Mau Berangkat Umroh? Mungkin Banget!

09 Oktober
tips sukses berangkat umroh
Pic : unsplash.com

Beribadah ke Tanah Suci mungkin menjadi impian saya dan seluruh umat muslim di dunia. Dapat menatap ka'bah dari dekat dan melakukan ibadah di hadapannya akan menjadi hal yang sangat luar biasa. Hanya saja, tidak semua orang dapat melakukan perjalanan ke Arab Saudi dikarenakan terkendala oleh biaya umroh yang cenderung mahal.

Biaya menjalankan Umroh ataupun Haji memang tergolong tidak murah. Selain itu, persediaan kuota yang terbatas juga membuat seseorang harus mengantri dan menunggu hingga bertahun-tahun sebelum pada akhirnya dapat berangkat. Saya jadi teringat tante saya yang baru saja mendaftar haji tahun lalu, ia dan suami harus rela mengantri hingga 14 tahun lamanya.

Maka dari itu sebelum berencana untuk berangkat menjalankan ibadah Umroh, ada baiknya bila kita mencari tahu informasi-informasi yang berkaitan terlebih dahulu serta merancang perencanaan yang matang, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, apa saja sih informasi yang perlu diketahui? Yuk simak tips dan ulasan berikut ini!

Informasi yang Perlu Diketahui Sebelum Berangkat Umroh


1. Informasi Cuaca

Mengetahui musim sangatlah penting sebelum memutuskan untuk berangkat Umroh. Hal tersebut dikarenakan musim memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap biaya yang akan anda keluarkan. Cuaca di Arab Saudi tidak terlalu berbeda dengan Indonesia. Mereka juga hanya memiliki 2 musim, yaitu musim dingin dan musim panas. Biasanya, melaksanakan Umroh di musim dingin akan jauh lebih mahal dibandingkan musim panas. Begitu pula dengan melaksanakan Umroh di Bulan Ramadhan yang akan lebih mahal dibandingkan di bulan-bulan biasa lainnya.

2. Pilihlah Paket Sesuai Kemampuan

Paket Umroh juga menjadi faktor lainnya dalam penentu berapa kocek yang harus anda keluarkan. Hanya saja, ketika menjalankan ibadah umroh pastinya anda ingin untuk memilih paket yang paling membuat diri anda nyaman. Tetapi, tentu harus dikembalikan lagi kepada kemampuan finansial yang anda miliki. Jangan sampai paket yang anda pilih justru malah akan menyiksa dompet.

Selain mempertimbangkan harga, anda juga perlu memperhatikan fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalam paket yang anda pilih. Biasanya, lokasi hotel dan transportasi bisa menjadi faktor perbedaan biaya. Semakin dekat lokasi hotel dengan masjid dan Ka'bah, maka akan semakin mahal kocek yang perlu anda keluarkan. Selain itu, pesawat langsung juga akan lebih mahal dibandingkan pesawat transit. Tetapi, janganlah lupa bahwa paket yang anda pilih juga perlu disesuaikan dengan dana yang anda miliki.

3. Persiapkan Dana Secukupnya

Setelah kamu menentukan musim keberangkatan dan memilih paket yang sesuai, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan dana secukupnya. Selain dana untuk keberangkatan, anda juga perlu mempersiapkan dana lebih yang akan digunakan selama di Arab Saudi, seperti membeli makanan khas dan oleh-oleh untuk dibawah pulang.

persiapan berangkat umroh dan haji
Melihat Ka'bah dari dekat adalah hal yang didambakan umat muslim seluruh dunia
 Pic : unsplash.com

Jika menggunakan agen travel, biasanya anda perlu membayar uang muka terlebih dahulu. Sedangkan untuk biaya tambahan, anda bisa mulai mengumpulkannya sambil menunggu waktu keberangkatan tiba, seperti menabung dan berinvestasi. Untuk investasi itu sendiri, anda bisa mencoba untuk berinvestasi logam dan emas.
Hal tersebut dikarenakan, jika sebagian penghasilan anda justru dialokasikan sebagai emas, itu akan membantu dalam mengurangi keinginan anda untuk mengeluarkan uang atau berbelanja. Selain itu, nilai emas yang berubah-ubah akan memberikan anda keuntungan ketika pada suatu saat emas tersebut akan kembali dijual atau digadaikan.

Dapat menginjakan kaki di Tanah Suci dan menjalankan ibadah merupakan impian dari seluruh umat muslim di dunia. Maka dari itu tak jarang banyak masyarakat yang rela mengorbankan segalanya demi mendapatkan biaya untuk menjalankan umroh dan haji, mulai dari menabung sejak lama, meminjam kepada sanak saudara, hingga menjual properti atau barang berharga lainnya.

Padahal saat ini, sudah ada lho cara paling mudah dan cepat dalam mengumpulkan biaya umroh. Anda bisa mewujudkan impian tanpa perlu mengorbankan banyak hal. Mau tahu caranya? Yuk kunjungi https://www.cekaja.com/info/berniat-umroh-cari-tahu-biaya-dan-tips-mengumpulkan-uangnya/ dan baca informasi lengkapnya.

18 komentar:

  1. Insyaallah, dana disiapkan :)

    BalasHapus
  2. Pernah buka tabungan haji. Setoran pertama sekaligus setoran terakhir :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rata2 memang begitu bang kecuali dia berencana naik haji lagi :)

      Hapus
  3. impian banget kak..
    umrahnya pengen backpackeran bareng suami dan anak.. hehe, semoga terwujud.

    BalasHapus
  4. Semoga kita jadi bagian yang diundang Allah ke rumahNya ya kan kak

    BalasHapus
  5. Kalau cerita umroh kebayang nya travel umroh yang bermasalah kemaren hiks.. Semoga dapet panggilan kita yak.. Amin

    BalasHapus
  6. YA Allah moga mudahkan kita mengunjungi rumahNya, kalau tiak memungkinkan haji memang umroh bisa jadi salah satu solusinya. karena daftar haji sekarang lama bener nunggunya.

    BalasHapus
  7. Nice tips, Iid. Mudah²an kita dilancarkan rezekiny ya, bs berangkat haji dan umrah ke baitullah. Aamiin

    BalasHapus
  8. Kapan ya ke sana?
    Semoga dimudahkan.
    Terimakasih tipsnya mba iid

    BalasHapus
  9. mau nmbahin kak, skrg di bareksa ada bareksa umroh, jd dana invest kita itu untuk rncana umroh kita hehe

    BalasHapus
  10. Izin menambahkan lagi hal penting yg perlu dipersiapkan saat mau berangkat haji/umroh itu persiapan fisik kak id.

    Perlu stamina dan kebugaran juga, agar ibadah di tanah suci lancar.

    BalasHapus
  11. Semoga kita dikasih rezeki dan diberi kemudahan untuk melangkahkan kaki ke tanah suci untuk behaji maupun umroh

    BalasHapus
  12. Ahhh umrah itu impian bangeeet emang,
    Semoga kita dimudahkan untuk berangkat umroh dan haji ya kkaak

    BalasHapus
  13. Semua kita dimudahkan ke baitullah...aamiin ya rabb...

    BalasHapus
  14. Kalo suami dv, prinsipnya harus lunasin uang haji dulu baru dia mau umroh katanya kak. Semoga kita semua dimudahkan untuk ibadah yang satu ini.

    BalasHapus
  15. semoga kita selalu dimudahkan untuk ber umroh. jadi tamu nya allah memang benar2 kerasa diistimewakan sama yng punya tempat yaiti allah swt kak.

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.