar. Lakukan proses ini secara rutin dan berulang kali sampai kulit yang melepuh sembuh secara perlahan.

Cuka Apel

Tidak semua orang mungkin menyukai cuka apel untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahkan, beberapa orang juga tidak menyukai dengan aroma cuka apel yang cenderung menyengat dan tidak sedap. Herannya saya suka lho mencium aromanya hehe.
Tapi, bukan berarti cuka apel tidak memiliki manfaat sama sekali. Sebab, Anda bisa memanfaatkan cuka apel selain sebagai makanan melainkan juga untuk membantu proses penyembuhan luka bakar.

Sifat antibakteri yang dimiliki cuka apel menjadikannya sebagai salah satu bahan alami yang berguna untuk menyembuhkan luka bakar. Anda bisa menggunakannya untuk mencegah infeksi pada luka yang melepuh di kulit. Oleskan cuka apel secara perlahan pada area kulit yang melepuh. Pada awalnya, Anda mungkin akan merasa perih saat mengoleskannya. Namun, lambat laun, rasa pedih yang Anda rasakan akan hilang dan kulit yang melepuh juga akan mereda lebih cepat.

Itulah dua bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi luka bakar. Selain kedua hal diatas, cara merawat luka lainnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengoleskan salep luka bakar pada kulit Anda. Cari produk salep terbaik secara mudah melalui Go Apotik sekarang juga.

40 komentar:

  1. Baru tau mbak kalau teh hijau dan cuka apel bisa dipake buat nyembuhin luka bakar, dua bahan tersebut selalu ada di dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bahannya ada disekitar kita ternyata :)

      Hapus
  2. Bahan2 yang mudah dicari yah. Nice inpoh mba.

    kirain foto di atas yg terjadi ma mb Iid, ngerii liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi saya waktu itu gak jauh beda dgn yg di foto bangday, tapi saya gak berani simpen fotonya lama2 hehe

      Hapus
  3. daun binahong juga bisa kak jadi alternatif. ditumbuk dikit, trus olesin. bisa juga untuk luka biasa. tanamannya merambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun binahong yg sperti daun sirih bukan ya, oke nti tak coba

      Hapus
  4. Waaah kak iid, sampe merinding awak membayangkan sakitnya.
    Karena keciprat minyak pas masak aja sudah cukup menyakitkan.
    Btw pernah baca juga, merendam tangan di tepung terigu untuk mendinginkan si luka bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merendam di tepung terigu awak belom pernah coba kak hee

      Hapus
  5. OOO baru tau kalau teh & cuka apel bisa buat nyembuhin luka bakar, kalau cuka apel pasti perih tapi lebih cepat sembuh kali ya mbak dari pada teh hijau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba teh hijau dan cuka apel cukup efektif

      Hapus
  6. Duh.. Ngilu saya liatnya..

    Saya lbh sering oake bioplacenton salep.

    Klo lukanya gak gembung,saya pake obat seperti jaring yg berminyak (lupanamany), di5empelin ke lukanya.
    Cepat sembuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak awak pun pake bioplacenton biar cepat sembuh

      Hapus
  7. Ternyata cuka apel bisa buat ngobati luka bakar kuga ya ied....baru tau. Selama ini buat ngerendem buah n sayur aja dari segala2 pestisida. Nice sharing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuka apel banyak manfaatnya kak, bisa utk sakit maag juga dan atasi rambut ketombe

      Hapus
  8. Belum pernah pake kedua bahan itu untuk luka bakar. Biasanya aku kasi minyak karo atau pasta gigi mbak, ngikut kata-katanya leluhur,, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak karo sudah pernah coba kak tapi koq lama ya sembuhnya

      Hapus
  9. Buset ngeri amat sampe bengkak segede itu? Kalo gw dikasih pepsodent biasanya, wkwkwkwk

    Ini sih ajaran emak gw, tau bener atau enggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo utk luka bakar serius jangan pake pepsoden krn kulit akan terkelupas dan bisa lama sembuhnya

      Hapus
  10. Gak perih kah kak ditarok cuka? justru dibeberapa masyarakat masih memakai odol kak kalo mengobati luka bakar. padahal dalam dunia kesehatan justru di larangan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak pake odol luka bakar akan lama smbuhnya, dokter pun melarang pake odol

      Hapus
  11. Ihh, memang perih ya kl gelembung luka bakar itu pecah, untung bisa cepat beli salepnya di Go Apotik ya, insyaallah jadi lega. Informasi yang bagus nih, Iid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dah gelembung udh enak kak, yg sakit itu pas kulit masih merah

      Hapus
  12. Teh hijau ya. Kalau teh biasa bisa gak ya?

    BalasHapus
  13. wuah baru tahu awak teh hijau bisa sama cuka apel kak buat luka bakar. biasanya awak selalu pakai resep keluarga, yaitu mengoleskan pasta gigi ke area luka bakar. makasih kak udah kasih tambahan info mengenai luka bakar.

    BalasHapus
  14. Wah, bisa ya pakai teh hijau. Ini benar-benar bisa memanfaatkan teh hijau, dari tehnya sampai kantung tehnya.

    BalasHapus
  15. Terimakasih infonya mbak. Ternyata dengan bahan alami yang ada di rumah bisa untuk mengobati luka bakar ya. Kalau saya selama ini ya beli Salep di apotik.

    BalasHapus
  16. saya selalu minum cuka apel sis tapi belum digunakan untuk dioleskan makasih saya akan selalu ingat hal ini

    BalasHapus
  17. Informasi baru nih mbak, ternyata teh hijau tidak hanya bagus buat kesehatan dan kulit ya :D

    BalasHapus
  18. Saya baru tau kalo cuka apel dan teh hijau bisa menjadi alternatif obat luka bakar, bisa dicoba nantinya. Bisanya 2 bahan itu diminum dengan air hangat untuk menemani hari-hari kerja saja.. biasanya kalo dirumah ada yang kena luka bakar selalu gunakan odol pasta gigi aja. hehehe

    BalasHapus
  19. Hah.. mbak aku baru tau nih luka bakar bisa dikasih cuka apel. Apa gak perih ya mbak? Huhu, serem juga. Moga-moga jangan sampe kena luka bakar begini. Kebanyakan orang kalo luka bakar tu dikasih odol...tapi aku pernah nonton acara apa ya lupa gitu udah lama, katanya kalo odol tu malah bikin parah luka bakar itu sendiri. Jadinya ya malah makin luka, makin terbakar karena panas.

    BalasHapus
  20. wah saya baru tau teh hijau dan cukai apel bisa untuk luka bakar. kalau saya sendiri untuk mengihindari melepuh, tindakan pertama yang saya lakukan mengaliri luka bakar di air mengalir selama 5 menit mbak, itu juga munjarap sih

    BalasHapus
  21. Bagus banget ini idenya secara awak sering kali kena luka bakar adaa aja yang kena minyak panaslah, baru tau bahan alami gini biar ga bebekas ya kan secara taunya cuma pk odol tu pun bikin gelembung.

    BalasHapus
  22. Manfaat banget ini kak, secara salep kadang habis ya, jadi cepat ambil bubuk teh yang ada di lemari makan. Lebih praktis

    BalasHapus
  23. Syafakillah kak. Ya ampun ada2 aja kadang ya :((( smoga ke depannya lbh aware sm besi2 di kapal wkwk

    BalasHapus
  24. Waaah baru tahu. Aku tahu nya itu lidah buaya. Kemarin tetangga ada yg kena dikasih lidah buaya. Btw cepet sembuh ya kak iid

    BalasHapus
  25. Tapi kalau kejadian gak inget semua yg alami alami kak,
    Una pernah kesiram air mendidih, tersenggol panci air mau buat teh, eh tumpah ke paha,
    Allahhuu sakiit banget yang dicari salep, lupa semua semua yg alami 😅

    BalasHapus
  26. Gak menayang sakit nya gimana,sampe melepuh gitu.. Teh hijau ada dirumah si,bisa juga ya buat obat

    BalasHapus
  27. Baru tau juga untuk meredakan luka bakar bisa pakai teh hijau. Makasih infonya. Blog kerennya udah saya follow. Semoga cepat sembuh lukanya ya Mba

    BalasHapus
  28. Saya belum coba kedua hal itu. Pernah alami luka bakar dan hanya pakai salep da panikan. Ternyata ada bahan alami yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar. Hanya butuh kesabaran.
    Teh hijau memang bagus, tapi sayy tahunya dikonsumsi biasa saja. Alhamdulillah, bisa untuk pengobatan luka luar juga.
    Cuka apel belum punya. Pengen beli untuk bikin salad atau apalah
    Bermanfaat banget tulisan Mbak Iid.
    Tapi kalau tidak punya kedua hal itu dan lagi darurat memang mesti ke apotek beli obat khusus untuk luka bakar.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.