5 Bahan Alami Untuk Mengobati Asam Urat

14 Oktober
5 bahan alami untuk obati asam urat

Saat ini penyakit yang ditimbulkan akibat pola makan yang salah bisa bermacam-macam. Mulai dari penyakit ringan sampai ke yang berat. Mulai dari sakit maag, asam urat, diabetes sampai serangan jantung. Biasanya menyerang pada golongan usia 30 tahun ke atas. Usia 30 tahun ke atas tingkat aktivitas dan metabolisme mulai berkurang. Salah satunya adalah penyakit karena asam urat.

Terjadinya kadar asam urat tinggi akan menimbulkan banyak gejala, salah satu gejala yang paling sering timbul adalah radang sendi asam urat atau yang sering dikenal dengan istilah gout arthritis. Didalam kondisi yang seperti ini maka penderitanya akan membutuhkan obat untuk penyakit tersebut yang dapat diandalkan. Penderita penyakit gout bagian sendinya itu akan merasakan rasa sakit yang luar biasa, dan tidak jarang disertai dengan adanya pembengkakan, serta akan berubahnya sendi menjadi warna kemerahan karena sedang terjadinya proses peradangan.

obesitas penyebab asam urat gout
Obesitas salah satu penyebab asam urat
Pic : freepik

Memang sekarang ini ada banyak pilihan obat untuk penyakit tersebut yang hadir dipasaran baik yang berupa tablet ataupun bubuk ramuan jamu. Tetapi meski begitu jangan sembarangan mengkonsumsi obat, karena jika salah mengkonsumsi obat justru nantinya akan menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan.

Untuk cara amannya bisa dengan menggunakan obat alami atau tradisional seperti dibawah ini :

1. Apple Cider Vinegar

Penyakit ini bisa diobati dengan cuka sari apel, pasalnya bahan alami ini akan membantu berkurangnya rasa sakit akut. Untuk meningkatkan respon anti-inflamasi karena terjadinya peradangan bisa ditambahkan madu. Cara memanfaatkannya adalah campurkan cuka sari apel mentah sebanyak 1 sdt tanpa filter didalam gelas air. Kemudian minum 2 hingga 3 kali didalam sehari.

2. Baking Soda

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan baking soda sebanyak ½ sdt kedalam segelas air. Setelah itu minum campuran ini sebanyak 4 kali sehari, dan tidak boleh lebih. Bagi penderita yang berusia diatas 60 tahun, tidak boleh mengkonsumsi minuman ini lebih dari 3 kali dalam seharinya. Dan bagi mereka yang memiliki darah tinggi harus berhati hati ketika mengkonsumsinya.

3. Jus Lemon

campuran lemon dan baking soda atasi asam urat
Campuran lemon dan baking soda dapat atasi asam urat

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan jus lemon segar dengan baking soda. Selain jus lemon kamu juga bisa mengkonsumsi buah lain yang kaya akan vitamin C supaya jaringan tubuh menjadi kuat. Cobalah campurkan jus lemon dengan baking soda sebanyak 1 ½ sdt. Kemudian biarkan selama beberapa detik hingga busanya menghilang, lalu campurkan dalam segelas air. Setelah itu segera minum.

4. Jahe

Cara memanfaatkannya adalah dengan memotong jahe kecil kecil lalu rebus jahe jahe kecil tersebut didalam air secukupnya hingga mendidih. Setelah airnya dirasa sudah hangat atau dingin minumlah setidaknya 2 kali sehari. Selain itu juga jahe ini dapat ditambahkan kedalam resep masakan atau makanan kecil, cukup dengan menambahkan sepotong baku jahe saja setiap harinya. Atau dapat juga dengan menambahkan 1 hingga ½ sdt jahe kedalam satu cangkir air mendidih lalu aduk dengan baik.

Setidaknya setiap harinya larutan ini diminum satu kali saja. Masih ada pilihan lainnya yaitu dengan membuat pasta dari jahe dengan sedikit air, lalu pasta ini diaplikasikan pada daerah yang sakit. Setelah itu diamkam selama ½ jam, lakukan cara ini sehari sekali.

5. Ceri

Para penderita gout sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ceri sebanyak 15 hingga 20 setiap harinya. Pilihan lainnya adalah dengan mengkonsumsi jus ceri hitam setiap hari. Dapat juga ditambahkan beberapa siung bawang putih cincang kedalam jus ceri hitam tersebut.

Selain itu masih ada bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati gout/asam urat, yaitu buah pisang. Pasalnya kandungan potassium atau kalium yang ada dibuah pisang tinggi sehingga dapat mengubah Kristal gout yang mengedap disendi menjadi cair lalu akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin.

Nah sudah merasa tercerahkan akan penyakit asam urat ini kan, yuk biasakan hidup sehat dan cek kesehatan secara berkala ya :)

13 komentar:

  1. kayanya sama jus lemon tambah nikmatt nihh...ternyata lemon juga bisa untuk asam uratt yahhh

    BalasHapus
  2. ortu saya udah agak lamakenaasamurat,kasian liatnya kalolagi kumat,,,nakasih infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Harus sedia jus lemon nih, agar bisa membenarkan asam urat, meski sekarang belom terasa sih. Wgwgw takutnya besok pas suda menjelang tua, berasa kan ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo masih muda yang penting makannya dijaga aja mas

      Hapus
  4. wah berarti saya selama ini sudah tepat ya, sebab saya suka sama jahe, biasanya saya sering membuatnya menjadi bandrek, salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, asal jangan sering pake susu kental manis aja hihi

      Hapus
  5. Yang lebih mudah dan tidak ribet kayaknya jahe ya. lebih praktis gitu.
    Kalau itu ceri apa punya nama lain buah talok ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu mas, nama lainnya buah talok, buah kersen atau ceri kampung. Bukan buah ceri untuk topping kue tart itu :)

      Hapus
  6. wah bisa jadi referensi nich untuk mengobati asam urat. terima kasih atas artikel yang bermanfaat ini.

    BalasHapus
  7. Aryikelnya bermanfaat untuk referensi saya jika asam urat kembali bikin salah urat. Baru alami hal demikian pada tahun 2018 kemarin. Saya sampai bingung dengan cara pengobatannya apa dan bagainana.
    Pilihan obat tradisional di aras membantu juga karena saya tidak tahu manfaat dari itu. Sepertinya saya harus rajin makan pisang, he he. Jahe dan lemon mudah didapatkan.

    BalasHapus
  8. PakDe (almarhum) saya terkena penyakit gout arthritis, kalau kambuh sakitnya minta ampun katanya, harus dibatasi makanan yg mengantung purin ya mbak.... ternyata obat tradisionalnya mudah didapat. Trimakasih mbak

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.