Atasi Hidung Tersumbat pada si Kecil dengan yang alami

12 November
atasi hidung tersumbat dengan yang alami pada si kecil

Perasaan panik pasti melanda setiap ibu, moms dan bunda saat si kecil sakit, sakit sekecil apapun bikin ibu jadi gregetan bawaan rasanya  sembuh aja ya kan?? Buat yang tinggal satu atap dengan mertua atau orang tua sendiri mungkin perasaan panik akan 2x lebih banyak karena kawatir disalahkan karena si kecil tidak segera diobati, padahal yang namanya ibu pasti kan ingin yang terbaik untuk kesembuhan anaknya, betul kan?? duh malah curhat saya ;)

Saat abang rizqi masih bayi, sakit yang sering saya khawatirkan adalah pilek dan batuk yang terkadang diiringi dengan demam. Ketika demamnya sudah sembuh, flu atau pileknya yang malah muncul, sudah begitu pileknya lama baru sembuh. Melihat si kecil sedang mengalami hidung tersumbat karena pilek rasanya jadi nelangsa, karena ia tidak dapat bernapas dengan lega, penuh cairan dalam hidungnya dan perih karena ia belum bisa mengeluarkan cairan pileknya sendiri. Saat itu sebagai ibu baru, pengalaman saya belumlah banyak.

Berbekal ilmu dari mbah Google, buku bacaan ataupun nasihat dan tips yang berpengalaman seperti saudara ipar, orangtua ataupun mertua, semuanya saya tampung. Satu persatu tips yang didapat saya terapkan kala  si kecil sakit. Untuk anak sebisa mungkin saya gunakan bahan yang alami, karena penggunaanya tidak memberikan efek samping yang berlebihan dibanding menggunakan bahan yang tidak alami.

Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

talkshow respimer di event mombee

Pada tanggal 7 November kemarin saya mendapat kesempatan dari komunitas Mombloggercommunity untuk menghadiri talkshow tentang kesehatan bayi dan balita yaitu "Tips mengatasi hidung tersumbat pada si Kecil" dengan narasumber dr.Argenius Manurung. Talkshow ini diselenggarakan oleh Mombee, event ibu dan anak terbesar yang diselenggarakan di kota-kota besar dan bulan ini diadakan dan bertempat di Tiara Convention Center, Medan. Pada talkshow kali ini saya mendapakan banyak ilmu dari narasumber tentang pentingnya mengatasi hidung yang tersumbat dan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Dokter Argenius Manurung menjelaskan bahwa hidung yang tersumbat biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan hidung atau ingus dihidung bayi. Karena penumpukan cairan pada hidung saat pilek maka bagian hidung, pembuluh darah dan jaringan hidup yang berdekatan mengalami pembengkakan. Hidung yang tersumbat karena pilek biasanya disebabkan oleh flu dan alergi.

Mengatasi hidung yang tersumbat  bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tips berikut ini , antara lain :


cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi respimer


1. Cukupi kebutuhan cairan si kecil.
Untuk yang masih minum asi , hal ini cukuplah mudah. Cukup berikan si kecil Asi sekenyang-kenyangnya, karena air asi memberikan imunitas terbaik bagi anak dan menjaga daya tahan tubuhnya dari berbagai penyakit. Untuk yang tidak lagi minum asi, berikan anak air putih yang seimbang agar anak tidak mengalami dehidrasi

2. Tips dari saya : Menggunakan bahan yang alami untuk mengatasi hidungnya yang tersumbat yaitu seperti menggunakan minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya, balsam anak yang terbuat dari bahan minyak essensial untuk melegakan pernapasannya dengan mengoleskannya di sekitar dadanya , juga menggunakan irisan bawang merah dan diletakkan di sudut kamar agar udara tetap bersih

3. Tips dari saya : Bagi anak di atas usia 2 tahun, beri ia perasan jeruk nipis 1 sendok teh dan 1-2 sendok makan madu untuk atasi hidungnya yang tersumbat. Ramuan madu dan jeruk nipis ini berguna untuk daya tahan tubuhnya karena madu dipercaya sebagai antibiotik alami bagi tubuh dan perasan jeruk nipis sebagai vitamin c untuk membantu percepat kesembuhannya.

4. Lakukan penguapan untuk mengeluarkan cairan dari dalam hidungnya. Ini saya lakukan ketika cairan ingus dari dalam hidungnya masih banyak-banyaknya. Siapkan baskom kecil yang berisi air hangat, beri 5-10 tetes minyak telon dan sedikit tetesan minyak kayu putih. Cara ini akan lebih efektif bila si kecil dibantu untuk menghirupnya, karena tidak semua bayi /anak mau menggunakan cara ini. Rasa perih di mata membuatnya tidak merasa nyaman dan menjadi menangis karena tidak tahan.

5. Bila si kecil tidak juga bisa membuang ingusnya sendiri dengan cara di atas, maka langkah terakhir adalah dengan mencairkannya dengan cara Nasal Hygiene.

Lalu apa itu Nasal Hygiene?


Nasal Hygiene adalah Tindakan cuci hidung. Hidung bagi tubuh adalah salah satu filter untuk mencegah masuknya udara kotor ke dalam tubuh. Filter akan menjadi sarang menumpuknya berbagai kotoran jika kita tidak membersihkannya secara rutin. Begitu juga dengan hidung yang harus dibersihkan agar selalu dalam keadaan bersih dan terjaga.

Bagi umat muslim cuci hidung ini sudah termasuk dalam rukun berwudhu, yaitu Istinsyaq. Istinsyaq adalah gerakan memasukkan air ke dalam rongga hidung, dengan melakukan istinsyaq berarti kita telah membersihkan rongga hidung dari berbagai macam kotoran, virus atau bakteri yang menempel sehingga terhindar dari penyakit yang suka mendatangi anak, seperti flu, diare, ispa, atau disentri. Akan tetapi membersihkan hidung hanya bisa dilakukan seorang diri dan ketika sudah beranjak besar (sudah bisa berwudhu sendiri).

Untuk bayi dan balita tentunya masih belum bisa mandiri untuk membersihkan hidungnya. Oleh karena itu bayi dan balita mau tidak mau harus melakukan nasal hygiene dengan bantuan suatu alat agar hidung selalu dalam keadaan bersih.

Nasal Hygiene atau cuci hidung ini berguna untuk :
- Membersihkan hidung dari debu, polusi dan kotoran lainnya
- Mengencerkan lendir/ingus hidung yang kental
- Membersihkan dari penyebab radang dan mengurangi gejala alergi atau pilek
- Menjaga kelembapan rongga hidung

Respimer Baby Solusi Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi dan Balita

dua varian respimer baby untuk hidung tersumbat
Baby Nasal Hygiene & Baby Decongestant

Seperti yang diinginkan oleh semua ibu, moms dan bunda pasti inginkan yang terbaik untuk kesebuhan si kecil kala hidungnya tersumbat, terlebih jika bahan dasarnya berasal dari yang alami. Respimer Baby ini adalah salah satu alat bantu yang dapat mengatasi meringankan hidung tersumbat pada bayi dan balita. Respimer bekerja sebagai cairan pencuci/semprot hidung yang membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan balita yang terkena flu/pilek. Terbuat dari 100% air laut murni dari St.Malo, Prancis yang telah melalui beberapa proses antara lain penyaringan, elektrodialisis, sterilisasi dan terakhir pengepakan.


Mengapa Respimer harus berasal air laut dari St. Malo, Prancis?

  • Karena kandungan oksigennya masih tinggi
  • Kandungan mineral stabil dari waktu ke waktu
  • Memiliki kandungan/salinitas yang sesuai
  • Terjaga kesebersihan dan kesegaran airnya
  • Kandungan oksigen masih tinggi
  • Kandungan mineral stabil dari waktu ke waktu
Kelebihan Respimer ini adalah pada tahap elektrodialisis yang sudah dipatenkan dapat menurunkan kadar NaCl tanpa mengurangi kandungan mineral yang ada dalam air laut.

Kelebihan lainnya yaitu :
- Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung, di antaranya kalsium, magnesium dan kalium
- Tidak menggunakan gas propelan. Gas propelan adalah gas yang mudah terbakar
- Daya semprot lebih lembut dan pas untuk bayi
- Tip (tutup) lebih higienis karena mudah dibersihkan dan tidak tumpah ketika tipnya dilepas
-  pH fisiologis berada di angka 7.6 - 8.4, menunjukkan berada di pH yang baik yang dapat meningkatkan frekuensi gerakan silia (bulu2 halus pada rongga hidung yang fungsinya menangkap partikel asing agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan).

Moms, sekedar info nih Respimer ini terdiri dari 2 varian, yaitu Baby Nasal Hygiene dan Baby Decongestant.

Baby Nasal Hygiene : Isotonik - Daily Hygiene 115 ml

  • Berwarna Pink
  • Memiliki konsentrasi garam mirip dengan cairan tubuh manusia --> 0.9% NaCl
  • Membersihkan hidung dari ingus untuk flu ringan sebelum terjadi infeksi, sepulang bepergian dan penggunaan sehari - hari.
  • Dapat digunakan dari newborn, dengan penggunaan 2-4 kali sehari

Baby Decongestant : Hipertonik - Dekongestan 60 ml

  • Berwarna Oranye
  • Memiliki konsentrasi lebih tinggi dibanding pH tubuh --> 2.2% NaCl
  • Untuk membersihkan hidung dari flu berat, infeksi saluran pernapasan (ispa) dan flu karena alergi udara dingin
  • Dapat digunakan untuk bayi di atas usia 1 bulan, dengan penggunaan 2-3 kali sehari

Berikut cara penggunaannya :

cara menggunakan respimer baby yang benar
Cara menggunakan Respimer Baby
Sumber : @respimerindonesia


Testimonial

Produk Respimer ini sudah dicobakan ke abang Rizqi yang kebetulan sedang flu ringan, ingusnya langsung keluar seketika, meskipun awal percobaan ia kaget dan menangis, tapi napasnya jadi lebih plong. Kemudian saya cobakan untuk diri sendiri, ketika disemprot ada rasa sensasi dingin di dalam hidung. Jadi mungkin untuk dewasa bisa dicoba juga produk ini kala hidungnya mampet ya moms :)

Kemasan

Secara kemasan nozzle atau tip dapat dengan mudah dipasang, dilepas dan dicuci kembali. Kemasan Respimer aman karena tidak mengandung gas propelan.
Kemasan terasa aman juga karena tanpa pengawet dan steril meskipun digunakan berulang-ulang.
Kemasan terasa nyaman karena nozzle/tip dapat membersihkan rongga hidung dengan lembut tanpa tersakiti.
Kemasan terasa praktis karena botol tidak bisa pecah dan aman untuk bayi dan anak. Kemasan juga mudah digunakan oleh anak dan dewasa

Penulis bersama Respimer Baby

Kesimpulan

Hidung tersumbat  pada anak tidak bisa dibiarkan karena anak belum bisa membersihkan kotoran dalam hidungnya sendiri. Oleh karena itu Respimer hadir untuk membantu mengatasi masalah tersebut dengan komitmen menjaga kebersihan hidung anak.

Setelah mengetahui tentang Respimer baby, Moms jadi bisa menentukan varian apa yang dibutuhkan untuk mengatasi hidung tersumbat, apakah untuk penggunaan sehari-hari atau untuk mengobati flu berat atau memilih kedua-duanya sebagai bentuk preventif moms dengan kesehatan si kecil.
Secara garis besar Respimer mengklaim bahwa produknya ini bukanlah obat tapi hanya sebagai alat bantu untuk mencuci hidung dengan mengatasi hidung yang tersumbat. Jadi kalau anak dalam kondisi flu berat dan tidak ada perubahan setelah menggunakan Respimer selama 5 hari berturut-turut segera bawa ke dokter anak karena bisa jadi ada penyakit yang serius dari hidung tersumbat tersebut.

Mau tau informasi lebih lanjut tentang Respimer, yuk moms segera kepoin IGnya yaa :)

Official IG : Respimer Indonesia


Sumber :
- dokumentasi @respimerindonesia IG
- dokumentasi pribadi




36 komentar:

  1. Harus sedia selalu ni, apalagi musim hujan beginian, anak-anak gampang aja jatuh sakit.

    BalasHapus
  2. Ebuset, ada-ada aja yah akalnya orang bikin alat-alat.

    BalasHapus
  3. yuk ah ramai2 belajar cuci hidung bayi. krn kkegiatan cuci hidung ini sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama kesehatan rongga hidung

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sudah ada utk atasi flu pada bayi...kasihan kalo lihat bayi flu..mereka blm bisa keluarin ingus sendiri

    BalasHapus
  5. Jadi ingat kala Palung bayi dan balita jika sakit pilek, ayahnya akan menyedot hidungnya agar bisa mengeluarkan ingus yang bikin mampet untuk dibuang. Betapa merepotkannya. Sedih lihat Palung yang imut kala bayi sakit gitu. Tidak bisa bernapas dengan lega. Bagkan saat balita juga tetap butuh bantuan orang dewasa.
    Sekarang Palung sudah besar dan bisa atasi masalah ingus jika pilek, tetapi itu makan waktu juga. Sepertinya kami harus sedia Respimer agar masalah hidung tersumbat bisa segera diatasi, karena jika dibiarkan bisa berakibat jadi sinusitis seperti saya.

    BalasHapus
  6. Wah untuk bayi sekarang juga sudah ada alat begini ya mba. Saya dari dulu memang hanya menggunakan madu sebagai jurus andalan.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ada Respimer ya kak,^^ aku juga udah cobain ke Khalil, sensasi pertama dia bukan dingin tapi asin haha

    BalasHapus
  8. kalo ada Respimer ini, ortu millenials ga perlu panik ya.
    karena memang merawat bayi ini perlu banyaaaaakkkk kehati2an dan super detail

    BalasHapus
  9. wajib nyetok dirumah kak yah. soalnya kondisi cuaca sekarang tak jelas jadi ad peluang kita untuk terserang penyakit

    BalasHapus
  10. Mendekati musim hujan, biasanya batuk pilek flu dengan mudah menyerang anak-anak. Respimer harus sudah tersedia di kotak P3K nih biar saat anak kena hidung tersumbat langsung bisa diobati

    BalasHapus
  11. Kalau anak-anak udah pilek suka kasian karena pada ga bisa tidur, apalagi belum bisa keluarin ingusnya jadi pengen punya deh respimer cus ah nnati cari di apotek

    BalasHapus
  12. Trims sharing tips nya mba..pilek -apalagi pada anak- seringkali menimbulkan gangguan yg berarti ya mba.. Nah, sekarang ada solusi praktisnya nih..

    BalasHapus
  13. Kalau jaman dulu ada yang ibunya nyedot cairain hiding anaknya ya mbak mungkin Karena kasihan lihat anaknya mampet. Semarang sih enak sudah ada nasal Kaya gini jadi bisa mengatasi hiduo Anak yang tersumbat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sekarang gak efektif kayaknya cara seperti itu ya mba, kawatir gak higinis

      Hapus
  14. Wah, aku juga waktu anak2 masih kecil kalo mereka flu dan hidungnya mampet selalu panik nih mbak. Kasihan sering gak bisa tidur. Dulu sih solusinya paling dibalur doang, untung sekarang udah ada inovasi baru dari Respimer yah mbak.

    BalasHapus
  15. Sebagai ibu yang punya anak bayi saya kudu tahu nih cara mengatasi hidung tersumbat kayak gini. Ternyata selain atasi dengan cara biasa ada juga produk yang bisa mengatasi hidung tersumbat si kecil ya mbak. Produknya harus ada nih di rumah buat jaga-jaga. Thanks sharingnya ya Mbak.

    BalasHapus
  16. Memang ya kalo liat anak dengan keadaan hidup tersumbat itu sedih banget, kadang ngga tega dan seandainya posisi bisa berganti mungkin kita rela berganti posisi.. nah biasanya aku hanya kasih makanan dan minuman hangat dan oleskan bagian dada dan punggung dengan cream hangat.. dan beum pernah menggunakan metode atau alat respimer ini mbak masih harus belajar nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih pakai cara ini sampai sekarang sekalian pakai respimer buat jaga2

      Hapus
  17. Harus punya nih Mbak supaya jaga-jaga kalau anak pilek dan hidungnya tersumbat. Kalau sudah kena, duuuh rewel dan lihatnya juga kasihan.

    BalasHapus
  18. ini wajib banget distok dirumah anakku kan masih batita belum bisa buang hingus sendiri jadi bisa di encerin pake ini kan ya

    BalasHapus
  19. karena lebih natural kita pun jadinya tenang yaa mba..have one at home always..

    BalasHapus
  20. Respimer ini membantu sekali yaa Kak Iid, jd anak pilek gak lama² n mamanya remvong bolak-balik lap ingusnya. Inovatif dan solutif ya, tfs, sis

    BalasHapus
  21. Wah baru tau ada alat seperti ini. Membantu bgt yg mba apalagi utk bayi2 yg belum bisa buang ingus sendiri. Thx sharingnya mba :)

    BalasHapus
  22. Syukur lah sekarang udah ada respimer nasal ya kak.. jadinya gak terlalu khawatir banget kalo baby udah tersumbat hidung nya..

    BalasHapus
  23. Lebih natural dan lebih praktis terimakasih mbak.

    BalasHapus
  24. Salut sih kalau mereka sampai menetapkan std respimernya harus dari air laut di St. Melo Prancis. Pasti terjaga terus kualitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas air laut St. Malo terkenal dengan kualitasnya

      Hapus
  25. banyak ya teman-teman yang ikut acara ini. respimer nasal lumayan ngebantu kayaknya ya. kapan-kapan saya juga mau beli buat jaga-jaga di rumah.

    BalasHapus
  26. Dulu kalang kabut rasanya mau bersiin hidung bayi, wah sekarang udah ada nasal ya kk. Jadi gak khawatir lagi, apalagi bahannya natural

    BalasHapus
  27. Cukup praktis ya id penggunaan respimer. Bisa juga nih dimasukkan dalam list barang yang harus dibawa ketika bepergian.

    BalasHapus
  28. naruh bawang merah diujung ruangan bisa bikin udara brsh kak? malah fokus bagian itulah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja dek bawang merah memang sudah lama dipercaya sbg filter udara alami

      Hapus
  29. Praktis ya kak sekarang ada respimer. Dulu kalo hidung anak tersumbat, harus buat terapi uap sendiri pake air panas dan minyak kayu putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, tapi kasian liatnya sih ya 😂

      Hapus
  30. Wag Bagus nih buat memproteksi anak2. Apalagi musim2 begini ya mbak. Praktis bgt

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.