Cara Membuat Sirup Kietna Somboi


cara membuat sirup kietna somboi

- Cara Membuat Sirup Kietna Somboi -

Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan user organik di situs pencarian Google yang sampai saat ini mendominasi kueri/kata kunci pencarian dalam Google Search Console di web iidyanie.com tentang Sirup kietna somboi dan cara pembuatannya.

Sirup kietna somboi ini cukup populer di kota Medan, sirup ini biasa menjadi teman minum untuk makanan khas chinese seperti kwetiau goreng atau mie goreng. Sirup kietna somboi ini sering diperkenalkan oleh food influencer asal Medan, bang Dolly Regar lewat instagramnya. Bang Dolly ini suka memesan sirup kietna somboi di Pak Tiam Bengs yang terkenal dengan kulinernya kwetiau goreng. Nah rupanya gara-gara itu sirup kietna somboi jadi terangkat lagi namanya dan suka dicari-cari orang karena penasaran dengan rasanya.

Kembali lagi tentang artikel saya, artikel sirup somboi kietna ini sebelumnya pernah saya terbitkan pada bulan November tahun lalu, itu berarti sudah setahun artikel ini diterbitkan, namun peminat akan artikel ini belumlah surut. Tujuan awal saya menulisnya adalah untuk mempromosikan usaha teman bisnis saya, Sirup Kietna Somboi Al-Ghaly.



A post shared by Lifestyle Blogger (@iidyanie_) on


Alhamdulillah responnya cukup baik, hingga ada juga yang menanyakan ke saya langsung lewat email bagaimana cara membuatnya, duh saya jadi ge-er dong :)
Oke, tanpa mengulur waktu berikut adalah resep sirup somboi kietna. Resep ini langsung saya dapatkan dari pemilik bisnisnya sendiri melalui hasil wawancara singkat lewat WA. Jadi resepnya layak dicoba lho :)

Resep Sirup Somboi Kietna :


Bahan - bahan :

 - Jeruk Kietna atau Kasturi 500 gr
 - Gula Pasir 500 gr
 - Semboi/somboi/somboy/asamboi warna merah 500 gr
 - Air panas untuk rendaman jeruk kesturi
 - Garam secukupnya
 - Toples plastik untuk menyimpan sirup somboi

Cara membuat :

1. Cuci jeruk kasturi sampai bersih. Jeruk boleh dibelah dua dan dibuang bijinya terlebih dahulu.

cara membuat sirup kietna somboi medan
Cara membuat sirup kietna somboi

2. Rendam jeruk yang sudah dibelah sampai kulitnya masak dan layu. Jangan lupa rendam dengan air panas. Beri tambahan garam secukupnya untuk rendaman jeruk kasturi. Kulit jeruk kasturi bersifat tipis dibandingkan kulit jeruk jenis yang lain, jadi kulit jeruk gampang hancur saat bertemu dengan air panas. Sebenarnya bila memakai air yang tidak panas juga bisa akan tetapi bisa menunggu sampai beberapa hari sampai jeruknya layu.

3. Tiriskan jeruk yang sudah direndam lalu dikukus sebentar. Cara ini bisa dilakukan bisa tidak. Bisa juga dengan merebus sebentar jeruk kasturi dengan sedikit air. Tapi usahakan airnya surut dan habis sebelum gula pasir dimasukkan.

4. Setelah jeruk dikukus/direbus sampai airnya habis baru masukkan gula pasir dan somboi secara bersamaan terus aduk sampai gula pasirnya mencair sendiri. Cara ini dilakukan selagi masih panas ya, dengan posisi api dimatikan. Terus koq tidak diblender? Kan nanti kulit jeruknya masi kelihatan? Diblender atau tidak blender tidak masalah koq, kulit jeruk tetap akan terasa tapi rasanya tidak pahit dan pedar, itulah enaknya kulit jeruk kasturi :)

5. Setelah semua bahan bergabung aduk terus sampai gula pasir dalam adonan mencair sendiri dan adonan menjadi berwarna kemerah-merahan. Adonan sirup somboi kasturi siap di masukkan dalam wadah toples dan disimpan dalam kulkas.

6. Perbandingan memasak jeruk kasturi, gula pasir dan somboi adalah 1:1 jadi tidak perlu repot memikirkan takaran yang pas buat memasaknya.

resep sirup kietna somboi
Sirup kietna somboi siap dikemas

Sebagai informasi nih, semua bahan jangan dimasak sekalian dengan tujuan biar cepat selesai ya, sabar..memasak sirup somboi sebenarnya stepnya mudah asal semua langkah diikuti dengan mudah. Karena bila semua digabung dari awal maka nanti rasa asam somboinya jadi beda, yang ada jadi rasa asam jawa lho. Itu pesan dari si pembuat sirup somboi Al-Ghaly ini.

Lain pemilik lain juga cara membuatnya mungkin ini yang terbersit pembaca sekalian ketika melihat wujud sirup somboi Al-Ghaly ini. Ada produk serupa yang bersifat cair atau padat seperti sirup somboi ini. Rupanya si pemilik punya cara tersendiri mengapa dibuat seperti itu, yakni agar sirup somboi bisa digunakan untuk apa saja seperti bisa dijadikan minuman dingin, selai roti ataupun cocolan rujak jambu. Sirup somboi kietna Al-Ghaly bisa disimpan di dalam kulkas hingga maksimal 3 bulan lamanya, tapi tidak boleh dicairkan dengan air sama sekali. Kalau dicairkan maka sirup tidak akan bertahan lama maksimal 24 jam saja karena sama sekali tidak memakai pengawet.

sirup kietna somboi al-ghaly enak banget
Order sirup somboi untuk sekian kalinya

Nah, begitulah tentang cara pembuatan sirup kietna somboinya, bagaimana mudah kan? Barangkali pembaca ingin mencobanya di rumah dan memproduksinya sebagai bisnis rumahan seperti sirup somboi kietna Al-Ghaly ini. Silahkan saja. Kata si pemilik, resep ini terbuka untuk siapa saja lho. Atau kalau ingin menyicipinya boleh banget pesan sirup somboi kietna ini lewat saya hehehe :D




36 komentar untuk "Cara Membuat Sirup Kietna Somboi"

  1. Sangat mantap mbak! Baru dengar nih.
    Saya kalau pesan kwetiau, minumnya selalu teh obeng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau di medan makanan chinese biasanya minumnya sirup somboi ini

      Hapus
  2. Wah kayaknya enak juga mb jeruk kasturi, warnanya agak kemerahan apa yak? Saya kalau minuman bernuansa jeruk selalu suka, seger soalnya, apalagi pak suami saya, tiap hari ada aja uplek bebikinan jeruk perus, walau seringnya yang asem alias jeruk nipis sih.padahal sy suka yg manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna oren mba, yg membuat merah itu buah somboynya yuk dicoba mba :)

      Hapus
  3. gw baru denger ada sirup ini, kayaknya di jawa gak ada ya.. atau ada cuma gw gak tau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada mas, coba cari aja di sosmednya pake hestek sirup kietna

      Hapus
  4. Kelihatan sedap airnya. Boleh dicuba ni. Terima kasih kongsikan resepi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 semoga cocok dengan resepnya :)

      Hapus
  5. Wah, sepertinya aku baru denger sih nama siropnya Kietna Somboi ini dan belum pernah minum juga. Apakah nge-heits sekali di Medan? Semoga sebentar lagi merambah ke Bandung deh hehehe

    BalasHapus
  6. Somboi apa mbak? Unik juga ya caranya. Selama ini taunya tinggal diperes airnya campur gula dan air

    BalasHapus
  7. Baru tau nih sirup kietna somboi. Rasanya ada manis ada asamnya ya, kayaknya enak. Tapi sepertinya lebih praktis beli aja deh, kalau bikin sendiri lebih ribet pastinya *emak2 pemalas haha :D

    BalasHapus
  8. Sama seperti yang lain nya aku juga baru denger jenis sirup ini jih mbak, semoga usaha temennya makin sukses ya dan bisa dicicip kepelosok negeri. Baik banget temen nya mau share resep

    BalasHapus
  9. Aku baru dengar sirup ini, sepertinya menggoda utk dicoba. Thankyou for sharing mbak

    BalasHapus
  10. Mbak ada kemasan praktisnya juga yah mau nyoba dong mbk kirim.bandung berapa heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diorder mba, itu ada nomor kontaknya di artikel sirup somboy al-ghaly :)

      Hapus
  11. Mungkin karena di sini jarang, ya. Saat pertama kali cobain sirup ini, masih agak aneh di lidah. Tapi, sebetulnya suka. Apalagi kalau dingin. Kayaknya karena memang belum terbiasa aja

    BalasHapus
  12. Saya malah baru dengar Kietna Somboi ini hahaha.
    Keren banget yang bikin sirup gini.
    Jempolan deh.

    kalau saya, lebih milih beli sirup di botol, terus tuang ke gelas, kasih air es hahahaha
    *mamak males! :D

    Etapi, baca rujak jambu kok saya jadi ngiler yak, jambunya aja udah enak, apalagi dicocol pakai selai ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak mba dicocol sebagai rujak buah juga top :)

      Hapus
  13. Baru denger ada jenis jeruk kesturi. Seger banget kayaknya ya mbaa, belum pernah coba aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti jeruk limau mba wanginya lebih harum

      Hapus
  14. lagi nyari tahu, jeruk kietna ini yang gimana yakk,, maklum jarang ke pasar euy hihi

    BalasHapus
  15. Baru tahu aku ada sirup ini. Pas ke Medan kayaknya nggak ngeh. Harus datang lagi nih ah ke Medan 😀

    BalasHapus
  16. Baru tahu nih mbak, nama sirupnya masih aneh ditelinga saya. Jeruk kietna itu apa sih...apa semacam jeruk untuk bumbu kacang siomay? Pastinya seger ya kalau dibuat sirup, apalagi dicampur dg air es. Lega banget diminum saat musim panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mba ini seperti jeruk limau lebih harum lagi

      Hapus
  17. Wah segar banget kak lihat ulasan sirup somboy ini, jadi pengen coba di rumah. Semoga berhasil hehe

    BalasHapus
  18. Waaaah, baik banget ya pemilik usaha sirup ini, mau sharing resepnya. Thanks juga uda ditulis ya Mbak. Tapi kalau saya, tetep milih beli sepertinya ya Mbaaa.... hihihi.... Nyari somboinya tu bingung dah dimana.... :)

    BalasHapus
  19. Saya malah baru dengar ada nama jeruk kietna atau jeruk kesturi. Selama ini nggak tahu sama sekali. Btw kalau di Jakarta atau daerah lain nama jeruk ini apa ya Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jeruk limau mba kalau di kalimantan jeruk kalamanso namanya

      Hapus
  20. Saya baru dengar nih nama siropnya. Di sulawesi kayaknya gak ada sirop ginian :)
    Makasih sudah berbagi resep yaa, Mba :)

    BalasHapus
  21. Duh aku ngeces, jadi ingat kampung mamaku di singkawang. Disana namanya Asam Boi hehe rasanya segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama mba kalau somboi ini buah asamboi yang dikeringkan

      Hapus
  22. Kebayangnya mwmang enak dan segaar ya mba.. aku jadi pengen cobain juga

    BalasHapus
  23. Kalau di Batam namanya Asomboy.
    Mirip yaa.
    Beda beda tipis.

    Makasi kak resepnya.
    Alternatif pilihan menu dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hampir mirip mba,kalau somboi itu buah asamboy yang dikeringkan

      Hapus
  24. Belum pernah minum sirup kietna somboi tapi kayainya enak dan seger ya, jadi penasaran nih pengen cobain, makasih resepnya jadi tahu sirup khas ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Berlangganan via Email