Rekomendasi sarapan pagi yang wajib dicoba saat di Medan

27 September
rekomendasi daftar sarapan pagi di medan

Halo konkawan,
Pagi-pagi lagi lapar berat maunya makan yang enak-enak nih eh taunya sekarang lagi di Medan. Buat teman-teman yang lagi mampir ke kota Medan atau singgah istilah nya wajib coba nih daftar kuliner sarapan pagi di Medan, apa saja itu yuk cari tau :)

1. Lontong Medan

Sumber : Dokpri

Siapa sih yang tidak tau kuliner satu ini. Sekarang tidak hanya dijual di kota aslinya saja tapi di kota lain juga sudah ada. Tapi yang buat berbeda perintilannya lonton medan ini nih yang buat saya kangen medan ketika sedang berada di kota lain. Lontong sayur medan atau lebih akrabnya lontong medan ini, menggunakan kuah santan dengan isian labu siam, wortel, nangka dan kacang panjang.
Lauk pendampingnya ada sambal kacang & teri medan, tumis tauco udang, telur sambal, perkedel, mie goreng/bihun goreng, dan kerupuk merah. Terkadang ada juga yang menambahkan daging rendang sebagai variasi lauknya atau menggunakan gulai ayam. Makan lontong sayur medan dengan seporsi yang lengkap akan membuat perut awet kenyangnya. Kecuali yang hobi makan butuh makan 2 porsi kayaknya biar aman

Tempat makan rekomendasi untuk makan lontong medan ini namanya Lontong Kak Lin. Tempatnya di jalan Teuku Cik diTiro kampung keling medan. Berseberangan dengan sekolah SMA nomor satu di Medan.
Tapi sebenarnya banyak koq tempat makan lontong yang enak lainnya. Kalau favorit saya sih ya di dekat rumah :)

Harga makanan : Rp 8.000 - Rp 15.000

Baca Juga : Cara memasak lontong dengan presto

2. Nasi gurih

Sumber : Lontongkaklin IG

Nasi gurih ini biasanya disandingkan dengan menu lontong medan. Lauknya juga sebelas dua belaslah. Buat yang tidak suka sama menu lontong ya bisa dicoba nasi gurihnya. Rasanya mirip-mirip nasi uduk karena menggunakan santan. Tapi takaran santannya tidak sebanyak nasi uduk, jadi warna nasinya tidak terlalu keruh. Saya suka makan nasi gurih ini kalau ada perintilan serundengnya . Bagi saya nasi gurih sudah nikmat banget kalau dimakan sama telur sambal dan serundeng, hmm kebayang enaknya nih apalagi kalau masih hangat2nya :).

Harga makanan : Rp 8.000 - Rp 15.000

3. Mie balap

Sumber : Medanfoodblog

Saya tidak tau kalau mie balap ini dijual di luar kota Medan atau tidak. Soalnya saya baru tau mie balap ini pas tinggal di medan. Mie balap biasa dijual di pagi hari sampai jam 11 siang. Sama seperti menu lontong Medan dan nasi gurih, mie balap mudah ditemukan di sekitaran rumah warga yang menjual sarapan pagi.
Bahan dasar mie balap adalah mie lidi, bihun, dan kwetiau. Dimasak dengan bawang putih geprek, orak arik telur, tauge, daun bawang dan sedikit kecap.
Lalu kenapa disebut dengan mie balap? Konon katanya mie balap ini dibuat dalam jumlah banyak untuk beberapa porsi, sehingga mie cepat disajikan, tapi entah mengapa mie balap ketika disajikan masih terasa hangat. Jenis mie balap yang disajikan biasanya ada 3 jenis, yaitu mie lidi, kwetiau dan mihun. Mie balap biasa dimakan dengan topping telur dadar atau gorengan. Cara makannya dengan menggunakan sumpit mau pun sendok. Makan mie balap enaknya minum pakai es sirup somboy, hmm segar 😋
Tempat rekomendasi mie balap yang enak menurut saya ada di simpang empat kapten muslim dan jalan ayahanda depan RS. Royal Prima. Tapi kembali lagi menurut selera masing-masing sih tidak ada patokan. Bisa jadi menurut saya enak, menurut orang biasa saja hehe..

Harga makanan : Rp 4.000 - Rp 8.000

4. Soto Medan

Sumber : Makanhalalmedan

Nah kalau soto medan siapa sih yang tidak tau, bahkan sudah dikreasikan dalam bentuk mie instan lagi. Pagi-pagi sarapan soto? Siapa takut?
Soto Medan yang terkenal adalah Warung soto Sinar Pagi di jalan Deli Medan. Warungnya menyajikan soto ayam, soto daging, dan soto paru. Cita rasa sotonya menurut saya otentik sekali khas Medan, dengan bumbu rempah yang gurih dan sedikit manis. Kemudian ada lagi warung soto udang kesawan yang terletak di jalan Kesawan. Kata teman saya warung ini sudah lama berdiri sama seperti Soto Sinar Pagi, sudah punya pelanggannya sendiri dan terkadang bisa mengantri tempatnya berjam-jam.
Soto Medan ini juga dijual di sekitaran rumah warga yang menjual sarapan pagi meskipun rasanya tidak senikmat warung soto medan yang tersohor itu.

Harga makanan : Rp 15.000 - Rp 25.000

Baca Juga : Nikmatnya sirup kietna somboy

5. Roti canai

Sumber : Nasibriyaniatta IG

Sering disebut juga roti maryam atau roti prata. Konon katanya roti canai/cane dijual sebagai penganan di kota Medan seiring dengan berkembangnya populasi warga keturunan India keling di kota Medan. Roti ini berbentuk bulat pipih dan dimasak dengan mentega hingga sedikit garing. Menu sarapan pagi khas India ini biasanya disajikan dengan kuah kari kambing, gula atau selai. Tidak sah menurut saya sih kalau yang jual bukan orang india keling, karena biasanya rasanya pun pasti agak berbeda hehe. Tempat jual roti canai yang terkenal berada di sepanjang kampung keling, jalan Teuku Cik ditiro dan jalan Muara takus. Selain di sana juga ada di jalan Pinang baris Medan dan tempat lainnya.

Harga makanan : Rp 5.000 - Rp 10.000

Nah daftar makanan di atas bisa jadi rekomendasi ketika kamu lagi liburan atau dinas di kota Medan. Tinggal ketik saja nama makanan ini di google maps pasti banyak bertebaran deh nama tempat sarapan pagi top markotop yang bakal tampil.

***


11 komentar:

  1. Penasaran sama mie balapnya saya, hehe... sebab saya paling suka dengan lontong balap surabaya, kira-kira ada kesamaan ga ya dari sisi rasa, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mas lontong balapnya, yg ini mie balap isiannya sederhana aja

      Hapus
  2. Aduh soto medan menggoda sekali. Apalagi ditambah sambal sama jeruk nipis. Duh... ngiler.

    BalasHapus
  3. penasaran banget sama mie balap. kelihatannya wenak, pedes-pedes gitu.
    cuma ada di medan doang ya mba?

    BalasHapus
  4. lihat pot-potonya jadi laper ni bu' hahaha
    *jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    BalasHapus
  5. Duh kayaknya enak semua. Belum pernah nyoba menu diatas. Tapi kalau roti canai/Maryam sering sih.

    BalasHapus
  6. Roti canai tuh cmn malam adanya kalo di Bukittinggi

    BalasHapus
  7. Soto medan asyik tuh mba, pagi2 sarapan soto kayaknya asyik dan kenyang banget tuh.
    Jadi ngiler deh.
    Roti canai dan nasi gurih juga enak :)

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.