Udemy : Kursus online yang berkualitas dan terjangkau

16 September
udemy kursus online yang berkualitas dan terjangkau

Sejak zaman kuliah dulu saya suka sekali mengikuti kursus untuk menambah skill yang belum saya punya. Khususnya kursus di bidang komputer. Sebelum memasuki dunia kerja, skill yang dibutuhkan pada umumnya waktu itu adalah Microsoft office : word, excel dan power point. 3 bidang ini adalah primadonanya kursus komputer pada waktu itu. Tempat kursusnya sudah pasti tempat kursus yang primadona juga karena sertifikatnya sudah pasti terjamin untuk bahan pertimbangan melamar pekerjaan. Tidak perduli macet di jalan, jauh dari rumah dan harus berganti-ganti angkot untuk datang ke tempat kursus setiap 2 kali dalam sepekan.

Itu dulu sebelum menikah, belum ada beban dan tanggung jawab yang lain. Sekarang untuk melangkah ke luar rumah saja sulit buat minta izin sama si kecil. Bisa-bisa dicemberutin kalau ketahuan keluar rumah deh. Padahal saya ingin juga menimba ilmu lagi di luar ilmu yang saya dapatkan selain lewat WAG atau grup telegram. Khususnya segala sesuatu tentang blogging dan mengedit gambar untuk blog, infografis dan belajar buat layoutnya. Siapa tahu kalau belajar lagi saya bisa menguasai bidang tersebut.

Saya teringat waktu masih kuliah mempunyai blog personal dan sering berinteraksi dengan teman-teman dunia maya dari belahan benua lain yang kebetulan hobinya sama. Masing-masing mempunyai blog personal, pada mereka yang sudah ahli akan saling berbagi informasi tentang cara mengedit layout blog agar tampak cantik. Bersama-sama saya ikut mempelajari secara otodidak membuat layout blog dengan menggunakan software Microsoft Frontpage, Adobe Photoshop dan juga Corel Draw melalui tutorial langkah yang telah diberikan. Cuma karena tidak diseriuskan belajarnya akhirnya saya hanya mencomot layout blog yang secara sukarela mereka bagikan. Sayang sekali ilmu gratis tersebut akhirnya saya lewatkan dan akhirnya terlupakan seiring berjalannya waktu.

Mendaftar kursus online di Udemy


Niat dalam hati suatu saat saya ingin belajar lagi, kalau bisa secara online saja belajarnya agar waktu buat keluarga tidak terabaikan. Sampai suatu hari saya melihat ada iklan di laman google ketika saya iseng mengetik kursus online yang bagus. Nama Udemy berada pada urutan paling atas laman pertama pencarian Google. Karena penasaran saya pun mencari tahu tentang kursus online ini juga isi kursus di dalamnya.

Udemy.com is an online learning platform. It is aimed at professional adults who want to add new skills to their resumes, or explore their passions.
Udemy berdiri di tahun 2010 oleh founder-nya Eren Bali, Oktay Caglar dan Gagan Biyani.
dari yang awalnya hanya virtual classroom, Udemy lalu bertransformasi menjadi kelas belajar online terbesar dengan mencapai jumlah 30 juta murid di seluruh dunia dan 50 ribu instruktur kursus ke dalam 60 bahasa yang telah tersedia.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, tidak berapa lama ada tawaran dari teman untuk mengikuti kursus online di Udemy.com dengan harga yang murah. Segera saja saya ambil kursus yang ingin saya pelajari. Ya, apalagi kalau tidak Corel Draw dan Photoshop. Kalau buat profesi desainer grafis ini bidang yang mutlak dipelajari sebelum bidang lainnya. Belajar otodidak terkadang membuat kita tidak pintar yang ada malah jalan di tempat. Saya butuh praktik dalam bentuk videonya agar saya mudah mempelajarinya.
di Udemy rata-rata kursus menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya, tapi tenang saja ada juga terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Sekarang juga banyak yang menggunakan bahasa Indonesia untuk bahasa pengantarnya karena memang ditujukan untuk murid lokal.

Baca Juga : Pekerjaan paling laris di dunia maya

Memilih kursus desain grafis

Ada 2 cara untuk menggunakan kursus online Udemy ini. Yaitu dengan menggunakan browser atau aplikasi. Jika ingin menonton videonya di laptop/ komputer cukup dengan menggunakan browser saja.
Tapi jika ingin lebih simpel, maka cukup instal aplikasi Udemy dalam smartphone. Lalu tonton videonya melalui aplikasi tersebut.

Langkah pertama untuk mengikuti kursus adalah tentu saja saya harus sign up dahulu, daftarkan email yang aktif lalu kemudian pilih kursus yang ingin diikuti dan klik daftar sekarang (enroll) .
Kursus yang saya pilih adalah kursus Belajar desain grafis dengan tim pengajar dari Jubilee Enterprise.

Overview 
Skill level : Beginner Level
Language : Indonesian
Lectures : 12 steps
Video duration : 10 hours

Kebetulan kursus ini menggunakan bahasa Indonesia jadi akan lebih mudah mempelajarinya.
Durasi waktu belajar kurang lebih 10 jam dan dalam bentuk video pembelajaran.
Bidang desain grafis untuk pemula ini antara lain adalah menggambar dengan menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop. Pembagian waktu untuk keduanya masing-masing 5 jam waktu belajar.
Sedangkan persiapan bagi murid adalah software Corel Draw dan Adobe Photoshop (baik terbitan lama atau yang baru) di dalam laptop/komputer.

kursus desain grafis pemula di udemy
Kursus yang saya ikuti di Udemy
belajar desain grafis Corel Draw

Konten video pembelajaran desain grafis untuk pemula yang saya pelajari, meliputi :
- Bagian 1 : Dasar-dasar menggambar menggunakan Corel Draw
- Bagian 2 : Menggambar desain yang lebih rumit menggunakan Corel Draw
- Bagian 3 : Desain logo dengan Corel Draw
- Bagian 4 : Desain grafis dengan Photoshop

Video pembelajarannya mudah dicerna, walaupun ada sebagian video yang tidak memiliki suara selama beberapa menit. Itu tidak menjadi persoalan karena petunjuknya sudah jelas dan lengkap dari awal pelajaran.

Berikut adalah contoh Tutorial Desain kado dengan Corel Draw yang saya pelajari dari kursus :
Sumber : desain grafis pemula
Udemy

1. Sesuai petunjuk buat 1 lingkaran berbentuk elips, duplikatkan ke dalam 3 lingkaran lagi, sehingga menjadi 4 lingkaran. Letakkan ke 4 lingkaran elips dalam tempat yang berbeda.

2. Buat garis lurus antara masing-masing lingkaran, satu berukuran 5 cm satu lafi berukuran 10 cm, sehingga membentuk sebuah kotak tabung 3 dimensi.

3. Beri gambar pita pada kotak yang lebih besar, pita digambar menggunakan lengkungan dengan dibantu tool dalam corel draw. Beri warna merah pada pita yang telah jadi.

4. Pada tutup kotak beri sentuhan pita kecil dengan cara menggambar bidang kerucut yang berposisi terbalik. Beri warna kemudian duplikatkan ke dalam 5 buah kerucut. Beri sedikit warna gradasi merah putih agar sesuai dengan warna pita.

5. Agar tampak semarak, beri gambar hati dalam jumlah banyak pada kotak tabung. Warnai dengan warna yang berbeda-beda.

6. Kado berbentuk kotak tabung pita merah selesai dibuat. Menggambar desain kado menurut saya susah2 gampang, tapi kalau mengikuti instruksinya lebih detil maka akan terasa mudah.

Pada video yang telah selesai saya tonton adalah video yang diberi tanda centang biru di sisi kiri tulisannya. Sedangkan pada video yang belum selesai warna judul tulisan berwarna merah. Jika video pembelajaran hampir selesai 90% maka akan diberikan sertifikat kelulusan (certificate of completion) dari Udemy. Semudah itu, belajar jadi terasa menyenangkan :)

Pembayaran kursus yang mudah

Kursus online di Udemy memang memudahkan. Mulai dari daftar email user, enroll kursus sampai urusan pembayaran. Sebelum memulai kursus, pembayaran harus terlebih dahulu dilakukan agar bisa membuka kursus yang diinginkan. Kecuali kursus tersebut Gratis atau mendapatkan kupon/voucher dari instansi yang bekerja sama dengan Udemy.

Awalnya saya kira pembayaran hanya melalui cc (kartu kredit) saja, tentu hal ini akan menyulitkan bagi pendaftar (murid) asal Indonesia yang jarang menggunakan kartu kredit. Tapi sekarang tidak lagi beragam metode pembayaran bahkan bisa dilakukan dari smartphone saja.

Ada beberapa metode pembayaran pada kursus Udemy , yaitu dengan membayar melalui browser pada laptop atau dengan aplikasi pada smartphone.
Pada browser membayar kursus bisa melalui :
- Bank Transfer
- Bayar via Alfamart
- Bayar via Indomaret
- Dokuwallet
- PayPal

metode pembayaran udemy di browser
Pembayaran melalui browser

Sedangkan jika ingin membayar melalui aplikasi Udemy di smartphone terdapat perbedaan pembayaran, yaitu melalui :
-  Pulsa telepon prabayar atau pasca bayar
-  Kartu debit atau kartu kredit
-  Saldo GoPay
-  Menukarkan kode kupon
-  Saldo Google Play

metode pembayaran kursus via aplikasi udemy
Pembayaran melalui aplikasi udemy

Pada penggunaaan saldo GoPay atau Google Play dengan mudah saldo bisa diisi melalui minimarket terdekat dengan rumah. Jadi kemudahan untuk membayar terasa sekali. Tidak ada deh istilahnya repot dalam pembayaran.

Keuntungan kursus online di Udemy


Mengikuti kursus online di Udemy menurut saya memberikan banyak manfaat, walau pun saya baru sebentar mencicipinya. Adapun kelebihannya antara lain :

  • Waktu kursus fleksibel bisa dipelajari kapan dan di mana saja. Bisa dipelajari baik lewat smartphone, tab, laptop mau pun komputer
  • Akses belajar yang bisa dipelajari kapan saja seumur hidup (lifetime access) asal selalu diingat email dan sandinya :). Materi kursus dapat diunduh, disimpan dan diputar kapan saja.
  • Pilihan kursus yang bervariasi. Ada banyak pilihan kursus yang ditawarkan dan diupdate secara berkala dalam situsnya. Mulai dari kursus komputer, menulis, blog, investasi, dll. Ada kursus yang berbahasa inggris dengan pilihan terjemahan ke berbagai bahasa. Juga ada kursus yang berbahasa indonesia. Materi kursus dan instruktur yang ada di kursus Udemy sudah terjamin kualitasnya.
  • Harga kursus yang terjangkau. Setiap beberapa hari sekali harga berubah sesuai harga diskon yang diberikan. Kadang kala ada kursus yang diberikan secara gratis, oleh karena itu harus jeli agar bisa mendapatkannya tanpa harus membayar
  • Peserta/murid akan mendapatkan sertifikat kelulusan (certificate of completion) apabila telah menyelesaikan 90% video pembelajaran.
kursus desain grafis di udemy
kursus yang diikuti penulis

Ada beberapa kursus yang saya ikuti juga selain kursus desain grafis untuk pemula, antara lain kursus menulis secret sauce of great writing dan creative writing & storytelling. Keduanya secara gratis saya dapatkan.

Oiya, untuk tingkat mahir pada kelas desain grafis yang menggunakan Photoshop, saya merekomendasikan untuk mengikuti kelas Illustrator CC 2019 Masterclass : Master Adobe Illustrator CC with this-in depth training for all levels.
Dengan instruktur kursus Mr. Martin Perhiniak. Instruktur berpengalaman yang sudah memiliki 75 ribu murid di kursus Udemy dan ratingnya 4,6/5. Jumlah murid yang banyak dan rating yang bagus adalah salah satu indikator bahwa kursus dan instrukturnya well recomended untuk diikuti.

Kursus online di Udemy saya rekomendasikan bagi kamu yang ingin meng-upgrade ilmu untuk masa depan dan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda daripada sebelumnya dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang sangat baik. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri dan pilih kursus yang kamu minati ya :)





47 komentar:

  1. Aku pgn belajar desain grafis,, tapi lebih ke ngegambar manualnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren itu mas, saya mah gak pinter gambar manual

      Hapus
  2. Wah keren nih, online design graphics.

    BalasHapus
  3. Eh bisa pake doku juga buat bayarnya ya... Mumpung ada saldo gak kepake hehee

    BalasHapus
  4. Saya varu tahu tentang Udemy, namanya unik. Artinya you academy? Selamat bisa ikut kursus, saya mana bisa ikutan meski pengen karena ilmu blog juga butuh bimbingan, sayangnya sikon gak memungkinkan. Sibuk kelas berat sampai sulit istirahat.
    Desain grafis adalah hal yang harus kita kuasai agar bisa mandiri dalam hal mendesain blog. Gak sia-sia belajar karena akan ada ilmu yang diperoleh secara bermanfaat banyak.

    BalasHapus
  5. Wih sudah pakai udemy ya mbak, saya baru tertarik kemarin gara-gara nemu iklan paket buat belajar bahasa di udemy terus bingung ini bayarnya lewat apa, ternyata bisa lewat indomaret juga :D

    BalasHapus
  6. Oh no, kok aku tertarik juga ikut kursusnya kk. Terutama desain grafis untuk pemula, karena memang itu sejalan dengan kegiatan blogger kita ya. Biar bisa bikin gambar sendiri.

    BalasHapus
  7. Wawaaa dulu dikit kali yg tau udemy. Bahkan saya tau stlh dikasi tugas dikerjaan dibandingin platform ruangguru sm ini. Eh eh skrg makin bagus ajaaa ya dia. Jd lbh mudah jg digunakan hehe thanks for sharing kak. Btw udh pernah ikut kelasnya?

    BalasHapus
  8. Jadi pengen tau lebih tentang udemy. Kalo mau belajar tentang blog writing bisa juga kali ya kak Id. Makasi infonya kakak...

    BalasHapus
  9. Saya ikut kursus ol udah beberapa kali. Tp kl Udemy ini blm pernah sih. Btw mmg sih gak perlu ninggalin si kecil, tp saya parno kl liat mata anak minta waktu ibunya asik online melulu, huhuu. Pinginnya one day kl anak² udah mandiri br belajar betul², ah entahlah... Selama ni smua-muanya dikerjain sambil jalan. Ups curcol nih yaa... Tfs Id, mantul tulisannya.

    BalasHapus
  10. Saya kalo desain grafis agak manja kak.. hahaha, gak mau dibilang gaptek. Maunya harus ada orangnya langsung biar semakin ngerti.
    Tapi dengan biaya lumayan terjangkau patut dicoba ya udemy ini.

    BalasHapus
  11. Asyik nih UDEMY
    Bisa diikuti siapa aja, kapan aja dgn biaya terjangkau ya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  12. Gak perlu susah payah ke tempat kursus biasa yah. Dan belum tentu ada di dekat kita.
    Saya pernah ngikut kursus onlen english. Lumayanlah nambah ilmu hehe

    BalasHapus
  13. Kalau banyak pilihan untuk kursus online begini asyiiik yaaa.. aku pengen ceeek aaah

    BalasHapus
  14. Aku baru baca juga di postingan lain tentang udemy dan takjub disini bahas kursus online desain grafis nya, benar-benar lengkap

    BalasHapus
  15. Wah terima kasih banget infonya. Desain grafis memang sangat dibutuhkan sekarang ini utk pekerja digital

    BalasHapus
  16. Wah, untuk emak-emak yang susah keluar rumah seperti kita emang butuh banget lho kursus online kayak gini yah mbak. Apalagi desain grafis, wah super berfaedah banget sih. Mau lihat-lihat dulu ah ke Udemy.

    BalasHapus
  17. Enak dong ya kursus online di sini. Mudah, fleksibel dan yang pastinya bermanfaat

    BalasHapus
  18. Wah pingin cobain juga Udemy, paling suka kalau belajar lalu bisa keluarin sertifikat. Jadi bisa referensi buatvlangkah berikutnya��

    BalasHapus
  19. Wah,,, keren banget bisa belajar desain grafis secara online.
    Jadi ikutan penasaran dengan Udemy ini, sepertinya banyak pilihannya juga ya, mba.

    BalasHapus
  20. Wah pantesan blog kaka designnya bagus ya kk. Terus baru tau juga ada kursus yg gek gitu di platformnya. Tak kirain hanya ruangg*** doang kak. Itu pun utk anak sekolah.
    Makasi kak infonya. Langsung tak screencapture

    BalasHapus
  21. Belum pernah kursus online sih mba penasaran nih sama corel dulu belajar pas sma aja sih bari ga bisa juga hahaha

    BalasHapus
  22. Kita memang harus terus up grade kemampuan kita ya, terus belajar.
    Kalau memang gak bisa keluar rumah memang lebih baik online aja

    BalasHapus
  23. Ya ampun! Baru tahu kita bisa Belajar desain grafis secara online gini. Kukira yang ada hanya kursus bahasa. Aku dulu belajar corel, photoshop secara otodidak. Sekarang malah lupa karena udah jarang pake

    BalasHapus
  24. Waah...pemilihan cara pembayarannya ada banyak macamnya yaa..
    Jadi pengin ikutan belajar jugaa...

    Dan yang terpenting diajarin bener step by stepnya.
    Soalnya kalau bahasa tulisan, kadang suka bingung. Pakai video lebih memudahkan...

    BalasHapus
  25. Pengen banget daftar. Baru ingat ingin belajar coreldraw dan photoshop soalnya banyak ilmu desain grafis yang belum saya bisa sama sekali.

    BalasHapus
  26. Sepertinya saya harus coba belajar di Udemy juga, gak bisa desain apa pun padahal kegiatan blogging butuh ilmu tambahan agar tampilan blog cakep. Mbak Iid keren sudah ikutan. Saya jadi pengen kalau ada dananya. Semoga saja ada, ya. Tapi lupa, nih. Netbook saya ternyata tidak menunjang untuk belajar karena sudah uzur dan aplikasinya kerap hang. Semoga ada rezeki untuk beli laptop baru.

    BalasHapus
  27. Aku jadi pengen belajar online nih mba. Soalnya biar bisa menyempatkan buat belajar online nambah ilmu uya mba. Kalau harus hadir di kelas, kuatir nggak cukup waktu

    BalasHapus
  28. Zaman sekarang makin banyak ya kursus online. Ini kyk memfasilitasi org2 yang sibuk bekerja, gak ada waktu, tp masih pengen mengembangkan hobi dan pengen punya skill tertentu TFS

    BalasHapus
  29. Duh, baca-baca tentang Udemy bikin penasaran. Jadi kepengen tahu ada kursus online apa aja di sana. Kepengen deh nambah skill baru. Biar gak cepet tua dan gak kudet. Segera ke tekape aaaaaah...

    BalasHapus
  30. Mau banget kursus online di Udemy ini mbak, apalagi bisa belajar desain yang menambah pengetahuan untuk mempercantik konten.

    BalasHapus
  31. Senang Mbak pasti kalau bisa kursus online
    Apalagi bisa nambah ilmu soal blog
    Saya sendiri pengen nanti pasca lahiran mau fokus biar expert

    BalasHapus
  32. Jadi dimana pun kita bisa ambil kursus seuai yang kita ingin kan ya,, praktis banget nih ga perlu keluar rumah.

    BalasHapus
  33. Wah ad aplikasi nya jg yah Udemy td aq pikir cma bsa di Web, q jg pengen nih kak kursus belajar infografis cz pntg bgt punya skill itu sebagai Blogger

    BalasHapus
  34. Wuahhh asik banget nih belajar online pake udemy. Jadi penasaran nih buat nyobain sendiri <3

    BalasHapus
  35. Udemy keren bisa online juga
    Yang jauh dimato aman ya bisa tetep belajar banyak hal dari Udemy. Mau kenalin ke suami ahhh

    BalasHapus
  36. Dengan adanya Udemy, siapa saja bisa belajar dengan mudah ya Mak, tanpa harsu keluar rumah. Mantap.

    BalasHapus
  37. aku udah daftar mbak. Tapi baru sempet belajar 1 modul aja hehehe.

    BalasHapus
  38. Keren ya, Udemy. Lengkap pilihan materinya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  39. Wahhh ada ya kursus desain grafis online. Indonesia pula. Saya udah lama nyari nyari ini nih. Bookmark dulu infonya. Makasih banyak yaaa kak. Keren infonya

    BalasHapus
  40. Harga kursusnya tidak terlalu mahal juga ya, mbak. Aku jadi penasaran, apa lagi ini kursusnya online. Jadi bisa lebih maksimal juga. Terima kasih informasinya, mbak :)

    BalasHapus
  41. Ya kakak jaman online sekarang ini, belajar gak harus hadir di ruangan secara fisik, secara online juga bisa dan kalah efektif dengan yang offline

    BalasHapus
  42. Ajarin kak Id
    Praktekkan ilmunya ke Una hahhaha
    Ajarin buat info grafis buat mempercantik artikel di blog

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah skarang mah udah erba gampang ya kak, jadi ga ada alasan lagi buat ga belajaar

    BalasHapus
  44. Ini rekomendasi banget untuk teman aku, dia lagi nyari kursus untuk design grafis pemula

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.