Faktanya Kuliah Online Di UAI Memang Lebih Fleksibel, Ini Daftar Jurusannya!

25 November
kuliah online
Sumber gambar : wikipedia

Perkembangan teknologi memang banyak membuat perubahan, salah satunya dalam dunia pendidikan contohnya seperti kuliah online. Seperti namanya, sistem kuliah ini menawarkan pembelajaran online yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun (asal terhubung dengan internet). Meski dikatakan online, namun tidak seluruhnya pembelajaran dilakukan secara online.

Ada banyak universitas yang sudah menawarkan sistem kuliah ini, pasalnya banyak mahasiswa yang berstatus karyawan sangat membutuhkan metode perkuliahan ini. Selain karena fleksibel, namun biaya kuliah juga terbilang terjangkau. Salah satu universitas yang menawarkan jenis kuliah ini adalah Universitas Al-Azhar Indonesia, menawarkan 3 jurusan dengan metode blended learning diantaranya:


S1 Hukum

Siapa yang tidak tertarik masuk jurusan hukum, salah satu jurusan populer dan masuk kategori elit di kalangan mahasiswa. Jurusan yang satu ini dikenal sebagai salah satu jurusan yang memiliki prospek luas di masa depan, berbagai bidang pekerjaan seperti corporate lawyer, public notary, legal analyst, researcher, hakim, jaksa, pengacara, arbitrator, dan lainnya siap menanti. Banyak Universitas yang menawarkan jurusan ini, salah satunya Universitas Al-Azhar Indonesia.

Untuk menghasilkan sarjana yang unggul dan berkualitas dalam bidang Hukum, Universitas Al-Azhar Indonesia menawarkan program S1 Hukum. Menariknya lagi, bekerjasama dengan Pintaria.com jurusan Hukum UAI ditawarkan dengan metode blended learning (pembelajaran campuran).

Materi untuk metode online bisa didapatkan dengan mengakses Learning Management System (LMS), sedangkan kuliah tatap muka dilaksanakan seminggu sekali pada hari Sabtu. Jurusan hukum di Universitas ini memiliki 2 konsentrasi yang bisa dipilih, di antaranya Hukum Teknologi dan Hukum Ekonomi. Untuk mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), mahasiswa harus menyelesaikan 67 mata kuliah yang tersedia (29 mata kuliah secara online dan 38 mata kuliah tatap muka).


S1 Manajemen

Manajemen merupakan salah satu bidang ilmu tertua yang dipelajari manusia, tidak heran karenanya jika jurusan ini mudah ditemukan di berbagai universitas. Saat ini ada banyak konsentrasi dari jurusan Manajemen, mulai dari Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan, Manajemen SDM, dan lainnya.

Jurusan satu ini masuk kategori jurusan populer, karena memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan Manajemen bisa memilih beragam profesi yang menarik, mulai dari Manajer SDM, Manajer Keuangan, Konsultan Bisnis, agribisnis, Konsultan perbankan, tenaga pendidik, agribisnis, dan masih banyak lagi jenis profesi lainnya.

Ada banyak sekali universitas yang menawarkan jurusan ini, termasuk juga Universitas Al-Azhar Indonesia. Jurusan Manajemen di Universitas ini berada di bawah Fakultas Ekonomi & Bisnis UAI, memiliki visi untuk menjadi Fakultas Ekonomi & Bisnis terkemuka dalam membentuk manusia unggul serta bermartabat yang tentunya memiliki kemampuan intelektual yang dilandaskan pada nilai-nilai spiritual moral dan etika Islam.

Universitas ini tidak hanya mengajarkan teori serta praktek pada jurusan Manajemen, namun pihak Universitas juga menerapkan konsep religius islami sebagai wawasan tambahan serta pembekalan untuk moral dan karakter mahasiswanya.

Kuliah online dengan metode blended learning untuk jurusan ini dilaksanakan selama 8 semester, mahasiswa harus menyelesaikan 50 mata kuliah (23 di antaranya mata kuliah daring dan 27 sisanya tetap muka). Perkuliahan tatap muka dilaksanakan setiap hari Sabtu, mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.


S1 Akuntansi

Ada banyak profesi menanti alumni jurusan Akuntansi, mulai dari auditor keuangan, konsultan keuangan, administrator pajak, staf perbankan, akuntan publik, financial analyst, konsultan pajak, perencana keuangan, bahkan tenaga pendidik. Salah satu jurusan populer dan paling diminati mahasiswa, terkenal karena hampir semua urusan bisnis maupun organisasi membutuhkan keahlian alumni jurusan ini.

Umumnya, jurusan ini memiliki 5 konsentrasi di dalamnya yakni Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemeriksaan, Akuntansi Sektor Publik, dan Akuntansi Perpajakan. Banyak universitas menawarkan jurusan ini untuk dipilih, tentunya dengan keunggulan masing-masing salah satunya Universitas Al-Azhar Indonesia.

UAI memiliki keunggulan dalam hal konsep, universitas ini menerapkan konsep religius islami untuk tambahan wawasan serta pembekalan moral maupun karakter mahasiswa di jurusan ini. Bekerjasama dengan Pintaria.com, Akuntansi UAI menawarkan metode kuliah blended learning dimana perkuliahan dilaksanakan secara campuran (antara online dan tatap muka).

Materi online bisa diakses kapanpun dan dimanapun, dengan mengakses Learning Management System (LMS) yang tersedia selama 24 jam. Sedangkan untuk kuliah tatap muka sendiri, pembelajarannya dilaksanakan seminggu sekali pada hari Sabtu. Untuk mendapat gelar sarjana Akuntansi (S.Ak), mahasiswa diwajibkan menyelesaikan 55 mata kuliah yang ada (26 MK online dan 29 MK tatap muka).

Seperti yang telah disinggung di atas, meski terkenal dengan nama kuliah online, namun tidak seluruh pembelajaran menggunakan sistem online. Blended learning mencampurkan 2 metode pembelajaran, yakni online dan tatap muka. Pembelajaran tatap muka biasanya dilaksanakan saat weekend atau weekday malam hari, atau disesuaikan ketentuan dari pihak universitas dan kebutuhan mahasiswa. Untuk Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS), pelaksanaannya dilakukan secara langsung di kampus.

5 komentar:

  1. Teknik komputer belum ada ya
    Kalau ada, siapa tahu saya berminat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an segera ada jurusannya ya karena banyak peminatnya

      Hapus
  2. Sangat membantu untuk siswa yang berstatus karyawan emang kuliah model bgini, aduh ngomongin pendidikan bisa ga ya kalau s1 nya rangkap alias doble, pingin rasanya sy klo ada kesempatan belajar mendalami bahasa inggris tuk tambah2 wkill #tapi semua itu baru sebatas angan angan dikarenakan repotnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba saya juga pengennya merangkap dobel gitu ya biar sekalian tak jalani :)

      Hapus
  3. SPP apa kabar tuh kuliah di situ?

    BalasHapus

Link Hidup tidak diperkenankan di sini.
Mohon untuk dimengerti
Terima Kasih ^_*

Diberdayakan oleh Blogger.