Insto Dry Eyes Solusi Pas Atasi Gejala Mata Kering

25 Juli
insto dry eyes solusi atasi gejala mata kering

Sehari hari kegiatan saya tidak lepas dari yang namanya gadget seperti gawai (smartphone) dan laptop. Yah seiring dengan perkembangan zaman dua gadget ini memang lebih mengasyikkan dibanding benda elektronik lainnya karena bisa lupa waktu. Apa saja bisa masuk di dalamnya. Mau tulis blog oke, mau main game bisa, mau nonton film atau nge-youtube apalagi. Kalau menonton sinetron di tv, hmm sudah jarang tuh.

Hobi saya tuh suka sekali menonton youtube. Lihat channel yang keren seperti Nihonggo Mantappu, Baim Paula, Raditya Dika, dll. Saya pun suka sekali main game. Kalau di laptop sukanya main the Sims, juga main seri petualangan seperti Nancy Drew, Syberia 3 atau DreamFall Chapters. Terus kalau bosan main di laptop ya lanjut main di gawai seperti main Hayday atau Hago, dilanjut lagi baca e-book di perpustakaan online, lha terus ngeblognya kapan nih? Nanti saja pas mau tidur hehehe..(jangan ditiru)

Akan tetapi sering menggunakan gadget ternyata membuat efek buat diri saya. Salah satunya mata. Mata merupakan organ penting buat manusia. Karena mata kan jendela kita buat melihat dunia. 
Oleh karena itu jangan sepelekan kondisi mata. Mau kasih tau nih kondisi mata akibat keseringan pakai gadget yaitu membuat mata jadi kering.

Mata kering dalam bahasa ilmiahnya adalah Keratoconjunctivitis Sicca.
Gejala mata kering ini adalah mata sepet, pegel dan perih. Tandanya apa sih? Tandanya kalau perasaan ada sesuatu yang mengganjal di mata, mata seperti berpasir dan gatal. Selain itu mata terasa panas, pandangan mata terlihat buram, sensitif terhadap sinar matahari ketika bangun tidur, juga mata terasa cepat lelah jadi bawaannya mau kucek mata saja. Tapi, kalau dikucek mata pasti akan menjadi merah dan mata tambah perih sekali, duh seram ya.

Ada beberapa hal yang bisa membuat mata jadi kering :


Kondisi lingkungan
Terkena paparan asap seperti asap rokok, asap kendaraan, asap bakar sampah dan asap pabrik. kondisi iklim yang kering dan terlalu lama di ruangan ber-AC juga membuat mata mudah kering.

Kurang berkedip
Kurang berkedip ketika sedang berhadapan dengan laptop atau gawai. Karena kurang berkedip dapat mempengaruhi penguapan air mata.

Faktor usia
Usia 50 tahun ke atas rentan dengan mata kering. Ini adalah proses penuaan yang lazim dialami pada masa tua. Seperti orang tua saya nih.

Baca Juga : Tips Mencegah Penyakit Degeneratif

Perubahan hormon
Biasanya wanita yang mengkonsumsi pil KB, wanita menopause dan juga wanita yang sedang hamil yang hormonnya suka berubah.

Kondisi kesehatan
Pada sebagaian penderita diabetes, masalah tiroid dan rheumatoid arthritis mengalami mata kering karena produksi air mata sudah berkurang

Pengaruh obat-obatan
Obat-obatan juga memberi pengaruh terhadap mata kering seperti obat hipertensi, dekongestan, antihistamin, obat jerawat dan obat anti depresan. Obat-obat ini sedikit banyak dapat mengurangi produksi air mata.

Pemakaian lensa kontak secara terus menerus akan menyebabkan mata kering karena mata mudah terkena iritasi, terlebih lagi jika tidak menggunakan lensa kontak dengan benar.

penggunaan lensa kontak yang tidak bijak menyebabkan mata kering
Penggunaan lensa kontak yang salah menyebabkan mata menjadi kering

Selain hal-hal di atas, ada banyak penyebab lainnya yang membuat mata kering. Kondisi mata kering tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menghambat aktivitas sehari hari.


7 Solusi Atasi Mata Kering yang Mengganggu 


Berikut adalah solusi yang pas untuk atasi gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel, mata perih dan juga mata lelah. solusinya cukup mudah lho, antara lain :

1. Kompres mata ketika bangun tidur atau di saat mata sedang lelah tak bisa dibuka dengan air mawar atau air dingin yang ditetes di atas kapas atau tissue. Kompres minimal 10 menit agar mata kembali segar.

2. Bersihkan mata yang teriritasi karena terkena paparan asap dengan air hangat dan kapas. Ini penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mata.

3. Rajin berkedip ketika menggunakan gadget seperti gawai dan laptop. Rajin berkedip akan membuat produksi air mata bekerja secara teratur.

4. Gunakan kacamata pelindung seperti kacamata hitam untuk menghindari paparan angin, asap dan sengatan matahari.

5. Rajin konsumsi minum air putih untuk mengatasi dehidrasi setidaknya 8-10 gelas sehari. Dengan catatan disesuaikan ya dengan kondisi tubuh. Kalau tubuh sudah penuh ya jangan dipaksa.

6. Rajin konsumsi asam lemak Omega-3 untuk mengembalikan kesehatan mata, terutama mata kering. Omega 3 banyak ditemukan pada ikan, suplemen minyak ikan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

7. Gunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes yang secara khusus mengatasi masalah gejala mata kering.

insto dry eyes untuk menyembuhkan gejala mata kering
Insto Dry Eyes solusi gejala mata kering

Insto Dry Eyes mengandung Hydroxypropyl Methylcellulose 3,0 mg dalam tiap mL larutan isotonik steril. Fungsinya adalah sebagai air mata buatan. Bahan aktifnya dapat mengatasi kekeringan pada mata dengan memberikan pelumas pada mata dan juga dapat membunuh bakteri penyebab mata kering. Walaupun kecil kemasannya tapi benar-benar nyata manfaatnya ya :)

Cara memakai Insto Dry Eyes cukup mudah, berikan 1-2 tetes pada setiap mata yang bermasalah dengan frekuensi 3x sehari atau sesuai dengan anjuran dokter. Dengan harga yang terjangkau dan dapat dengan mudah diperoleh di apotik atau gerai minimarket terdekat.

Jadi, kalau mau solusi yang cepat segera pakai Insto Dry Eyes ya. Main game di gawai, membaca buku e-book, menulis blog bahkan menonton youtube jadi lancar jaya lagi tanpa hambatan.

Bye-bye deh mata kering! :)

17 komentar:

  1. Saya selalu sedia Insto lho mbak, udah dari dulu sejak mata selalu mlototin screen computer and TV. Kalau keluar rumah juga panasnya minta ampun deh, apalagi Summer gini, bikin mata perih. Ya, untung deh ada Insto mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba selalu sedia insto di rumah, wah apalagi sedang summer yah dan mata pun ikutan kering

      Hapus
  2. Saya juga suka nonton Channel youtubenya Raditya Dika. Apalagi semenjak dia punya anak, Gemes banget Alea. Kalau nonton YouTube emang bikin lupa waktu, berhentinya pas berasa mata lelah dan pegel.

    BalasHapus
  3. Uhuuuy sebagai pecinta insto elsa gak perlu meragukan lagiii kehandalan insto ini :))

    BalasHapus
  4. Best lah insto...kadang mata suka agak merah kl lama make soft lense. Tinggal tetesi bbrp tetes insto je dah pulih lagi.

    BalasHapus
  5. kenapa klo sakit mata/ mata kering pasti pertama ditanya insto ada?? :) gk tau knapa cuma inston yg udh melekatt namanya ke kita2 haha!!

    BalasHapus
  6. Iya lah kak.. Kalo Udah seharian pegang gadget jadilah mata ini kering, merah, letih.
    tips nya nanti dicoba kak.. Makasih

    BalasHapus
  7. Iya nih Insto Dry Eyes penting banget untuk mata kita. Jangan sampai mengalami mata kering. Gak nyaman beud

    BalasHapus
  8. Lagi ada kerjaan ya mba id?
    Sama nih pembahasannya ma bang alfie minggu lalu

    BalasHapus
  9. trus denger-denger gaboleh sering-sering pake insto kak e. betulnya itu????

    BalasHapus
  10. Aku banget nih kakak, kalau sdh depan gawai, fokus, lupa ngedipkan mata, akhirnya mata terasa sepet dan lelah, untung ada insto dry eyes solusinya

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai ini loh di rumah,di kotak p3k sedia selalu

    BalasHapus
  12. Kira2 kalo aq lg pake soflen bisa lgsg pakai gak ke mata.?

    BalasHapus
  13. Insto andalan suamiku nih, soalnya kerjanya sehari-hari menghadapi laptoop jadi matanya sering kering dan iritasi.

    BalasHapus
  14. Alfie selalu bawa Insto kak. Apalagi sekarang kalau kerja selalu di depan komputer hingga berjam jam yang buat mata pegel dan kering. Bagus banget Insto ini mah

    BalasHapus
  15. Insto ini kayaknya must have item untuk yang sehari-hari pake gadget, laptop atau PC. Gampang lagi belinya.

    BalasHapus
  16. insto ini brand bagus sejak dulu utk atasi mata kering ya kan kak

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.