Tips Konsisten Menulis Blog

14 September
tips konsisten mengisi blog

Hai gaes, apa kabarnya nih? Mudah2an tidak bosan ya baca postingan di blog saya.
Oya kali ini saya mau bagi-bagi tips tentang blog nih.

Dulu sebelum blog ini menggunakan TLD (Top Level Domain) alias gratisan saya menulis blog suka-suka hati. Kalau ada buku atau makanan yang ingin saya referensikan ya saya taruh saja di blog. Tujuan nya agar saya tidak lupa bahwa saya pernah merasakannya. Syukur-syukur ada yang pernah membacanya dan menjadikan postingan saya sebagai pedoman.

Tapi ternyata memang artikel saya dibutuhkan. Karena memang artikel tersebut sedang dicari orang.
Nah hal ini kadang yang membuat semangat dan saya konversikan blog saya dari gratis menjadi TLD agar lebih diseriuskan.

Tapi semenjak menjadi TLD saya malah terkadang bingung mau menulis apa, karena sudah pasti blog yg ber-TLD ini sudah mulai dilirik orang dan saya tidak ingin menulisnya dengan asal-asalan. Tapi kalai begitu nantinya blog menjadi jarang diisi karena harus menyesuaikan dengan niche blog. Namun seharusnya kan tidak begitu. Blog yang bagus sebaiknya diupdate setidaknya seminggu sekali. Agar tidak ditinggalkan pembacanya.

Baca Juga : Mengapa pageviews itu penting?

1. Mengingat awal tujuan menulis blog

Karena sudah terbiasa menulis, dari yang awalnya hanya menulis topik biasa saja, lalu meningkat dengan menulis topik yang sesuai niche, dilanjutnya dengan menulis pesan sponsor maka terkadang perasaan untuk malas menulis hal yang tidak memberikan manfaat terlebih untuk pemasukan.

Segera jauh-jauh dari pemikiran itu. Ingat kembali tujuan awal menulis blog. Kalau saya tujuan menulis blog adalah untuk berbagi. Maka walaupun saya sedang tidak menulis tulisan pesan sponsor. Sebisa mungkin saya tulis pengalaman saya yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Jangan dipaksakan untuk menulis tentang wisata padahal sedang tidak ada bujet berjalan-jalan kecuali niche blognya traveling blogger :)

Baca Juga : 5 Aplikasi foto editor untuk blog

2. Tidak perlu perfeksionis dalam menulis

Nulis ya nulis saja begitu kata orang bilang. Kalau tidak dimulai menulisnya di blog, kapan lagi. Suka gemas sama teman yang sudah mempersiapkan blognya matang-matang sampai buat domain sendiri tapi blognya sendiri tidak diisi. Alasannya belum menemukan topik yang pas untuk postingan. Seperti kata almarhum Bob Sadino , "Bisnis yang bagus adalah yang dibuka, bukan ditanyakan terus!"Quotes ini masih agak nyambung dengan menulis di blog, kalau blog yang bagus itu ya harus dibuka blognya terus diisi, bukan ditanyakan terus mana yang bagus topiknya atau templatenya atau widgetnya atau SSLnya atau apalah.

Dengan begitu postingan akan  bertambah kalau kita terus mengisinya. Tidak perlu sempurna untuk membangun dan mengisi blog. Tulis apa yang ingin ditulis. Ide menulis blog bisa dari mana saja. Beli domain blog lama yang bernilai tinggi kalau tidak pernah diisi lambat laun nilai domainnya akan turun juga.

ide untuk menulis blog
Ide menulis blog bisa dari mana saja

3. Manajemen waktu yang baik untuk menulis

Terus terang hal yang ini juga selalu menjadi kendala buat saya dalam menulis blog. Selain urusan tulis menulis, kerjaan domestik pun harus diselesaikan dulu. Setelah semuanya beres baru deh mulai menulis. Tapi kenyataannya pas mau nulis ada aja godaanya, mau lihat sosmed lah, mau lihat youtube lah, kepoin blog orang lah, hihi sepertinya ada yang merasa nih :D

Untuk itu setiap orang mungkin manajemennya berbeda-beda, ada yang baru bisa menulis dini hari setelah anak tidur, ada yang bisa menulis setelah pulang kerja pada jam 8-9 malam, bahkan ada yang bisa menulis pas akhir minggu saja karena sibuk dengan aktivitas di luar. Pilih waktu yang sesuai dengan kondisi untuk menulis dan tetapkan agar tidak lupa.

Baca Juga : Menjemput impian menjadi narablog

4. Menantang diri untuk selalu menulis

Salah satu cara menantang diri adalah dengan mengikuti program odop (one day one post), atau post setiap 2 hari sekali atau setidaknya seminggu sekali (1 minggu 1 cerita). Selain itu bisa juga menantang diri untuk mengikuti lomba menulis. Lomba menulis untuk blogger kian hari kian bertambah. Banyak sekali wadah lomba yang dibuat untuk blogger dalam mengasah dan memperkaya ilmu pengetahuan yang dimiliki. Sekarang tinggal kita sebagai blogger mau mengikuti tantangannya apa tidak. Tujuannya kan agar kita rajin menulis :)

5. Jangan berpuas diri, carilah blogger panutan

Ini juga yang selalu saya lakukan selalu mencari blogger panutan buat dijadikan penyemangat saya dalam menulis. Tiap bulannya bisa saja blogger panutan saya berbeda-beda. Kalau bulan lalu blogger panutan saya adalah blogger senior yang rajin sekali menulis, baik untuk organik post maupun sponsor post.

Saya pelajari apa yang membuat blognya menarik, apa yang membuat blognya selalu ramai. Cara penyampaiannya , juga tentu saja semangat menulisnya yang patut saya tiru agar semangat saya tidak padam dalam menulis. Tapi bisa saja bulan ini blogger panutan saya adalah blognya seorang teman yang rajin menulis dan rajin mengikuti blog walking setiap minggu atau setiap bulannya. Ini sebagai penyemangat saya juga agar saya tidak tertinggal jauh darinya, dengan begini kan lumayan DA (Domain Authority) pun ikut merangkak naik.

Penyemangat itu perlu agar kita tidak berpuas diri dalam menulis. Kian hari makin banyak saja tantangannya dalam menjadi blogger. Tapi kembali pada diri sendiri mau diseriuskan untuk ngeblog, hanya sekedar hobi saja , atau tidak ingin ngoyo atau tidak ingin terburu nafsu,  itu semua terserah saja sih pada keinginan masing-masing :)

***

4 komentar:

  1. No. 2 dilema buat saya di blog yg serius. Karena bermuatan ilmiah jadinya referensi harus valid. Nah kadang karena kelamaan nyari referensi malah gak jadi2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah resiko ya mas blognya ilmiah jadi harus benar2 valid beritanya. Mungkin cocoknya utk blog berniche personal atau lifestyle gak perlu perfect dl bercerita hihi

      Hapus
  2. Pengennya sih menerapkan ODOP, tapi kadang gak kekejar, apalagi kalo di kantor lagi banyak kerjaan. Malah blog jadi agak terbengkalai, gak update bisa 6 hari, Nasib blogger separuh waktu, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mas yg penting setiap bulan blognya diupdate

      Hapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.