Liburan singkat bersama keluarga dan Traveloka Xperience

02 Oktober


Mamak butuh liburan!?!

Begitu yang saya rasakan beberapa bulan ini, menjalani rutinitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga yang itu-itu saja bukanlah hal yang mudah, terkadang rasa bosan pun melanda. Mengulik-ulik dapur sudah, baca e-book favorit sudah, nonton drakor atau drajep juga sudah, asli saya butuh liburan ini.

Tapi ya liburan pastinya sama keluarga kecil. Liburan saat bukan waktunya paksu cuti kerja ya memang singkat sekali jadinya, yakni sabtu dan minggu. Tapi yang namanya niat mau jalan-jalan walau cuma dapat liburan 1-2 hari yah lumayan, seperti melakukan staycation di hotel beberapa bulan yang lalu.
Waktu liburan buat kami adalah waktu berharga untuk berkumpul bersama, bermain bersama anak yang masih butuh perhatian orangtuanya. "disyukuri saja, yang pentingkan bisa kumpul bersama keluarga kecil", ujar suami saya kala itu.

Liburan walau terasa singkat juga memberikan efek positif bagi kesehatan diri dan keluarga, selain itu juga menumbuhkan bonding antara orangtua dan anak. Liburan juga mencegah depresi atau stres, tentunya liburan disesuaikan dengan budget dong biar tidak tambah stres hehe :)

Karena saya tinggal di kota Medan, maka liburan singkat kami pun masih berada di kota Medan. Tempat yang saya pilih untuk berlibur adalah : Rahmat International Wildlife Museum & Gallery dan Cocoland Medan Fair Playground. 
di Rahmat Gallery kita bisa melihat berbagai macam koleksi hewan yang diburu dan diawetkan oleh sang pemilik galleri sekalian mengenalkan berbagai nama dan karakteristik hewan. Mulai dari mamalia, reptil, unggas, hewan liar dan ribuan serangga.
Sedangkan di Cocoland Medan Fair Playground adalah tempat bermain terbaru yang fasilitas bermainnya lengkap dan harganya terjangkau. Tempat bermainnya pun bukan sekedar bermain tapi ada edukasi di dalamnya. Dua tempat yang dikunjungi ini bagus untuk mengenalkan anak akan pendidikan tentang makhluk hidup dan pendidikan motoriknya.
Meskipun lokasi liburannya dekat karena hanya seputaran kota Medan saja, saya dan keluarga tetap menyiapkan matang-matang tujuan liburannya.

berfoto di rahmat wildlife museum gallery medan
Berfoto di Rahmat Wildlife museum galeri
Dokpri

Persiapan yang saya lakukan untuk berlibur singkat antara lain :

  • Bawa charger/powerbank ponsel : bawa charger penting untuk menghindari ponsel lowbat, biar tidak mati gaya saat sedang asyik2nya berfoto ria
  • Bawa mobile data storage seperti USB OTG untuk smartphone agar data memori tetap ter-backup dengan baik dan tidak hilang
  • Bawa obat darurat : obat darurat yang saya maksud adalah obat yang dibutuhkan anak dikala masuk angin , tiba-tiba demam ataupun flu. Untuk saya terkadang saya juga membutuhkannya, cuaca sekarang sedang tidak menentu kadang cerah kadang hujan
  • Bawa baju ganti untuk anak dan popok jika masih usia balita : ini penting buat yang sudah berkeluarga, bawa baju ganti anak itu penting walaupun tidak pakai acara menginap di hotel. Biarkan anak beraktivitas sampai pakaian berpeluh keringat dan kotor. 
  • Bawa bekal secukupnya. Ini buat mamak-mamak irit seperti saya yang kudu bawa bekal walaupun tidak banyak tapi lumayan bisa menutupi pengeluaran yang tidak perlu

Setelah dirasa cukup mempersiapkan kebutuhan yang dibawa untuk liburan, saatnya mencari tiket untuk destinasi liburan nanti. Hah, koq tiketnya dibeli dulu sih? Kenapa tidak pas sampai tempatnya saja? Mengapa tidak, namanya tempat liburan so pasti yang mengunjungi tempatnya kan banyak, bagaimana kalau antriannya panjang? Kan males banget kalau sudah jauh-jauh datang ke sana yang antri sudah ramai.
Untung saja ada Traveloka Xperience yang mempermudah proses pembelian tiketnya.


Apa sih Traveloka Xperience itu?

12 fitur dalam traveloka experience
Explore 12 kategori pada fitur Traveloka Xperience 

Traveloka Xperience adalah fitur baru dari aplikasi si burung biru Traveloka. Merupakan rebranding dari fitur lama "Attractions" yakni aktivitas dan rekreasi. Hadir menawarkan berbagai pilihan aktivitas dan rekreasi yang menarik melalui satu sentuhan. Traveloka menyediakan berbagai pilihan terbaik aktivitas liburan dan gaya hidup pengguna baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ketika liburan terkadang kita menginginkan aktivitas lainnya yang dekat dengan tempat kita berlibur, nah Traveloka menyempurnakan apa yang kita inginkan. Bisa saja sambil berlibur ke suatu tempat kita pun ingin mengunjungi bioskop, sambil berlibur kita ingin mengunjungi salon/spa, sambil berlibur kita ingin berkaraoke, dll. 

Ada 12 kategori dalam fitur Traveloka Xperience antara lain :

1. Atraksi (attraction)

Memadukan konsep aktivitas dan rekreasi. Seperti contohnya taman hiburan. Terdapat pilihan taman hiburan dari yang hanya berada dekat rumah/satu daerah dengan lokasi saya seperti Rahmat International Museum & Gallery, sampai yang populer seperti Dufan, Trans Studio, Taman Mini ataupun kelas internasional seperti Universal Studios dan Tokyo Disneyland. Adanya fitur Easy Access memudahkan pengguna tanpa capek mengantri membeli tiket. Dengan begitu proses pemesanan tiket melalui Traveloka pastinya akan lebih praktis dan efisien.

rahmat international wildlife museum gallery traveloka xperience
Menu atraksi pada lokasi Medan
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

2. Event

Berdasarkan penelitian anak muda kaum milenial saat ini menikmati kegiatan event berupa konser atau festival musik, oleh karenanya event saat ini menjadi sangat digandrungi. Event melalui Traveloka yang menyediakan e-tiket untuk beragam acara seru mulai dari konser musik, pertunjukan teater, seni tari, dll.

3. Hiburan (entertainment)

Untuk yang memiliki liburan singkat, Traveloka menawarkan tempat pencarian hiburan seru berupa tempat karaoke keluarga, bermain video games indoor dan tempat bermain outdoor.

4. Bioskop (movies)

Daripada mengantri membeli tiket langsung di bioskop kini di Traveloka Xperience bisa memesan tiket di CGV, Cinemaxx dan Flix dengan cara yang praktis. Selain itu bisa pilih posisi tempat duduk menonton yang disukai. Pas banget!

menu pilihan film di bioskop traveloka xperience
Menu pada pilihan bioskop Traveloka Xperience

5.Olahraga (sport)

Aktivitas yang ditawarkan mulai dari berenang, fitnes, bela diri, golf, tenis, bermain basket, panjat dinding (climbing), memanah hingga arung jeram (river rafting). Beraktivitas yang sehat dan asyik bukan lagi hal yang tidak mungkin dilakukan, benar kan?

6. Spa & kecantikan (beauty & Spa)

Sambil berlibur sambil ke spa & salon, kenapa tidak? Traveloka Xperience membantu kita untuk menemukan layanan perawatan tubuh ataupun kecantikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dengan fitur nearby, kita bisa menemukan spa & kecantikan yang dekat dengan aktivitas liburan.

Menu spa & message terdekat di Medan

7. Taman Bermain (playgrounds)

Sekarang banyak ditemukan taman bermain yang fasilitasnya bagus dan ditujukan bagi keluarga & anak, baik indoor dan outdoor. Namun kini taman bermain indoor lebih diminati karena anak bisa bermain dengan bebas tanpa harus berhadapan dengan cuaca yang tidak menentu.


cocoland medan fair menu playground traveloka xprience
Menu playground Cocoland Medan Fair terdekat di Medan 

8. Transportasi (Transports)

Sebagai turis akan lebih mudah jika memesan tiket transportasi menuju tempat wisata dibanding harus membelinya secara langsung di terminal. Pembelian tiket transpostasi baik dalam dan luar negeri dapat dengan mudah dilakukan melalui Traveloka Xperience. Baik antar jemput ke bandara, tiket terusan kereta api, MRT, LRT, kereta api cepat di luar negeri, bus di luar negeri, bus tour keliling kota, hingga penyewaan sepeda dengan durasi yang ditentukan.

Menu transportasi pilihan saat liburan ke luar negeri

9. Perlengkapan Travel (travel essentials)

Liburan ke luar negeri tak lengkap rasanya jika tidak memiliki akses untuk berinternet dan berkomunikasi dengan sanak keluarga di rumah. Oleh karena itu Traveloka Xperience menyediakan layanan pembelian kartu SIM 4G untuk di luar negeri dengan cakupan wilayah yang berbeda-beda dan juga menyewakan Wifi pocket untuk kemudahan dalam berkomunikasi.

10. Makanan & Minuman (food & drink)

Makanan & minuman adalah sesuatu yang paling banyak dicari oleh turis saat berlibur. Baik makanan khas ataupun oleh,-oleh. Traveloka menawarkan kemudahan pembelian voucher untuk menikmati berbagai kuliner. Seperti contoh Buffet breakfast at hotel, floating lunch at infinity pool ataupun romantic dinner at Gili Trawangan.

11. Kursus & workshop (classes & workshops)

Traveloka memiliki beragam rekomendasi tentang kursus dan workshop untuk semua yang tersedia dari aplikasi. Mulai dari kursus melukis, menggambar komik, kerajinan tangan, memasak untuk anak, kursus coding, kursus kecantikan hingga kursus menari.

12. Tur (tours)

Traveloka Xperience menyediakan beragam paket tur dengan pilihan destinasi yang juga beragam. Baik destinasi lokal yang populer sampai destinasi di luar negeri. Dengan memilih paket tur yang telah disediakan pengguna tidak perlu pusing lagi menentukan itinerari perjalanan dan transportasinya karena sudah dipersiapkan oleh tim Traveloka, wah menarik sekali ya pastinya akan mendapatkan #Xperienceseru di tempat yang dituju.

Nikmati beragam pilihan experience dari fitur Traveloka Xperience

Nah, dengan adanya Traveloka Xperience ini liburan jadi aman dan menyenangkan, karena sambil liburan bisa melakukan aktivitas liburan yang lain juga dan tanpa perlu memikirkan capeknya mengantri buat beli tiket. Untuk tiketnya pun tidak perlu dicetak alias paperless, cukup tunjukkan saja pembelian melalui aplikasi traveloka ataupun bukti transaksinya melalui email, praktis kan? Yuk segera  unduh aplikasi Traveloka di ponselmu untuk mendapatkan pengalaman liburan yang mengasyikkan bersama keluarga :)


***

Referensi :

https://blog.traveloka.com/tips/lengkapi-pengalaman-liburan-kamu-dengan-traveloka-xperience/




15 komentar:

  1. Duh lengkap banget Traveloka xperience, mau hiburan, traveling, makanan hingga workshop ada disini. Daripada ngantre,mending pesan di Traveloka aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bgt mba capek antri ya kan :)

      Hapus
  2. traveloka fungsinya banyak ya, mungkin suatu saat akan coba nih yang experience nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gera dicoba mba banyak ragam pilihan yang seru di traveloka xperience :)

      Hapus
  3. Wah, ternyata di Medan banyak ya wisatanya. Aku kalau denger kata Medan, yang keinget wisatanya Danau Toba saja. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danau toba memang yang paling dikenal seluruh indonesia mba, jadi wajar saja banyak yang tau tempat ini :)

      Hapus
  4. Wahhh sekarang dengan modal aplikasi saja bisa keliling Indonesia dengan mudah yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, tinggal buka aplikasinya saja jalan2 bisa terwujud

      Hapus
  5. Banyak pilihan nih dari XPerience.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, di luar negeri juga bisa dicoba Traveloka Xperiencenya

      Hapus
  6. Iya nih semua urusan dengan traveloka jadi lebih lancar dan nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, sepertinya pengguna setia ya mas :)

      Hapus
  7. Saya merasa terbantu dengan adanya Traveloka Xperiencem fitur itu memandu saya untuk tahu informasi penting yang berkaitan dengan tempat tujuan wisata keluarga di tempat lain sampai kota sendiri. Saya yang kudet senang karena bisa punya perencanaan untuk ngapain bersama keluarga. Tahu harga tiket dan belinya juga mudah, lewat aplikasi. Cara bayarnya jiga fleksibel, bisa lewat ATM atau Indomaret.
    Medan banyak tempat wisata unik yang harganya terjangkau, ya.Asyik bisa piknik bareng keluarga. Dekat-dekat juga tidak mengapa yang penting seru.

    BalasHapus
  8. Seru banget ya sekarang ini karena sudah ada Traveloka Xperience. Traveloka Xperience ini cocok banget untuk aku yang suka nonton film di bioskop.

    BalasHapus
  9. Ya terkadang dengan rutinitas yang itu-itu aja bahkan bisa dibilang menjemukan membuat kita rasanya gimana ya kak, dan liburan adalah alternatif yang bisa tefresh kita dan keluarga

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.