USB OTG SanDisk Backup Data Jadi Terasa Mudah

21 September
usb otg sandisk backup data terasa mudah

Pernah tidak merasa menyesal sekali hapus foto di smartphone mu karena memori data tidak muat lagi? Mau simpan ke laptop atau komputer eh sedang error tidak bisa dibuka. Seperti foto pernikahan, foto milestone perkembangan anak atau foto sedang mudik ke kampung halaman. Kalau harus dihapus foto-foto tersebut, tanpa sempat di backup kan nyesek :(

Saya pernah mengalami di posisi ini, punya smartphone yang kapastitas memorinya tidak begitu banyak karena smartphonenya tipe middle end. Saya lebih mengutamakan hasil foto yang cakep dan ada efek bokehnya. Karena memang  tipe hpnya mementingkan fitur itu saja. Mau membeli tipe smartphone yang bisa semuanya tentu saya harus mengeluarkan dana lebih banyak lagi.

Sekarang saya menyadari pentingnya proses backup memori. Entah itu disimpan dalam laptop, ataupun disimpan dalam google drive. Hal ini saya jadikan kebiasaan ketika banyak menggunakan kamera entah itu foto atau video. Sebelum memori penuh, sesempat mungkin saya salin dulu data di memori smartphone ke tempat yang lebih aman sebelum saya benar-benar menghapusnya.

Meski smartphone saya sudah terbebas untuk sementara dari memori yang penuh, saya masih belum puas kalau belum menemukan solusi yang terbaik buat menyimpan data sebelum berpindah ke laptop. Saya butuh sebuah perangkat mobile storage yang bisa menyimpan data dari smartphone ke laptop tanpa perlu kabel data dan juga bisa di bawa ke mana-mana.

Baca Juga : Udemy kursus online yang berkualitas dan terjangkau

Setelah searching di google akhirnya saya dapatkan jawabannya yaitu USB flasdisk bertipe OTG (OnTheGo) yang praktis bisa dibawa ke mana aja, tanpa harus bawa laptop sebagai tempat mengelola data dari smartphone. Western Digital Corp, melalui brand naungannya SanDisk mengeluarkan USB tipe terbaru untuk mengatasi masalah backup data smartphone.

Kebiasaan masyarakat dalam mengelola dan menyimpan data

hasil survei penggunaan backup data pada smartphone
Sumber : western digital

SanDisk paham benar dengan kebiasaan masyarakat akan masalah mengelola dan menyimpan data.
Berdasarkan hasil survei SanDisk pada penggunaan smartphone di Indonesia melalui DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp, ditemukan bahwa :

- 97% responden mengandalkan smartphone secara penuh sebagai gawai utama dalam hidup sehari-hari.
- 93% responden menggunakan fitur mengambil gambar lebih banyak daripada penggunaan fitur lainnya pada smartphone
- 98% responden menggunakan data terbanyak berasal dari foto, dibanding video, musik, aplikasi dan dokumen yang jumlahnya terbilang kecil.

Sedangkan dari segi memori yang digunakan di Indonesia, ditemukan bahwa:

- 30% mayoritas pengguna smartphone  memiliki kapasitas memori didalamnya sebanyak 16GB. Sedang memori sebanyak 32GB hanya dimiliki 26% pengguna.
- Maka dari itu karena banyaknya fitur yang digunakan, terutama foto, video dan aplikasi, maka 49% responden hanya memiliki sisa memori 1-3GB di dalam smartphonenya.

Melihat hal tersebut, kebiasaan masyarakat dalam mengelola dan menyimpan data, menunjukkan bahwa :

- 80% responden sudah menyadari akan pentingnya backup data.
Karena 67% pengguna smartphone di Indonesia pernah mengalami kehilangan data. Namun hanya sepertiganya saja yang rajin backup data setiap bulannya.
- Alasan utama mereka melakulan backup data adalah untuk menghemat memori sebanyak 51% , sisanya karena notifikasi penuh, malfungsi pada smartphone ataupun data kena virus sehingga data menjadi hilang.

Solusi SanDisk USB OTG bagi pengguna smartphone

Untuk menjawab hasil survei di atas , SanDisk mengeluarkan 2 jenis USB OTG terbaru, yang masing-masing mempunyai fungsi yang sama pada tipe smartphone yang berbeda-beda. USB OTG tersebut di antaranya SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drive.

SanDisk Dual Drive digunakan untuk tipe smartphone android. Ada 2 jenis SanDisk  Dual Drive yakni SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 (micro USB & USB 3.0 connectors) , dan SanDisk Dual Drive Tipe-C ( USB Tipe-C & USB 3.1 connectors). Sedangkan iXpand® Flash Drive digunakan untuk smartphone iPhone. Karena smartphone saya keluaran tahun 2018 dan android, maka pilihan yang tepat untuk smartphone saya adalah SanDisk Dual Drive m3.0.

sandisk dual drive m30
SanDisk Ultra Dual Drive m3.0
sandisk dual drive for tipe c connector
Sandisk Ultra Dual Drive tipe-C
sandisk ixpand flash drive iphone
Sandisk iXpand Flash Drive for iPhone

Soal kecepatan transfer jangan ditanya. SanDisk sudah memakai teknologi USB Connector tipe 3.0 dan 3.1 pada mobile storagenya. Kecepatan dan kemampuan transfernya hingga 150MB/detik. Jadi transfer foto dan video dalam ukuran besar tidak butuh waktu yang lama lagi.

1. Penggunaan yang praktis

Adanya perangkat mobile storage USB OTG SanDisk yang praktis ini membuat saya tidak perlu pusing lagi untuk memindahkan foto dan video yang banyak ketika saya tidak sempat memakai laptop/komputer. Plug & Play nya begitu mudah dijalankan. Pada SanDisk Dual Drive dapat menginstal aplikasi SanDisk Memory Zone dalam smartphone. Fungsinya dapat mem-backup foto dan video secara cepat dari satu smartphone ke smartphone lain atau perangkat lain. Bahkan bisa mem-backup secara otomatis untuk file-file yang sangat dibutuhkan setiap kali USB OTG dihubungkan pada smartphone.

2. Backup untuk konten media sosial

USB OTG SanDisk melalui aplikasi SanDisk memory zone, dapat membackup konten berupa foto dan video dari media sosial melalui aplikasi SanDisk memory zone untuk dipindahkan ke smartphone lainnya tanpa harus kehilangan data dan semua foto yang ditag oleh orang terdekat.

3. Tidak perlu koneksi internet

USB OTG SanDisk dapat digunakan di mana saja, seperti saat mudik ke kampung dan tak ingin membawa laptop karena berat. Koleksi foto dan video yang banyak di dalam memori smartphone dapat dengan mudah berpindah ke USB OTG SanDisk tanpa menggunakan akses internet sama sekali. Jadi tidak perlu galau kalau mau foto buat kenang-kenangan di kampung, gak ada deh yang namanya #DibuangSayang :) semua dokumentasi akan tersimpan dengan baik.

Banyak manfaat lain dari solusi USB OTG SanDisk ini seperti dapat menonton video yang tersimpan melalui smartphone atau dari televisi yang memiliki colokan USB dan juga dapat memutar musik mp3.

Sandisk Dual Drive m3.0 pada smartphone
Sumber : dok. arinamabruroh

SanDisk bisa di dapatkan di mana?

SanDisk Dual Drive dan SanDisk iXpand® Flash Drive dapat dengan mudah didapatkan di gerai toko buku, toko aksesoris komputer dan toko resminya. Jika tidak sempat kemana-mana, kamu bisa mendapatkan SanDisk di Official Store SanDisk pada situs belanja online yang terpercaya.
Pilihan data storage mulai dari 16GB - 256 GB. Kelebihan membeli SanDisk pada toko resminya baik offline atau online, kamu akan mendapatkan garansi resmi selama 5 tahun. Untuk penjualan wilayah asia pasifik adalah #SanDiskAPAC sesuai dengan nama instagramnya.

Saya kagum sekali dengan manfaat yang diberikan USB OTG SanDisk ini, benar-benar mengerti apa yang saya mau nih, semuanya bisa diatasi sama SanDisk. Sudah harganya terjangkau, desainnya menarik pula. Jadi ingin punya juga kan? :D

* Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba  SanDisk Blog Competition
#OTGSanDisk
#DibuangSayang
#SanDiskAPAC

Foto dan referensi :

www.sandisk.id 
@SanDiskAPAC instagram
Dokumentasi arinamabruroh


25 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya mba SanDisk memang selalu update soal penyimpanan data :)

      Hapus
  2. alat untuk memasukkan perangkat jugadari sand disk? enak ya tinggal nancepin hp dan atau pc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas tinggal colok dengan usb otg sandisk, ga perlu kabel usb otg biasa lagi :)

      Hapus
  3. Punya saya kayaknya cocoknya juga tipe ini SanDisk Dual Drive m3.0.
    Wah Sandisk memang keren, tahu peluang pasar. Jadi ingin beli nih, biar lebih praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, SanDisk memang tau banget apa yg org butuhkan :)

      Hapus
  4. Saya juga pakai sandisk OTG mbak, praktis, tanpa nunggu colok colok ke laptop :D

    BalasHapus
  5. Saya punya pengalaman kehilangan data di smartphone sampai berkali-kali, hal itu tentu menyakitkan. Berhubung sekarang udah kenal SanDisk OTG semoga pengalaman buruk itu tidak terjadi lagi

    BalasHapus
  6. Wah, boleh juga nih. Praktis dan bisa dibawa-bawa. Jadi bisa tenang pas foto-foto untuk dokumentasi kegiatan kantor karena habis itu tinggal dipindahkan kemari.

    BalasHapus
  7. Kecil-kecil gitu, data storagenya gede juga.

    BalasHapus
  8. Penting ini USB OTG Sandisk biar gak drama lg pas smartphone nunjukin kotak dialog memori penuh tidak ada ruangan kosong dan kita terpaksa hapus²in foto deh, huhuu... Tfs yaa Iid

    BalasHapus
  9. kemudahan jaman now ya kak. apalagi pake sandisk. mantappp

    BalasHapus
  10. kemudahan yang haqiqi. nggakk salah kalo ngandalin sandisk untuk back up data

    BalasHapus
  11. Makasi informasi nya ya buuuu bermanfaat sekali buat orang yang punya banyak data kek saiyah

    BalasHapus
  12. Solusi paling praktis ini ya kak id. Secara zaman dulu kalo mau pindahin data ke flash disk butuh lappy. Sekarang kagak dehhh

    BalasHapus
  13. Dengan menggunakan USB OTG SanDisk sangat membantu saya dalam membackup data pada smartphone. Sesuai dengan namanya USB dari SanDisk ini memang ON The Go...

    BalasHapus
  14. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    BalasHapus
  15. Pengen punyaaa ihh,
    Kak id sudah pernah beli offline belum? Beli dimana?
    Bakulan online buat memory cepat full karena gambar buku yang dikirim tiap hari.
    Kudu beli inii

    BalasHapus
  16. Sandisk selalu jadi pilihan nih,
    apalagi klo yang hobi ambil foto sama video,,
    jadi harus punya kapasitas beesar buat backupan ehhehee

    BalasHapus
  17. Aku juga menyadari betul kalau backup data smartphone itu penting, selain dipindahkan ke laptop pun juga di Gdrive mbak

    BalasHapus
  18. Pas x aq lagi butuh FD nih, pastinya yg bersih dr virus, backup data itu perlu bgt yaa,, kalo terjadi hal yg tdk diinginkan tidak khawatir

    BalasHapus
  19. SanDisk bisa jadi solusi banget nih buat ngeback up foto-foto ank-anak yang ada di hp. Soalnya kalau ilang sedihnya minta ampun

    BalasHapus
  20. Wah.. Dah berapa kali saya baca ulasan ini.
    Bikin awak main mupeng..
    Mupeng tingkat tinggi pengen punta juga

    BalasHapus
  21. Ahh.. ini solusi dari hape yg sering minta menghapus file2 foto. Padahal kan sayang. Ntar beli ini juga lah kak Id..

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.